Blog ›

20+ Contoh Desain UI/UX Website Bisnis Profesional + Kumpulan Project!

I

Dalam era digital saat ini, memiliki desain website yang baik menjadi kunci kesuksesan sebuah bisnis. Banyak perusahaan yang pada akhirnya sadar dan melakukan re-design website melalui tenaga ahli, termasuk memilih menggunakan jasa desain website.

Kesadaran saat ini sudah sampai pada “Desain website yang menarik tidak hanya berguna dalam mempercantik tampilan, tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dan mencapai tujuan bisnis”. 

Untuk itu, artikel ini akan membahas pentingnya desain UI/UX, tips membuat desain website yang efektif, dan memberikan contoh-contoh desain yang inspiratif. Kami juga akan menjelaskan layanan jasa desain website profesional dan memperkenalkan layanan Training & Consulting Digital kami yang dapat membantu bisnis Anda.

Apa Itu UI/UX Desain Website?

Desain website adalah proses merancang dan membangun elemen visual dan fungsional dari sebuah situs web, yang mencakup tata letak, warna, font, gambar, grafik, dan berbagai elemen visual lainnya yang membentuk tampilan dan nuansa keseluruhan website. Elemen-elemen dalam web ini disebut UI (User Interface) dan UX (User Experience).

Oleh karenanya, desain website yang baik tidak hanya estetis tetapi juga mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengunjung. UI/UX adalah dua aspek kritis dalam pembuatan website. Berikut perbedaannya:

a) Desain UI (User Interface)

Desain UI berfokus pada estetika dan elemen visual yang dilihat pengguna saat mengunjungi website. UI mencakup elemen warna, font, ikon, tata letak, dan elemen visual lainnya yang bisa menciptakan interaksi menyenangkan. 

Tujuan utama dari desain UI adalah untuk membuat website menarik secara visual dan mudah digunakan.

b) Desain UX (User Experience)

Desain UX lebih menekankan pada keseluruhan pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan website. Ini melibatkan bagaimana pengalaman pengguna mengenai navigasi website, seberapa mudah menemukan informasi, dan seberapa cepat website merespon. 

Desain UX yang baik memastikan pengguna merasa nyaman dan puas dengan pengalaman mereka di website.

Baca Juga: 8 Ciri Jasa Pembuatan Website di Surabaya, Malang, dan Sekitarnya [Profesional & Terpercaya]

Tips & Cara Membuat Desain Website yang Efektif

Tips & Cara Membuat Desain Website

Cara membuat desain website yang efektif memerlukan perencanaan yang matang dan perhatian pada beberapa detail. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda:

1. Kenali Target Audience Anda

Sebelum mulai mendesain, penting untuk memahami siapa target audience Anda. Apakah mereka anak muda yang tech-savvy, atau orang dewasa yang lebih konservatif? 

Selain itu, penting untuk mengetahui demografi dan preferensi mereka, untuk membantu Anda memilih desain yang tepat.

2. Buat Navigasi yang Mudah & Jelas

Navigasi yang intuitif sangat penting untuk memastikan pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi yang ingin mereka cari. 

Anda bisa menggunakan menu bar sederhana atau yang lengkap, namun tetap tersusun dengan jelas dan rapi. Yang paling penting, hindari menggunakan terlalu banyak sub-kategori yang tidak perlu.

3. Perhatikan Konsistensi Desain

Pastikan elemen desain seperti warna, font, dan gaya visual konsisten di seluruh page atau halaman website. Konsistensi menciptakan tampilan profesional dan memudahkan pengguna untuk mengenali elemen penting.

4. Fokus pada Kecepatan & Kinerja

Website yang lambat dapat membuat pengguna frustasi dan meninggalkan halaman website Anda. Sehingga engagement user di website menjadi menurun.

Maka perhatikan optimalisasi gambar, kurangi penggunaan script yang berat, dan pastikan hosting Anda mendukung performa yang baik.

5. Gunakan Call-to-Action (CTA) yang Jelas

CTA yang jelas dan menarik dapat meningkatkan konversi. Gunakan bahasa yang persuasif dan desain yang mencolok untuk menarik perhatian pengguna.

Terkadang dan kebanyakan, CTA website bisa berupa button atau tombol klik yang mengarahkan user melakukan ‘suatu tindakan’. Entah itu ajakan download brosur, diskusi, pengisian form, pembelian barang, booking layanan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Profesional di Bandung & Jakarta untuk Multi-Industri

Apa Saja Elemen Wajib dalam Desain Website?

Setiap website harus memiliki elemen-elemen tertentu untuk memastikan fungsionalitas dan estetika yang optimal. Berikut adalah beberapa elemen wajib:

1. Header dan Footer yang Informatif

Header biasanya mencakup logo, menu navigasi utama, dan informasi kontak. Footer sering kali berisi tautan penting, hak cipta, dan informasi perusahaan.

2. Layout yang Bersih dan Rapi

Gunakan tata letak yang memudahkan pengguna untuk memindai konten dan menemukan informasi penting dengan cepat. Hindari tata letak yang terlalu padat dan membingungkan.

3. Visual dan Grafis yang Menarik

Gambar dan video berkualitas tinggi dapat menarik perhatian pengguna dan membuat konten lebih menarik. Pastikan visual yang digunakan relevan dengan konten dan mendukung pesan yang ingin disampaikan.

4. Konten yang Relevan dan Berkualitas

Konten adalah elemen terpenting dari website. Pastikan teks, gambar, dan video relevan dengan audiens dan memberikan nilai tambah.

5. Responsif dan Mobile-Friendly

Tampilan website versi desktop maupun mobile, keduanya sangat penting dan perlu dioptimalkan.

Terlebih dengan semakin banyaknya pengguna yang mengakses internet melalui perangkat mobile, desain responsif sangat penting. Pastikan website Anda tampak bagus dan berfungsi dengan baik di berbagai perangkat.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website di Serang, Tangerang, dan Sekitarnya

Contoh & Inspirasi Desain Website Menarik bagi User

Berikut beberapa contoh desain website menarik yang bisa mengundang user untuk klik, dan menjadi inspirasi untuk Anda:

1. Contoh Desain Website Minimalis

contoh desain website apple & dropbox

Website dengan desain minimalis menggunakan elemen-elemen sederhana dengan banyak ruang putih, menciptakan tampilan yang bersih dan modern. Contoh: Apple dan Dropbox.

2. Contoh Desain Website dengan Animasi & Elemen Lain

contoh desain website airbnb & stripe

Animasi yang halus dan tidak berlebihan dapat membuat website lebih dinamis dan menarik. Contoh: AirBnB dan Stripe.

3. Contoh Desain Website E-commerce

contoh desain website amazon & zalora

Desain e-commerce harus fokus pada kemudahan navigasi produk dan proses checkout yang simpel. Contoh: Amazon dan Zalora.

4. Contoh Desain Website Lain-Lain

1. Imperial – Contoh desain website untuk bisnis property seperti perhotelan, apartemen, villa, dan lainnya.

contoh desain website - imperial

2. UpConstruction – Contoh desain website perusahaan konstruksi dengan menampilkan foto tema yang relevan dengan bisnis

contoh desain website - upconstructions

3. Coffeeshop Design – Contoh desain website lucu berkonsep animasi untuk bisnis kafe atau coffee shop

contoh desain website - coffeeshop

4. Yummy Theme Design – Contoh desain website untuk bisnis kuliner

contoh desain website - culinary

5. Sailor – Tema ini bisa dipakai sebagai inspiasi desain website perkantoran

contoh desain website - sailor

6. Groovin – Tema desain website dengan UI sederhana namun tetap berjalan sesuai fungsi, dipadukan dengan pemilihan aset gambar yang relevan dengan bisnis

contoh desain website - groovin

7. Modena – Contoh desain website ini memainkan gradasi warna sebagai fokus estetika untuk menarik klik user

contoh desain website - moderna

8. Squadfree – Inspirasi desain website dengan tone cool yang bisa disesuaikan dengan relevansi usaha, kegiatan, aau bisnis Anda

contoh desain website - squadfree

9. Selecao – Desain website yang memainkan dominan warna monokrom

contoh desain website - salecao

10. Lumia – Contoh desain website yang cocok untuk blog perjalanan, traveller, atau explore tempat-tempat unik dan seru

contoh desain website - lumia

11. Vesperr – Contoh desain UI/UX untuk website bisnis teknologi

contoh desain website - vesperr

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Website Audit Terbaru

Jasa Pembuatan Desain Website dengan Penanganan Kompleks

Jika Anda membutuhkan tampilan dan komposisi website profesional dengan penanganan kompleks, banyak jasa desain website yang siap membantu. Mulai dari desain untuk website e-commerce, website company profile suatu bisnis, hingga portofolio pribadi, layanan ini menawarkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sasana Digital adalah konsultan dan jasa IT atau sistem, yang telah berkolaborasi bersama para klien nasional hingga multinasional di pembuatan website (include optimasi SEO/Search Engine Optimization), desain UI/UX website, hingga sistem manufaktur.

Contoh Project Pembuatan Desain UI/UX Website Profesional untuk Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh project desain UI/UX yang ditangani oleh Sasana Digital sebagai jasa desain website, dan bisa menjadi insight untuk Anda:

1. Project Tantri: Contoh pembuatan website company profile, deskripsi produk, layanan, dan blog post.

contoh desain website aplikasi kasir tantri

2. Project Hanania: Contoh pengerjaan re-design website di bisnis ‘Interior Home Design’ yang memuat produk dan konten SEO.

contoh desain website Hanania

3. Project SalesPro: Contoh pembuatan website Company Profile untuk bisnis yang bergerak di bidang Konsultan Sales untuk Start-up yang berbasis di Belgium.

contoh desain website Salespro

4. Project Trijaya Trans: Contoh desain website bisnis sewa mobil dan bus travel yang berbasis di Bandung, dengan memanfaatkan fitur katalog armada, proses booking, hingga konten SEO.

contoh desain website Trijaya

5. Project Soltech: Contoh desain website bisnis penyedia teknologi IT berbasis e-commerce website.

contoh desain website Soltech

6. Project Parama Indo: Contoh desain website untuk bisnis tour & travel yang dimanfaatkan sebagai website company profile, hingga informasi layanan dan paket.

contoh desain website Parama Indo

7. Project PT KAO: Pembuatan web app dan desain web untuk pencatatan produksi

contoh desain website KAO

Berapa Biaya Desain Website yang Bagus?

Biaya layanan pembuatan atau jasa desain website bisa bervariasi tergantung pada kompleksitas dan kebutuhan spesifik suatu bisnis. Untuk desain website dasar, ekspektasi biaya bisa lebih terjangkau dibandingkan dengan pengembangan secara menyeluruh. 

Terkait biaya, kami rekomendasikan Anda untuk memastikan dan melakukan riset mengenai penawaran di beberapa jasa desain website, sehingga yakin untuk memutuskan sesuai kebutuhan. Atau tanyakan langsung kisaran harga di kami!

Baca Juga: Contoh Website Company Profile Keren: Identifikasi & Layanan Terbaik

Penutup

Desain website yang baik adalah investasi penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Dengan fokus pada UI/UX terbaik dan relevan menggambarkan industri bisnis Anda, Anda dapat menciptakan website yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga fungsional dan user-friendly. 

Bagi Anda yang ingin lebih mendalami dunia digital, layanan Training & Consulting Digital kami siap membantu. Kami menawarkan pelatihan dan konsultasi yang mencakup berbagai aspek digital marketing, termasuk pembuatan desain website profesional. 

Dengan tim ahli dan berpengalaman, kami siap membantu Anda mencapai tujuan bisnis melalui strategi digital yang efektif. Maksimalkan potensi bisnis Anda dengan website profesional. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?