Blog ›

Insentif Prakerja 2024 Dapat Berapa? Ini Pembagiannya!

I

Kartu Prakerja adalah program berkelanjutan dari pemerintah untuk meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) atau peserta yang lolos. Insentif yang didapatkan bisa dimanfaatkan untuk mengikuti pelatihan di berbagai mitra kelas Prakerja, termasuk pelatihan online, offline, melalui video kursus, atau lainnya.

Di antara informasi seputar kelas pelatihan Prakerja, hal-hal mengenai rincian dan alokasi dana juga menarik untuk diketahui. Penasaran insentif Prakerja 2024 dapat berapa? Yuk, scroll lagi untuk mengetahui potensi keuntungan yang bisa Anda miliki dari Prakerja tahun ini! 

Sebelum ke sana, berikut informasi-informasi penting seputar Prakerja untuk Anda manfaatkan dan jadikan panduan!

Cara Daftar Kartu Prakerja:

Informasi mengenai “insentif Prakerja 2024 dapat berapa” kini bisa dicari dengan mudah melalui artikel resmi dari pemerintah atau Press Release dari Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan). Namun kami akan merangkum informasinya untuk Anda.

Setelah memastikan insentif Prakerja 2024 dapat berapa, Anda harus cepat-cepat mendaftar dan mendapatkan programnya. Caranya sebagai berikut:

  • Kunjungi situs [www.prakerja.go.id]
  • Pilih opsi ‘Daftar’ jika Anda belum memiliki akun
  • Isi formulir pendaftaran dengan data diri lengkap (Nomor Induk Kependudukan (NIK), informasi Kartu Keluarga (KK), unggah foto KTP, serta nomor HP yang aktif)
  • Pastikan juga untuk mengisi informasi pribadi lainnya yang diperlukan untuk proses verifikasi
  • Jika Anda sudah memiliki akun, cukup pilih opsi ‘Masuk’ dan masukkan email serta password Anda
  • Setelah itu, ikutilah tes motivasi dan kemampuan dasar sesuai dengan petunjuk yang diberikan
  • Apabila gelombang pendaftaran telah dibuka, silahkan klik opsi ‘Gabung Gelombang‘. 

Baca Juga: Kelas Pelatihan Prakerja yang Mudah, Cepat & Bersertifikat

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja:

Jangan cuma berfokus pada nominal Prakerja 2024 dapat berapa, namun Anda juga perlu mempersiapkan keikutsertaan Anda dengan maksimal. Dan inilah syarat medaftar Kartu Prakerja 2024:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Rentang usia antara 18 hingga 64 tahun
  • Peserta tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari pekerjaan, terkena PHK, atau memerlukan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja yang dirumahkan atau bukan penerima upah, termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  • Penerima Kartu Prakerja maksimal 2 NIK dalam 1 KK

Insentif Kartu Prakerja 2024 Dapat Berapa?

ilustrasi kelas prakerja - prakerja 2024 dapat berapa

Nah, bagi Anda yang sudah lama penasaran Kartu Prakerja 2024 dapat berapa, apakah berbeda dengan tahun atau gelombang sebelum-sebelumnya, yuk simak!

Berdasarkan update info resmi, insentif Kartu Prakerja 2024 akan cair sebesar Rp4,2 juta, dengan pembagian yang dirinci sebagai berikut:

  • Beasiswa pelatihan kelas Prakerja sebesar Rp3,5 juta
  • Insentif biaya mencari kerja sebesar Rp600 ribu yang akan diberikan sekali
  • Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp50 ribu yang dapat dicairkan maksimal 2x

Baca Juga: Rekomendasi Belajar Facebook Ads Melalui 5 Kursus Gratis Ini

Syarat Pencairan Insentif Kartu Prakerja 2024

Oke, “Prakerja 2024 dapat berapa” kini sudah Anda ketahui, namun bagaimana sistem pencairan insentifnya bagi para peserta yang lolos?

  1. Insentif Kartu Prakerja akan diberikan kepada peserta yang sudah menyelesaikan kelas pelatihan Prakerja pertama, telah memberikan ulasan dan penilaian terhadap pelatihan tersebut, serta telah menyambungkan rekening bank atau e-money mereka.
  2. Penting untuk diingat! Insentif untuk mencari kerja hanya diberikan sekali saja setelah pelatihan pertama selesai. Artinya peserta tidak akan mendapatkannya lagi setelah pelatihan berikutnya.

Prakerja 2024 dapat berapa - banner kelas prakerja

Karena insentif Prakerja baru bisa dicairkan setelah pelatihan, pastinya Anda pun bersiap agar bisa memanfaatkan saldo tersebut sebijak mungkin.

Dan demi masa depan karir yang jelas, Anda bisa memilih kelas Prakerja terpercaya, baik mengikuti pelatihan Prakerja online, offline, ataupun dengan metode lainnya.

Penting juga untuk menentukan bidang keahlian yang ingin dipelajari, lalu memilih lembaga pelatihan mitra resmi Prakerja. 

Baca Juga: Cara Mudah Menjalankan Iklan di Instagram [Panduan Lengkap]

Lembaga Pelatihan Prakerja Sasana Digilab

Dari sekian banyak lembaga pelatihan mitra resmi Prakerja, Anda bisa memilih pelatihan Prakerja Sasana Digilab, yang sudah diikuti oleh sekitar 6.800 peserta di batch-batch sebelumnya.

Mengapa Sasana Digilab? Karena pelatihan di sini disajikan dengan fasilitas pelatihan yang proper untuk menunjang kebutuhan peserta, seperti (1) metode belajar Fun Discussion Group, (2) pengajar profesional yang menyenangkan dan helpful, (3) materi pelatihan berstandar SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), (4) bersertifikat, dan masih banyak lagi.

A) Prakerja 2024 Gelombang 64

INFO PENTING!!!

Usut punya usut, Prakerja 2024 Gelombang 64 segera dibuka di awal bulan Maret. Ikuti terus update informasinya, dan manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin!

Jangan sampai ketinggalan juga kelas pelatihan Prakerja ini, karena kuota terbatas! Di Sasana Digilab, kami memfasilitasi pelatihan Prakerja online yang fleksibel dengan jarak peserta di manapun Anda berada.

B) Jadwal Pelatihan

Pelatihan Prakerja dilaksanakan berapa lama?” Pelaksanaan dan estimasi waktu bisa berbeda-beda tergantung Lembaga Pelatihan yang dipilih. 

Namun di Sasana Digilab, kelas pelatihan Prakerja dilaksanakan 5 hari (3 jam per hari), atau totalnya sekitar 15 jam. Cek dulu jadwal lengkapnya berikut ini!prakerja 2024 dapat berapa - banner kelas prakerja (2)

Jadwal pelatihan Prakerja 2024 gelombang 64 di Sasana Digilab akan dilaksanakan melalui webinar dengan 2 batch sebagai berikut:

  • SESI 1 : < Senin, 22 April 2024 – Kamis, 25 April 2024 | Pukul 09.00 – 12.00 WIB > & < Jum’at 26 April 2024 | 08.00 -11.00 WIB >
  • SESI 2 : < Senin, 22 April 2024 – Jum’at, 26 April 2024 | Pukul 14.00 – 17.00 WIB >

Baca Juga: 6+ Rekomendasi Materi Digital Marketing: Efektif bagi Pemula

C) Jenis Sertifikat

Dari total nominal insentif Prakerja 2024 dapat berapa, Anda tahu bahwa salah satu alokasi saldonya diperuntukkan biaya mengikuti pelatihan.

Nah dengan mengikuti kelas Prakerja di Sasana Digital, selain materi, Anda juga berhak mendapatkan sertifikat pelatihan resmi. Ada 2 jenis sertifikat yang bisa peserta dapatkan:

  1. Sertifikat Kompetensi Lulus (diperoleh bila nilai post-test minimal 60 atau lebih)
  2. Sertifikat Penyelesaian (diperoleh bila nilai post-test kurang dari 60)

D) Benefit Join Kelas Prakerja Sasana Digilab

  • Kami Mitra resmi Prakerja: Sudah diikuti oleh 6000+ peserta Prakerja sejak 2020 dengan metode pembelajaran efektif dan menyenangkan.
  • Manfaat langsung dalam dunia kerja: Memperoleh keterampilan di bidang yang diminati.
  • Dukungan penuh: Peserta mendapat dukungan penuh dari tim Sasana Digilab, khususnya mentor yang membimbing proses pembelajaran sehingga peserta dipastikan dapat menyelesaikan pelatihan secara efisien.
  • Rujukan Kompetensi: SKKNI No. 351 Tahun 2014 kategori Jasa Periklanan, Ilmiah, dan Teknis Golongan Pokok Periklanan dan Penelitian Pasar Bidang Keahlian Periklanan

Baca Juga: 10+ Workshop Digital Marketing: Upgrade Skill Pemasaran Anda

Pertanyaan Seputar Prakerja 2024

  • Daftar Prakerja 2024 kapan dibuka?

Siap-siap! Setelah Prakerja gelombang 63 ditutup pada 26 Februari 2024 kemarin, selanjutnya pendaftaran Kartu Prakerja 2024 gelombang 64 diperkirakan dibuka pada awal Maret 2024.

  • Insentif Prakerja 2024 dapat berapa?

Diketahui bahwa total manfaat Kartu Prakerja 2024 yang akan diperoleh adalah sekitar Rp4,2 juta dengan beberapa rincian berikut:

  • Beasiswa pelatihan = Rp3,5 juta
  • Insentif biaya mencari kerja = Rp600.000 (cair 1x)
  • Insentif pengisian survei = Rp50.000 (cair 2x)

Penutup

Terjawab sudah insentif kartu Prakerja 2024 dapat berapa dan seperti apa pembagiannya! Tidak diragukan lagi, program ini menawarkan kesempatan besar untuk meningkatkan keterampilan dan memperluas peluang karir Anda. 

Mulai tingkatkan karir Anda melalui lembaga pelatihan resmi dan terpercaya, yang menyediakan kelas pelatihan Prakerja terbaik dengan topik pelatihan sesuai dengan minat Anda.

Bagi peserta Kartu Prakerja 2024 Gelombang 64 yang telah lolos, Anda bisa mempersiapkan diri dan bergabung dengan Sasana Digilab melalui topik pelatihan “Teknik Beriklan di Instagram & Facebook untuk Meningkatkan Penjualan”.

Yuk, cari tahu informasi selengkapnya disini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital