fbpx
belajar bisnis digital bersama sasana digital

5 Hal ini yang Wajib Anda Ketahui jika Ingin Belajar Bisnis Digital

5 Hal ini yang Wajib Anda Ketahui jika Ingin Belajar Bisnis Digital

Belajar Bisnis DigitalPerlahan namun pasti, segala bisnis yang ada didunia pasti semuanya akan beralih dari era konvensional menuju digital, karena yang namanya perkembangan zaman tak akan dapat dilawan dan satu satunya jalan untuk dapat bertahan adalah dengan beradaptasi serta mampu mengikuti segala kemajuan yang terjadi.

Jika dulu persaingan produk dagang untuk dapat memperoleh konversi hanya berpatok pada kualitas produk, harga yang murah dan pendistribusian yang merata ke setiap daerah, kini tentu tidak lagi, apalagi semenjak era digitalisasi hadir, dimana untuk mencapai konversi, seorang pelapak hanya perlu satu strategi digital yang jitu untuk dapat memasarkan setiap barang yang dia jual.

Untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi digital terutama tentang konsep digital marketing, dapat didapatkan dari banyak cara seperti dengan mengikuti pelatihan internet marketing, menggunakan jasa konsultan bisnis digital, atau bahkan hanya dari belajar secara otodidak dengan membaca artikel seperti yang anda lakukan saat ini.

Saat ini sendiri banyak sekali seminar bisnis yang tema besarnya juga membahas tentang bisnis digital, lalu pertanyaannya apakah sepenting itu bisnis digital dalam mempengaruhi tren bisnis dan marketing di era ini? Jawabannya adalah iya, karena memang dalam sebuah bisnis tidak ada yang abadi, semua strategi dalam bisnis selalu menyesuaikan pasar yang sedang ramai.

Ada beberapa faktor atau aspek yang harus anda ketahui jika ingin belajar bisnis digital, dimana kesemua faktor yang biasa digunakan dalam membangun bisnis digital tersebut memang tidak sesimple seperti yang diketahui banyak orang, karena memang dibutuhkan cukup banyak waktu dan konsentrasi untuk dapat menguasai konsep dasar dari bisnis digital. Lantas apa saja yang harus anda ketahui ketika ingin belajar bisnis digital?

Pada kesempatan kali ini Sasana Solusi Digital akan mengulas tentang hal apa saja yang wajib diketahui dan dikuasai untuk anda yang ingin belajar bisnis digital dan bisa menguasai segala teknik bisnis digital untuk mengembangkan bisnis yang sedang anda jalankan. Mari kita simak apa saja hal yang harus diketahui untuk belajar internet marketing.

Hal yang Harus Dipahami Sebelum Melakukan Pelatihan Internet Marketing

1 Pembuatan Konten

Belajar internet marketing memang tidak bisa ditentukan porsinya, namun anda bisa menentukan sendiri mana yang ingin anda prioritaskan. Seperti yang satu ini, banyak orang menyepelekan perkara konten dalam kontribusinya untuk mengembangkan sebuah bisnis, padahal konten adalah ujung tombak seseorang jika ingin sukses dalam bisnis digital. Konten dapat diibaratkan sebagai sales dalam dunia nyata, karena peran konten inilah seseorang akan dapat memutuskan untuk membeli produk yang kamu pasarkan atau tidak.

Opini bahwa ketika budgeting besar maka akan mendapat konversi dari audience yang besar pula, padahal nyatanya hampir 74% orang tidak melihat dan melakukan skip pada iklan yang tayang pada social media, alasannya tentu saja karena kurang menariknya sebuah konten iklan yang dipasang, hal ini memang membuktikan bahwa kualitas konten juga mempengaruhi upaya anda dalam mengembangkan bisnis.

2 SMO (Social Media Optimization)

Senada dengan pembuatan konten, begitu pula dengan social media optimization yang tak banyak mendapat perhatian dalam metode mengembangkan bisnis digital. Social media optimization meliputi pembuatan konsep konten, penentuan audience, dan juga scheduling post konten.

Jika anda sudah menguasai teknik pembuatan konten, maka untuk kosep konten dan audience bisa saja anda atasi, namun tidak dengan scheduling post konten. Jangan anggap bahwa post konten itu boleh dilakukan seenaknya karena jika anda serius untuk belajar bisnis digital maka post konten yang terjadwal akan anda lakukan, karena nantinya anda membutuhkan laporan insight dimana laporan tersebut juga dipengaruhi oleh penjadwalan post konten anda.

Baca Juga :

3 SMM (Social Media Marketing)

Hal ketiga yang harus anda ketahui sebelum belajar bisnis digital adalah Social Media Marketing, dimana untuk poin ketiga ini mungkin saat ini sedang ramai banyak dilakukan pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya, yaitu menggunakan fitur berbayar untuk mengenalkan produk usaha atau bisnis. Banyak sekali konsultan bisnis online menyarankan ketika ada seseorang ingin mengembangkan bisnis maka seketika langsung diarahkan untuk melakukan social media marketing.

Apakah salah? Jawabannya adalah tidak, melainkan kurang tepat. Yups, metode SMM yang maksimal akan sangat efektif dan efisien jika seseorang telah menguasai dua teknik sebelumnya. Anda mungkin bisa saja menguasai teknik social media marketing melalui pelatihan internet marketing, namun belum tentu apa yang anda pelajari akan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai harapan anda jika dua teknik sebelumnya belum anda kuasai.

4 SEO (Search Engine Optimization)

Mungkin sudah banyak yang mengenal istilah SEO belakangan ini, namun tahukan anda meski memiliki nama sesingkat itu, nyatanya teknik SEO masih belum dikuasai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan sebelumnya SEO adalah teknik yang dilakukan untuk seseorang yang memiliki kegemaran dalam dunia blogging dan vlogging, teknik SEO sudah ada jauh sebelum adanya teknologi digital marketing seperti SMO dan SMM.

SEO adalah teknik dimana agar konten kamu bisa direkomendasikan oleh mesin pencari google ketika ada audience yang mencari sebuah informasi melalui media keyword yang ia ketik. Semakin banyak konten anda bisa direkomendasikan oleh google dari banyak keyword, maka semakin baik karena peluang bisnis anda dikenal banyak orang semakin terbuka lebar.

5 SEM (Search Engine Marketing)

Tidak jauh berbeda dengan konsep SMM (Social Media Marketing) SEM juga demikian, yaitu upaya pengembangan bisnis dengan pembayaran melalui platform google dengan budget yang penargetan yang bisa anda atur sendiri. Perbedaan antara SMM dan SEM terletak pada konteksnya, jika SMM akan tampil melalui media social seperti facebook dan instagram, lain lagi dengan SEM yang akan tayang pada mesin pencari seperti google.

Teknis dan setting kedua metode pengembangan bisnis ini pun berbeda. SMM akan menayangkan iklan melalui peminatan audience, sedangkan SEM menayangkan iklan melalui keyword atau kata kunci yang ditulis oleh audience. Jika anda sedang serius belajar bisnis digital, maka wajib hukumnya untuk memahami perbedaan dua konsep ini.

Demikian ulasan tentang 5 Hal yang Wajib Anda Ketahui jika Ingin Belajar Bisnis Digital yang telah selesai Sasana Solusi Digital ulas untuk anda semua. Selanjutnya, apakah hanya 5 hal ini saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang expert dalam bidang bisnis digital? Tentu tidak, kelima hal diatas adalah dasar untuk anda mampu memahami konsep bisnis digital yang lebih luas.

Hal paling tepat yang dapat anda lakukan untuk mengembangkan kemampuan bisnis digital yang anda kuasai adalah dengan mengikuti pelatihan internet marketing ataupun dengan menggunakan jasa konsultan bisnis, karena ilmu tentu tidak hanya didapatkan dari satu pintu, oleh karena itu jika anda serius ingin belajar bisnis digital, maka jangan pernah berhenti untuk mencari tahu. Sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya, terima kasih telah mengunjungi Sasana Solusi Digital, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *