Blog ›

Belajar Pengertian Inovasi Produk, Tujuan dan Strateginya

I

Sebuah gagasan baru berperan sangat penting untuk menjadikan produk dapat terus beradaptasi seiring dengan perkembangan pasar. Itulah mengapa inovasi produk perlu dijadikan prioritas dalam pengembangan bisnis.

Pasar selalu berubah dan pelanggan akan cenderung memilih produk yang memberikan nilai lebih untuk memenuhi kebutuhannya. 

Oleh karena itu, para pemilik bisnis harus mengetahui apa itu inovasi produk dan bagaimana cara mengimplementasikannya pada bisnis yang sedang dijalankan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini:

Pengertian Inovasi Produk

Memahami pengertian Inovasi Produk

Inovasi Produk adalah sebuah upaya yang dilakukan suatu bisnis untuk mengembangkan, memperbaiki, menyempurnakan, serta meningkatkan kualitas produk yang sudah ada. 

Pengembangan produk dapat dilakukan dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru pada suatu produk sehingga menambah nilai, manfaat, ataupun fungsi dari produk yang dikembangkan.

Banyak strategi yang dapat dilakukan, misalnya seperti mengambil feedback dari pelanggan, mengamati kekurangan kompetitor, melakukan kombinasi dari produk yang sudah ada, atau menemukan produk yang belum ada di pasaran.

Baca Juga: Apa Itu Product Knowledge? Pengertian Lengkap dan Contohnya!

Manfaat Inovasi Produk

Manfaat utama dari inovasi produk yaitu untuk meningkatkan dan mempertahankan market share. Inovasi merupakan salah satu bagian penting dari pemasaran, maka dari itu inovasi produk wajib dilakukan oleh setiap pemilik bisnis.

Produk-produk yang terus berinovasi dapat membuka pasar dan menarik minat calon pelanggan yang penasaran dan ingin mencoba menggunakannya.

Selain itu, inovasi produk juga dapat membantu bisnis terus bertahan dari tekanan kompetitor dan perkembangan pasar yang sangat ketat seperti sekarang ini. 

Teknologi yang terus berkembang menuntut setiap bisnis untuk terus berinovasi dan beradaptasi. Mereka yang tidak melakukan inovasi, lambat laun akan digerus oleh pasar, ditinggal oleh pelanggan dan akhirnya mati.

Baca Juga: Mengenal Desain Produk untuk Pengembangan Bisnis

Fungsi dan Tujuan Melakukan Inovasi Produk

Dalam bisnis, segala kegiatan harus memiliki tujuan yang pasti. Semua itu harus berorientasi pada keuntungan bisnis dalam jangka panjang. Ini juga berlaku ketika melakukan inovasi produk.

Berikut adalah beberapa tujuan melakukan inovasi produk bagi bisnis:

1. Melakukan Peningkatan Kualitas

Bisnis yang fokus pada jangka panjang akan selalu berorientasi pada kualitas produk. Produk yang berkualitas akan disukai oleh pelanggan sehingga pelanggan tidak ragu untuk melakukan pembelian secara berkala.

Salah satu tujuan utama inovasi produk adalah meningkatkan kualitasnya. Memperbaiki sesuatu yang kurang dan memberikan nilai lebih pada setiap aspek yang dibutuhkan.

Nilai bisa didapat dengan menambahkan fitur, pelengkap atau kemampuan baru yang dapat menyelesaikan masalah pelanggan. Sehingga secara keseluruhan kualitas produk meningkat seiring dilakukannya inovasi secara berkala.

2. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Produk yang baik yaitu produk yang dapat menyelesaikan masalah dan memenuhi kebutuhan penggunanya. 

Karena saat ini persaingan bisnis sangat ketat, maka pelanggan akan terus mencari produk yang sesuai dan dapat memenuhi kebutuhannya.

Maka dari itu, produk yang paling inovatif dan kreatif-lah yang dapat terus bertahan dan merebut hati pelanggan.

3. Membuka Pasar yang Baru

Semakin banyak inovasi dan fitur yang ditawarkan suatu produk, maka semakin banyak target pasar yang terjangkau.

Dengan adanya inovasi produk, suatu perusahaan dapat terus membuka pasar baru. Dengan begitu pelanggan dapat terus meningkat dan berdampak pada keuntungan perusahaan yang semakin besar.

Contoh dari membuka pasar baru yaitu bisnis smartphone. Banyak vendor yang melakukan spesialisasi fitur kamera sehingga pada kaum hawa dan influencer tertarik untuk membelinya.

Baca Juga: Ketahui 10+ Contoh Inovasi Produk untuk Kembangkan Bisnis

4. Mengembangkan dan Mengimplementasikan Pengetahuan

Setiap detik ilmu pengetahuan berkembang, termasuk ilmu bisnis dan pemasaran. Dengan melakukan inovasi, perusahaan bisa mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu baru yang dapat berdampak dalam jangka panjang.

Dari penerapan ilmu tersebut, akan didapat wawasan baru yang bisa dijadikan landasan untuk menciptakan pengetahuan baru yang mungkin bermanfaat bagi dunia bisnis.

Itulah mengapa, bisnis perlu memiliki tim research and development. Tim R&D dapat membantu suatu bisnis menemukan inovasi dan memberi masukan berharga kepada manajemen.

Dengan begitu, perusahaan dapat terus bertahan dari inovasi yang dilakukan kompetitor atau bahkan menjadi pemimpin pasar dengan memberikan produk yang terdepan.

5. Melakukan Perbaikan atau Perubahan Produk 

Tidak semua produk dapat bertahan, ini dikarenakan adanya perubahan permintaan pasar ataupun ditemukannya produk baru yang lebih efisien.

Saat ini terjadi, perusahaan harus mengambil keputusan dengan menghentikan atau menarik peredaran produk yang sudah sepi peminat dan melakukan inovasi dengan mengganti produk tersebut dengan produk yang lebih sesuai dengan permintaan pasar.

6. Melakukan Efisiensi Produk

Produk yang baik yaitu dapat menyelesaikan permasalahan secepat dan semudah mungkin. Tingkat efisiensi produk tergantung dari inovasi yang dilakukan.

Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru dapat meningkatkan efisiensi produk, entah itu dari sisi fungsionalitas ataupun biaya produksi.

Dengan begitu, pelanggan dapat semakin dimudahkan dengan hadirnya produk yang solutif dengan harga yang terjangkau.

7. Meningkatkan Branding Perusahaan

Inovasi selalu berkaitan dengan pembaruan. Sifat alami manusia menyukai sesuatu yang baru dan inovatif.

Dengan melakukan inovasi produk, pelanggan Anda akan selalu mengingat nama brand atau produk di benak mereka. Secara tidak langsung, inovasi dapat meningkatkan branding perusahaan.

Strategi Inovasi Produk yang Dapat Diterapkan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan inovasi produk yang kreatif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Memanfaatkan umpan balik dari pelanggan
  • Memperbaiki kekurangan produk yang sudah ada
  • Menambahkan fitur atau fungsi baru
  • Mengamati produk kompetitor
  • Membuat tim riset khusus
  • Berkonsultasi dengan pihak ketiga

Baca Juga: Apa Itu Product Development? Berikut 8 Tahapannya!

Penutup

Itulah pembahasan mengenai inovasi produk. Salah satu tujuan utama dari inovasi produk yaitu mempertahankan market share dan meningkatkannya sehingga bisnis dapat terus bertahan di era persaingan produk yang sangat ketat.

Produk yang inovatif dan solutif dengan harga yang terjangkau merupakan karakter produk yang pasti disukai oleh pelanggan. Oleh karena itu, pastikan bisnis Anda melakukan inovasi produk secara berkala.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan inovasi produk, Sasana Digital siap membantu Anda.

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendorong performa bisnis yang masih saja stagnan, Anda bisa menggunakan layanan kami, Audit & Consulting Digital Marketing.

Sasana Digital akan mengidentifikasi, mengukur, serta mencari peluang & ancaman yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Yuk, manfaatkan dulu Layanan Free Consulting kami di sini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?