Blog ›

Rekomendasi 10 Contoh Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

I

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tentu tidak asing dengan istilah CRM yang biasa digunakan pada banyak perusahaan.

CRM merupakan salah satu terobosan di dunia bisnis masa kini untuk menarik prospek penjualan. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan, berikut penjelasan lengkapnya!

1. HubSpot CRM

Sumber: www.hubspot.com

Contoh aplikasi CRM yang pertama adalah Hubspot. Hubspot CRM merupakan salah satu penyedia jasa CRM yang memberikan banyak inovasi di dalamnya. Hubspot ditujukan untuk bisnis yang masih berskala kecil seperti UMKM.

Inovasi yang ada pada hubspot ini salah satunya adalah terdapat model freemium yang memberikan percobaan gratis kepada customer sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Selain itu, hubspot juga memberikan penawaran berbagai add-on sebagai domain yang terpisah dari domain utama.

Aplikasi Hubspot ini masih tergolong aplikasi CRM terbaru, namun fitur yang ditawarkan juga tidak kalah dari aplikasi CRM lainnya.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Hubspot ini adalah Live Chat, ChatBot, Email Marketing, Otomatisasi Pemasaran, Manajemen Penjualan, Laporan dan Analisis Bisnis serta Kontak Manajemen.

2. Salesforce

Sumber: www.aphidas.com

Contoh aplikasi CRM yang kedua adalah Sales Force yang merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak berbasis cloud yang berasal dari Amerika Serikat.

Sales Force memiliki layanan sistem CRM atau customer relation management.

Sales Force membantu perusahaan untuk dapat melihat customer secara 360 derajat dengan sistem yang sudah terintegrasi. 

Beberapa layanan yang diberikan oleh Sales Force seperti Salesforce Sales Cloud, Service Cloud, dan Marketing Cloud.

Setiap layanan tersebut dapat diakses oleh perusahaan secara realtime menggunakan sistem automasi.

Baca Juga: Apa Itu CRM? Ini 5 Manfaat Bagi Perkembangan Bisnis Anda!

3. Zoho

Sumber: www.zoho.com

Contoh aplikasi CRM selanjutnya yang merupakan salah satu penyedia software populer ini adalah Zoho CRM. 

Zoho dengan layanan CRMnya mendukung pertumbuhan bisnis dengan cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Zoho CRM menawarkan efisiensi dalam kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan CRM tools, misalnya membuat otomatisasi pekerjaan harian yang mana biasanya ini cukup menyita waktu dan kurang efisien.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Zoho CRM adalah Workflow Automation, Integrasi dan Self-Service Database.

4. Copper

Sumber: www.copper.com

Copper merupakan salah satu platform yang menyediakan aplikasi CRM untuk membantu bisnis dalam pengelolaan kontak customer, penawaran, email dan pekerjaan lainnya dalam satu panel.

Dengan menggunakan Copper, Anda bisa melakukan analisis metrik yang penting bagi perusahaan seperti pendapatan penjualan dan memantau prospek baru.

Copper juga menawarkan otomatisasi proses penjualan untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Copper adalah Manajemen Sales, Sales Funnel, Manajemen Pipeline dan Laporan Analisis.

5. Oracle CRM

Sumber: www.discovercrm.com

Contoh aplikasi CRM selanjutnya yaitu Oracle yang merupakan salah satu perusahaan teknologi komputer multinasional berasal Amerika. Oracle menyediakan produk yang berkaitan dengan aktivitas sales, yaitu Siebel.

Siebel tersebut menawarkan fitur transaksional, analitis, dan keterlibatan dalam mengelola semua kegiatan untuk melayani pelanggan.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi CRM diantaranya meningkatkan produktivitas seluruh tim, meningkatkan kinerja penjualan, pengelolaan penjualan dan meminimalisir proses lead-to-cash.

Baca Juga: 5 Contoh Implementasi CRM untuk Strategi Mengelola Bisnis

6. SugarCRM

Sumber: www.lotzap.com

Sugar CRM merupakan salah satu contoh aplikasi customer relationship management yang berfungsi untuk sales monitoring. 

