Blog ›

Digitalisasi Operasional: Jasa Pembuatan Sistem Informasi

I

Jasa Pembuatan Sistem Informasi yang Anda cari ada di sini! Telah Membantu Perusahaan/Instansi Multinasional & Nasional dalam Project Digitalisasi Pembuatan Sistem Informasi Perusahaan & Pembuatan Sistem Informasi Akademik.

Semakin hari perusahaan/lembaga/instansi di berbagai industri dituntut untuk bekerja lebih cepat dan efisien dalam memberikan pelayanan karena gempuran permintaan pasar ataupun persaingan antar kompetitor yang semakin ketat. 

Namun, sebaik apapun strategi yang direncanakan akan percuma atau kurang optimal ketika banyak pekerjaan yang masih dilakukan secara manual, khususnya pekerjaan administratif. 

Jika ingin bergerak lebih cepat dan efisien, perusahaan harus mulai otomatisasi pekerjaan-pekerjaan administratif seperti pekerjaan mengumpulkan data lapangan, baik itu data produksi, data pemasaran, maupun data lainnya. Solusi terbaiknya adalah dengan membuat sistem informasi yang efektif dan andal sehingga proses pekerjaan administratif seperti pencatatan dan analisa data bisa lebih cepat.

Artikel ini akan membahas berbagai aspek terkait jasa pembuatan sistem informasi, mulai dari masalah perusahaan yang dapat diatasi dengan sistem informasi, jenis-jenis sistem informasi, layanan dari Sasana Digital, hingga pertanyaan umum yang sering diajukan.

5 Masalah Dasar Perusahaan Sebelum Membuat Sistem Informasi

Ada beberapa masalah dasar yang sering dialami perusahaan sebelum akhirnya mereka memilih menggunakan jasa pembuatan sistem informasi.

Beberapa faktor yang melatarbelakangi kebutuhan terhadap jasa pembuatan sistem informasi perusahaan diantaranya:

  1. Manajemen Data Berantakan: Data yang tercecer dan tidak terorganisir dapat menghambat pengambilan keputusan strategis. Apalagi jika masih menggunakan data berbasis fisik (paper-base)
  2. Kurangnya Kolaborasi Antar Departemen: Kolaborasi antar departemen yang kurang harmonis dapat menyebabkan terhambatnya performa perusahaan. Karena komunikasi internal yang tidak lancar, kecepatan & produktivitas kerja dalam hal manajemen data juga dapat terhambat.
  3. Pekerjaan Manual yang Memakan Waktu: Banyak perusahaan masih melakukan proses manual yang lambat dan rentan human error.
  4. Kurangnya Akses Real-Time: Tidak memiliki akses data dan laporan real-time dapat mempersulit manajemen dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat.
  5. Kesulitan dalam Controlling Pekerjaan: Sulit untuk memantau dan menganalisis kinerja operasional secara efektif karena tidak ada teknologi yang memadai.

Baca Juga: Sistem Informasi Manufaktur: Mengenal Manfaat & Model

Jenis-Jenis Pembuatan Sistem Informasi yang Dapat Disesuaikan Kebutuhan Perusahaan

Ada berbagai jenis sistem informasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan Anda sebelum menghubungi jasa pembuatan sistem informasi terpercaya.

Berikut ini adalah beberapa jenis pembuatan sistem yang disesuaikan dengan kebutuhan klien-klien kami:

1. Sistem Informasi Produksi

portofolio jasa pembuatan sistem informasi 1

KAO LTD. adalah salah satu produsen FMCG terbesar di Indonesia. Mereka mempercayakan pembuatan sistem pencatatan data produksi kepada tim kami. 

Sasana Digital membantu membangun Aplikasi Web untuk pencatatan data produksi yang dapat diakses melalui internet dengan tablet Android, sehingga operator dapat dengan mudah memasukkan data. Berikut fungsi dari sistem informasi produksi:

  • Mengelola proses produksi dan aliran material di perusahaan manufaktur
  • Meningkatkan produktivitas dan kualitas produk

Baca Juga: 4 Layanan Utama Perusahaan Pembuat Software Paling Dibutuhkan

2. Sistem Informasi Keuangan

portofolio jasa pembuatan sistem informasi 2

Selanjutnya ada sistem informasi keuangan yang digunakan untuk melacak aliran uang, pendapatan, dan pengeluaran. Berikut dua fungsi utama sistem informasi keuangan:

  • Mengelola dan mengontrol transaksi keuangan perusahaan
  • Membantu dalam pelaporan keuangan dan analisis biaya

3. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

portofolio jasa pembuatan sistem informasi 3

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) adalah sebuah sistem komputer yang dirancang khusus untuk mengelola dan memantau informasi terkait dengan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Berikut dua fungsi utamanya:

  • Mengelola data karyawan dan proses HR seperti rekrutmen, pelatihan, dan penilaian kinerja
  • Meningkatkan efisiensi dalam manajemen tenaga kerja

4. Sistem Informasi Pelanggan

portofolio jasa pembuatan sistem informasi 4

Sistem Informasi Pelanggan (CRM) adalah sebuah pendekatan atau strategi bisnis yang didukung oleh teknologi informasi untuk mengelola dan menganalisis interaksi perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Berikut dua fungsi utama sistem CRM:

  • Mengelola interaksi dengan pelanggan dan data pelanggan
  • Meningkatkan layanan pelanggan dan loyalitas pelanggan

Baca Juga: 10 Software Manufaktur Bantu Tingkatkan Produktivitas & Efisiensi Pabrik Anda

5. Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

portofolio jasa pembuatan sistem informasi 5

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) adalah sebuah platform atau sistem komputer yang digunakan oleh lembaga pendidikan, seperti sekolah, perguruan tinggi, atau universitas, untuk mengelola berbagai informasi akademik dan administratif terkait dengan proses belajar-mengajar dan administrasi kegiatan akademik. Manfaat dari sistem informasi akademik adalah:

  • Meningkatkan efisiensi administrasi
  • Meningkatkan kualitas layanan akademik
  • Menyediakan akses yang mudah dan cepat ke informasi akademik bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan

Dengan berbagai jenis sistem informasi ini, perusahaan dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis mereka.

Jadi bagi Anda yang memiliki kebutuhan akan jasa pembuatan sistem informasi akademik, Anda dapat melihat sistem ini sebagai contohnya. Karena secara garis besar yang dibutuhkan dalam sistem informasi akademik adalah terkait info materi, pelatihan, kursus, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Contoh Pemanfaatan Teknologi Berbasis Real Time Data

Perusahaan yang Mempercayakan Pembuatan Sistem Informasi ke Sasana Digital

Berikut ini daftar perusahaan (klien) yang telah berkolaborasi dengan Sasana Digital dalam kebutuhan pembuatan sistem informasi.

1. Parama Indo Nusa di Pembuatan Web Company Profile Tour & Travel

Sasana Digital adalah jasa pembuatan sistem informasi untuk perusahaan yang dipilih Parama Indo Nusa dalam pembuatan website company profile untuk bisnis tour & travel mereka.

Dari website tersebut kita bantu agar bisa menampilkan beberapa layanan yang disediakan oleh Parama Tour, seperti Paket Liburan, Perjalanan Perusahaan, Penyewaan Hotel dan Bus, serta menyediakan layanan pengurusan dokumen perjalanan seperti Paspor, Visa, dan lain-lain.

2. Soltech di Pembuatan Web E-Commerce

PT Soltech Data Indonesia juga mempercayakan kami sebagai jasa pembuatan sistem informasi atau situs web untuk memasarkan layanan dan produk yang berhubungan dengan IT.

Mereka membutuhkan website E-Commerce yang dapat menampilkan produk, deskripsi, harga, dan terhubung ke WhatsApp untuk komunikasi dan pembelian.

Tim IT kami mengembangkan platform e-commerce yang komprehensif, memungkinkan Soltech untuk memamerkan produk dan layanan IT mereka dengan deskripsi dan harga yang jelas.

3. PT KAO di Pembuatan SIPP (Sistem Informasi Pencatatan Produk)

PT KAO, salah satu produsen FMCG besar di Indonesia pernah menghadapi tantangan dalam pencatatan data produksi berbasis kertas seperti pengumpulan data yang lambat, kehilangan data, dan keterlambatan dalam pengambilan keputusan.

Untuk itu sebagai jasa pembuatan sistem informasi, kami membangun Aplikasi Web untuk pencatatan data produksi atau manufaktur yang dapat diakses melalui internet dengan Tablet Android, sehingga operator dapat menginput dengan mudah dan data tersimpan secara otomatis.

Fiturnya dilengkapi dengan laporan real time, analisa permasalahan di lapangan, dan laporan yang kompatibel dengan SAP.

4. Trijaya Transindo Mandiri di Pembuatan Web Company Profile

Selanjutnya ada Trijaya Transindo Mandiri, sebuah bisnis penyewaan mobil dan bus untuk perjalanan. Sebagai jasa pembuatan sistem informasi perusahaan yang mereka hubungi, kami berkolaborasi dalam pengembangan website company profile yang dirancang untuk memudahkan proses pencarian, perbandingan, dan pemesanan kendaraan untuk kebutuhan transportasi.

Website katalog ini tidak melakukan pembayaran di dalam sistem, melainkan langsung diarahkan ke whatsapp dari beberapa Admin yang telah diatur oleh pemilik.

Baca Juga: Aplikasi Manufaktur Terbaik: Solusi Efektif Efisiensi Produksi

5. Sales Pro Partners (Base in Belgium) di Pembuatan Web Company Profile

Sasana Digital juga berkolaborasi dengan startup yang bergerak di bidang sales konsultan skala multinasional yang berbasis di Belgium, yaitu Sales Pro Partners. Layanan yang mereka percayakan kepada kami adalah pembuatan website company profile.

Untuk memperluas jangkauan pengguna mereka di Google, kami membantu mereka mengembangkan situs web bisnis yang profesional dan SEO-friendly.

6. Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat di Pembuatan Web E-Learning & Sertifikasi

Klien kami di BPVP Kementerian Tenaga Kerja Bandung Barat membutuhkan bantuan jasa pembuatan sistem informasi perusahaan yang sanggup berkolaborasi dalam optimalisasi website dengan menambahkan fitur utama lain, seperti  halaman sertifikasi pelatihan dan halaman lowongan pekerjaan.

Sesuai kebutuhannya, Sasana Digital melakukan re-design tampilan website dan menambahkan fitur sertifikasi dan karir sesuai dengan yang diminta. Dan tentu dengan desain yang lebih menarik dan fungsional.

7. Hanania di Pembuatan Web Company Profile

Sebagai salah satu penyedia interior premium di Bandung. Hanania membutuhkan website untuk menjangkau klien di luar kota dan memperkuat posisinya sebagai desain interior rumah yang paling modern dalam hal produk, layanan dan pemasaran. Tim kami mendesain dan mengembangkan website dengan performa yang baik, SEO friendly dan desain yang berkualitas.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Software dengan Kustomisasi Terbaik

Pertanyaan Umum mengenai Pembuatan Sistem Informasi?

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem informasi?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem informasi sangat bervariasi tergantung pada kompleksitas dan skala proyek. 

Secara umum, ada beberapa faktor yang mempengaruhi durasi pengembangan, diantaranya, ruang lingkup proyek, kebutuhan spesifik, tim pengembang, teknologi yang digunakan, tahapan pengembangan, dan perubahan/revisi. Biasanya, proyek dapat memakan waktu antara beberapa bulan hingga satu tahun.

Untuk mendapatkan estimasi waktu yang lebih akurat, silakan berkonsultasi dengan Tim Sasana Digital terkait kebutuhan pengembangan sistem informasi perusahaan Anda.

2. Apakah sistem informasi dapat diintegrasikan dengan software yang sudah ada?

Kami dapat membantu menganalisa posibilitas integrasi sistem dengan software yang sudah ada sebelumnya. Bisa atau tidaknya tergantung dari kemampuan sistem sebelumnya atau bisa dibuatkan skema integrasi lain.

3. Apakah ada dukungan setelah implementasi?

Ya, dukungan setelah implementasi adalah hal penting dalam pengembangan sistem informasi. Layanan dukungan ini memastikan bahwa sistem tetap berfungsi dengan baik dan setiap masalah yang muncul dapat segera ditangani.

Sasana Digital menyediakan dua dukungan teknis berkelanjutan: 24/7 untuk masalah HIGH PRIORITY dan 24/5 untuk MEDIUM & LOW PRIORITY.

Baca Juga: Konsultan & Vendor IT Indonesia: Bangun Sistem IT Terbaik untuk Perusahaan

4. Bagaimana biaya jasa pembuatan sistem informasi ditentukan?

Biaya jasa pembuatan sistem informasi dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas dan kebutuhan spesifik proyek Anda.

Gunakan FREE KONSULTASI untuk melihat kompleksitas, fitur yang dibutuhkan, dan skala proyek agar perhitungan biaya dapat kami dapat menyesuaikan harga penawaran dengan budget Anda.

5. Apakah ada pelatihan untuk karyawan?

Ya, kami menyediakan pelatihan untuk karyawan sebagai bagian dari layanan pengembangan sistem informasi. Pelatihan ini dirancang untuk memastikan bahwa karyawan Anda dapat menggunakan sistem baru dengan efektif dan efisien. 

Sasana Digital menyediakan pelatihan bagi karyawan untuk memastikan mereka dapat menggunakan sistem informasi dengan efektif dan maksimal.

Kesimpulan

Jasa pembuatan sistem informasi adalah langkah penting dalam transformasi digital perusahaan Anda. Dengan mengatasi berbagai masalah operasional dan meningkatkan efisiensi kerja, sistem informasi dapat membawa perusahaan Anda lebih maju dan produktif. 

Sasana Digital, dengan layanan kustom dan dukungan penuh, siap membantu dalam pengembangan sistem informasi sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Jika Anda mencari solusi yang andal dan profesional, Sasana Digital adalah pilihan yang tepat.

Konsultasikan bisnis atau perusahaan Anda sekarang juga melalui fasilitas KONSULTASI GRATIS, dan ketahui kompleksitas kebutuhan bisnis Anda, serta rekomendasi yang kami sarankan!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?