Blog ›

Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile: No Abal-Abal, Berpengalaman, Profesional

I

Di era digital saat ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu dengan perangkat pintar mereka, sehingga membuka peluang besar bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan potensial melalui aplikasi mobile.

Jasa pembuatan aplikasi mobile bisa menjadi perpanjangan tangan atau perantara untuk mewujudkan kebutuhan tersebut.

Ikuti terus pembahasan selengkapnya mengenai contoh penggunaan aplikasi mobile di perusahaan besar, survey global, serta rekomendasi jasa pembuatan mobile apps yang bisa bisnis Anda gunakan.

Fakta Menarik Penggunaan Aplikasi Mobile Saat Ini

Untuk kembali membangkitkan motivasi dan membukakan mata mengenai betapa pentingnya peran “aplikasi mobile” untuk sebuah bisnis, berikut ini ada beberapa fakta menarik:

Penggunaan Perangkat Mobile di Indonesia

  • Berdasarkan hasil survey Susenas yang dilakukan Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) pada 2022, tercatat 67,88% dari total penduduk Indonesia memiliki telepon Seluler.
  • Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenko) mengungkapkan sebanyak 89% penduduk Indonesia atau sekitar 167 juta jiwa, memiliki smartphone dan setidaknya memiliki 1 ponsel pintar per rumah tangganya.

Data ini menjadi salah satu dasar mengapa banyak kegiatan bisnis menggunakan aplikasi mobile bisnis untuk masuk ke celah-celah target customer mereka. Karena selain dapat mengakses browser, smartphone juga digunakan untuk pemasangan aplikasi.

Aplikasi Mobile vs Pengalaman Pengguna

Menurut Skillmine, aplikasi mobile bisa membuat customer bisnis senang. Alasannya, sekitar 90% pelanggan lebih suka menggunakan aplikasi seluler. Lalu 84% mengatakan bahwa penggunaan aplikasi dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan harus mengunjungi suatu situs web di ponsel mereka.

Baca Juga: Apa Itu Transformasi Digital serta Dampaknya di Indonesia? [Pembahasan Lengkap]

Inspirasi Pembuatan Aplikasi Mobile

Pengambilan keputusan untuk akhirnya mempercayai jasa pembuatan aplikasi mobile memang cukup memakan banyak pertimbangan.

Namun, yuk kita lihat bagaimana bisnis-bisnis besar telah sukses menginvasi pasar bisnis secara digital, termasuk dengan strategi pembuatan aplikasi mobile untuk mendukung kemudahan customer mereka.

1. Aplikasi Mobile – Gojek

referensi jasa pembuatan aplikasi mobile-gojek

Gojek menjadi salah satu perusahaan yang merevolusi industri transportasi dengan memanfaatkan aplikasi mobile. Jika Anda berada di industri yang sama, Anda bisa jadikan ini sebagai referensi ketika berdiskusi dengan jasa pembuatan aplikasi mobile.

Perlu diketahui, konsepnya di sini memudahkan pemesanan transportasi dan jasa driver, sehingga menjadi sumbangsih dalam mengubah cara orang bepergian, menciptakan model bisnis yang efisien dan mempertahankan pengalaman pelanggan yang superior.

2. Aplikasi Mobile – Instagram

referensi jasa pembuatan aplikasi mobile-instagram

Instagram telah mengubah cara orang berbagi foto dan video melalui aplikasi mobile. Transformasi ini tidak hanya menciptakan fenomena media sosial baru tetapi juga memberikan peluang pemasaran yang besar bagi perusahaan dan individu.

Nah, jasa pembuatan aplikasi mobile tahu bagaimana mengembangkan suatu aplikasi disesuaikan dengan fungsi, kebutuhan, dan jenis sektor bisnis.

3. Aplikasi Mobile – Nike Training Club

referensi jasa pembuatan aplikasi mobile-Nike Training Club

Sebagai brand sport mendunia, Nike mencoba menjangkau customer melalui aplikasi lanjutan yang dirancang khusus untuk para penggunanya.

Relevan dengan industri bisnisnya, Nike membuat aplikasi mobile “Nike Training Club” untuk menyediakan program latihan yang disesuaikan dan panduan ahli. Di sini Nike tidak hanya menjual produk tetapi juga memberikan pengalaman holistik bagi pelanggannya.

Rekomendasi Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile Berpengalaman di Bandung

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi mobile yang dapat terintegrasi dengan sistem di perusahaan? Orang-orang biasa mengandalkan konsultan atau tim IT yang ada di perusahaan mereka untuk mendapatkan kustomisasi sistem mobile app sesuai kebutuhan.

Namun apabila tidak ada ahli IT dalam perusahaan, Anda dapat menggunakan alternatif lain yang tak kalah efisien, yaitu dengan mengandalkan jasa pembuatan mobile apps terpercaya.

Sejalan dengan itu, Sasana Digital memiliki misi untuk dapat memberdayakan bisnis dalam memanfaatkan kekuatan teknologi digital secara optimal, dan menjadi saksi serta bagian dalam proses tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Contoh Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Tahap Development Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile Sasana Digital

proses development oleh jasa pembuatan aplikasi mobile
Gambaran Alur Pengembangan Aplikasi Mobile

Apa yang dapat kami bantu? Kami menawarkan jasa pembuatan aplikasi mobile yang tahap demi tahapannya mencakup:

1. Konsultasi Gratis & Strategis

Ya, Sasana Digital memberikan kesempatan kepada Anda yang memiliki niat sungguh-sungguh dalam adopsi teknologi bisnis dengan menyediakan konsultasi gratis.

Dalam tahap konsultasi awal ini, kami berupaya memahami kebutuhan bisnis dan tujuan Anda. Tak terkecuali dalam identifikasi peluang dan tantangan yang dapat diatasi melalui aplikasi mobile.

2. Pembuatan Proposal 

Selanjutnya proses penyusunan proposal terperinci mengenai perencanaan sistem & fitur, estimasi waktu pengembangan, infrastruktur IT yang diperlukan, serta investasi yang dibutuhkan.

3. Deep Assessment 

Ini merupakan tahap analisis mendalam, biasanya mencakup pemeriksaan dokumen historis, alur transaksi data, pengguna sistem, dan KPI digitalisasi.

4. Desain dan Pengembangan Kustom

Jika Anda tertarik, tim ahli kami dapat memfasilitasi perancangan User Interface (UI) atau antarmuka pengguna yang menarik dan User Experience (UX) atau pengalaman pengguna yang optimal. 

Lalu pengembangan aplikasi dilakukan secara kustom sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda dan tim.

5. Development & Integrasi Sistem

Sebagai jasa buat aplikasi mobile android yang Anda andalkan, kami memastikan bahwa aplikasi beroperasi dengan kinerja yang optimal serta dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang diinginkan.

6. Uji Kualitas 

Kami juga mendukung uji fungsional, uji kinerja, dan uji keamanan secara menyeluruh mengenai aplikasi mobile yang sebelumnya telah di-develop. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa aplikasi telah memenuhi standar kualitas tinggi sebelum diluncurkan.

7. Peluncuran Aplikasi yang Efektif

Sebagai jasa aplikasi yang berdedikasi, kami juga memungkinakan penanganan semua aspek peluncuran aplikasi, termasuk pendaftaran di platform seperti App Store dan Google Play.

Tahap ini untuk memastikan kelancaran peluncuran dan kesiapan aplikasi untuk digunakan oleh pengguna akhir.

Baca Juga: Aplikasi Manufaktur Terbaik: Solusi Efektif Efisiensi Produksi

Telah Dipercaya oleh 30+ Korporasi Nasional & Multinasional

Daftar Klien Pengguna Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile di Sasana Digital

Anda masih skeptis? Kami paham bahwa pemilihan layanan IT cukup memakan proses pengambilan keputusan yang sangat hati-hati. Hal ini berkaitan antara efektivitas dengan cost yang dikeluarkan, maupun faktor lainnya.

Akan tetapi perlu Anda tahu bahwa Sasana Digital telah dipercaya oleh lebih dari 30 perusahaan lokal, nasional, hingga multinasional, untuk membuat bisnis makin digital melalui berbagai layanan, termasuk IT dan manufaktur.

Portofolio Kami [Proyek Pengembangan Sistem & Aplikasi]

Berikut portofolio terbaik yang dapat ditampilkan dari banyak pengalaman kami dalam pengembangan proyek aplikasi mobile (Android & iOS) dan aplikasi website.

pengembangan QR menu oleh jasa pembuatan aplikasi mobile

pengembangan aplikasi kasir POS oleh jasa pembuatan aplikasi mobile

  • SIPP (Sistem Informasi Pencatatan Produk) Perusahaan Multinasional Jepang

pengembangan SIPP oleh jasa pembuatan aplikasi mobile

  • Web Company Profile

pengembangan web company profile oleh jasa pembuatan aplikasi mobile

  • Web Tour & Travel

pengembangan web tour & travel oleh jasa pembuatan aplikasi mobile

  • Web E-Commerce

pengembangan web e-commerce oleh jasa pembuatan aplikasi mobile

  • Web Inventory Management (Integrated with POS)

pengembangan web inventory oleh jasa pembuatan aplikasi mobile

  • Website Learning Management System (LMS)

pengembangan web LMS oleh jasa pembuatan aplikasi mobile

Baca Juga: Konsultan & Vendor IT Indonesia: Bangun Sistem IT Terbaik untuk Perusahaan

Layanan Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile, Web, dan Sistem

Berikut daftar layanan di Sasana Digital, termasuk jasa pembuatan aplikasi mobile, web, dan sistem yang dapat  sesuaikan dengan kebutuhan:

1. Website Developement

  1. Website Company Profile (Hotel, Sekolah, Pemerintahan, atau Brand)
  2. Landing Page
  3. Website E-Commerce (Katalog, Payment Gateway, dan Integrasi Kurir)
  4. Website Custom atau Native

2. Web App Development

  1. Web Aplikasi Sistem Informasi Akademik
  2. Web Aplikasi Learning Management System (WEB LMS)
  3. Web Aplikasi Job Fair
  4. Web Aplikasi Inventory dan Purchasing
  5. Web QR Menu Order
  6. Web Aplikasi Lainnya

3. System Development

  1. Sistem Informasi Pencatatan Produksi Manufaktur (OEE Dashboard)
  2. Sistem Informasi Perusahaan Logistik
  3. Sistem Pemantauan Peternakan (Smart Farming)
  4. Sistem Informasi Gudang / Inventory / Warehouse Management System
  5. Sistem Kasir Online (Tantri POS)

4. Mobile App Development

  1. Jasa Pembuatan Aplikasi Android
  2. Jasa Pembuatan Aplikasi iOS

Baca Juga: Sasana Digital, Vendor & Konsultan IT Bandung untuk Bantu Digitalisasi Bisnis Anda

Pertanyaan Seputar Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

1. Siapa yang membuat aplikasi mobile di Sasana Digital?

Aplikasi mobile di Sasana Digital di-handle oleh tim profesional yang berpengalaman dalam mengembangkan aplikasi. Atau pada umumnya posisi tersebut disebut sebagai Programmer atau Application Developer.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi mobile?

Estimasi pembuatan aplikasi secara umum membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 4 bulan untuk 1 project dan 1 programmer. Namun kembali lagi, ini bukan menjadi patokan. Apabila terdapat penambahan fitur dalam project development, maka estimasi pun menyesuaikan.

3. Bagaimana jika tertarik untuk memesan jasa pembuatan aplikasi mobile di Sasana Digital?

Mudah sekali, Anda bisa tanya-tanya lebih dulu kepada expert kami di layanan konsultasi gratis. Jangan ragu untuk klik banner berikut!

button untuk menghubungi jasa pembuatan aplikasi mobile

Baca Juga: Layanan Pembuatan Aplikasi Web Untuk Digitalisasi Operasional Bisnis Anda!

Penutup

Dari pembahasan ini, Anda telah mengetahui gambaran kualitas mobile app yang dikembangkan dan digunakan oleh beberapa perusahaan besar sehingga dapat menjadi inspirasi tersendiri.

Fakta dan angka mengenai ketertarikan customer dalam penggunaan aplikasi mobile juga bisa menjadi motivasi bagi kita untuk memaksimalkan penerapannya.

Setelah memantapkan minat, tak lupa kami sertakan rekomendasi layanan yang disediakan oleh Sasana Digital sebagai jasa pembuatan aplikasi mobile yang Anda butuhkan. Yuk, sesuaikan layanan kami dengan kebutuhan Anda!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?