Blog ›

4 Layanan Utama Perusahaan Pembuat Software Paling Dibutuhkan

I

Banyak perusahaan memilih menggunakan perusahaan pembuat software karena berbagai alasan. Diantaranya menginginkan penanganan profesional, mendapat solusi efisien dan inovatif, pemeliharaan, atau mencari value lebih lainnya sesuai kebutuhan.

Mayoritas klien yang berkolaborasi dengan perusahaan pengembang software atau aplikasi, mereka memiliki keinginan untuk meningkatkan sistem atau pembaruan perangkat lunak serta keamanannya. 

Kerjasama dengan perusahaan penyedia layanan IT dan software bukan hanya diharapkan dapat menguntungkan dalam pengembangan perangkat lunak, tetapi juga dapat meningkatkan daya saing dan efektivitas bisnis secara keseluruhan. 

Menyortir perusahaan software di Indonesia untuk menemukan mana yang profesional dan cocok, dapat memakan waktu lebih jika tidak dipersiapkan dari sekarang. Berikut ini kami tampilkan apa yang bisa kami tawarkan beserta informasi menarik seputar produk yang telah dikembangkan.

Produk yang Dibuat Perusahaan Pembuat Software

Berikut ini 3 contoh produk IT yang dikembangkan oleh perusahaan software:

1. Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk dijalankan pada perangkat seluler seperti smartphone atau tablet. Perusahaan pembuat software mengembangkan aplikasi mobile untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang aktif secara mobile. 

Proses pengembangan dimulai dengan penelitian pasar untuk memahami kebutuhan pengguna dan tren industri. Selanjutnya, desainer UI/UX membuat desain antarmuka yang responsif dan ramah pengguna. 

Tim pengembang perangkat lunak menggunakan platform seperti Android atau iOS dan bahasa pemrograman seperti Java atau Swift. Pengujian aplikasi dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan kinerja yang baik di berbagai perangkat dan sistem operasi mobile. Setelah itu, dilakukan peluncuran dan pemeliharaan berkelanjutan dengan pembaruan dan perbaikan bug secara rutin.

Berikut adalah beberapa tujuan umum penggunaan aplikasi mobile dalam konteks bisnis:

  • Meningkatkan Interaksi Pelanggan
  • Pengelolaan Tugas dan Produktivitas
  • Pelatihan dan Pengembangan Karyawan
  • Pemantauan dan Manajemen Inventaris

Baca Juga: 10 Software Manufaktur Bantu Tingkatkan Produktivitas & Efisiensi Pabrik Anda

2. Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web adalah perangkat lunak yang diakses melalui peramban web tanpa memerlukan instalasi di perangkat pengguna. Proses pembuatan aplikasi web dimulai dengan analisis kebutuhan bisnis dan pengguna. 

Perusahaan pembuat software merancang arsitektur sistem dan antarmuka pengguna berbasis web. Pengembang menggunakan teknologi web seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk membangun fungsionalitas aplikasi. 

Pengujian dilakukan pada berbagai browser dan perangkat untuk memastikan kompatibilitas. Pengelolaan server, keamanan data, dan skalabilitas juga menjadi bagian integral dari pengembangan aplikasi web. 

Setelah peluncuran, ada baiknya perusahaan terus memantau kinerja dan merilis pembaruan secara berkala.

Berikut adalah beberapa tujuan umum penggunaan aplikasi web dalam konteks bisnis:

  • E-commerce
  • Layanan Pelanggan (Customer Service)
  • Analisis dan Pelacakan Kinerja
  • Pendidikan & Pelatihan Online
  • Manajemen Proyek
  • Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

3. Aplikasi Berbasis Desktop

Aplikasi berbasis desktop adalah perangkat lunak yang diinstal dan dijalankan pada komputer atau laptop. Proses pembuatannya dimulai dengan analisis kebutuhan pengguna dan kecocokan platform. 

Tim ahli akan menciptakan antarmuka pengguna yang sesuai dengan norma-norma desain desktop agar user-friendly saat digunakan di perangkat tersebut. 

Dalam prosesnya, perusahaan software biasanya menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, C++, atau .NET. Tujuannya untuk membangun aplikasi dengan fungsionalitas yang diinginkan. 

Pengujian kinerja dan keamanan dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan aplikasi berjalan lancar pada berbagai konfigurasi sistem. Setelah instalasi, perusahaan memberikan dukungan teknis dan mengeluarkan pembaruan keamanan serta pembaruan fungsionalitas sesuai kebutuhan.

Berikut adalah beberapa tujuan umum penggunaan aplikasi desktop dalam konteks bisnis:

  • Keuangan dan Akuntansi
  • Manajemen Inventaris
  • Penjualan dan CRM (Customer Relationship Management)

Baca Juga: Jasa Pembuatan Software Terbaik Untuk Mitra Bisnis Anda!

Prinsip Vendor atau Perusahaan Pembuat Software Terbaik

Ada beberapa keuntungan jika Anda mengandalkan vendor atau perusahaan pembuat software yang sudah dijamin ahli dalam bidangnya, misalnya:

1. Menjawab Kebutuhan Pengguna

Perusahaan pembuat software akan dengan cermat memahami dan merespons kebutuhan pengguna dalam proses pengembangan software. Yaitu dengan memahami peruntukan software tersebut.

2. Sudah Diuji Kelayakan dengan Baik

Sebelum peluncuran, software akan menjalani serangkaian uji kelayakan yang komprehensif, termasuk uji fungsionalitas, performa, dan keamanan oleh developer. Hal ini untuk memastikan bahwa software beroperasi sesuai harapan dan tidak menimbulkan masalah pada pengguna.

3. Bebas dari Bug & Mudah Digunakan

Agar tidak menghambat aktivitas pengguna, perusahaan pembuat software juga memastikan proyek yang dikembangkan bebas dari bug atau kesalahan.

4. Harus Memiliki Keamanan yang Baik

Sebagai prioritas utama, software harus memiliki lapisan keamanan yang kuat untuk melindungi data pengguna, mencegah akses yang tidak sah, dan menjaga integritas sistem. Ini mencakup pembaruan keamanan berkala dan pematuhan terhadap standar keamanan industri.

5. Software Mudah Dipelihara & Dimodifikasi

Software harus dirancang agar mudah dipelihara dan dimodifikasi. Ini mencakup dokumentasi yang lengkap, struktur kode yang terorganisir, dan kemudahan dalam penyesuaian atau penambahan fitur. Hal ini mendukung pemeliharaan jangka panjang dan adaptasi terhadap kebutuhan yang berkembang.

Baca Juga: Ini Fungsi Utama IT Software Solution untuk Bisnis Anda

Checklist Development Software Berkualitas

Checklist Development Software di perusahaan pembuat software

Flow kerja yang transparan memang lebih disukai. Dalam setiap prosesnya, programmer akan memasang masing-masing sistem sesuai kegunaan dan timing penggunaannya masing-masing.

Akan tetapi aktivitas pengembangan software ini sangat bergantung dengan variasi software yang diinginkan. Secara umum, beberapa diantaranya meliputi:

1. Software System

Sistem software ini yang akan merespon atau bertanggung jawab terhadap proses operasional suatu software.

2. Programming Software

Sistem ini yang akan bertanggung jawab sebagai alat bantu programer menyelesaikan tugas-tugas seperti menulis, menganalisis, dan penciptaan kode.

3. Application Software

Pemasangan Application Software digunakan untuk mendukung pengerjaan suatu tugas, penyimpanan dokumen, transfer data, dan lain-lain.

4. Embedded Software

Ini merupakan sistem software yang bertanggung jawab terhadap proses operasional alat-alat seperti kendaraan listrik dan mesin cuci, serta biasanya digunakan berdasarkan tujuan capaian masing-masing.

Baca Juga: Layanan Software House di Bandung: Solusi Digitalisasi Operasional Perusahaan

Tabel Big 10 Perusahaan Pembuat Software di Dunia

NAMA COMPANY PROFIL PRODUK
1. Alphabet Perusahaan induk Google yang berfokus pada berbagai inovasi, termasuk pengembangan software Google Search, Android (Sistem Operasi Mobile), Google Docs, Google  Maps
2. IBM (International Business Machines Corporation) Perusahaan teknologi informasi dan konsultasi IBM Watson (platform AI), IBM Cloud, IBM Db2 (database software)
3. Facebook Perusahaan media sosial dan teknologi Facebook (platform media sosial), WhatsApp, Instagram
4. Baidu Perusahaan teknologi dari China yang fokus pada mesin pencari dan kecerdasan buatan Baidu Search, Baidu Maps, Apollo (platform kendaraan otonom).
5. Tencent Perusahaan teknologi China yang terkenal dengan berbagai produk dan layanan WeChat (aplikasi pesan), Tencent Cloud, Tencent Games.
6. Oracle Oracle Corporation fokus pada pengembangan perangkat lunak bisnis dan hardware Oracle Database, Oracle Cloud, Oracle ERP
7. Microsoft Perusahaan teknologi multinasional yang dikenal luas dengan berbagai produk dan layanannya Windows OS, Microsoft Office Suite, Azure (layanan cloud), Microsoft Teams
8. Accenture Perusahaan konsultasi dan layanan profesional, termasuk pengembangan software Accenture Intelligent Cloud & Infrastructure Services
9. TCS (Tata Consultancy Services) Perusahaan jasa konsultasi IT dan layanan teknologi informasi TCS BaNCS (solusi perbankan), TCS MasterCraft (platform pengembangan)
10. SAP (System Application and Product in data Processing) Perusahaan perangkat lunak bisnis yang menyediakan solusi manajemen perusahaan SAP ERP, SAP S/4HANA, SAP SuccessFactors

Rekomendasi Perusahaan Pembuat Software Profesional

Kriteria perusahaan pembuat software yang baik diantaranya harus memiliki:

  • Reputasi yang baik
  • Layanan yang relevan sesuai kebutuhan
  • Service yang loyal, terdapat rekam jejak yang jelas
  • Testimonial yang jujur, workflow yang jelas dan transparan
  • Membimbing hingga menghasilkan dampak signifikan

Dan Anda bisa menemukan semuanya hanya di Sasana Digital! Sebagai software house yang bertempat di Kota Bandung, kami berkomitmen dalam memberikan solusi teknologi terbaik bagi klien kami.

Sebagai seorang profesional yang terlibat langsung dalam pengembangan software, aplikasi mobile, dan pembuatan website, Sasana Digital memiliki tim teknis profesional berpengalaman. Tidak hanya secara teknis, tetapi juga memiliki pemahaman mendalam terhadap kebutuhan bisnis Anda.

Di Sasana Digital, kami tak hanya menawarkan layanan, tetapi juga menghadirkan kemitraan yang erat. Kami memahami bahwa setiap proyek memiliki tantangan unik, dan itulah mengapa kami selalu berfokus pada solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan klien. 

Dengan fokus pada kualitas, inovasi, dan pelayanan pelanggan yang luar biasa, kami siap membantu Anda mencapai keberhasilan dalam dunia teknologi. Melalui layanan konsultasi gratis, Anda sudah bisa berkomunikasi secara interaktif dengan kami. 

Bersama Sasana Digital, Anda tidak hanya mendapatkan solusi, tetapi juga pengalaman kemitraan yang luar biasa.

Baca Juga: 5+ Contoh Transformasi Digital oleh Perusahaan di Indonesia

Reputasi Sasana Digital dalam Kancah Bisnis & Digital Solution

Reputasi kami sebagai perusahaan pembuat software dapat Anda lihat melalui portofolio kemitraan dan hasil produk yang telah kami rampungkan.

mitra perusahaan pembuat software

Kami telah bekerjasama dengan lebih dari 30 perusahaan nasional dan multinasional di berbagai sektor, termasuk institusi pemerintahan, perusahaan swasta, lembaga pendidikan, hingga BUMN.

Layanan Sasana Digital untuk Kesesuaian Bisnis Anda

Sebagai salah satu perusahaan pembuat software terbaik dan terlengkap untuk kebutuhan bisnis Anda, berikut ini layanan Software dan Manufaktur yang kami persembahkan:

1. Website Development

  • Company Profile Website (Perhotelan, Sekolah, Institusi Pemerintahan, Brand, dan sebagainya)
  • E-commerce Website (Katalog, Payment Gateway, Integrasi Kurir, dan sebagainya)
  • Custom Website (CMS dan Native)
  • Landing Page (Halaman Landing)

2. Web-app Development

  • Web Aplikasi: Sistem Informasi Akademik
  • Web Aplikasi: Learning Management System (LMS)
  • Web Aplikasi: Job Fair
  • Web Aplikasi: Inventory & Purchasing
  • Web Aplikasi: QR Menu & Order Management
  • Web Aplikasi Lainnya

3. IT System Development

  • Sistem Informasi Pencatatan Produksi Manufaktur (OEE Dashboard)
  • Sistem Informasi Perusahaan Logistik
  • Sistem Pemantauan Peternakan (Smart Farming)
  • Sistem Informasi Gudang/Inventory/Warehouse Management System (WMS)
  • Sistem Kasir Online & Point of Sales (POS)

4. Mobile-app Development

  • Pengembangan Aplikasi Android
  • Pengembangan Aplikasi iOS

Baca Juga: Layanan Software House di Jakarta: Solusi Digitalisasi Operasional Perusahaan

Rekam Jejak Sasana Digital – Produk & Sistem yang Dibuat

  • SIPP (Sistem Informasi Pencatatan Produk) – Perusahaan Multinasional Jepang

produk perusahaan pembuat software-1

  • Sistem QR Menu & Order Online

produk perusahaan pembuat software-2

produk perusahaan pembuat software-3

  • Website Company Profile

produk perusahaan pembuat software-4

  • Website Tour & Travel

produk perusahaan pembuat software-5

  • Website E-Commerce

produk perusahaan pembuat software-6

produk perusahaan pembuat software-7

  • Website Learning Management System (LMS)

produk perusahaan pembuat software-8

Baca Juga: Layanan Software House Indonesia: Solusi Efisiensi Bisnis Anda

Pertanyaan Seputar Perusahaan Software di Sasana Digital

Berikut ini FAQ (Frequently Ask Question) tentang perusahaan software sebagai tambahan yang penting diketahui:

Keunggulan menggunakan perusahaan pembuat software?

  • Dibantu oleh Ahlinya

Perusahaan pembuat software profesional biasanya memiliki tim IT atau programmer expert dalam pengembangan sistem perangkat lunak. Mereka memiliki pengalaman dalam menangani proyek-proyek berbagai skala dan kompleksitas, mulai dari sejak audit hingga development.

  • Dukungan dan Pemeliharaan

Setelah produk diluncurkan, software house biasanya menyediakan layanan dukungan dan pemeliharaan. Ini berarti Anda dapat mendapatkan bantuan jika ada masalah teknis atau perlu pembaruan.

  • Kualitas dan Keandalan

Memberikan produk yang berkualitas karena mereka sering kali memiliki proses pengujian dan kontrol kualitas yang ketat untuk memastikan bahwa solusi yang dikembangkan memenuhi standar yang tinggi.

  • Waktu dan Biaya

Dari segi waktu lebih efisien dan biaya lebih rasional jika dilihat dengan fungsional sistem untuk jangka panjang.

Kapan saya bisa menggunakan jasa perusahaan pembuat software untuk bisnis saya?

  • Ketika Anda memiliki kebutuhan khusus yang tidak dapat dipenuhi dengan perangkat lunak yang sudah ada
  • Ketika Anda ingin solusi perangkat lunak yang disesuaikan sepenuhnya dengan kebutuhan bisnis Anda
  • Ketika Anda tidak memiliki keahlian teknis yang diperlukan untuk mengembangkan perangkat lunak sendiri
  • Ketika Anda ingin fokus pada inti bisnis Anda tanpa harus terlibat langsung dalam pengembangan perangkat lunak

Bagaimana cara saya mendapatkan konsultasi gratis dan menghubungi Sasana Digital?

Apabila Anda berminat menggunakan layanan konsultasi gratis kami, kami dapat dihubungi dengan mudah! Dengan klik banner berikut, Anda sudah bisa memulai diskusi dan menyampaikan apa yang sedang dibutuhkan perusahaan.

hubungi perusahaan pembuat software

Penutup

Sasana Digital memahami bahwa kebutuhan setiap perusahaan dalam bidang teknologi dan digitalisasi menjadi begitu kompleks. Manfaat sistem yang luas dengan penekanan anggaran, akan sangat disukai. Namun semua kembali lagi dengan kualitas dan proporsionalitasnya. 

Alih-alih khawatir dan hanya berkutat dengan asumsi sendiri, Anda bisa mulai konsultasikan problem yang sedang dihadapi atau tujuan-tujuan yang ingin dicapai perusahaan melalui akselerasi teknologi digital.

Kustomisasi dan solusi yang dilakukan oleh perusahaan pembuat software untuk klien, dapat disesuaikan dengan case dan kebutuhan.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?