Blog ›

10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly untuk Tingkatkan Peringkat Web

I

Apakah Anda ingin meningkatkan lalu lintas situs web Anda dan meningkatkan peringkat Website Anda? Jika ya, maka salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah menulis artikel SEO friendly. 

Artikel ini dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari dan membuat konten Anda mudah ditemukan oleh audiens target Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menulis artikel SEO friendly yang akan membantu Anda meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari dan menarik lebih banyak pengunjung ke situs Anda.

Apa Itu Artikel SEO Friendly?

Artikel SEO adalah jenis artikel yang ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat sebuah situs web pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Tujuan utama dari artikel ini untuk membuat situs web Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs web Anda.

Sedangkan, SEO friendly adalah istilah yang merujuk pada praktik-praktik yang digunakan untuk membuat sebuah situs web mudah dikenali dan dimengerti oleh mesin pencari seperti Google. 

Baca juga: Perbedaan SEO dan SEM Ini Jadi Solusi Terbaik bagi Bisnis

Berikutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat artikel SEO Friendly setelah mengetahui apa itu artikel SEO Friendly.

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Membuat artikel ramah SEO adalah suatu keharusan bagi pemilik website yang ingin meningkatkan visibilitas situs mereka di mesin pencari. 

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat artikel yang ramah SEO dan meningkatkan peringkat situs Anda di mesin pencari.

1. Tentukan Kata Kunci yang Relevan dengan Topik Artikel Anda

Menentukan kata kunci yang relevan dengan topik artikel Anda adalah kunci untuk membuat artikel yang SEO friendly. 

Temukan kata-kata yang paling sesuai dengan topik Anda menggunakan alat bantu seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest. 

Perhatikan kata kunci long-tail yang lebih spesifik dan mudah bersaing dalam hasil pencarian mesin pencari. 

Gunakan kata kunci tersebut secara strategis dalam artikel Anda, termasuk dalam judul, subjudul, isi artikel, URL, dan meta deskripsi. Pastikan kata kunci yang dipilih relevan dengan topik yang dibahas dalam artikel Anda.

2. Buat Judul yang Menarik dan Relevan

Judul yang menarik dan relevan adalah faktor penting dalam membuat artikel yang ramah SEO. Judul harus menggambarkan isi artikel secara akurat dan menarik minat pembaca untuk membaca lebih lanjut. 

Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul untuk meningkatkan keterlihatan artikel di mesin pencari. Selain itu, pastikan judul memiliki panjang yang tepat, sekitar 50-60 karakter agar tidak terpotong pada hasil pencarian. 

Terakhir, gunakan kalimat yang jelas dan mudah dimengerti. Jangan terlalu berlebihan dalam membuat judul agar tetap terlihat profesional.

3. Gunakan Struktur Artikel yang Jelas dan Mudah Dibaca

Struktur artikel yang jelas dan mudah dibaca sangat penting dalam membuat artikel yang SEO friendly. Gunakan sub judul dan paragraf yang terstruktur dengan baik untuk memudahkan pembaca memahami isi artikel. 

Pastikan artikel memiliki pengenalan yang kuat untuk menarik minat pembaca dan memberikan gambaran singkat tentang apa yang akan dibahas dalam artikel. Selain itu, gunakan poin-poin yang mudah diikuti untuk menyajikan informasi dengan lebih jelas.

Jangan terlalu panjang dalam satu paragraf dan gunakan kalimat yang singkat dan jelas. Akhiri artikel dengan kesimpulan yang kuat dan memastikan bahwa artikel mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca.

4. Buat Konten yang Bermanfaat dan Berkualitas Tinggi

Artikel SEO - Buat Konten yang Bermanfaat dan Berkualitas Tinggi

Konten yang bermanfaat dan berkualitas tinggi adalah kunci utama dalam membuat artikel yang SEO friendly. Pastikan konten artikel memberikan nilai tambah bagi pembaca dan menjawab pertanyaan yang mereka cari. 

