Blog ›

Ini Cara Mengetahui Biaya Endorse Selebgram Tahun 2022

I

Pasti Anda sudah tidak asing apabila mendengar influencer marketing? Strategi ini dilakukan dengan melalui seorang influencer yang memiliki pengaruh di media sosial khususnya Instagram yang dikenal dengan istilah selebgram.  

Seorang selebgram membantu banyak pebisnis dalam memasarkan serta mengenalkan produknya kepada audiens yang lebih luas untuk dapat meningkatkan hasil dari aktivitas pemasaran. Aktivitas tersebut membuat istilah baru yang biasa kita sebut dengan endorsement.

Fenomena endorsement ini tidak lain dan tidak bukan adalah salah satu bentuk promosi yang dilakukan perusahaan untuk menggaet konsumen baru. Strategi ini tidaklah gratis, Anda perlu menyiapkan biaya endorse dapat mempromosikan bisnis Anda. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui dan mempertimbangkan biaya endorse seorang selebgram? Selengkapnya, simak artikel di bawah ini!

Strategi Harga & Biaya Endorse Selebgram

Seorang selebgram pasti mempunyai standar harga yang telah ditetapkan. Ini bertujuan agar mendapatkan laba yang maksimal atas jasa yang mereka tawarkan.

Tentunya bisnis juga akan melakukan pertimbangan dan biaya yang terkait dengan berbagai pilihan harga yang ditawarkan oleh seorang selebgram. 

Berapakah Biaya untuk 1x Endorse Selebgram?

Sebelum melakukan endorsement, ada yang harus dipersiapkan yaitu dokumen endorsement. Dokumen endorsement adalah dokumen yang diperlukan sebelum mengajukan endorsement. 

Di dalamnya, biasanya ada yang disebut sebagai endorsement letter. Endorsement letter adalah surat yang dibuat oleh influencer untuk mendukung bahwa mereka adalah kandidat yang dapat dipercaya untuk mempromosikan sebuah produk. 

Setelah punya dokumen endorsement, pastikan juga Anda telah melihat rate card endorsement dari selebgram yang Anda inginkan. 

Rate card endorsement adalah daftar menu yang di dalamnya ada informasi detail mengenai biaya, format konten, platform, jangka waktu dan ketentuan lainnya. Biaya endorse tergantung kepada biaya yang telah ditentukan oleh seorang selebgram.

4 Cara Mengetahui Daftar Harga Endorse Selebgram di Indonesia

a. Website Portal Influencer

Cara mengetahui biaya atau harga endorse selebgram yang pertama adalah melalui website portal influencer seperti Partipost, SociaBuzz, IAM Influencer.

  • Partipost

Partipost membantu menghubungkan brand dengan selebgram yang tepat dengan memanfaatkan fitur advance targeting options dan polling. Brand dapat memilih selebgram berdasarkan demografis, psikografis, geografis dan segmentasi lain. 

Selain itu Partipost memungkinkan brand mengelola seluruh kegiatan influencer marketing campaign dalam satu dashboard. Campaign yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan brand.  

  • SociaBuzz

SociaBuzz membantu para pebisnis dalam menemukan influencer dengan mudah dan cepat. Socia Buzz menyediakan pilihan paket sehingga Anda dapat memilih ingin menggunakan endorse atau paid promote.  

Selain itu Anda dapat memilih tipe & post yang akan digunakan, minimal followers per influencer, kategori influencer, jenis kelamin influencer hingga kota domisili. 

Setelah memilih kategori-kategori tersebut Anda dapat melihat berapa budget yang akan dikeluarkan sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan usaha Anda. 

  • IAM Influencer

IAM Influencer adalah platform influencer yang ketiga, dimana Anda dapat memfilter data selebgram baik itu urutan pengikut, rata-rata suka, rata-rata komentar, kategori produk hingga engagement rate dari media sosial si selebgram tersebut. 

b. Website Portal Freelancer (Pekerja Lepas)

Cara mengetahui biaya atau harga endorse selebgram yang kedua adalah melalui website portal freelancer (Pekerja Lepas). 

Banyak yang tidak menyadari bahwa mencari seorang freelancer dengan memiliki skill yang bagus serta bertanggung jawab atas pekerjaannya adalah hal yang terkadang sulit. 

Tetapi, pada akhirnya banyak sekali website untuk menyediakan portal freelancer sehingga perusahaan dapat memilah dan memilih mana freelancer yang kiranya cocok dengan bisnisnya. 

Semua itu bisa di dapatkan dalam hanya satu website yaitu Fashwork. Fastwork.id merupakan marketplace yang akan mempertemukan Anda dengan ribuan freelancer dari berbagai bidang pekerjaan lengkap dengan daftar harga dalam setiap bidangnya. 

Anda bisa menggunakan jasa freelancer untuk berbagai kebutuhan produk Anda. Salah satu category jasa freelancer yang bisa Anda pilih yaitu jasa pemasaran online dan periklanan. Anda bisa menggunakan jasa pemasaran digital dan periklanan dari freelancer untuk berbagai keperluan pemasaran produk Anda.

c. Agensi/Manajemen Influencer

Cara mengetahui biaya atau harga endorse selebgram yang ketiga adalah dengan menggunakan jasa agensi/manajemen influencer. Agensi menyediakan talenta-talenta terbaik dalam bidangnya. 

Management ini memberikan ruang kepada perusahaan untuk mempromosikan produknya. Baik segala hal yang berkaitan dengan “promosi dan bekerjasama” seperti endorsement.  

Banyak perusahaan yang menggunakan digital agency dan advertising agency untuk sebagian besar kegiatan marketing yang mereka lakukan, jadi menggunakan jasa influencer agency adalah sesuatu yang alami bagi mereka.

d. Bertanya Langsung

Cara mengetahui biaya atau harga endorse selebgram yang keempat adalah Anda dapat bertanya langsung kepada seorang selebgram melalui kontak yang biasanya ia tampilkan.

Kontak tersebut pastinya bukan nomor asli dari selebgram, melainkan kontak untuk kebutuhan bisnis yang selalu di backup oleh admin yang merupakan tim dari selebgram tersebut. 

4 Pertimbangan Menggunakan Jasa Endorsement untuk Bisnis

a. Relevansi Niche Konten Bisnis dengan si Selebgram

Hal pertama Anda perlu mempertimbangkan apakah niche akun selebgram tersebut berhubungan dengan bisnis Anda atau tidak. Karena jika tidak memiliki hubungan antara keduanya, maka promosi yang dilakukan akan sia-sia.

Misalnya, Anda memiliki perusahaan yang bergerak dalam bidang produk muslim. Maka, Anda perlu selaraskan dengan selebgram yang sesuai dengan produk tersebut.

b. Angka Engagement Rate

Setiap selebgram pasti memiliki ketertarikannya masing-masing serta memiliki cara promosi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setiap selebgram pasti memiliki engagement rate pada platform media sosial yang digunakan. 

Engagement rate merupakan indikator untuk mengukur interaksi audiensnya terhadap konten yang telah dibuat dalam sebuah platform media sosial khususnya di Instagram maupun Facebook. 

Jika Anda memilih seorang influencer dengan engagement rate akun yang tinggi maka besar kemungkinan produk Anda akan mengalami peningkatan dalam penjualan. Tapi, hal tersebut juga akan berdampak kepada budget yang akan dikeluarkan. 

Tentunya Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk dapat berkolaborasi dengan selebgram yang memiliki engagement rate yang tinggi.  

c. Biaya Endorse atau Harga Rate Card

Biasanya seorang selebgram mempunyai rate card, yaitu seperti buku menu yang didalamnya berisi informasi detail mengenai biaya, format konten, platform, jangka waktu, dan ketentuan-ketentuan lain. 

Sebelum melakukan endorsement, ada yang harus dipersiapkan yaitu dokumen endorsement. Dokumen endorsement adalah dokumen yang diperlukan sebelum mengajukan endorsement. Di dalamnya, biasanya ada yang disebut sebagai endorsement letter.

d. Riwayat Endorse Sebelumnya dari Selebgram

Citra influencer akan mempengaruhi citra produk. Maka jika Anda salah memilih selebgram sebagai media promosi brand/produk Anda. Maka pengaruhnya akan berdampak terhadap citra produk Anda sendiri. 

Misalnya, jika sang artis memiliki latar belakang kriminal atau melakukan tindakan asusila sehingga reputasinya dinilai negatif. 

Misalnya saja jika sang artis memiliki latar belakang kriminal atau melakukan tindak asusila yang membuat reputasinya dinilai negatif dalam masyarakat maka mau tidak mau produk Anda juga kena getahnya.

Penutup

Endorse menjadi salah satu alat untuk mengembangkan bisnis. Bayangkan bila kompetitor Anda lebih jago dalam menggunakan strategi endorse.

Bisa-bisa bisnis Anda akan tergerus seiring berjalannya waktu. Paling parah adalah penurunan penjualan yang signifikan.

Sebelum hal itu terjadi, tolong hubungi Sasana Digital demi keberlangsungan bisnis Anda. Silakan klik banner di bawah sebagaimana pebisnis lain yang pernah menemukan solusi bersama Sasana Digital.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?