fbpx
Ikut Training Google Ads, Apa Saja Hal Penting yang Perlu Dipelajari

Ikut Training Google Ads, Apa Saja Hal Penting yang Perlu Dipelajari?

Melakukan setting Google Ads yang tepat memang tidak mudah, karena itu anda perlu ikut Training Google Ads untuk memastikan apa yang anda lakukan sudah benar. Tapi apa yang akan dipelajari nantinya?

Google Ads merupakan salah satu strategi digital marketing, dimana anda membayar Google untuk mempromosikan bisnis anda ke audience yang relevan. Pada dasarnya, siapapun bisa memasang Google Ads dengan mudah dan iklan bisa langsung online selama saldo anda tidak habis. Hanya saja seperti strategi digital marketing pada umumnya, Google Ads juga perlu pemahaman komprehensif agar bisa efektif dan tidak membuang uang.

Bagi perusahaan yang punya budget ekstra ya tinggal mempekerjakan seorang Google Ads Specialist, dimana memang mereka sudah terlatih untuk melakukan pengaturan dan pemantauan harian performa Google Ads. Tapi bagaimana kalau perusahaan anda masih tidak mempunyai budget untuk itu?

Ikut Training Google Ads Bisa Jadi Solusi

Salah satu solusi paling cepat dan tidak memakan biaya terlalu besar adalah dengan mengikuti training Google Ads. Dimana anda nantinya akan memiliki guru yang akan memandu anda mulai dari dasar hingga ke titik dimana anda bisa melakukan pengaturan Google Ads yang tepat.

Kira-kira apa saja yang akan dipelajari di dalam training?

Pelajari lebih lanjut tentang Konsultasi Digital Marketing yang kami sediakan untuk anda

Dasar-Dasar Google Ads

Tentunya anda akan mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Mulai dari scope dan jenis-jenis iklannya, cara mendaftar, cara melakukan pemasangan, sampai cara untuk melakukan monitor dan membaca data. Berikut detailnya:

Jenis-Jenis Iklan

Google Ads memiliki banyak jenis iklan dengan berbagai format yang bisa digunakan sesuai dengan goal dan tujuan iklan. Setiap jenisnya memiliki metode pemasangan dan optimasi sendiri-sendiri, sehingga diperlukan pengetahuan dari masing-masing iklan jika anda ingin memasang semua jenisnya.

Biasanya training untuk setiap jenis iklan diadakan secara terpisah, tapi anda tetap mendapatkan dasarnya. Kami menyarankan anda untuk fokus ke salah satu terlebih dahulu, yang sesuai dengan profil promosi anda.

Tips dan Trik Pemasangan Iklan

Di dalam modul training biasanya juga akan dijelaskan bagaimana langkah dan sedikit tips dan trik dalam pemasangan iklan, mengingat Google Ads memiliki algoritma dan strategi khusus dalam pemasangannya.

Tips dan trik tersebut mencakup Bid Strategy, pengaturan ad group, penjadwalan, penargetan, penempatan iklan, sampai metode menghitung biaya konversi. Pastikan vendor training yang anda pilih menyediakan materi ini untuk anda.

Cara Membaca Report

Data adalah harta yang paling berharga di dalam dunia digital marketing, sehingga penting bagi anda untuk bisa memahami data-data yang ada di dalam Google Ads. Di dalam training, biasanya guru akan memberikan contoh grafik yang umum digunakan bersama metrik penting. Lengkap dengan arti dan cara membacanya.

Sebab usaha anda di Google Ads akan sia-sia jika anda tidak bisa memahami data yang ada. Anda tidak bisa tahu apakah iklan anda membawakan hasil atau tidak, serta tidak bisa mengetahui apa saja yang salah.

Metode Optimasi

Iklan yang terpasang harus selalu dioptimasi setiap saat. Sudah seharusnya di dalam training anda mempelajari bagaimana cara mengevaluasi dan mengoptimasi iklan setelah dibuat.

Optimasi tersebut mencakup cara mengatur nilai bid, cost control, membuat remarketing, memasang tag konversi, membuat eksperimen, dan sebagainya. Optimasi ini akan membantu performa iklan anda kedepannya, dan memastikan anda mendapat return yang optimal dari iklan yang terpasang.

Pelajari lebih lanjut seputar Training Google Ads yang kami sediakan

Bagaimana Memilih Vendor Training Google Ads yang Tepat?

Mengingat banyaknya materi yang harus dipelajari, tentu anda bertanya-tanya bagaimana cara memilih vendor training Google Ads yang benar. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Cek Latar Belakang Guru/Pelatihnya

Hati-hati jika ada vendor yang mengklaim diri sebagai jasa penyedia training Google Ads, tapi mereka sendiri tidak menggunakan Google Ads sebagai sarana promosi mereka. Anda pun juga harus mengecek bagaimana latar belakang guru atau pelatih yang disediakan, apakah mereka sudah dilengkapi dengan Google Ads Certification atau tidak.

Jika tidak, maka anda perlu mempertanyakan keabsahan vendor training tersebut. Terlebih jika ternyata training yang disediakan sangat textbook alias tidak mengacu pada hasil yang didapatkan di lapangan.

Jika Memiliki Badge Google Partner, Maka Akan Lebih Baik

Google menyediakan featured badge di semua partner yang lolos uji (cari tahu syarat sebuah partner untuk mendapatkan Google Partner Badge). Dengan memiliki badge ini, maka seorang partner dianggap layak untuk menjalankan jasa konsultasi dan optimasi yang berkaitan dengan produk Google.

Memang tidak semudah itu untuk mendapatkan badge ini, mengingat banyaknya syarat yang harus dipenuhi baik secara kualitas maupun kuantitas. Namun jika vendor yang anda minati memiliki badget ini, tentu akan jauh lebih baik.

Memiliki Konsultasi Dua Arah

Tidak mungkin anda bisa sekali belajar lalu langsung paham dan bisa menggunakan Google Ads secara efektif. Anda tentu perlu panduan ketika masuk ke dunia Google Ads yang sebenarnya, dan disinilah konsultasi dibutuhkan.

Jika vendor yang anda pilih tidak memiliki jasa konsultasi setelah kelas, maka anda perlu mempertanyakannya. Beberapa oknum trainer memanfaatkan kepolosan calon murid dengan hanya mengajar teori yang dia ambil dari referensi lain yang bertebaran di Google, tanpa memberikan jasa konsultasi (karena memang dia tidak mengerti apa yang ia ajarkan).

Dan yang Paling Penting: Testimoni

Terakhir namun bukan tidak penting, yaitu testimoni dari murid-murid sebelumnya. Apakah mereka bisa mengimplementasikan Google Ads setelah mengikuti kelas atau tidak. Namun anda perlu mengecek apakah testimoni yang dipasang adalah testimoni asli atau buatan mereka sendiri.

Baca Juga: Mengapa Bisnis Perlu Strategi Digital Marketing

Kesimpulan

Dengan anda mendapatkan training Google Ads yang sesuai, anda nantinya bisa mengembangkan bisnis lebih luas bersama Google. Perlu diingat bahwa training yang anda dapatkan sekarang mungkin perlu diperbarui lagi di masa mendatang, mengingat dunia digital marketing yang sangat dinamis.

Comments are closed.