fbpx
5 Contoh Pemanfaatan Teknologi Berbasis Real Time Data

5 Contoh Pemanfaatan Teknologi Berbasis Real Time Data

Mengapa teknologi real time data sangat penting di era sekarang? Ketahui bagaimana real time data bisa membantu bisnis anda!

Data merupakan hal yang sangat penting di dalam bisnis. Tanpa adanya data, maka anda tidak memiliki dasar yang kuat dalam mengambil keputusan. Dan tentu saja jika anda tidak mengambil keputusan berdasarkan data, maka eksistensi perusahaan bisa menjadi taruhannya.

Namun terkadang kita perlu waktu dalam mendapatkan data. Bahkan di masa lampau, proses pengumpulan data bisa berlangsung sampai bertahun-tahun dan selama itu juga mereka tidak bisa mengambil keputusan yang pasti. Bagaimana permasalahan ini bisa diselesaikan?

Revolusi Industri 4.0: Real Time Data Strategy

Untungnya perkembangan teknologi digital tidak berhenti sampai di situ-situ saja. Hingga saat ini teknologi yang bisa menampilkan data secara real time atau secara langsung sudah bisa kita manfaatkan.Dengan menggunakan teknologi real time data, maka kita bisa mendapatkan data saat itu juga dan langsung bisa membuat keputusan yang tepat tanpa perlu membuang waktu. Perangkat Internet of Things atau IoT bisa membantu perusahaan untuk mendapatkan data yang akurat secara langsung. Berikut beberapa contohnya.

Sistem Kontrol Pada Mesin di Dalam Industri Manufaktur

Mesin di dalam industri manufaktur di masa kini, sudah tidak perlu dimonitoring secara manual oleh pekerja dan teknisi. Sistem sekarang sudah bisa mendeteksi apabila mesin mengalami kerusakan, dan bisa memberikan informasinya secara langsung berkat bantuan sistem real time data.

Sistem akan melakukan monitor kondisi mesin secara berkala dalam satuan detik (di mesin yang lebih canggih, bahkan bisa sampai mikro detik). Sistem mengumpulkan data secara otomatis saat itu juga dan mencocokan data tersebut terhadap data normal.

Sehingga sistem akan tahu apabila terjadi kesalahan pada mesin, dan ia bisa memberikan peringatan kepada teknisi.

Kunjungi halaman smart manufacturing kami untuk mendapatkan informasi otomasi manufaktur yang lebih lengkap.

E-Ticketing Dalam Dunia Transportasi

Tahukah anda bahwa aplikasi pemesanan tiket yang anda gunakan juga hadir berkat adanya sistem real time data?

Anda tidak perlu khawatir kalau-kalau anda tidak bisa menggunakan tiket, karena adanya delay antara data di aplikasi dengan counter di stasiun atau bandara. Semuanya bisa karena data yang dikumpulkan adalah data nyata yang dihitung setiap detiknya.

Artinya begitu transaksi diselesaikan atau dibatalkan, maka sistem bisa mendeteksinya secara otomatis. Baik pengguna maupun vendor tetap bisa menjalankan penjualan seperti biasa tanpa perlu memperbarui status tiket secara manual.

Analytics Dalam Dunia Digital Marketing

Dalam dunia digital marketing, real time data system juga sangat dibutuhkan. Apalagi jika menyangkut evaluasi strategi promosi yang sedang berlangsung.

Google Analytics adalah salah satu tools yang mendukung sistem real time data. Para digital marketer bisa langsung melihat bagaimana interaksi yang terjadi di dalam website (baik jumlah maupun asal pengunjung), tanpa perlu menunggu proses pengolahan data.

Video Call

Konsep real time data juga diimplementasikan pada dunia telekomunikasi, salah satunya adalah sistem video call atau panggilan video yang biasa anda gunakan.

Dengan konsep real time data, maka anda bisa langsung melihat video tanpa perlu menunggu delay karena data langsung ditransmisi dan diterima. Komunikasi pun bisa semakin mudah dan efektif.

Baca Juga: Perkembangan Teknologi Digital: Berkenalan dengan Perangkat Internet of Things (IoT)

ERP Software

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan salah satu jenis software manajemen produksi yang banyak digunakan untuk membuat perencanaan dan supervisi terhadap kegiatan perusahaan.

ERP bisa membantu anda dalam memonitor kegiatan produksi, distribusi, sampai evaluasi berkat sistem real time data yang digunakan. Anda bisa langsung melihat bagaimana proses produksi dilakukan atau bagaimana proses distribusi berjalan secara langsung tanpa perlu menunggu prosesnya selesai terlebih dahulu.

Ini nantinya bisa membantu anda dalam mengambil keputusan yang lebih cepat dan tepat, karena anda juga bisa melihat prosesnya. Anda pun bisa mencocokkan bagaimana hasil perencanaan semula terhadap realitanya secara langsung.

Real Time Data Adalah Peluang Bagi Anda

Yang jelas, data real time adalah peluang bagi anda. Dengan sistem ini, anda tidak perlu lagi harus menunggu proses pengerjaan selesai hanya untuk mendapatkan data. Sekali lagi, ini membantu anda untuk mendapatkan data yang sah lebih cepat dan membantu mengambil keputusan tanpa menunggu lama.

Sekarang bagaimana dengan perusahaan anda? Apakah anda sudah menerapkan sistem real time data di dalam strategi pengembangan perusahaan anda? Atau masih menggunakan cara manual?

Comments are closed.