fbpx

Ternyata Seperti ini Fungsi Utama dari  IT Software Solution, Cocok Diterapkan pada Bisnis Anda

Ternyata Seperti ini Fungsi Utama dari  IT Software Solution, Cocok Diterapkan pada Bisnis Anda

IT Software SolutionDunia bisnis selalu mengalami perkembangan yang tentu saja tak bisa ditolak oleh tiap pelaku yang terjun dan terlibat didalamnya. Teknologi Digital yang makin hari makin canggih tentu tak bisa terelakkan jika eksistensinya berdampak dan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam dunia bisnis.

Mungkin banyak yang belum tahu secara menyeluruh tentang apa itu IT solution for business. Padahal, hampir setiap bisnis atau usaha saat ini telah menggunakan IT Software Solution untuk mempermudah kegiatan operasional sebuah bisnis, bahkan bukan hanya itu IT Software yang  digunakan oleh perusahaan juga memiliki banyak bentuk dan fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan namun tetap memiliki satu tujuan yaitu mempermudah dan mengembangkan kegiatan bisnis perusahaan.

Salah satu contoh IT software yang banyak kita temui dan mungkin tanpa kita sadari adalah ketika kita makan di café atau restoran dimana pemesanannya tidak dicatat secara manual, melainkan menggunakan PC ataupun tablet. Hal tersebut dilakukan oleh pihak café atau restoran adalah bukan semata-mata untuk bisa mencetak struk yang rapi, melainkan tujuan utamanya adalah untuk memudahkan kegiatan operasional mereka, karena dengan pembayaran melalui sistem IT software solution tersebut mereka bisa menentukan keuntungan bersih dan kotor harian yang mereka dapat.

Selain IT software yang diterapkan oleh café atau restoran, ada pula beberapa IT Software Solution yang diterapkan oleh perusahaan manufaktur dengan tingkat kegunaan yang lebih rumit lagi. Biasanya, untuk IT software yang digunakan oleh perusahaan manufaktur disebut juga dengan sebutan ERP System Software atau Enterprise Resources Planning dimana fungsi dari ERP System sendiri adalah mempermudah proses kerja dalam perusahaan produksi.

Ada beberapa hal yang memang akan lebih efektif jika dikerjakan dengan menggunakan IT Software Solution khususnya ERP System Software. Misalkan, kita ambil contoh perusahaan industri berbasis pengolahan bahan kimia, biasanya perusahaan seperti ini memiliki kerumitan yang terukur dalam mencampur kandungan bahan yang diproduksi, atau dalam istilah lainnya disebut dengan blending.

Kegiatan pencampuran dari beberapa bahan baku kimia tersebut, dikombinasikan menjadi satu produk kompleks, contoh yang sering kita temui adalah produk pestisida dimana ada beberapa bahan kimia yang dicampurkan menjadi satu untuk mendapatkan satu fungsi yang utuh, lalu apa hubungannya pencampuran bahan kimia dengan IT Software Solution atau ERP System? Jawabannya ada dibawah ini.

Pencampuran beberapa bahan kimia tersebut tentunya memiliki formulasi dan takaran yang berbeda-beda antara satu bahan dan yang lainnya, komposisi beberapa bahan baku tersebut biasa disebut dengan BOM (Bill of Material). Kandungan dalam Bill of Material atau BOM tersebut, pasti telah terbentuk dari berapa jenis material yang dibutuhkan dan telah ditakar. Selain itu, takaran atau perhitungan dalam bentuk harga nilai bahan tersebut juga bisa diukur dengan menggunakan IT Software atau ERP System Software.

Baca Juga : 

Lalu, misalkan ada bahan material X dengan kebutuhan kuantitas sebanyak 0,4 liter dengan nilai harga 500 Rupiah per liter akan dicampurkan dengan bahan Y sebanyak 0,1 liter dengan nilai harga 2500 Rupiah per liter, maka secara langsung ERP sistem akan mendeteksi dan mengambil data dari dua bahan material tersebut untuk melanjutkan proses kalkulasi, dari pembuatan satu liter pencampuran bahan pasti harga pokok materialnya sudah didapat dan benar benar akurat.

Perhitungan dari kombinasi dua bahan tersebut memang terdiri dari 0,4 liter material X dikalikan 500 Rupiah dan 0,1 liter material Y dikali 2500 Rupiah. Namun, untuk kegiatan produksi dalam jumlah besar tentu tidak hanya biaya material saja yang dihitung, melainkan ada biaya lain seperti biaya tenaga pekerja, biaya pengemasan, biaya penyusutan dan maintenance mesin serta masih banyak komponen yang memunculkan biaya lainnya.

Dari beberapa contoh tersebut, anda tentu dapat menyimpulkan bahwa keberadaan IT Software Solution atau dalam tingkatan lebih rumit disebut dengan ERP System tentu sangat membantu sebuah bisnis untuk dapat berkembang, dimana dengan adanya IT Software Solution dan ERP System bisa mempermudah pekerjaan operasional sebuah perusahaan dengan tingkat ancaman terjadi kesalahan hitungan yang minim dan tingkat efektivitas yang tinggi.

Dalam beberapa kasus, IT Software Solution dan ERP System juga digabungkan dengan teknologi digital lho, contoh nyatanya adalah banyaknya startup yang lahir dalam beberapa tahun terakhir. Ide tersebut tentu berdasar dari IT Software Solution yang memiliki tujuan utama untuk mempermudah sistem kerja sebuah bisnis, dengan penggabungan yang baik sehingga dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kegiatan harian bagi masyarakat juga.

Pembuatan sebuah IT Software atau ERP System tentu hanya bisa dikerjakan oleh orang orang yang kompeten dibidangnya. Biasanya man power yang bisa membuat atau menciptakan sebuah IT Software atau ERP System adalah orang orang yang berpengalaman menangani project teknologi informasi dimana mereka bekerja secara berkelompok dan bukan hanya satu orang saja, karena selain kompeten dibidangnya, dibutuhkan pula kemampuan yang benar benar spesifik untuk menciptakan komponen komponen sebuah IT Software Solution atau ERP System.

Untuk sebuah inovasi besar seperti IT Software Solution dan ERP System tentu ada harga yang pantas, namun penentuan harga untuk sebuah produk IT Software dan ERP System biasanya variatif tergantung seberapa lengkap fitur yang dibutuhkan ada dalam sebuah IT Software tersebut, karena semakin lengkap fitur yang ingin disediakan dalam sebuah ERP system tentu pengerjaannya akan lebih rumit pula.

Demikian ulasan tentang Pengertian IT Software Solution dalam Mengembangkan Sebuah Bisnis yang telah selesai Sasana Digital Solution ulas untuk anda semua. Tujuan utama dari IT Software Solution dan ERP System adalah untuk mempermudah kegiatan operasional sebuah bisnis

Jika anda berpikir bahwa maju tidaknya sebuah bisnis adalah tergantung strategi bukan dari fasilitas tentu hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena saat ini sendiri customer selalu menuntut pelayanan yang cepat dan tepat dan hal tersebut sangat tidak memungkinkan untuk dikerjakan tanpa bantuan sebuah aplikasi seperti IT Software Solution dan ERP System. Sampai sini dulu pembahasan kita kali ini, sampai jumpa dikesempatan sleanjutnya dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *