Blog ›

8 Alasan Mengikuti Seminar Bisnis, Harus Siap Banjir Orderan

I

Bukan kebetulan semata tulisan seminar bisnis ini bisa bertemu Anda. Sebab mereka yang mencari informasi seminar bisnis ditakdirkan untuk membaca tulisan ini.

Mari mulai dengan sebuah pertanyaan, betulkah pebisnis merasa dirinya paling benar? Sehingga ia tidak merasa butuh ilmu dari orang lain seperti di dalam seminar.

Lalu timbul pertanyaan lain, apakah memang benar seminar di luar sana benar-benar meningkatkan kualitas bisnis?

Sebelum dijawab mari kita akhiri dengan pertanyaan ketiga. Hal apa saja yang menjadi alasan sekaligus patokan untuk mengikuti seminar bisnis?

Pertanyaan demi pertanyaan bisa jadi bermunculan saat Anda ingin mengikuti seminar bisnis. Namun tenang saja, tulisan ini membantu Anda menjawab alasan mengikuti seminar bisnis yang sekaligus menjadi patokan Anda.

1. Dapat Informasi Terkini Dunia Bisnis

Hampir di setiap seminar bisnis pasti memberi update terkait informasi dan peluang bisnis pada pertemuan yang diagendakan. Entah itu lembaga penyedia workshop Bandung, workshop Jakarta, workshop Surabaya sebagiannya pasti punya berita terbaru tentang perkembangan bisnis di area dan sektornya masing-masing.

Seminar bisnis memberi informasi terkini

Ketika Anda mengikuti workshop atau seminar bisnis pada area tertentu atau usaha Anda beroperasi, informasi terkait perkembangan dunia bisnis ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Dari informasi ini nantinya Anda bisa menentukan langkah dalam bisnis yang sedang Anda kelola, karena informasi yang didapat biasanya merupakan data analisa perkembangan bisnis selama beberapa waktu belakangan.

Setelah mendapat informasi yang berguna bagi bisnis, tentunya Anda bersama tim harus siap banjir orderan. Para pelanggan telah menanti untuk dipuaskan dengan pelayanan brand Anda.

2. Mempelajari Ilmu, Pengalaman, dan Inovasi Baru

Sebuah event seminar bisnis atau workshop terpercaya pasti akan menghadirkan pemateri sukses yang telah memiliki banyak pengalaman sesuai tema seminar bisnis yang digelar saat itu.

Dari seorang pemateri yang memiliki kualifikasi dan terpercaya, pastinya ilmu juga pengalaman yang dibagikan pada acara seminar bisnis akan bermanfaat bagi Anda.

Tak menutup kemungkinan Anda pasti akan mendapat inovasi baru yang bisa jadi belum terpikirkan oleh diri Anda dalam mengelola sebuah bisnis.

Baca Juga: Ketahui 5 Contoh Inovasi Produk untuk Kembangkan Bisnis

Selain itu dalam sebuah seminar bisnis pasti akan ada sesi tanya jawab. Tentunya Anda bisa menanyakan hal yang belum dimengerti dalam dunia bisnis kepada pakarnya langsung sesuai tema seminar bisnis saat itu.

3. Bisnis Anda Punya Visi yang Jelas

Dalam seminar bisnis, seorang pemateri bukan hanya berbagi kita kiat ampuh dalam meraih kesuksesan, tentunya akan membagikan juga fundamental ketika menghadapi kendala dan ancaman yang muncul dalam menjalankan bisnis.

Dari situlah Anda akan tahu bahwa bisnis tidak melulu bicara tentang keuntungan, namun bagaimana menjaga agar bisnis tetap bertahan ketika menghadapi kendala dan ancaman dari kompetitor.

Selain itu fundamental yang diberikan juga tak hanya sekedar menghadapi kompetitor dan tantangan bisnis. Tetapi apa yang membuat bisnis Anda menjadi penolong bagi orang lain.

Seperti pada Ruangguru dan Segari yang bisa kita jadikan contoh. Mereka adalah bisnis yang menghasilkan sebuah produk sekaligus jasa yang menolong orang lain secara jelas.

Ruangguru menghasilkan produk pembelajaran dan menyediakan jasa pendidikan, serta mampu membuktikan pada orang-orang bahwa anak didiknya berhasil masuk Universitas yang diinginkan.

Segari menghasilkan produk healthy and fresh khususnya pada perikanan, buah-buahan, dan makanan lainnya yang termasuk segar dan sehat. Serta menyediakan jasa daily grocery di saat supermarket lain hanya mampu menyediakan jasa monthly grocery.

Kedua bisnis tersebut memulai pertumbuhan bisnisnya dari yang paling fundamental. Yaitu menolong orang lain sehingga produk dan jasanya dibeli orang-orang.

Tertarik dengan hal seperti itu? Mari baca terus tulisan ini.

4. Menambah Link dan Networking dalam Dunia Bisnis

Sebagai pengusaha baru atau lama Anda tentunya paham betapa penting memiliki networking yang luas. Sebab networking tersebut akan semakin membuka peluang suksesnya Anda karena dunia bisnis memiliki keterikatan antara satu dengan yang lainnya.

Seminar bisnis bisa menambah networking

Pada seminar bisnis yang Anda ikuti nantinya akan bertemu dengan banyak peserta yang memungkinkan bisa dijadikan relasi untuk mengembangkan bisnis. Hal tersebut wajar dan bukan menjadi hal baru.

Jika seorang pengusaha menjalin relasi dengan pengusaha lain yang memang bidang bisnisnya masing-masing saling melengkapi. Maka itu jadi keuntungan dan perkembangan bisnis Anda daripada sebelumnya.

Contohnya dalam seminar bisnis adalah pertemuan dengan ahli SEO secara tak sengaja. Hal itu bisa menolong bisnis Anda agar lebih mudah ditemukan pada Google.

Baca Juga: Memahami Perbedaan SEO dan SEM Demi Bantu Bisnis Makin Cuan

5. Tersedia Pembicara Professional

Alasan mengikuti seminar bisnis nomor 5 ini menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari seminar bisnis berkualitas. Sebab pembicara yang profesional berbicara berdasarkan data dan ilmu yang telah dilakukan sebelumnya.

Beberapa konsultan bisnis biasanya menjadi pembicara dalam sebuah seminar bisnis. Mengandalkan pengalaman mereka bersama para client, membuat pikiran mereka lebih tajam pada dunia bisnis.

Anda harus benar–benar cari tahu  latar belakang pemateri pada seminar bisnis yang hendak Anda hadiri. Akan lebih baik bila pemateri tersebut bukan hanya memiliki usaha dan sukses dengan usahanya, juga telah memiliki jam terbang tinggi dalam mengisi acara workshop.

Mengapa demikian? Sebab komunikasi seorang pemateri juga ikut diperhitungkan agar Anda mampu memahami materi dengan baik untuk dapat diterapkan pada bisnis.

Salah satunya saat membicarakan internet marketing yang menjadi andalan dari digital marketing. Hal itu harus dikomunikasikan hingga peserta mengerti.

Baca Juga: Internet Marketing: Pengertian & Pelatihannya, Bantu Cuan!

6. Ada Topik Kasus Bisnis

Ada manfaat seminar bisnis yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah topik yang dibawakan dalam seminar bisnis. Topik yang paling bagus adalah topik yang mengulas kasus bisnis.

Manfaat seminar bisnis yaitu mendengarkan topik bisnis

Anda bisa belajar langsung dari pengalaman bisnis orang lain meski tak pernah menjalaninya. Pertimbangan materi yang akan dibahas. Jangan sampai melakukan kesalahan fatal dengan mengikuti seminar bisnis yang temanya tidak relevan dengan bisnis yang sedang Anda kelola.

Selain membuang waktu tentunya tema yang tidak relevan dengan bisnis Anda saat ini tidak akan memberi kontribusi pada kemajuan bisnis. Bukankah tujuan seminar membuat bisnis Anda berkembang?

Perubahan yang paling mendasar biasanya dimulai dari menyadari brand positioning yang ada pada bisnis Anda. Biasanya topik bisnis akan dimulai dari sana. Sebab nantinya akan sangat membantu pada digital marketing funnel.

Baca Juga: Digital Marketing Funnel: Pengertian, Metode, dan Manfaat

7. Jam Terbang Penyedia Seminar Bisnis

Tujuan seminar salah satunya untuk belajar dari penyelanggara yang berpengalaman. Anda tak mau bukan seminar bisnis yang Anda ikuti hanyalah omong kosong?

Setidaknya track record atau rekam jejak penyelenggara seminar bisnis akan menentukan teknis keberlangsungan acara sehingga Anda bisa menerima materi dengan baik.

Jangan pernah memilih penyelenggara yang baru beberapa kali menyediakan seminar bisnis jika tidak ingin kecewa dengan service yang diberikan.

Apalagi untuk seminar bisnis online, diperlukan penanganan hati-hati agar penyampaian ilmu bisa lancar oleh kelancaran acara yang berjalan.

Anda bisa melihat track record lembaga penyelenggara seminar bisnis dengan melihat service atau layanan apa saja yang disediakan.

Contohnya, jika sebuah penyedia seminar bisnis akan mengadakan agenda seminar bisnis tentang digital marketing, maka harus ditelusuri latar belakangnya. Apakah lembaga tersebut bergerak dibidang konsultan bisnis online atau semacamnya?

Jika iya, maka tema dan pemateri yang akan mengisi acara pastilah terjamin! Sebab lembaga penyelenggara sudah tahu kapasitas orang – orang yang berada dalam lingkup digital marketing.

8. Mengenal Peserta yang Ikut Seminar Bisnis

Alasan nomor 8 ini tak kalah penting untuk diperhatikan sebagai pertimbangan sebelum mengikuti acara seminar bisnis. Anda diperbolehkan menanyakan hal tersebut ketika mendaftar sebagai peserta seminar bisnis.

Jangan sia – siakan kesempatan tersebut dengan tidak menanyakannya ke penyelenggara. Nantinya Anda tahu siapa saja rekan Anda ketika mengikuti workshop atau seminar bisnis.

Tujuan dari mengetahui peserta dalam acara seminar bisnis adalah karena Anda juga harus mendapat kesempatan mengembangkan bisnis Anda bersama mereka. Baik itu pada seminar online ataupun seminar offline.

Ketika orang yang mengikuti acara seminar bisnis adalah peserta yang juga seorang pengusaha maka peluang Anda untuk berkolaborasi dalam mengembangkan bisnis sangat terbuka lebar.

Anda bisa bertemu dengan orang baru dan saling berbagai ilmu serta pengalaman agar bisa belajar dan sekaligus menerapkan pada bisnis milik Anda.

Penutup

Pada akhirnya seminar bisnis offline dan seminar bisnis online yang paling berguna ialah yang berdampak pada pertumbuhan bisnis. Betul?

Bayangkan bila Anda atau orang-orang di sekitar Anda bangun setiap pagi melakukan hal yang sama demi sebuah usaha tetapi bisnis terus saja stagnan tanpa pertumbuhan. Bukankah itu menjengkelkan?

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sasana Digital akan jadi pilihan terbaik dalam menyediakan seminar bisnis yang diisi oleh konsultan bisnis digital terpercaya.

Seperti layaknya UKM, instansi pendidikan, dan Dinas Sosial yang telah bekerjasama dalam seminar bisnis dengan Sasana Digital. Mereka mendapat dampak baik setelah diadakannya seminar bisnis! Mari, klik banner di bawah…

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?