fbpx
Mengenal 5 Jenis Google Marketing Platform, Untuk Efektivitas Digital Marketing Anda

Mengenal 5 Jenis Google Marketing Platform, Untuk Efektivitas Digital Marketing Anda

Google telah lama digunakan sebagai kiblat dalam perkembangan digital marketing di dunia. Ketahui bagaimana cara menggunakan Google Marketing Platform untuk meningkatkan strategi digital marketing anda

Sudah menggunakan strategi digital marketing untuk pertumbuhan bisnis? Bagus! Sekarang bagaimana caranya anda mendapatkan informasi dan meningkatkan efektivitas dari strategi anda?

Memang memantau dan menghitung tingkat efisiensi dalam digital marketing bukanlah masalah yang mudah. Di beberapa perusahaan besar, mereka bahkan sampai rela menghabiskan dana puluhan juta per bulan untuk membayar seorang digital analyst. Hanya agar data digital mereka bisa terambil dan terbaca dengan mudah.

Kalau anda memiliki budget serupa, boleh saja anda mengikuti jejak tersebut. Bagaimana bila tidak? Karena itu, anda bisa menggunakan Google Marketing Platform yang merupakan rangkaian software besutan Google untuk membantu bisnis dalam meningkatkan strategi pemasaran di dunia digital mereka.

Google Analytics

Siapa yang tidak tahu tentang Google Analytics? Dengan perangkat lunak ini, anda bisa mendapatkan data-data yang bernilai dari website anda. Jumlah tayangan, pengguna, sampai sesi yang dimulai oleh pengguna bisa anda dapatkan dalam sekejap.

Google Analytics sendiri memiliki sistem pengambilan dan pengolahan yang cukup lengkap. Memang anda memerlukan skill khusus untuk bisa membacanya dengan tepat, namun Google sendiri juga memberikan petunjuk dalam menggunakan analytics. Sehingga bisa membantu anda dalam mendapatkan data yang anda inginkan.

Google Analytics juga bisa diintegrasikan dengan berbagai kanal pemasaran lainnya, termasuk sumber dari yang bukan Google (social media atau referral). Ini membuat Google Analytics menjadi salah satu software yang paling efektif di dunia digital marketing.

Baca Juga: Fitur Baru Google Analytics 4 (GA4), Apa Saja Kelebihannya?

Google Data Studio

Jika data yang harus anda analisa terlalu keruh atau rumit, maka anda bisa memanfaatkan Google Data Studio untuk memvisualisasikan data-data anda menjadi lebih atraktif.

Anda bisa memanfaatkan berbagai format grafik untuk menghidupkan data anda. Untuk menggunakannya, anda juga tidak perlu menguasai teknik coding seperti yang ada di banyak aplikasi visual data lainnya. Cukup dengan menggunakan konektor yang sudah disediakan, maka anda bisa membuat banyak laporan.

Google Data Studio juga bisa mengupdate dashboard secara otomatis, sehingga anda tidak perlu memasukkan data secara manual dan tentunya bisa mempermudah pekerjaan anda. Terakhir, dashboard data studio juga bisa dibagikan ke pengguna lain dan mereka bisa mengaksesnya secara asinkron.

Google Optimize

Punya 2 konsep landing page yang berbeda? Anda bisa menggunakan Google Optimize untuk membandingkan kedua hasilnya dengan A/B Testing.

Google Optimize bekerja dengan menggunakan javascript dan dengan bantuan Google Analytics untuk kebutuhan targeting dan profiling, sehingga ketika anda menentukan kondisi untuk menampilkan suatu format landing page, maka Optimize bisa bekerja secara otomatis.

Khusus untuk anda yang memiliki bisnis di kota Bandung dan sekitarnya, temukan berbagai solusi Digital Marketing Bandung di Sasana Digital.

Misalnya jika anda memiliki landing page A untuk sumber dari Google Ads dan landing page B untuk sumber dari Facebook, maka keduanya bisa bekerja secara otomatis ke audience yang diinginkan dan datanya akan disajikan secara terpisah. Sangat membantu untuk mengambil keputusan dari 2 konsep yang berbeda.

Google Tag Manager

Strategi tagging merupakan salah satu bagian paling krusial dalam strategi digital marketing. Dengan strategi tagging yang benar, anda bisa menemukan data penting tentang kebiasaan pelanggan anda dan menentukan strategi pemasaran selanjutnya.

Hanya saja, anda perlu kemampuan coding jika anda ingin menerapkan strategi tagging di dalam website. Cara coding ini selain tidak praktis, rawan keliru juga (mengingat implementasi coding sangatlah presisi dan sulit dimengerti oleh orang awam). Karena itu, Google Tag Manager ada.

Dengan Tag Manager, anda bisa menerapkan strategi tagging tanpa perlu menguasai coding sama sekali.

Terakhir tentu saja platform periklanan yang paling tersohor di jagat digital: Google Ads.Dengan Google Ads, anda bisa melakukan strategi pemasaran di banyak channel dan format. Mulai dari SEM, display ads, sampai local ads (iklan di Google Map). Google Ads sudah dikenal luas sebagai salah satu cara pemasaran yang terbukti bisa memberikan konversi.

Baca Juga: Ikut Training Google Ads, Apa Saja Hal Penting yang Perlu Dipelajari?

Integrasikan Semua Untuk Hasil Terbaik

Tentu saja jika anda hanya menggunakan salah satu dari 5 di atas, maka hasilnya tidak akan sempurna. Anda bisa mengintegrasikan semua peralatan untuk menemukan bagaimana kampanye yang tepat, respon pengguna, dan hasil yang anda dapatkan untuk setiap kampanye.

Satu lagi, kelima tools di atas bisa anda gunakan secara gratis alias tanpa perlu biaya apapun. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai susun strategi digital anda dengan data yang tepat dari Google Marketing Platform.

Comments are closed.