Blog ›

8 Alasan Utama Perlunya Melakukan Pengembangan Usaha

I

Semua bisnis pasti ingin mencapai target yang telah dibuat sehingga memudahkan dalam menentukan arah bisnis agar berjalan baik.  Anda pastinya melewati berbagai rintangan yang harus dilalui agar mencapai kesuksesan. 

Sehingga hal tersebut mengharuskan Anda untuk berpikir, bagaimana cara mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik dengan jangkauan dan peluang yang lebih luas. 

Akan tetapi, mengapa pengembangan usaha perlu dilakukan? Apakah akan sangat berdampak pada suatu bisnis? Berikut 8 alasan yang wajib Anda ketahui!

1. Permintaan Pasar yang Terus Berkembang

Setiap hari populasi masyarakat pastinya terus meningkat dan bertambah sehingga akan berdampak pula pada dunia bisnis. Masyarakat pastinya memiliki kebutuhan untuk keberlangsungan hidupnya. Entah itu sandang, pangan, ataupun papan.

Semua itu merupakan kebutuhan primer manusia, sandang berkaitan dengan pakaian yang digunakan, pangan yaitu makanan, dan papan adalah rumah untuk tinggal. Hal tersebut merupakan kebutuhan penting yang harus terpenuhi.

Oleh karena itu, suatu perusahaan harus terus mengembangkan usahanya agar memiliki produk atau layanan sehingga kebutuhan kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. 

2. Perubahan Pola dan Perilaku Belanja Masyarakat

Perubahan pola dan perilaku belanja masyarakat tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Saat ini, banyak sekali masyarakat yang menyukai perilaku belanja hanya melalui gadget alias belanja secara online, dibandingkan dengan berbelanja secara langsung ke toko.

Oleh karena itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, menuntut perusahaan untuk dapat bertransformasi atau mengembangkan usahanya dengan melakukan pemasaran secara digital.

3. Tingkat Persaingan Bisnis yang Semakin Kompetitif

Sebagai pelaku bisnis maupun salesperson, Anda harus memahami betul bahwa untuk mencapai hasil penjualan yang maksimal, Anda harus memiliki keunggulan yang kompetitif. 

Untuk mencapai ini semua, pelaku bisnis perlu mengembangkan usahanya sehingga membuat strategi yang lebih baik disertai dengan sikap salesperson dalam menjaga hubungan dengan pelanggan.

Perlu diketahui, untuk bisa menghadapi persaingan bisnis saat ini, tim sales harus memahami dua hal utama yang mendorong kesuksesan penjualan selain produk dan fitur yang ditawarkan. 

Dua hal utama tersebut adalah taktik dan strategi.

  • Strategi

Strategi dalam penjualan merupakan perencanaan yang disusun untuk mendukung kegiatan penjualan.

  • Taktik

Sedangkan taktik adalah metode yang digunakan oleh perusahaan dan tim sales untuk menghasilkan penjualan seperti pengumpulan lead, proses dalam penjualan serta follow up.

4. Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Dengan melakukan mengembangan usaha, sebuah bisnis akan mendapatkan keuntungan. Hal ini adalah hal yang paling umum dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan pendapatan. 

Makin banyak pesaing, maka perusahaan harus melakukan analisa pasar dan melihat celah yang diinginkan oleh pasar misalnya menaikkan kualitas barang atau menurunkan harga jual barang tersebut.

5. Adanya Disrupsi di Berbagai Sektor

Inovasi yang mendisrupsi adalah inovasi yang membantu menciptakan pasar baru. Banyak perusahaan-perusahaan baru yang berkembang. Oleh sebab itu, mereka memiliki pangsa pasarnya tersendiri 

Sehingga perusahaan perlu pengembangan usaha sebelum akhirnya akan mengalami kebangkrutan jika tidak ada perubahan yang berarti.

6. Memperluas Jangkauan Pasar

Perluas jangkauan pasar secara signifikan melalui pasar (biasanya digital) yang memungkinkan pelanggan mengakses beragam produsen dan pemasok. 

Saluran distribusi baru memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan rangkaian produk yang lebih luas dari yang sebelumnya tersedia. 

Produsen dan penjual baru dapat memanfaatkan saluran distribusi yang muncul untuk melampaui kedekatan geografis, yang mengarah ke produsen yang semakin terfragmentasi. Pasar yang tidak lagi dibatasi oleh kelangkaan ruang pajang.

