Blog ›

Begini Cara Mudah Mendaftarkan Toko di Google Maps [Lengkap]

I

Saat ini banyak masyarakat mengandalkan Google Maps sebagai penunjuk arah ketika ingin menuju suatu lokasi. Oleh karena itu, sebuah bisnis pun perlu untuk mendaftarkan lokasi toko di google maps agar memudahkan konsumen dalam mencari lokasi bisnis yang akan mereka tuju.

Bayangkan ketika konsumen Anda ingin menuju lokasi bisnis dan tidak menemukannya di Google Maps. Tentu mereka akan kesulitan, bukan? Jadi mau tidak mau harus daftarkan bisnis Anda di Google Maps.

Namun ternyata tidak semua tahu bagaimana cara daftar lokasi di Google Maps. Lantas, bagaimana cara mendaftarkan toko di google maps dengan benar? Untuk lebih lengkapnya simak artikel dibawah ini.

Tutorial Cara Mendaftarkan Alamat Toko di Google Maps

Google maps memiliki pilihan fitur untuk rute beberapa transportasi mulai dari jalan kaki hingga transportasi umum seperti bus dan kereta yang akan memudahkan konsumen dalam menemukan lokasi Anda. 

Jika ingin nama toko muncul di laman Google Search, Anda bisa mengikuti cara mendaftarkan toko di Google Maps berikut ini:

Langkah 1: Cari Google Maps melalui Google Search

Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps (1)

Langkah 2: Klik tiga baris horizontal di pojok kiri atas.

Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps (2)

Langkah 3: Pilih dan klik Add your business

Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps (3)

Langkah 4: Lengkapi nama bisnis, alamat, kategori, email, website, dan nomor telepon. Ikuti sampai tahap terakhir. 

Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps (4)

Langkah 5: Tambahkan gambar.

Langkah 6: Klik Submit.

Langkah 7: Cek Gmail Anda.

Langkah 8: Data-data yang sudah didaftarkan akan masuk ke email. Jika tidak ada email masuk Anda harus mengulangi lagi sampai berhasil.

Langkah 9: Jika sudah berhasil Google akan memberi konfirmasi.

Langkah 10: Google akan me-review alamat email yang terdaftar. Tunggu beberapa hari hingga lokasi yang didaftarkan bisa aktif.

Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps (5)

Tutorial Cara Menghapus Alamat Toko di Google Maps

Jika tidak ingin lagi mengelola bisnis, Anda dapat menghapusnya dari Akun Google yang Anda gunakan untuk mengelola Profil Bisnis.

1. Buka Profil Bisnis Anda

Bagaimana menemukan profil Anda?

Di Google Penelusuran, telusuri “my business (bisnis saya)”

Di Google Penelusuran atau Maps, telusuri nama bisnis dan kota Anda.

2. Pilih Menu Tiga Titik > Setelah Profil Bisnis

Cara Menghapus Alamat Toko di Google Maps (1)

3. Pilih Hapus Profil Bisnis > Hapus konten dan pengelola profil.

Pilih “remove business profile” 

Cara Menghapus Alamat Toko di Google Maps (2)

Pilih “Remove profile content and managers”

Cara Menghapus Alamat Toko di Google Maps (3)

4. Kemudian, pilih lanjutkan > Remove > Selesai.

Cara Menghapus Alamat Toko di Google Maps (4)

Cara Menghapus Alamat Toko di Google Maps (5)

Mengapa Harus Mendaftarkan Lokasi Toko di Google Maps?

Mengapa harus mendaftarkan lokasi toko di google maps?  Ini dikarenakan alamat toko yang terdaftar di Google akan membuat orang-orang dapat dengan mudah menemukan lokasi dan juga petunjuk jalan ke arah toko Anda.

Keberadaan sebuah toko dapat dikenali dan dicari orang ketika menuliskan kata kunci tertentu. Misalnya, Anda adalah pemilik dari toko fashion dengan nama toko yaitu “fashion muslim bandung”. Orang-orang dapat menemukan toko Anda dengan hanya menulis kata kunci “fashion muslim bandung”.

Keuntungan Adanya Lokasi Toko di Google Maps

1. Dapat Dikelola Secara Gratis

Keuntungan pertama ketika mendaftarkan toko di google maps adalah dapat dikelola secara gratis. Apakah sebelumnya Anda berpikir bahwa mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps ini berbayar? Jawabannya adalah tidak. 

Google, menyediakan fitur gratis yang dapat digunakan oleh siapapun terutama para pelaku bisnis untuk menambah lokasi tokonya di Google Maps. Dengan menggunakan satu akun gmail, Anda sudah bisa mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku.

2. Memudahkan Pencarian Toko

Keuntungan kedua ketika mendaftarkan toko di google maps adalah dapat memudahkan konsumen dalam mencari sebuah toko. 

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, bahwa saat ini masyarakat Indonesia mengandalkan Google Maps sebagai petunjuk ketika mereka ingin mengunjungi lokasi tertentu. 

Ini juga dapat berlaku untuk sebuah bisnis, seorang konsumen akan mudah mencari sebuah toko yang akan ia tuju dengan memiliki pilihan fitur untuk rute beberapa transportasi mulai dari jalan kaki hingga transportasi umum seperti bus dan kereta.

3. Menambah Channel Marketing

Keuntungan ketiga ketika mendaftarkan toko di google maps adalah menambah channel marketing. Dalam menjalankan bisnis, kegiatan pemasaran tentunya harus dilakukan dengan semaksimal mungkin agar menghasilkan keuntungan.

Dengan mendaftarkan toko di google maps, secara otomatis profil bisnis akan menjadi toko ke-2 yang Anda miliki. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus memanfaatkan sebaik mungkin dengan menampilkan foto-foto produk sebagai display dari bisnis Anda.

4. Menampilkan Informasi Bisnis secara Lengkap

Keuntungan keempat ketika mendaftarkan toko di google maps adalah dapat menampilkan informasi yang berguna seperti memberikan fasilitas update, agar lebih cepat muncul di hasil pencarian.

Para pengguna akan dengan mudah membaca dan menemukan data-data bisnis Anda seperti petunjuk arah, jam operasional, alamat website, photo, telepon update promo, deskripsi bisnis, event terbaru dan produk yang dijualnya. Selain itu, testimonial dari para pelanggan juga akan menambah keyakinan untuk bisnis yang Anda tawarkan.

5. Meningkatkan Kredibilitas Toko

Keuntungan kelima ketika mendaftarkan toko di google maps adalah meningkatkan kredibilitas toko. 

Tidak ada yang bisa membangun kepercayaan suatu produk dari Google Maps itu sendiri, salah satu yang bisa dilakukan adalah mendapat konfirmasi dari orang lain dan cara paling sukses untuk melakukannya adalah dengan mendapat ulasan serta penilaian (rating) dari pengguna. 

Penutup

Mendaftarkan bisnis pada Google Map menjadi solusi yang jitu untuk mengembangkan bisnis. Namun apa jadinya bila hanya mendaftar dan tak bisa memadukannya dengan strategi bisnis yang lain???

Latih tim bisnis Anda dalam memanfaatkan Google Maps dengan memadukan strategi bisnis lainnya demi menumbuhkan nilai bisnis yang signifikan.

Hal itu akan terjadi bila tim bisnis Anda dilatih bersama Sasana Digital yang terbukti telah menolong banyak UKM dan perusahaan ternama di Indonesia.

Segera ciptakan tim bisnis yang efektif dan adaptif dengan klik banner di bawah ini.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?