Blog ›

Panduan Lengkap PPC untuk Strategi Iklan Anda

I

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah Pay Per Click (PPC) sebelumnya? Atau, mungkin Anda sudah familiar dengan istilah tersebut namun ingin mengetahui secara lebih detail?

Dalam artikel Sasana Digital kali ini, akan dibahas secara lengkap mengenai Pay Per Click (PPC) khususnya untuk kebutuhan beriklan Anda. Apabila Anda berencana memasang iklan guna mempromosikan produk atau jasa, mungkin yang Anda pikirkan pertama kali platform iklan konvensional seperti televisi, radio, baliho, koran, brosur, dan lainnya.

Platform iklan konvensional tersebut memang dapat Anda manfaatkan dengan baik. Namun, seiring majunya perkembangan teknologi membuat beriklan menggunakan platform digital semakin diminati. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil yang didapatkan melalui beriklan menggunakan platform digital lebih efektif dan cocok untuk diterapkan di kalangan masyarakat digital.

Salah satu teknik iklan digital yang dapat Anda coba terapkan adalah Pay Per Click (PPC) yang mana mayoritas masyarakat di Indonesia pun sudah cukup paham dalam menggunakan internet. Selain itu, penerapan teknik iklan digital ini juga dinilai lebih efektif, efisien, dan ekonomis dibandingkan dengan teknik iklan melalui platform konvensional.

Apa itu Pay Per Click (PPC)?

Pay per Click (PPC) adalah salah satu teknik beriklan menggunakan platform digital yang mana Anda perlu membayar sejumlah biaya setiap kali iklan milik Anda dikunjungi oleh target audiens. Teknik iklan digital ini dapat juga dikenal sebagai cara membeli traffic ke suatu website dibandingkan dengan memperolehnya secara organik.

Teknik iklan digital menggunakan PPC ini sudah sering digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram.

Baca Juga: Digital Advertising: Pengertian, Cara Kerja, serta Contohnya

Mengapa Harus Menggunakan Pay Per Click?

Beriklan menggunakan teknik PPC ini merupakan salah satu cara yang dinilai paling efektif untuk mendatangkan traffic pada website terlepas dari seberapa banyak budget yang Anda telah miliki. Namun, bagi Anda yang mungkin masih merasa kurang familiar dengan teknik iklan menggunakan PPC ini tak perlu khawatir.

Pasalnya, dalam penjelasan berikut ini, Sasana Digital akan membahas mengenai manfaat dan alasan mengapa Anda harus mulai beralih menggunakan teknik iklan PPC untuk keperluan bisnis Anda. Berikut ulasan selengkapnya mengenai alasan pentingnya beriklan menggunakan PPC.

1. Kemudahan dalam Mengatur Target Audiens

Dengan menggunakan teknik iklan PPC ini, maka akan sangat membantu dan memudahkan Anda dalam mengatur seberapa banyak target audiens yang perlu ditargetkan untuk membuat suatu iklan.

Anda diberikan kebebasan dalam mengatur jumlah target audiens pada iklan Anda nantinya. Namun, hal yang perlu Anda ingat bahwa tentunya semakin banyak target audiens yang disasar, maka akan semakin banyak juga biaya yang Anda keluarkan. Selain itu, Anda juga bisa mengkategorikan spesifikasi target audiens tertentu. Seperti misalnya, produk sepatu pria yang memang jelas ditujukan untuk pria.

Dengan menggunakan teknik iklan PPC ini maka akan memungkinkan Anda untuk menentukan target audiens berdasarkan demografi, lokasi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, PPC merupakan salah satu teknik beriklan yang dapat bekerja dengan efektif dalam membantu Anda untuk mencapai target audiens yang tepat.

2. Memperoleh Hasil secara Lebih Cepat

Terdapat perbedaan hasil apabila Anda beriklan menggunakan teknik PPC dibandingkan dengan hanya menggunakan SEO (Search Engine Optimization) saja. Umumnya, teknik promosi menggunakan SEO ini sifatnya organik sehingga memang lebih membutuhkan waktu yang lama dalam memperoleh hasil yang akan didapatkan.

Namun, apabila Anda memasang iklan dengan menggunakan PPC maka Anda bisa memperoleh hasil dalam waktu yang relatif cepat. Artinya, Anda bisa memperoleh pengunjung website dalam jumlah yang banyak namun dalam kurun waktu yang singkat.

3. Anggaran yang Mampu Disesuaikan

Ketika mendengar kata iklan, mungkin yang muncul di benak Anda adalah biaya memasangnya yang sangat mahal. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku apabila Anda beriklan menggunakan PPC. Karena teknik iklan PPC ini memungkinkan Anda dalam mengatur biaya iklan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

4. Tidak Dipengaruhi Oleh Algoritma

Beberapa perusahaan besar seperti Google selalu memperbarui algoritmanya dalam mengubah sistem pemeringkatan pada mesin pencari. Sama halnya dengan perusahaan media sosial besar seperti Facebook dan Instagram yang mengubah algoritmanya berdasarkan minat dan aktivitas setiap penggunanya.

Namun, lain halnya dengan PPC. Beriklan menggunakan teknik tersebut tidak memiliki dampak yang signifikan dari algoritma organik. Dengan demikian, iklan yang Anda buat tetap bisa tersampaikan dengan baik kepada target audiens tanpa perlu mengkhawatirkan adanya perubahan algoritma.

5. Target Audiens Tidak Bisa Membedakan PPC dan Organik

Sebagian orang berpikir bahwa sulit untuk mendapatkan hasil dari iklan yang dipasang menggunakan teknik PPC pada beberapa platform digital seperti Google, Facebook, atau Instagram. Pernyataan tersebut memang benar adanya karena bagi sebagian orang seringkali mengabaikan iklan yang beredar pada platform-platform tersebut.

Namun, hal ini bukan berarti seluruh orang akan mengabaikan teknik iklan menggunakan PPC. Menurut riset yang dilakukan oleh WordStream, sebanyak 41 persen orang tidak bisa membedakan apakah postingan tersebut termasuk kategori organik atau iklan yang menggunakan PPC.

Oleh karena itu, Anda tak perlu khawatir apabila tidak ada yang mengklik iklan PPC milik Anda. Beberapa platform digital penyedia iklan memastikan bahwa iklan Anda akan ditujukan kepada target audiens yang spesifik sehingga kemungkinan besar akan memperoleh hasil klik yang besar.

6. Memperoleh Keuntungan

Teknik iklan PPC dapat menawarkan Anda dalam memperoleh Return Of Investment (ROI) yang lebih tinggi dibandingkan dengan strategi digital marketing lainnya.

Return Of Investment (ROI) sendiri memiliki arti sebagai suatu metrik yang berfungsi untuk mengukur untung atau rugi yang dihasilkan pada kegiatan digital marketing Anda.

Cara mengukur hasil kegiatan promosi bisnis Anda menggunakan metrik ROI ini dapat berdasarkan jumlah biaya yang telah Anda investasikan atau bayarkan sebelumnya. Berdasarkan jumlah uang yang telah Anda investasikan, dengan menjalankan PPC maka akan memberikan Anda kendali penuh untuk mengatur biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menjalankan iklan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, apabila Anda ingin memperoleh keuntungan melalui iklan PPC maka Anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu kata kunci pencarian apa saja yang berpotensi dapat menguntungkan bagi bisnis Anda.

Baca Juga: Ketahui Sistem Bidding dan Auction Dalam Iklan Digital

Bagaimana Cara Kerja Pay Per Click?

Setelah Anda mengetahui pengertian PPC, alasan mengapa harus menggunakan PPC dalam beriklan, kini saatnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja PPC. Menggunakan teknik iklan PPC melalui mesin pencari merupakan salah satu bentuk PPC yang populer dan banyak digunakan. Biasanya, para Digital Marketer akan saling bersaing dalam melakukan bidding untuk mendapatkan posisi ideal di mesin pencari.

Hal ini dilakukan agar iklan yang telah dipasang tersebut dapat dikunjungi sewaktu seseorang sedang mencari produk atau jasa melalui kata kunci yang relevan.

Cara Membuat Iklan dengan Teknik Pay Per Click

Salah besar apabila Anda hanya menganggap bahwa teknik iklan PPC hanya digunakan pada mesin pencari Google saja. Faktanya, hampir seluruh platform digital seperti media sosial pun juga menyediakan sistem iklan yang sama di setiap platformnya, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Platform sosial media tersebut juga menyediakan fitur khusus bagi para pemilik bisnis untuk memasang iklan melalui platform milik mereka, ketiga platform sosial media tersebut juga sama-sama menerapkan teknik iklan yang sama yaitu Pay Per Click (PPC).

Apabila Anda dilanda kebingungan dalam memilih harus menggunakan salah satu platform digital saja atau justru keseluruhan secara bersamaan, maka jawabannya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan melihat bagaimana kebutuhan beriklan Anda, maka Anda pun dapat menyesuaikan penggunaan platform digital sebagai media beriklan Anda sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

Baca Juga: Kenali Customer Acquisition Cost dan Bagaimana Cara Kerjanya

Penutup

Pay Per Click (PPC) merupakan salah satu teknik iklan digital yang dinilai paling efektif dan efisien yang harus Anda terapkan pada bisnis Anda khususnya pada era digital ini.

Terutama apabila calon customer Anda merupakan seseorang yang sudah paham menggunakan internet dan media sosial.

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendorong performa bisnis yang masih saja stagnan, Anda bisa menggunakan layanan kami, Audit & Consulting Digital Marketing.

Sasana Digital akan mengidentifikasi, mengukur, serta mencari peluang & ancaman yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Yuk, manfaatkan dulu layanan Free Consulting kami di sini!

sasana digital logo karier

Perusahaan penyedia Solusi Digital & Teknologi untuk kebutuhan bisnis Anda. Selengkapnya…

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Hubungi Sekarang !
Sasana Digital
Selamat datang di Sasana Digital!

Ada yang bisa kami bantu? Jika ada, silahkan klik tombol berikut ya! 😊