7. Munculnya Berbagai Model Bisnis Baru

Model bisnis merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah bisnis. Hal ini perlu diketahui oleh seseorang yang hendak membuat bisnis baru atau mengembangkan usahanya.

Tiap usaha atau bisnis memiliki acuan tegas dalam menumbuhkan produktivitasnya. Tak cuma itu, setiap bisnis setidaknya memiliki satu model bisnis yang kuat untuk dapat terus bertahan dan bertumbuh dalam persaingan pasar.

8. Proses Inovasi yang Berkelanjutan

Ideasi atau manajemen ide adalah upaya inovasi jangka panjang untuk menghasilkan produk atau layanan yang sukses. Untuk bertahan dan bersaing, bisnis membutuhkan inovasi. 

Namun, bukan sembarang inovasi, inovasi yang dibutuhkan adalah yang bisa “melahirkan” dan “menterjemahkan” ide secara berkesinambungan.

Untuk itu, diperlukan adanya proses terstruktur yang mendukung, atau dengan kata lain perusahaan harus menjadwalkan sesi “Brainstorming” dalam perumusan ide secara rutin.

Berikut 3 Pertimbangan Utama Pengembangan Usaha

a. Strategi Bisnis

Strategi bisnis adalah tindakan yang dilakukan atas dasar pengambilan keputusan oleh perusahaan untuk mencapai target dan tujuan bisnisnya. 

Dengan kata lain, strategi bisnis adalah aksi dan proses perusahaan dalam mendukung aktivitas bisnisnya sehingga mendapatkan keuntungan.

Tujuan utama dari dibuatnya strategi bisnis adalah perusahaan dapat mengontrol jalannya suatu bisnis melalui identifikasi pasar, kompetitor, konsumen dan lainnya. 

Strategi bisnis di dalam suatu perusahaan juga mampu menyatukan antar departemen untuk dapat bekerja sama, dalam mengambil keputusan.

b. Sumber Daya

Diperlukan manajemen (pengelolaan) usaha  yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat di katagorikan atas enam tipe sumber daya, yaitu:

  1. Man (Manusia)
  2. Money (Uang)
  3. Material (Fisik)
  4. Machine (Teknologi)
  5. Method (Metode)
  6. Market (Pasar)

c. Relasi dan Kerjasama

Dalam membangun relasi bisnis tentu membutuhkan proses yang panjang karena ada banyak hal yang dibutuhkan. Misalnya saja persiapan dalam menjalin sebuah relasi. Dengan adanya relasi yang banyak tentu bisnis akan lebih mudah untuk dijalankan. 

Dalam membangun suatu hubungan bisnis tentu ada beberapa hal yang harus diketahui. Salah satunya mengetahui pentingnya memiliki relasi. Sebab dengan memiliki jaringan dan koneksi yang baik, menjalankan bisnis pun jadi lebih mudah.  

Setiap bisnis yang memiliki banyak relasi biasanya akan berkembang lebih cepat, apalagi relasi yang dibentuk saling menguntungkan. Inilah alasan utama mengapa relasi menjadi begitu penting untuk di pelajari. 

Bisnis mampu besar ketika relasi terjalin sangat luas. Kegiatan bisnis dapat berjalan dengan mudah dan berhasil ketika kerja sama dengan relasi berjalan sesuai rencana.

Penutup

Semua bisnis pasti ingin mencapai target yang telah dibuat sehingga mempermudah penentuan arah bisnis dan menjalankan dengan baik. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu pengembangan usaha. 


Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendorong performa bisnis yang masih saja stagnan, Anda bisa menggunakan layanan kami, Audit & Consulting Digital Marketing.

Sasana Digital akan mengidentifikasi, mengukur, serta mencari peluang & ancaman yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Yuk, manfaatkan dulu layanan Free Consulting kami di sini!

sasana digital logo karier

Perusahaan penyedia Solusi Digital & Teknologi untuk kebutuhan bisnis Anda. Selengkapnya…

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Hubungi Sekarang !
Sasana Digital
Selamat datang di Sasana Digital!

Ada yang bisa kami bantu? Jika ada, silahkan klik tombol berikut ya! 😊