Selain untuk sales monitoring, Sugar CRM memiliki beberapa fungsi yang lain yang mencakup otomatisasi tenaga penjualan, kampanye pemasaran, layanan pelanggan, dan layanan pelaporan.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Sugar CRM yaitu Otomatisasi Pemasaran, Customer Support, Otomatisasi Sales Force dan Laporan Analisis Penjualan.

7. Freshsales

Sumber: www.freshworks.com

Freshsales adalah contoh aplikasi CRM berbasis cloud, seperti pada umumnya, Freshsales digunakan membantu tim penjualan melakukan komunikasi secara lebih efektif dan efisien.

Freshsales CRM merupakan salah satu platform yang menawarkan solusi yang lebih ringan dan sederhana untuk bisnis yang ingin berkembang lebih cepat.

Freshsales menawarkan kemudahan bagi penggunanya, seperti adanya fitur email track dan manage leads yang akan meminimalkan penginputan data bagi tim penjualan.

Salah satu alasan Freshsales ini banyak diminati juga karena aplikasi CRM ini menawarkan harga yang masuk akal serta pilihan untuk menyesuaikan dalam membuatnya.

8. Zendesk

Sumber: www.zendesk.com

Zendesk Sell merupakan contoh aplikasi CRM yang memberikan layanan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan dan fitur manajemen prospek Base CRM.

Saat ini, Zendesk Sell juga sedang sembari menambahkan dimensi interoperabilitas yang mana akan menghubungkan beberapa aplikasi untuk saling terkoneksi satu sama lain.

Dimensi interoperabilitas ini dibilang masih sangat baru untuk ekosistem Zendesk Sell.

Beberapa fitur yang dikenal dalam aplikasi Zendesk Sell yaitu Peningkatan Produktivitas Tim, Memberikan Pengalaman yang Lebih Baik bagi Pelanggan, Laporan dan Analisis.

Baca Juga: Kenali Fitur & Fungsi CRM (Customer Relationship Management)

9. Less Annoying CRM

Sumber: www.getapp.ae

Less Annoying menjadi salah satu solusi kebutuhan akan CRM dalam perusahaan yang memberikan harga terjangkau. 

Contoh aplikasi CRM yang satu ini memberikan penawaran layanan dengan sejumlah fleksibilitas dan kinerjanya mendukung sebuah bisnis kecil dan pemula.

Fitur-fitur yang ditawarkan seperti Sinkronisasi dan Tugas Google Kalender, Integrasi Mailchimp, Alat Admin Sederhana untuk Manajemen Pengguna, Email Agenda Harian dan Laporan Prospek.

10. Creatio

Sumber: www.creatio.com

Sales Creatio merupakan contoh aplikasi CRM yang ditujukan untuk pelanggan perusahaan dalam menangani kebutuhan CRM bagi bisnis kelas menengah.

Aplikasi CRM ini saat ini didukung oleh kemampuan analitik dan otomatisasi pemasaran yang ditingkatkan dalam membantu kinerja sistem.

Pertimbangan Memilih Software atau Aplikasi CRM

Banyaknya platform yang menyediakan aplikasi CRM dengan berbagai fiturnya, menjadikan Anda perlu melakukan langkah-langkah yang tepat dalam mempertimbangkan sebelum menentukan aplikasi yang akan Anda pilih.

Tentunya, aplikasi yang Anda pilih nantinya sudah melewati pertimbangan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

Berikut ini beberapa pertimbangan yang dapat Anda lakukan sebelum memilih aplikasi CRM yang sesuai sekaligus menjadi langkah menentukan pilihan aplikasi CRM bagi perusahaan Anda.

a. Apa Saja Kebutuhan Perusahaan Anda?

Langkah yang paling awal sebelum menentukan pilihan aplikasi CRM yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda adalah menentukan kebutuhan perusahaan.

Anda perlu memahami permasalahan mana yang menurut Anda membutuhkan bantuan CRM.

Anda dapat membuat daftar masalah yang ingin Anda selesaikan melalui fitur yang ada pada aplikasi CRM.

Dengan mengetahui kebutuhan perusahaan, Anda dapat mempertimbangkan aplikasi CRM seperti apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan Anda.

Misalnya, Anda ingin memberikan kesan yang baik kepada pelanggan saat berbelanja melalui Marketplace, maka Anda akan mencari aplikasi CRM yang mendukung implementasi dari kebutuhan tersebut.

b. Fitur-fitur Apa Saja dari CRM yang Nantinya Sangat Dibutuhkan?

Setelah memahami masalah yang dialami oleh perusahaan, Anda dapat mempelajari fitur-fitur yang disediakan oleh masing-masing aplikasi CRM dan melakukan riset untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Setiap aplikasi menawarkan berbagai fitur yang menarik dan memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Selain itu, ada beberapa layanan yang mirip antara aplikasi satu dengan aplikasi yang lain.

Secara umum, berikut fitur-fitur yang biasanya ditawarkan oleh aplikasi CRM:

  1. Manajemen Kontak, untuk membangun dan menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan.
  2. Manajemen Lead, untuk membantu mengarahkan lead menjadi pelanggan dengan cara yang strategis.
  3. Manajemen Penjualan, untuk membantu memprediksi perkiraan waktu project akan selesai berdasarkan data.
  4. Meningkatkan Komunikasi, untuk menciptakan komunikasi dan sistem koordinasi yang lebih baik antar karyawan.
  5. Manajemen Email, untuk melakukan pendataan email dan melakukan email marketing.
  6. Sentralisasi Database, pemusatan data pelanggan, media, study case, kontrak dan dokumen penting dalam perusahaan dalam satu database.
  7. Laporan dan Analisis, layanan laporan dan analisis perkembangan penjualan pada perusahaan.

Dengan mengenal fitur dari masing-masing aplikasi CRM, Anda dapat melakukan pertimbangan aplikasi mana yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan Anda sesuai dengan fitur yang mereka tawarkan.

Fitur yang ada pada setiap aplikasi CRM mestinya lebih kompleks dan dapat menjawab permasalahan perusahaan Anda secara lebih spesifik.

c. Apa Jenis Aplikasi CRM yang Dibutuhkan?

Sebelum benar-benar menentukan pilihan aplikasi CRM yang akan Anda gunakan, Anda perlu mengetahui bahwa ada dua jenis CRM secara umum yaitu on-premise dan berbasis cloud.

CRM on-premise adalah untuk perusahaan yang tidak mau memindahkan data perusahaan ke cloud karena untuk keamanan data.

Sedangkan CRM berbasis cloud menawarkan efektivitas dan kemudahan akses bagi perusahaan.

Pilihan jenis ini, dikembalikan kepada perusahaan. Agar perusahaan Anda semakin efisien, Anda harus memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dan yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan sistem CRM yang akan Anda pilih dapat mengikuti pola kerja perusahaan Anda, bukan sebaliknya.

d. Lakukan Evaluasi Pilihan Melalui Sesi Demo

Setelah memilih dengan melakukan daftar beberapa aplikasi CRM yang mungkin akan Anda pilih, selanjutnya Anda perlu melakukan evaluasi dengan meminta vendor aplikasi melakukan demo sistem.

Pada saat demo sistem dilakukan, Anda dapat mengajukan pertanyaan untuk mengetahui lebih detail mengenai fitur-fitur yang mereka bawakan.

Anda juga dapat melihat apakah sistem yang mereka demokan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dengan mudah diaplikasikan untuk perusahaan Anda.

Baca Juga: Mengenal 5 Tipe Software CRM dan Kegunaannya

Penutup

Saat ini, efektivitas dan efisiensi dalam sebuah pekerjaan menjadi salah satu hal yang penting untuk mendukung produktivitas sebuah perusahaan.

Perusahaan dapat meringkas beberapa pekerjaan hanya melalui satu sistem yang sudah terintegrasi bernama CRM.

Selanjutnya, apakah bisnis dan perusahaan Anda ingin terhubung lebih dekat dengan ribuan pelanggan sekaligus meningkatkan kinerja tim dengan lebih efektif?

Anda bisa mendapatkan semuanya dengan software berteknologi AI: Customer Relationship Management (CRM) yang telah terbukti membantu banyak bisnis dari berbagai industri. Yuk, simak informasi detail di sini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?