Gunakan sumber yang akurat dan valid untuk menunjang informasi dalam artikel. Jangan terlalu banyak memasukkan kata kunci dalam artikel, tetapi gunakan kata kunci secara strategis dan alami untuk membantu artikel lebih mudah ditemukan di mesin pencari. 

Pastikan konten artikel unik dan tidak di-copy dari sumber lain. Artikel yang bermanfaat dan berkualitas tinggi akan memperbaiki keterlihatan artikel di mesin pencari dan meningkatkan interaksi pembaca pada artikel.

Baca juga: Bahas Lengkap Apa Itu Landing Page hingga Jenis & Contohnya!

5. Gunakan Tautan Internal dan Eksternal yang Relevan

Menggunakan tautan internal dan eksternal yang relevan dapat membantu meningkatkan kualitas artikel yang SEO friendly. 

Tautan internal merujuk pada tautan yang mengarah ke halaman lain di situs web yang sama, sedangkan tautan eksternal merujuk pada tautan yang mengarah ke situs web lain. 

Gunakan tautan internal untuk membantu pembaca menemukan artikel terkait di situs web Anda. Gunakan tautan eksternal untuk memberikan referensi yang relevan dan berguna bagi pembaca. 

Pastikan tautan yang digunakan relevan dan berkualitas tinggi, serta mengarah ke sumber yang dapat dipercaya dan akurat. 

Menggunakan tautan yang relevan dan terstruktur dengan baik dapat membantu meningkatkan keterlihatan artikel di mesin pencari dan meningkatkan kredibilitas situs web.

Baca juga: 8 Cara Membuat Website Bisnis dan Proses Pembuatannya

6. Gunakan Meta Deskripsi yang Menarik

Meta deskripsi yang menarik dapat membantu meningkatkan keterlihatan artikel di mesin pencari dan mendorong pengunjung untuk mengklik tautan dan membaca artikel.

Pengertian dari meta deskripsi adalah deskripsi singkat yang ditampilkan di bawah judul artikel di halaman hasil pencarian. Gunakan meta deskripsi yang relevan dengan artikel dan menjelaskan dengan jelas tentang apa artikel itu. 

Pastikan meta deskripsi menarik dan mengundang pembaca untuk membaca artikel. Gunakan kata kunci dengan bijak dalam meta deskripsi untuk membantu mesin pencari menemukan artikel dengan lebih mudah. 

Meta deskripsi yang menarik dan informatif dapat membantu meningkatkan keterlihatan artikel di mesin pencari dan meningkatkan jumlah klik pada tautan artikel.

7. Gunakan Gambar dan Video yang Relevan

Artikel SEO - Gunakan Gambar dan Video yang Relevan

Menggunakan gambar dan video yang relevan dapat membantu meningkatkan kualitas artikel yang SEO friendly. 

Gambar dan video dapat membantu memperjelas informasi yang disajikan dalam artikel dan membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca artikel. 

Pastikan gambar dan video yang digunakan relevan dengan topik artikel dan berkualitas tinggi. Gunakan judul dan tag yang relevan pada gambar dan video untuk membantu mesin pencari menemukan konten dengan lebih mudah. 

Pastikan ukuran file gambar dan video tidak terlalu besar agar tidak mempengaruhi kecepatan loading halaman. 

Menggunakan gambar dan video yang relevan dapat membantu meningkatkan keterlihatan artikel di mesin pencari dan membuat artikel lebih menarik bagi pembaca.

8. Optimalkan Kecepatan Loading Situs

Optimalkan kecepatan loading situs adalah salah satu faktor penting untuk membuat artikel SEO friendly. Kecepatan loading situs yang lambat dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dan menurunkan keterlihatan situs di mesin pencari. 

Beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan loading situs adalah dengan menggunakan hosting yang baik, mengoptimalkan gambar dan video, meminimalkan penggunaan plugin yang tidak perlu, dan menggunakan cache dan kompresi. 

Pastikan situs Anda mobile friendly dan dapat diakses dengan mudah dari berbagai perangkat. Dengan memastikan situs Anda memiliki kecepatan loading yang baik, artikel Anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan membuat pengalaman pembaca lebih menyenangkan.

9. Promosikan Artikel Anda Melalui Media Sosial dan Backlink

Setelah artikel Anda dipublikasikan, penting untuk mempromosikannya agar lebih mudah ditemukan oleh pembaca potensial. Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan artikel Anda adalah melalui media sosial dan backlink. 

Bagikan artikel di akun media sosial Anda dan pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan pada postingan Anda. 

Gunakan juga backlink dari situs terkait yang memiliki kualitas tinggi untuk meningkatkan otoritas dan keterlihatan artikel Anda di mesin pencari. 

Anda juga dapat berpartisipasi dalam diskusi di forum dan grup sosial yang terkait dengan topik artikel Anda dan membagikan artikel Anda di sana. 

Dengan mempromosikan artikel Anda melalui media sosial dan backlink, Anda dapat meningkatkan lalu lintas situs Anda dan membuat artikel Anda lebih dikenal oleh pembaca potensial.

10. Pantau Performa Artikel Anda

Saat artikel Anda telah dipublikasikan, penting untuk memantau performanya secara teratur. Gunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk memeriksa lalu lintas situs Anda dan melihat bagaimana artikel Anda diterima oleh pembaca. 

Periksa apakah artikel Anda mendapatkan banyak tautan, dibagikan di media sosial, atau mendapatkan komentar positif.

Jika artikel Anda tidak mendapatkan keterlibatan yang diharapkan, Anda dapat memperbaikinya dengan menambahkan konten yang lebih relevan atau mengoptimalkan kata kunci dan struktur artikel. 

Dengan memantau performa artikel Anda secara teratur, Anda dapat terus meningkatkan kualitas dan keterlihatan artikel Anda di mesin pencari, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pembaca potensial dan memberikan nilai tambah bagi bisnis atau brand Anda.

Baca juga: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website Anda: Search Feature

Setelah mengetahui cara membuat artikel SEO Friendly, berikut merupakan contoh artikel SEO.

Contoh Artikel SEO

Berikut adalah contoh artikel SEO friendly yang bisa Anda gunakan sebagai referensi:

Judul: Tips Meningkatkan Traffic Website dengan SEO

Pendahuluan:

Meningkatkan traffic website adalah salah satu tujuan utama dari optimasi SEO.

Dengan mengetahui tips dan trik untuk meningkatkan traffic website, Anda dapat memperbesar kemungkinan website Anda muncul di halaman pertama mesin pencari dan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan traffic website Anda:

Konten:

1. Pilih Kata Kunci yang Relevan

Pilih kata kunci yang relevan dengan topik website Anda dan gunakan kata kunci tersebut pada judul, subjudul, dan isi artikel. Dengan memilih kata kunci yang relevan dan menggunakan kata kunci tersebut pada artikel, mesin pencari akan lebih mudah menemukan website Anda.

2. Buat Konten yang Berkualitas

Buat konten yang berkualitas dan relevan dengan topik website Anda. Konten yang berkualitas akan membuat pengunjung betah berlama-lama di website Anda dan dapat memperbesar kemungkinan website Anda mendapatkan backlink dari website lain.

3. Gunakan Tag Heading

Gunakan tag heading seperti H1, H2, dan H3 pada konten artikel Anda. Tag heading akan membantu mesin pencari untuk memahami struktur konten artikel Anda dan memudahkan pengunjung dalam membaca konten artikel Anda.

4. Sisipkan Gambar dan Video

Sisipkan gambar dan video pada konten artikel Anda. Gambar dan video akan membuat konten artikel Anda lebih menarik dan dapat memperbesar kemungkinan konten artikel Anda dibagikan oleh pengunjung ke sosial media mereka.

5. Gunakan Link Internal dan Eksternal

Gunakan link internal dan eksternal pada konten artikel Anda.

Link internal akan membantu mesin pencari untuk memahami struktur website Anda dan memudahkan pengunjung dalam menemukan konten yang relevan. Sedangkan, link eksternal akan membantu memperkuat kredibilitas konten artikel Anda.

Kesimpulan:

Meningkatkan traffic website dapat dilakukan dengan memperhatikan optimasi SEO. Dengan mengikuti tips dan trik yang telah dijelaskan di atas, diharapkan website Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Selain itu, pastikan untuk selalu memperbarui konten website Anda secara berkala untuk mempertahankan posisi di halaman pertama mesin pencari.

Pertanyaan Seputar Artikel SEO yang SEO Friendly

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan SEO friendly. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait SEO friendly.

1. Apa yang Dimaksud dengan Artikel SEO?

Artikel SEO adalah jenis artikel yang ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah situs web di mesin pencari seperti Google. Artikel ini didasarkan pada penggunaan kata kunci dan teknik optimasi tertentu.

2. Apa yang Membuat Website Lebih SEO Friendly?

Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat sebuah website lebih SEO friendly, diantaranya:

  1. Konten berkualitas tinggi dan relevan dengan kata kunci yang tepat.
  2. Struktur URL yang mudah dibaca dan dimengerti oleh pengguna dan mesin pencari.
  3. Desain responsif dan mobile-friendly.
  4. Penggunaan tautan internal dan eksternal yang relevan.
  5. Kecepatan loading website yang optimal.
  6. Penggunaan tag judul dan meta deskripsi yang tepat dan menarik.
  7. Penggunaan gambar dan video yang relevan dan dioptimalkan untuk SEO.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, sebuah website dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

3. Bagaimana Cara Membuat Konten yang SEO Friendly?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat website lebih SEO friendly:

  1. Tentukan kata kunci yang relevan dengan topik artikel Anda.
  2. Buat judul yang menarik dan relevan.
  3. Gunakan struktur artikel yang jelas dan mudah dibaca.
  4. Buat konten yang bermanfaat dan berkualitas tinggi.
  5. Gunakan tautan internal dan eksternal yang relevan.
  6. Gunakan meta deskripsi yang menarik.
  7. Gunakan gambar dan video yang relevan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, situs web Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan menarik lebih banyak lalu lintas organik.

4. Apa yang Harus Diperhatikan dalam Meta description?

Berikut ini hal yang harus diperhatikan dalam meta description, antara lain:

  1. Gunakan kata kunci yang relevan dengan isi artikel.
  2. Buat deskripsi yang menarik dan mampu memancing perhatian pengguna untuk mengklik link Anda.
  3. Pastikan deskripsi Anda sesuai dengan konten yang akan dibaca oleh pengguna.
  4. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan jangan menggunakan istilah teknis yang sulit dipahami.
  5. Jangan menyalahgunakan meta description dengan menambahkan kata-kata yang tidak relevan dengan konten.

Penutup

Dalam dunia digital, artikel SEO friendly menjadi sangat penting untuk meningkatkan visibilitas dan traffic pada website Anda. Dengan menerapkan teknik-teknik SEO yang tepat, artikel Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung dan potensial konsumen.

Namun, penting juga untuk tidak mengorbankan kualitas dan keterbacaan artikel demi optimasi SEO. Pastikan artikel Anda tetap bermanfaat, informatif, dan menarik bagi pembaca. 

Untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam memahami teknik-teknik SEO dan strategi digital marketing lainnya, kami menawarkan layanan training digital marketing yang dapat membantu Anda memahami konsep dasar hingga tingkat lanjutan.

Jangan ragu untuk menghubungi kami dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan training digital marketing kami. Dapatkan keuntungan untuk mengembangkan bisnis Anda di era digital dengan mengikuti training digital marketing kami sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?