Blog ›

Apa Itu Metaverse & Pengaruhnya bagi Perkembangan Bisnis?

I

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, telah mengubah nama perusahaannya menjadi Meta demi mencapai ambisi terbarunya dalam menciptakan dunia virtual 3 dimensi yang disebut Metaverse. Tapi apa sih Metaverse itu?

Untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa dunia Metaverse, silahkan simak pembahasan berikut ini, ya!

 

Mengenal Apa Itu Metaverse

 

Menurut Dr. Indrawan Nugroho, Metaverse adalah sebuah dunia digital 3 dimensi yang mana kita bisa hidup di dalamnya dan bisa melakukan berbagai hal seperti bekerja, bermain, sosialisasi, dan lain sebagainya.

Di Metaverse juga, Anda bisa membangun fasilitas umum seperti mall, perkantoran, sekolah, tempat rekreasi, hingga menjual tanah/lapak virtual.

Karenanya, mengajak sebanyak mungkin orang untuk mau tinggal di dunia virtual adalah impian yang diinginkan oleh para pengembang Metaverse.

Namun, bagaimana caranya mereka untuk bisa menciptakan dunia virtual tersebut? Tentu diperlukan kolaborasi serta teknologi dari berbagai perusahaan untuk mewujudkan metaverse tersebut.ย 

Baca Juga: Era Disrupsi: Contoh, Dampak, dan Cara Menghadapinya

 

Sistem dan Cara Kerja Dunia Metaverse

 

Dalam mengakses dunia metaverse, setidaknya ada 3 komponen teknologi utama yang harus ada di dalamnya, yaitu:

1. Augmented Reality (AR)

komponen teknologi Metaverse - augmented reality (AR)

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi dan ataupun 3 dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut ke dalam sebuah lingkungan dan waktu nyata.

 

2. Virtual Reality (VR)

komponen teknologi Metaverse - virtual reality (VR)

Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer, suatu lingkungan sungguhan di dunia nyata yang disalin ke dalam imajinasi berbentuk lingkungan yang fiktif.

 

3. Artificial Intelligence (AI)

Komponen Teknologi Metaverse - Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah.ย 

Simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia kemudian dimodelkan di dalam mesin, dan diprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia.

 

Program Pengembangan Metaverse

 

Metaverse merupakan seperangkat ruang virtual yang Anda dapat ciptakan dan jelajahi bersama orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan Anda.

Seperangkat ruang virtual tersebut juga membuka peluang baru dan lapangan pekerjaan yang lebih luas.ย 

Dalam Metaverse, Anda bisa berkarir dan berbisnis. Anda bisa membuat musium virtual, membangun mall dan memasang billboard. Menarik biaya dan komisi dari setiap pengunjung atau penjualan yang terjadi.

Jika Anda seorang arsitek, Anda bisa saja menjual layanan design rumah virtual di Metaverse, dan bekerja sama dengan seorang programer untuk membangun rumah tersebut untuk klien.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membangun pabrik mobil dan menjual mobil tersebut kepada penduduk metaverse.

Metaverse akan mendorong persaingan bebas, dimana persaingan yang adil akan tercipta, semua orang diperlakukan sama, dan hanya produk yang berkualitas tinggi yang akan memenangi persaingan tersebut.ย 

Dalam waktu dekat ini, Indonesia akan membangun Metaverse, Presiden Jokowi meminta untuk berkolaborasi dengan Perusahaan Wired Group untuk ikut serta membangun Metaverse Indonesia.ย 

Proyek besar ini memerlukan kolaborasi dari beberapa perusahaan. Perusahaan WIR Group bekerjasama dengan beberapa pihak seperti BUMN Telkom dan Microsoft untuk ikut serta dalam membangun Metaverse Indonesia.ย 

 

Pihak-pihak yang Turut Serta dalam Pengembangan Metaverse

 

1. META

meta sebagai pengembang metaverse

Facebook mengubah namanya menjadi Meta untuk menunjukan komitmennya membangun Metaverse.ย 

Metaverse versi Meta akan bisa diakses melalui perangkat VR yaitu Oculus, sehingga Anda bisa menjadi siapapun dan apapun di dalam metaverse menggunakan perangkat tersebut.

 

2. MICROSOFT

microsoft sebagai pengembang metaverse

Microsoft fokus membangun Metaverse versi enterprise, yaitu ditujukan kepada perusahaan atau korporasi besar yang ingin mendorong produktivitas kerja para karyawan.

 

3. WIR GROUP

Perusahaan Metaverse - WIR Group

WIR Group ialah perusahaan terkemuka dan pemimpin pasar dalam teknologi digital reality (artificial intelligence, augmented reality, dan virtual reality) di Asia Tenggara.

WIR yang merupakan singkatan dari We Indonesians Rock, Rise and Rule, telah berdiri lebih dari 10 tahun dan memproduksi programming dan inovasi teknologi augmented reality ke lebih dari 20 negara.

 

Metaverse Merupakan Peluang Sekaligus Ancaman Bagi Bisnis

 

Mark Zuckerberg, selaku pendiri Perusahaan Facebook memperkenalkan kacamata Oculus kepada Presiden Jokowi.ย 

Saat mengunjungi kantor jejaring sosial tersebut Presiden Jokowi bermain pingpong virtual tetapi tidak ada bola dan meja pingpong tersebut secara nyata.

Secara keseluruhan, kacamata Oculus ini berbentuk menyerupai sebuah kacamata selam tetapi dilengkapi dengan lensa tertutup.ย 

Kacamata ini akan membuat panca indera dapat merasakan sensasi nyata dalam lingkungan dunia virtual tersebut dengan sistem virtual reality.

Mark Zuckerberg pun berkata bahwa ini merupakan awal, nantinya semuanya akan virtual, semuanya akan muncul yang namanya Metaverse, mulai dari restoran virtual, kantor virtual, wisata virtual hingga mall virtual.

Dalam waktu dekat ini, Indonesia akan membangun Metaverse, Presiden Jokowi meminta untuk berkolaborasi dengan Perusahaan WIR Group untuk ikut serta membangun Metaverse Indonesia.ย 

Metaverse Indonesia akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Di dalam metaverse ini akan menyediakan layanan, seperti:

1. Layanan Publik

Pelayanan publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah.ย 

Seperti, komplain terhadap administrasi yang terjadi secara digital. Pemerintah ingin speed up proses layanan untuk masyarakat agar mendapatkan kemudahan.ย 

 

2. Sektor Pariwisata

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor berbasis jasa yang potensial dan strategis dalam pengembangan perekonomian nasional dan daerah.ย 

Pengembangan pada sektor pariwisata akan berpengaruh terhadap perkembangan sektor-sektor ekonomi lainnya.

Jika memungkinkan, Metaverse Indonesia ingin memberikan lapangan pekerjaan dengan bekerja secara digital di dalam dunia Metaverse.

Baca Juga: Transformasi Digital: Pengertian Lengkap untuk Solusi Bisnis

 

Penutup

 

Dari penjelasan diatas, kita dapat mengetahui apa itu metaverse serta pengaruhnya nanti bagi perkembangan bisnis khususnya di Indonesia.ย 

Metaverse Indonesia akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas serta dapat mengubah cara kita bersosialisasi, bekerja dan menjalankan bisnis. Jadi, sudah siapkah bisnis Anda jika dunia Metaverse sudah terlaksana?

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendorong performa bisnis yang masih saja stagnan, Anda bisa menggunakan layanan kami, Audit & Consulting Digital Marketing.

Sasana Digital akan mengidentifikasi, mengukur, serta mencari peluang & ancaman yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Yuk, manfaatkan dulu Layanan Free Consulting kami!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital