Blog ›

Lengkap! 10+ Cara Meningkatkan Traffic Website Terbaru 2023

I

Cara meningkatkan traffic website menjadi salah satu hal yang sangat diburu oleh para pemilik website, khususnya e-commerce atau toko online. Sebagai sarana yang tepat dalam membangun bisnis online atau branding, website nama domain yang bagus dan layout yang keren dan simple belum cukup untuk menunjang peningkatan trafik website.

Dalam bisnis, trafik website yang meningkat dari waktu ke waktu berpotensi besar menaikan brand awareness dan pertumbuhan penjualan. Karena trafik website yang melimpah menandakan banyak pengunjung yang mengakses website baik melalui traffic organic atau trafik berbayar.

Dengan jumlah pengunjung website yang terus meningkat, nama bisnis atau brand Anda akan memperoleh popularitas. Karenanya, banyak orang bertanya bagaimana cara meningkatkan traffic website agar memperoleh rating bagus di Google. Tak perlu khawatir! Dengan mengikuti cara-cara berikut website Anda bisa naik ke halaman pertama Google karena banyak dikunjungi.

Apa Itu Traffic Website?

Apa Itu Traffic Website

Sebelum membahas tentang cara meningkatkan traffic blog agar banyak dikunjungi sebaiknya pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud traffic website dan jenis-jenis trafik. Secara sederhana dapat dipahami sebagai data user mengunjungi website.

Lebih lengkapnya lagi, traffic website didefinisikan sebagai detail informasi mengenai jumlah pengunjung website. Mulai halaman yang dibuka pengunjung, durasi rata-rata pengunjung berada pada halaman website dan sumber pengunjung mendatangi website.

Dengan mengetahui detail informasi trafik pengunjung website, Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan website dan mempertimbangkan hal yang perlu diubah dan dikembangkan.

Baca Juga: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website Anda: Search Feature

Jenis-Jenis Traffic Website

Ada 2 jenis sebutan traffic website yang biasanya umum disebutkan, yaitu traffic organic dan trafik paid atau berbayar. Perbedaan jenis traffic organik dan trafik berbayar adalah terletak pada sumber pengunjung yang mendatangi website.

Trafik organik adalah pengunjung mengakses website melalui mesin pencari seperti Google, Bing dan lain-lain. Sedangkan trafik paid adalah pengunjung mengakses website melalui iklan yang diterima di berbagai platform seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, link promosi.

Selain itu, trafik organik juga memiliki sebutan trafik gratis karena cara mendatangkan tidak memerlukan biaya. Dan trafik berbayar ini mengeluarkan biaya yang bisa kecil bahkan besar sesuai metode berbayar yang dipilih.

Traffic paid menawarkan Anda bisa mengatur untuk menargetkan iklan website untuk umur, lokasi, jenis kelamin. Penargetan tersebut berlangsung selama paket yang Anda pilih.

Biasanya penargetan dalam metode trafik berbayar menawarkan durasi 1 hari hingga 1 bulan dengan jumlah target yang berbeda-beda dan harga yang berbeda.

Hal yang perlu diingat jika ingin mencoba menggunakan trafik berbayar Anda harus paham timing atau momen supaya tidak mengalami kerugian akibat beriklan.

Jangan sampai mengeluarkan iklan tidak lebih banyak dari penghasilan iklan. Apabila mengalami hal tersebut sebaiknya segera mengevaluasi.

Kendati demikian, sebaiknya Anda mengoptimalkan trafik organik untuk mendapatkan pengunjung yaitu dengan mengikuti kaidah SEO. Selain disebut dengan trafik jangka panjang, menurut sebuah riset 53,3% dari trafik website berasal dari trafik organik. Sebab hal tersebut memiliki website bersaing mengoptimalkan SEO.

Perlu diingat bahwa meraih trafik organic yang banyak bukan hal yang instan, memerlukan waktu dan tenaga kurang lebih 1 sampai 4 bulan.

Tetapi jika Anda menginginkan hal instan maka trafik berbayar adalah solusinya. Kelihatannya memang menggiurkan, tetapi Anda wajib persiapkan modal dan mental karena ada kemungkinan pengunjung bukanlah manusia melainkan robot atau biasa disebut bot.

Baca Juga: Traffic: Ketahui Pengertian Jenis dan Faktor Pengaruhnya

Cara Meningkatkan Traffic Website

Cara Meningkatkan Traffic Website

Cara meningkatkan traffic website memiliki berbagai macam metode yang harus mengeluarkan biaya maupun gratis. Namun yang pasti dalam mendatangkan trafik website memerlukan kerjasama atau kerja tim agar cara yang digunakan lebih efektif dan tepat.

Anda perlu beberapa tim, terdiri dari orang yang paham cara meningkatkan traffic website baik berbayar atau gratis untuk membagi tugas.

Supaya tidak panjang lebar berikut adalah berbagai cara menaikan traffic website, yaitu:

1.   Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Memilih Keyword yang Tepat

Jangan membuat artikel yang didalamnya mengandung kata kunci atau keyword yang tidak ada dalam mesin pencari.

Maksud yang lain dari keyword yang tepat adalah kata kunci yang sering digunakan pengunjung untuk mencari informasi. Artinya Anda tidak bisa sembarangan menaruh kata kunci begitu saja.

Contoh kasus, pengunjung membutuhkan tempat menyewa mobil untuk per jam, maka kata kunci konten website yang harus ditulis adalah “Jasa Sewa Mobil Per Jam”. Oleh karena itu, keyword yang tepat menjadi cara pertama dalam mendatang trafik website.

Untuk mengetahui cara memilih keyword yang tepat Anda bisa menggunakan platform gratis atau berbayar. Untuk yang gratis, gunakan Google Trends sementara yang berbayar bisa dengan Ubersuggest, Semrush dan lainnya.

2.   Gunakan Long Tail Keyword

Ketika Anda melakukan riset keyword, akan muncul dua jenis kata kunci yaitu short tail keyword dan long tail keyword.

Short tail keyword adalah kata kunci yang berisi kalimat pendek dan untuk persaingan traffic website cenderung sulit karena banyak digunakan. Contoh keyword pada poin sebelumnya adalah contoh short tail keyword.

Jika contoh keyword mengacu pada poin sebelumnya, maka long tail keyword bisa ditambah dengan kalimat “terdekat”, “termurah”, atau daerah “Jogja”, “Bandung” atau lainnya.

Penggunaan long tail keyword disebut mampu mendatangkan trafik website karena persaingannya yang rendah memungkinan untuk muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

3.   Memasukan LSI Keyword

LSI Keyword merupakan singkatan dari Latent Semantic Indexing (Indeksasi Semantik Laten). Istilahnya LSI keyword adalah kumpulan berbagai kata kunci dari satu topik.

Anda akan menemukan LSI Keyword saat melakukan riset. Setelah menemukan berbagai LSI keyword, kumpulkan untuk dimasukan ke dalam isi artikel. Mengapa? karena ini berguna untuk menunjang SEO konten.

Variasi kata kunci yang ada dalam artikel dapat membantu mendatangkan trafik karena pengunjung sering menggunakan kata kunci yang berbeda dalam satu topik.

Lebih jelasnya, dalam keyword “jasa sewa mobil”, pengunjung lain mencari menggunakan “jasa rental mobil”.

4.   Mengatur Teknikal SEO

Cara meningkatkan traffic website sangat bergantung pada praktik SEO yang diterapkan pada sebuah website. Dasar SEO yang harus diperhatikan pada sebuah website adalah URL.

URL yang biasa disebut link atau permalink merupakan bagian penting untuk memastikan website dan kontennya telah terindeks di mesin pencari.

Setelah membuat website atau artikel website, Anda harus melakukan crawling halaman utama website atau indeks semua konten website supaya dapat terdeteksi mesin pencari dan muncul di halaman pencarian Google.

Cara mengatur teknikal SEO supaya mendatangkan traffic website adalah membuat sitemap website dengan tool gratis seperti Google Search Console atau disebut Google Webmaster.

Dengan tool tersebut, Anda dapat mengetahui broken link dan broken redirect yang berdampak pada rating dan indeksi website.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Website Bisnis dan Proses Pembuatannya

5.   Mengoptimalkan SEO On Page

Mungkin Anda bertanya kenapa optimasi SEO pada website itu penting?

Jawabannya sederhana, dari kepanjangannya saja SEO berarti optimasi mesin pencari. Optimasi pada website menyesuaikan kaidah-kaidah yang telah ditemukan para ahli atau expert. Berarti SEO On Page adalah mengoptimasi kaidah SEO yang ada pada halaman atau konten website.

Hal-hal penting yang harus dioptimalkan pada SEO On Page, diantaranya:

a. Meta Title dan Meta Deskripsi

Meta title disini adalah judul artikel yang didalamnya harus memiliki keyword, sementara meta deskripsi adalah meta yang didalamnya harus berisi keterangan singkat artikel yang mengandung keyword utama.

b. Memasang Alt Text Gambar

Ketika memasang gambar untuk konten, Anda harus memasukan kata kunci atau judul artikel. Fungsinya selain menunjang kekuatan konten ada potensi pengunjung melalui pencarian gambar.

c. Menyertakan Keyword dalam Judul Artikel

Keyword wajib Anda diletakan pada judul artikel, entah itu judul artikel bergaya clickbait maupun tidak, keyword tetap harus disisipkan.

d. Memasang H2, H3, H4

Header dalam artikel merupakan poin-poin penting yang berkaitan dengan keyword dan konteks artikel.

Penulisan header artikel sebaiknya mengerucut dari poin-poin umum ke hal yang spesifik. Dengan cara seperti itu, upaya traffic didatangi pengunjung semakin bagus.

e. Memasukan Link Internal

Link internal website adalah url atau link yang mengarah ke halaman atau konten lain dari website. Usahakan link internal berkaitan dengan anchor text atau kalimat pada artikel.

Tujuannya adalah supaya pengunjung mengunjungi halaman lain artikel Anda untuk menambah

6.   Cara Meningkatkan Traffic Website dengan SEO Off Page

Jika SEO On Page ditujukan menunjang optimasi pada bagian dalam website, maka SEO Off Page kebalikannya. SEO Off Page berfungsi menguatkan rating website dari luar website.

Cara melakukan optimasi SEO Off Page untuk meningkatkan traffic website adalah melalui memasang link building atau backlink dari website orang lain.

Dalam memasang backlink usahakan untuk tidak menempatkan di website kompetitor, apalagi website rating rendah. Alasannya supaya rating web pesaing tidak naik dan tidak disarankan di website rating yang rendah supaya rating web Anda cepat naik.

Perlu diketahui juga bahwa memasang backlink perlu biaya. Semakin tinggi rating website maka semakin mahal biayanya dan sebaliknya.

Tetapi dengan backlink tersebut, ada kemungkinan besar mesin pencari akan merekomendasikan web Anda pada halaman utama mesin pencari dan potensi traffic website menjadi besar.

7.   Mengoptimalkan SEO Lokal

SEO local memang tidak sering dipraktekan oleh banyak pelaku SEO. Tetapi hal ini perlu dicoba karena algoritma mesin pencari terkadang fleksibel. Maksud SEO local adalah memfokuskan konten pada lokasi Anda berbisnis.

Mengacu pada contoh awal “Jasa Sewa Mobil” dalam penerapan poin ketujuh ini masukan beberapa konten dengan judul yang menjelaskan lokasi spesifik Anda dengan memasukan kata terdekat, atau wilayah kecamatan dan lainnya.

Jangan lupa juga mengoptimasi Local SEO dengan memasukan alamat melalui Google Maps.

8.   Memperbarui Konten Lama

Konten lama biasanya sering dilupakan oleh berbagai pemilik website karena berbagai alasan masing-masing. Padahal konten lama tetap punya potensi didatangi pengunjung selama dilakukan pembaruan.

Pembaruan pada konten lama bisa berupa isi artikel yang perlu diubah karena telah tidak relevan dan juga bisa pembaruan backlink.

9.   Bekerjasama dengan Influencer

Melakukan kerjasama dengan influencer merupakan bagian strategi marketing. Berkolaborasi dengan influencer, memberikan peluang dan memudahkan implementasi cara meningkatkan traffic website agar semakin besar. Alasannya tentu saja karena influencer punya banyak followers atau pengikut.

Pengikut dari influencer akan merasa penasaran mengenai brand yang disebutkan influencer. Akan tetapi bekerjasama dengan influencer juga perlu mengeluarkan biaya.

Biaya kerjasama tergantung kesepakatan dengan influencer. Sebagai saran, usahakan bekerjasama dengan influencer yang memiliki relevansi dengan bisnis Anda.

10. Beriklan di Medsos

Melakukan iklan di berbagai platform medsos juga sangat penting. Traffic berbayar ini punya kepastian akan didatangi banyak pengunjung.

Platform beriklan di medsos berupa Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, Twitter Ads dan Tiktok Ads.

Di antara platform tersebut menawarkan biaya yang berbeda-beda tetapi kesamaanya adalah Anda leluasa untuk mengatur target audiens iklan mulai dari umur, jenis, kelamin, lokasi dan hobi. Sebagai salah satu strategi marketing, persiapkan juga dana khusus untuk beriklan di platform tersebut.

Baca Juga: 10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly untuk Tingkatkan Peringkat Web

Pertanyaan Seputar Cara Meningkatkan Traffic Website

Pemula biasanya menanyakan pertanyaan dibawah ini mengenai cara mendatangkan traffic website.

Apa yang Dimaksud dengan Traffic Website?

Traffic website adalah data-data berisi informasi total pengunjung website, meliputi total pengunjung melihat halaman dan konten serta durasi rata-rata pengunjung mendatangi halaman website.

Mengapa Website Butuh Traffic?

Traffic pada website sangat penting dan dibutuhkan, sebab tingginya kunjungan situs menjadi pertanda bahwa web tersebut memiliki popularitas. Website ibarat supermarket, semakin banyak pengunjung atau pembeli maka semakin bagus.

Lalu apa jadinya jika website tidak punya pengunjung? Tentu Anda sendiri tahu jawabannya.

Apa Cara Paling Efektif untuk Meningkatkan Lalu Lintas ke Situs Web?

Menyimpulkan pendapat para ahli SEO, 10 cara berikut ini efektif untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web:

  • Memilih keyword yang tepat
  • Gunakan Long Tail Keyword
  • Memasukan LSI keyword
  • Mengatur teknikal SEO
  • Mengoptimalkan SEO On Page
  • Mengoptimalkan SEO Off Page
  • Mengoptimalkan SEO Lokal
  • Memperbarui konten lama
  • Bekerjasama dengan influencer
  • Beriklan di medsos

Bagaimana Cara Mengatasi Website yang Tidak Memiliki Banyak Pengunjung?

Website yang tidak memiliki banyak pengunjung merupakan hal menyedihkan, Adapun cara mengatasinya bisa dengan memperbanyak backlink, optimasi segala aspek SEO dan memanfaatkan platform yang menyediakan iklan.

Mengapa SEO Penting untuk Meningkatkan Traffic pada Website?

Jawaban dari pertanyaan di atas, karena SEO memang dibuat untuk optimasi kebutuhan website yang bisa menunjang traffic website. Dengan kata lain, keberadaan SEO dirancang untuk menyesuaikan keinginan algoritma mesin pencari seperti Google. 

Penutup 

Dari 10 tips meningkatkan trafik website yang disebutkan di atas, tidak ada yang mengharuskan Anda untuk menghafal kode atau rumus. Jadi yang perlu ditingkatkan adalah semangat konsisten Anda sebelum menaikan lalu lintas website. Tidak sulit bukan untuk meningkatkan trafik website?

Langsung eksekusi website Anda agar kunjungan bertambah dan potensi penjualan meningkat. Silahkan hubungi Sasana Digital jika butuh teman diskusi dengan menekan banner di bawah!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?