Blog ›

Apa Itu Campaign? Berikut Cara Membuat serta 5 Manfaatnya!

I

Campaign adalah istilah yang mungkin sering Anda dengar dan lihat di berbagai media seperti televisi, majalah, radio, surat kabar dan media sosial. 

Campaign merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan oleh suatu perusahaan yang menjalankan strategi pemasaran. Campaign dalam ranah bisnis berkaitan dengan kegiatan untuk mendorong angka penjualan dari produk atau jasa.

Selain itu, campaign perannya sangat vital terutama bagi Anda yang baru menjalankan bisnis untuk pertama kali. 

Dengan membuat campaign yang tepat, bisnis Anda dapat dikenal oleh calon pelanggan dan menjadikan perusahaan Anda berkarakter dibanding perusahaan lainnya.

Maka dari itu, para pelaku bisnis wajib mengetahui bagaimana cara menjalankan campaign yang efektif bagi perusahaan. Lantas, apa itu campaign? Bagaimana cara membuat campaign? Berikut adalah pembahasannya:

Pengertian Campaign (Kampanye)

Apa Itu Campaign?

Kampanye atau Campaign adalah suatu proses untuk membuat tindakan yang terencana untuk mempromosikan produk atau jasa melalui suatu media.

Media itu sendiri bisa beragam, berdasarkan jenisnya ada media online dan offline. Media online misalnya seperti media sosial, website, iklan digital atau media streaming. Sedangkan media offline merupakan media konvensional seperti radio, televisi, koran, billboard, dan lain sebagainya.

Marketing campaign dilakukan lewat proses yang terorganisir mulai dari tahap perencanaan, pengukuran, pelaksanaan hingga peningkatan untuk suatu tujuan tertentu.

Baca Juga: Digital Advertising: Pengertian, Cara Kerja, serta Contohnya

Cara Membuat Campaign yang Efektif

1. Perkuat Riset

Data merupakan dasar yang penting sebelum menjalankan campaign. Data ini berkaitan dengan bagaimana penetrasi produk atau brand dimulai.

Contohnya seperti penentuan target market, riset kompetitor, pengolahan ide, dan segala penelitian lain yang dapat membantu kelancaran suatu campaign yang akan dijalankan.

2. Tentukan Tujuan yang Jelas

Tujuan merupakan pegangan dalam campaign. Sebelum memutuskan untuk menjalankan kampanye pemasaran, Anda harus membuat tujuan terlebih dahulu. 

Ini bertujuan agar arah campaign jelas, dapat diukur, dan terorganisir. Tujuan ini bervariasi, mulai dari mengenalkan merek, mempromosikan produk baru, menjangkau pelanggan baru, meningkatkan customer loyalty, dan lain sebagainya.

Sebaiknya tujuan yang dibuat sangat detail dan spesifik, sehingga pesan campaign bisa diterima oleh mudah oleh calon pelanggan.

Jika Anda memiliki beberapa tujuan, sebaiknya buat dalam kampanye yang berbeda.

3. Buat Perencanaan

Setelah tujuan jelas, maka selanjutnya yaitu campaign planning. Ini merupakan kegiatan untuk membuat perencanaan agar campaign dapat berjalan dengan sukses.

Mulai dari membentuk tim, melakukan rencana anggaran, menentukan target, memilih stakeholder dan lain sebagainya.

Baca Juga: 7 Contoh Ide Campaign yang Jitu dan Menarik untuk Bisnis

4. Pilih Media yang Tepat

Dalam perencanaan, jangan lupa lakukan analisis mendalam mengenai media yang akan dipilih. Media ini berkaitan dengan anggaran serta target market.

Lakukan riset media mana yang paling sesuai dengan target market Anda. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan estimasi biaya.

5. Utamakan Konsistensi

Campaign yang baik merupakan campaign yang konsisten dilakukan secara berkala. Semakin konsisten campaign jalankan maka semakin tertanam sebuah brand dalam benak konsumen.

6. Lakukan Pengukuran

Setelah campaign berhasil dilakukan, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pengukuran seberapa efektif campaign yang sudah dilakukan.

Apakah mencapai target yang ditentukan? Bagaimana dampaknya untuk penjualan? Apakah ada pengaruh lain terhadap perusahaan? Semua ini perlu diukur dalam angka yang jelas agar dapat di evaluasi di kemudian hari.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Strategi Conversion Rate Optimization (CRO)

7. Evaluasi secara Berkala

Setelah hasil terukur, maka selanjutnya Anda dapat menggunakan data yang sudah dikumpulkan untuk dijadikan dasar dalam evaluasi.

Perbaiki apa yang sekiranya masih kurang dan pertahankan apa yang sudah maksimal. Setelah itu, terapkan pada campaign selanjutnya.

Manfaat Campaign Bagi Bisnis

Aktivitas campaign dapat membantu bisnis untuk mencapai target. Berikut adalah beberapa manfaat dari campaign. 

• Membangun Branding

Dengan melakukan campaign, kesadaran pelanggan akan merek Anda akan meningkat. Tujuan utama campaign sendiri biasanya untuk meningkatkan brand awareness.

Selain brand awareness, brand image juga akan terbangun di benak konsumen. Sehingga produk atau bisnis Anda lebih dikenal oleh semua orang. Terutama target market yang ingin dituju.

Jika produk Anda sudah tertanam di benak pelanggan, maka mereka tidak akan ragu dan sungkan untuk membeli. Semakin baik sebuah branding perusahaan maka semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan.

Mendatangkan Calon Pelanggan

Leads atau calon pelanggan baru akan bertambah seiring dengan meningkatnya branding suatu produk atau perusahaan. 

Mereka akan mulai sadar dengan kehadiran produk, bagaimana manfaat atau fungsinya, hingga kelebihan lain yang mungkin berhasil Anda sampaikan melalui suatu campaign.

Maka dari itu, penting untuk menyiapkan materi campaign yang powerful dan efektif agar pesan mudah diterima oleh target pasar yang dituju.

Meningkatkan Angka Penjualan

Jika suatu campaign berhasil, maka ini juga dapat berdampak pada angka penjualan. Ini disebabkan karena bertambahnya calon pelanggan baru yang tertarik dengan produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Maka dari itu, penting sekali untuk mempersiapkan produk dengan sebaik-baiknya agar calon pelanggan puas dan melakukan repeat order di kemudian hari.

Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang merasa puas setelah mencoba produk yang Anda tawarkan tentu akan melakukan transaksi di kemudian hari. Dengan adanya campaign mereka akan semakin bangga dan sadar bahwa pilihan mereka merupakan pilihan terbaik.

Dengan begitu, loyalitas pelanggan dapat meningkat. Itulah mengapa perusahaan besar walaupun sudah berada di atas, mereka tetap melakukan campaign besar-besaran.

Mereka sadar bahwa campaign sangat penting dalam memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Menekankan Kompetitor

Suatu penelitian membuktikan bahwa pelanggan akan mulai terdistraksi dengan produk baru jika suatu brand jarang melakukan campaign.

Mereka akan mulai terlupakan dan akhirnya pindah ke produk kompetitor yang rajin melakukan campaign secara berkala dan berkelanjutan. 

Maka dari itu, campaign sangat penting karena kegiatan ini dapat membantu perusahaan bertahan dan bahkan menekan para kompetitor.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Kompetitor Agar Bisnis Anda Mampu Bersaing

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu campaign berikut dengan cara membuat dan dampaknya bagi bisnis. Intinya, suatu campaign harus dibuat dengan terorganisir dan dilakukan dengan konsisten.

Jika semua dilakukan dengan maksimal, maka dapat berdampak besar pada bisnis dalam jangka waktu yang singkat maupun jangka waktu panjang.

Bagi Anda pemilik bisnis yang ingin memaksimalkan kapabilitas tim di bidang marketing secara signifikan, Sasana Digital memiliki program berupa Training Digital Marketing yang dapat segera Anda manfaatkan!

Jadi, tunggu apa lagi! Yuk, konsultasikan dulu bersama kami. Gratis!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital