Blog ›

Sejarah Singkat Software Enterprise Resource Planning (ERP)

I

ERP telah berevolusi setelah lebih dari 50 tahun dikembangkan. Ketahui bagaimana perkembangan ERP sejak pertama kali ditemukan di tahun 1960 silam.

Sebagai sebuah software yang diciptakan untuk kemudahan manajemen industri, ERP atau yang disebut Enterprise Resource Planning tentunya memiliki sejarah yang cukup panjang.

Fungsi Utama Enterprise Resource Planning

Enterprise Resource Planning memiliki fungsi utama untuk mengatur jalannya bisnis anda, dengan cara mengintegrasikan semua aspek sistem dari dalam bisnis. Mulai dari aspek produksi, distribusi, sampai promosi.

Bahkan untuk industri skala manufaktur, ERP dikenal luas sebagai software untuk melakukan proses otomasi. Yang jelas, ERP telah banyak digunakan dan membantu berbagai industri baik skala kecil maupun besarm.

Sejarah Pengembangan ERP di Dunia 

Sistem yang kompleks tidak mungkin datang secara tiba-tiba. ERP yang paling pertama diketahui telah muncul sejak 1960-an, meskipun masih belum disebut sebagai ERP namun basis konsepnya hampir sama.

Tahun 1960

Di tahun ini software ERP belum ada, namun konsepnya sudah muncul dan mulai digunakan untuk menangani masalah industri yang sederhana. Saat itu, software hanya digunakan untuk melakukan monitoring inventaris, informasi saldo perusahaan, sampai melaporkan status pekerjaan.

Meskipun sederhana, software tersebut sudah menggunakan sistem sentralisasi komputer. Yang artinya data disimpan di satu komputer sentral (Big Data) dan kemudian bisa diakses dari komputer lain, meskipun hanya pada jaringan lokal.

Baca Juga: Teknologi Production Software Masa Kini: Manufacturing Execution System (MES)

Tahun 1970

Satu dekade kemudian, sistem yang baru tadi dikembangkan lebih lanjut dan disebut sebagai MRP atau Manufacturing Resource Planning. Sistem MRP diketahui telah berkembang menjadi lebih kompleks dibandingkan dengan apa yang ada di tahun 1960, sehingga bisa membantu masalah manufaktur yang lebih sulit.

Tahun 1980

Software dikembangkan lebih lanjut lagi dan mengalami peningkatan versi menjadi MRP-II. Di versi yang inilah, software sudah mulai bisa menangani penjadwalan proses produksi manufaktur (yang diketahui adalah bagian yang paling vital dalam industri).

Tahun 1990

Gartner Group menyebut sistem ini sebagai ERP untuk pertama kalinya di tahun 1990. Sistem ERP yang dulunya hanya menangani gudang, sekarang sudah bisa diintegrasikan dengan masalah yang ada di dalam kantor, seperti informasi sales dan prediksi finansial.

Ini membuat informasi di dalam ERP menjadi semakin lengkap, dan tentunya semakin sulit untuk diproses. Beberapa fitur yang kita ketahui di ERP sekarang, sudah ada sejak ERP di era tahun 1990 ini.

Tahun 2000-an

Dengan masuknya pengaruh internet di era 2000-an, penggunaan ERP menjadi semakin luas dan melampaui batas jarak dan ruang. Sekarang sistem ERP bisa digunakan oleh divisi manapun secara seamless tanpa perlu saling menunggu. Orang yang ada di gudang, bisa mengakses informasi produksi lewat aplikasi ERP tanpa perlu kembali ke pabrik terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Contoh Pemanfaatan Teknologi Berbasis Real Time Data

Sudahkah Anda Memanfaatkan ERP di Industri Anda?

Dengan mengetahui bagaimana ERP bekerja secara komprehensif, anda tentu bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja di dalam industri anda. ERP banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah kontra produktif, seperti perencanaan atau analisa data menjadi lebih cepat.

Sekarang apakah anda sudah memanfaatkan ERP di bisnis anda? Perlu anda ketahui bahwa ERP tidak hanya terbatas pada industri manufaktur saja, jika anda adalah industri yang bergerak di bidang teknologi (IT) sekalipun, ERP juga bisa membantu anda dalam mengotomasi bisnis menjadi lebih efisien.


Ingin meningkatkan performa lini produksi dengan sistem monitoring dan analytics yang akurat? Atau ingin mengefisiensikan kegiatan produksi secara signifikan dengan menekan biaya perawatan?

Semuanya dapat Anda wujudkan dengan perangkat manufaktur Machine Monitoring & Analytics dari Auk Industries yang telah membantu banyak perusahaan. Simak detail perangkatnya di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?