Blog ›

Ketahui Sistem Bidding dan Auction Dalam Iklan Digital

I

Sebagai pebisnis, sudah seberapa sering Anda familiar bahkan menggunakan strategi pemasaran berbayar seperti Google Ads atau Instagram Ads? Apabila Anda sudah sering melakukan kegiatan tersebut, pastinya sudah tak asing dengan istilah bidding dan auction.

Adapun kedua strategi pemasaran berbayar ini merupakan salah satu cara yang sangat penting dilakukan untuk membuat performa iklan menjadi lebih efektif dalam segi harga maupun penayangan.

Apabila Anda memilih strategi bidding pada Google Ads, maka Anda dapat mengetahui apa tujuan dari iklan yang sedang Anda buat. Salah memilih strategi bidding, maka hasil dari iklan Anda pun akan salah dan tidak efektif.

Selain memasang iklan di berbagai platform digital seperti mesin pencari Google ataupun melalui sosial media seperti Instagram Ads, Facebook Ads, LinkedIn Ads, dan platform lain sebagainya.

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga bisa menggunakan strategi selain bidding, yaitu strategi beriklan auction. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai strategi pemasaran bidding dan auction pada beberapa platform iklan digital, simak selengkapnya dalam artikel Sasana Digital berikut ini.

Apa Itu Strategi Bidding?

Strategi pemasaran bidding merupakan strategi penawaran yang bertujuan untuk membelanjakan budget harian iklan Anda di beberapa platform digital, salah satunya adalah Google Ads. Strategi bidding dalam Google Ads sendiri, ditentukan dalam dua tipe yaitu tanpa batas dan adanya batas tertentu.

Apabila Anda memilih bidding tanpa batas, nantinya Google Ads akan dengan bebas menghabiskan budget tanpa ada pemberitahuan lebih lanjut. Hal ini tak sepenuhnya buruk, melainkan kemungkinan rasio budget yang dikeluarkan akan lebih besar.

Sedangkan bidding dengan adanya batas, maka Google Ads tidak bisa secara sembarangan menghabiskan budget karena ada batasan tertentu yang diatur secara manual sebelum iklan tersebut tayang.

Strategi bidding ini memang dapat dikatakan lebih hemat secara biaya, namun karena terbatasnya penayangan iklan maka tak jarang iklan malah tidak tayang sama sekali.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan strategi yang tidak bisa asal dan biasanya cara ini digunakan bagi pebisnis yang sudah berpengalaman. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa setiap platfrom iklan digital, seperti Google, Instagram, dan platform lainnya memiliki strategi bidding yang berbeda walaupun cara kerjanya mungkin hampir mirip.

Pemilihan strategi bidding ini juga biasanya harus disesuaikan dengan tujuan dari iklan yang Anda buat seperti klik, impresi, atau konversi.

Apa Itu Strategi Auction?

Sedikit berbeda dengan bidding, auction merupakan strategi pemasaran berbayar yang melelang slot iklan kepada pengiklan sebagai peserta lelang. Dengan proses auction tersebut, akan ditentukan iklan mana yang harus ditayangkan dan diurutkan berdasarkan peringkat masing-masing iklan. Iklan dengan peringkat tertinggi akan mendapatkan posisi yang teratas.

Strategi auction terjadi setiap kali orang melakukan pencarian di Google. Iklan yang layak untuk ditayangkan akan langsung diikutsertakan dalam strategi tersebut. Akan tetapi, karena terbatasnya slot iklan, maka tidak semua iklan yang ikut dalam proses auction bisa tayang di hasil pencarian Google.

Mengenal Strategi Bidding dan Auction Dalam Google Ads

Pastinya tak sedikit orang yang sudah mengenal apa itu Google Ads. Terlebih, hampir semua orang menggunakan mesin pencari ini. Ketika Anda mengetik suatu kata kunci di mesin pencari Google, maka Anda akan menemukan beberapa hasil teratas dengan label ‘iklan’ di dekat judul tersebut.

Konten yang memiliki label ‘iklan’ tersebut merupakan salah satu contoh penerapan Google Ads. Secara singkatnya, hal tersebut merupakan sebuah fasilitas berbayar agar konten Anda berhasil berada pada urutan posisi halaman pertama Google dan akan berpotensi diklik lebih banyak pengunjung.

Untuk beriklan pada platform mesin pencari Google ini, Anda harus mengetahui bagaimana kebiasaan calon pelanggan Anda dalam menggunakan kata kunci. Sebagai contoh, apabila Anda menjual peralatan untuk memasak, maka Anda harus tahu kata kunci apa saja yang akan dipakai oleh pengunjung.

Kata kunci tersebut akan Anda kategorikan sebagai salah satu media saat beriklan di platform digital seperti mesin pencari Google ini. Meskipun Anda sudah mulai beriklan di Google, tidak serta merta iklan bisnis milik Anda akan langsung muncul di baris pertama seperti yang digambarkan sebelumnya.

Mengapa? Karena setiap harinya, Google juga menerima banyak permintaan untuk beriklan. Sehingga, salah satu cara agar Anda bisa mendapatkan posisi paling pertama saat Anda harus bersaing dengan para pengiklan lainnya adalah dengan memenangkan bidding atau penawaran.

Singkatnya, strategi ini merupakan sebuah budget yang akan Anda keluarkan untuk menaruh konten Anda sebagai iklan di halaman pertama mesin pencari Google.

Manfaat Beriklan Menggunakan Strategi Bidding dan Auction

Setelah Anda mengetahui masing-masing pengertian mengenai strategi beriklan menggunakan bidding dan auction, kini Sasana Digital akan membahas manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan apabila beriklan menggunakan antara strategi bidding atau auction tersebut.

Manfaat yang pertama yaitu Anda mampu untuk meningkatkan awareness yang mana hal ini menjadi suatu kunci kesuksesan untuk bisnis Anda. Tanpa adanya awareness, maka Anda akan kesulitan mendapatkan calon konsumen.

Manfaat yang kedua dengan beriklan menggunakan kedua strategi tersebut, maka Anda mampu untuk mengoptimalkan dan menyesuaikan intensi calon pelanggan Anda.

Dengan mengetahui kata kunci yang tepat maka Anda sekaligus bisa mengetahui apa yang menjadi intensi calon pelanggan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa mengetahui apakah calon pelanggan Anda menginginkan adanya pembelian, tutorial, review, atau sekedar informasi saja.

Manfaat ketiga yang akan Anda dapatkan adalah dapat menekan budget beriklan Anda. Karena dengan penerapan strategi yang tepat maka Anda bisa memperoleh iklan yang terbaik tanpa harus mengeluarkan budget yang lebih besar.

Sehingga keuntungan yang akan Anda dapatkan pun sangat besar dibandingkan apabila Anda tidak menggunakan strategi beriklan sama sekali. Kemudian, manfaat selanjutnya yaitu Anda mampu mendapatkan hasil dari beriklan yang lebih cepat dan instan tentunya dengan optimasi dari kata kunci yang Anda pakai.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa pemilihan kata kunci yang tepat maka dapat membuat calon pelanggan Anda banyak datang berkunjung ke website bisnis milik Anda.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik bisnis. Memberikan Anda peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Terlebih hampir semua orang menggunakan Google sehari-harinya.

Manfaat terakhir yang dapat Anda rasakan sebagai pemilik bisnis yang beriklan menggunakan kedua strategi tersebut adalah adanya remarketing. Remarketing memiliki makna bahwa Anda sebagai pemilik bisnis, dapat menjangkau kembali pelanggan Anda yang sebelumnya.

Hal ini menjadi kunci keberhasilan dari sebuah bisnis. Tak hanya sekadar mendapatkan pelanggan baru saja, melainkan pelanggan lama Anda akan mengulangi pemesanan atau dikenal dengan sebutan repeat order.

Perkembangan teknologi di dunia digital yang semakin maju, maka begitu pula dengan strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pebisnis kian berkembang pesat.

Penutup

Semakin berkembangnya penggunaan berbagai platform beriklan menggunakan media digital, maka sebagai pemilik bisnis pun Anda harus berpikir dan bergerak maju sehingga dapat menjangkau lebih banyak target audiens.

Tak hanya sekadar beriklan menggunakan platform digital saja, melainkan Anda juga harus mengetahui strategi beriklan apa yang tepat untuk bisnis yang sedang Anda jalani. Hal tersebut diperuntukkan bagi tujuan akhir yang Anda harapkan dari bisnis yang sedang Anda jalani.


Bagi Anda pemilik bisnis yang ingin memaksimalkan kapabilitas tim di bidang marketing secara signifikan, Sasana Digital memiliki program berupa Training Digital Marketing yang dapat segera Anda manfaatkan!

Jadi, tunggu apa lagi! Yuk, konsultasikan dulu bersama kami. Gratis!

sasana digital logo karier

Perusahaan penyedia Solusi Digital & Teknologi untuk kebutuhan bisnis Anda. Selengkapnya…

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Hubungi Sekarang !
Sasana Digital
Selamat datang di Sasana Digital!

Ada yang bisa kami bantu? Jika ada, silahkan klik tombol berikut ya! 😊