fbpx

Tren Teknologi Industri Garmen

Perkembangan teknologi menawarkan peluang menarik bagi Industri Garmen, misalnya saja Big data yang dikombinasikan dengan otomatisasi produksi dan inovasi teknologi produk memiliki potensi kecepatan lebih tinggi, waktu pengiriman lebih cepat dan biaya lebih rendah daripada saat ini, hal tersebut tidak lain disebabkan karena adanya pengurangan waktu pengiriman dan stok yang lebih rendah.
Beberapa tren teknologi di industri Garmen diantaranya : 

Big Data
Big data mengacu pada kumpulan data yang sangat besar sehingga sulit dikelola menggunakan aplikasi pemrosesan data tradisional. Kumpulan data besar ini dapat menghasilkan intelijen bisnis. Di dalam industry fashion, teknologi Big data dapat membantu Mengetahui preferensi juga memprediksi tren kedepan. Hal tersebut membuat perusahaan dapat menawarkan produk dan layanan yang lebih fokus dan akurat, produksi menjadi benar- benar dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap pelanggan.

Block Chain
Teknologi blockchain menawarkan cara-cara baru menerapkan transparansi dalam rantai pasokan. Menggunakan blockchain, sebuah chip atau tag yang ditambahkan ke suatu produk dapat digunakan untuk menyimpan semua data yang relevan tentang produk itu, termasuk data pemasok, pelacakan pengiriman. biaya yang terjadi pada setiap tahapan dll.

Semua ‘blok’ data ini dapat disimpan pada tag produk yang dibuat, kemudian dapat diakses dan diverifikasi oleh sejumlah pengguna komputer yang berpartisipasi dalam rantai tersebut.

Keuntungan yang ditawarkan teknologi Block Chain

  • mencegah penjualan barang palsu;
  • mencegah ‘pengeluaran ganda’ sertifikasi, misalnya, kapas organik;
  • Radio frequency identification (RFID) pada pakaian dan inventaris untuk pelacakan instan, peningkatan manajemen inventaris, dan daur ulang otomatis.

Teknologi Manufaktur

Teknologi manufaktur saat ini memungkinkan industri Garmen menjadi lebih produktif dengan mendigitalisasi proses yang ada, Hasil dari teknologi manufaktur yaitu produksi menjadi jauh lebih cepat, lebih sedikit limbah, dan waktu menuju market menjadi lebih pendek.

Solusi teknologi manufaktur baru meliputi:

  • inovasi untuk mesin jahit, seperti mesin pemotong laser, mesin sekering, mesin lubang kancing, dan mesin pengikat jahitan;
  • Pencetakan 3D, yang memiliki lebih banyak potensi untuk produksi pakaian, terutama untuk pakaian yang melibatkan banyak lapisan;
  • pencetakan tekstil digital, yang memberi perusahaan dan konsumen kemampuan untuk menyesuaikan dan menghasilkan desain yang terpersonalisasi dengan cepat dan relatif murah.

Cloud Computing

Teknology cloud computing saat ini memudahkan manufaktur dalam implementasi teknologi digital, dengan teknologi cloud, manufaktur tidak lagi memerkukan biaya besar dalam implementas teknology, seluruh biaya infrastruktur benar-benar dipangkas sehingga biaya yang diperlukan menjadi jauh lebih rendah.

Software berbasis cloud juga memungkinkan data maupun laporan dapat diakses kapanpun dan dimanapun! beberapa contoh software khusus Industri garmen yang menggunakan teknologi cloud computing :

  • Solusi Software Management Quality berbasis cloud dapat membantu Anda merampingkan pemeriksaan kualitas hasil produksi melalui proses yang didukung dengan  tampilan (interface) mudah digunakan,  hal ini memberi Anda visibilitas 360 ° ke dalam kualitas produksi di seluruh pabrik Anda.
  • Software Management Skill yang dibuat khusus untuk industri pakaian. yang berfokus pada digitalisasi pakaian yang terkait dengan tugas-tugas IE.
  • Machine management solution, Teknologi berbasis Cloud yang satu ini memanfaatkan Teknologi NFC untuk memberi tim manajemen dan tim pemeliharaan, berupa wawasan (insight) secara real time untuk seluruh proses manajemen mesin.

jika Anda tertarik untuk mengetahui mengenai teknologi-teknologi tersebut, Anda dapat mendiskusikannya dengan tim Sasana Digital

Comments are closed.