Blog ›

Bagaimana Cara Kompres File JPG, PNG, dan GIF Sesuai Kebutuhan Anda?

I

Jika Anda tidak ingin mesin pencari membenci website Anda, maka Anda harus mengoptimalkan konten Anda. Dan berbicara mengenai optimalisasi konten, tentu tidak hanya mengacu pada teks tetapi juga visual.

Gambar yang Anda gunakan dalam konten atau situs web Anda harus berukuran pas, biasanya orang menggunakan kompres file JPG. Jika tidak, maka tampilannya akan buruk sewaktu Anda membuka atau meningkatkan rasio pentalannya.

Lalu seperti apa sih, gambar yang bagus untuk konten website maupun media sosial itu? Simak berikut ini!

Seperti Apa Gambar Ideal untuk Konten?

Perlu diingat! Gambar dengan ukuran yang terlalu besar tidak bagus untuk situs web Anda dalam hal skor SEO (Search Engine Optimization) dan kegunaan keseluruhan. Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa jika Anda menyimpan gambar berukuran besar di penyimpanan lokal, itu juga akan menghabiskan ruang penyimpanan dan menghabiskan banyak RAM.

Jika Anda telah membuat gambar besar atau menerimanya di kotak masuk Anda, penting untuk mengompresi ukurannya. Dengan mengompresi ukuran gambar, itu hanya memperkecil ukuran filenya dan tidak mengurangi kualitasnya.

Memiliki gambar berukuran rendah akan membantu Anda mengoptimalkan ruang penyimpanan; gambar-gambar ini juga ideal digunakan untuk situs atau postingan media sosial Anda.

Bagaimana Cara Mengompresi Gambar Sesuai Kebutuhan Anda?

Dulu, untuk memperkecil ukuran suatu gambar, harus mendapatkan bantuan dari editor atau desainer gambar profesional, yang juga dianggap sangat memakan biaya.

Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah ini. Kami telah membahas solusi tepat untuk memperkecil ukuran JPG dan gambar lainnya tanpa membayar sepeser pun, sesuai kebutuhan Anda.

Alat Kompresor Gambar – Solusi Utama untuk Mengurangi Ukuran Gambar

Alat kompres gambar online, seperti namanya, adalah utilitas berbasis cloud yang memungkinkan Anda memperkecil ukuran gambar besar.

Saat ini, Anda dapat menemukan ratusan alat kompresor gambar di web, namun tidak semuanya gratis atau memberi Anda kebebasan untuk mengecilkan gambar sesuai kebutuhan ukuran Anda.

Oleh karena itu, kami telah menyebutkan solusi paling andal dan fleksibel untuk Kompres JPG dan format gambar lainnya di bawah ini.

1.     KompresJPG.com

kompres file jpg

Dengan alat kompres jpg online, Anda dapat mengecilkan ukuran gambar JPG dan PNG secara online tanpa merusak kualitas atau kejelasannya. Hal terbaik tentang alat kompres JPG ini adalah gratis, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan untuk mengompres gambar Anda.

Anda hanya memerlukan browser dan koneksi web yang stabil untuk menggunakan alat ini di perangkat apa pun yang Anda inginkan.

Proses kerjanya juga cukup sederhana; bahkan pengguna baru dapat mempelajari cara memperkecil ukuran gambarnya. Anda harus menggunakan tombol “Unggah Foto” dan drop gambar berukuran besar yang ingin Anda kecilkan. Setelah gambar disisipkan, Anda dapat dengan mudah mengatur tingkat kompresi.

proses kompres file jpg

Alat kompresor gambar ini memungkinkan Anda mengatur persentase kompresi atau menambahkan ukuran yang diperlukan. Misalnya, jika ukuran gambar Anda satu MB, Anda dapat mengatur ukurannya menjadi Kompres JPG 200kb atau bahkan kompres jpg 100kb.

Setelah Anda memilih ukuran yang diperlukan, klik tombol “Kompres Gambar”. Alat ini membutuhkan waktu kurang dari beberapa detik untuk memperkecil atau mengompresi gambar.

Anda dapat mengunduh file Zip atau memberikan email Anda dan mengirimkan gambar terkompresi ke kotak surat Anda. Alat kompres gambar juga memungkinkan Anda mengulangi proses kompresi jika ingin ukuran lebih kecil.

proses kompres file jpg

Jika Anda mencari solusi yang cepat, andal, dapat disesuaikan, terjangkau, dan yang terpenting, mudah digunakan untuk memperkecil ukuran gambar, Anda harus memeriksa KompresJPG.com!

Alat atau situs web ini memungkinkan Anda mengecilkan gambar JPG, JPEG, dan PNG. Satu-satunya kelemahan adalah Anda tidak dapat menyesuaikan ukuran GIF dengan alat ini.

Tidak perlu khawatir! Kami juga memiliki solusi sempurna untuk GIF!

Baca Juga: Lengkap! Ukuran Feed Instagram 2023 untuk Semua Jenis Konten

2.     Kompresor GIF Online

kompresor gif online

Jika Anda ingin menggunakan GIF di situs web Anda atau berbagi meme dengan teman dekat Anda tetapi tidak bisa karena ukurannya yang besar, Anda bisa mendapatkan bantuan dari alat kompresor gif super cepat ini.

Kompresor GIF pintar ini dapat membantu Anda mengurangi ukuran animasi gif tanpa mengubah kualitasnya. Hal yang paling kami sukai dari kompresor gambar ini adalah sangat mudah digunakan, bahkan pengguna baru pun dapat mempelajari cara menggunakannya dengan cepat.

Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa alat ini berfokus pada privasi pelanggan, dan setiap gambar yang diunggah pada alat ini tetap aman di server pribadi situs. Setelah proses kompresi selesai, semua data akan dihapus secara permanen.

Di sini, Anda harus tahu bahwa Anda tidak hanya dapat memperkecil ukuran gambar Anda, tetapi Anda juga dapat membuat GIF dari awal menggunakan alat editor online ajaib yang ada di dalamnya.

Untuk memperkecil ukuran GIF Anda, Anda harus terlebih dahulu mendaftar dengan alat tersebut dan kemudian mengunggah gambar yang ingin Anda kecilkan. Di sisi kiri layar, Anda akan menemukan berbagai alat dan opsi untuk mengecilkan, memotong, atau bahkan mengedit gambar yang diunggah.

Baca Juga: Belajar Canva: Panduan Penggunaan + Download PDF Gratis

Penutup

Kompresi gambar sangat penting karena berbagai alasan dan kebutuhan. Di masa lalu, mengompres gambar adalah tugas yang sangat memakan waktu dan sangat mahal.

Namun saat ini, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan ini dalam hitungan detik, dan itu juga gratis dengan bantuan alat kompresor gambar terbaik seperti kompres JPG.

Dalam postingan ini, kami telah menyebutkan dua solusi berbasis web populer yang dapat membantu Anda memperkecil ukuran gambar JPG, PNG, dan bahkan GIF tanpa kerumitan.

Jadi, jika Anda khawatir dengan ukuran gambar atau GIF yang besar, Anda dapat memperbesarnya dengan alat terbaik ini tanpa merusak kualitas atau kejelasannya.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?