Blog ›

Saatnya Bisnis Online Bertransformasi dengan “Teknologi AI”

I

Saat ini, semakin banyak orang yang memilih untuk bekerja secara online, di mana mereka dapat menjangkau pelanggan dan klien dalam jumlah yang besar melalui internet.

Mentransisikan bisnis ke dunia online juga memberikan keuntungan, di mana kita tidak perlu khawatir tentang rumitnya mengoperasikan toko fisik dalam menjual produk dan layanan.

Namun, mungkin ada kekhawatiran lain yang timbul, seperti “Bagaimana cara mengelola semuanya secara efisien?”

Tenang, sekarang kekhawatiran itu bisa terjawab dengan adanya “Teknologi AI”. Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana AI dapat berperan dalam berbagai aspek, termasuk membantu mengembangkan bisnis online Anda. Jadi, tetaplah membaca hingga akhir ya!

Bagaimana Menggunakan AI dalam Berbisnis Online?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda manfaatkan untuk menggunakan teknologi AI dalam bisnis online Anda:

1. Membuat Situs Web

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menjalankan bisnis digital secara online adalah membuat situs web. Dalam hal ini, teknologi AI dapat memberikan banyak bantuan.

Saat ini, ada beberapa platform yang memungkinkan pengguna membuat situs web dengan cepat menggunakan template dan tata letak yang sudah tersedia. Salah satu contoh populer adalah WordPress.

Bagaimana platform seperti WordPress memanfaatkan AI?

Contohnya, ketika Anda menggunakan WordPress untuk membuat situs web, Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan awal, seperti jenis industri yang Anda geluti dan jenis situs web yang ingin Anda buat.

Berdasarkan jawaban tersebut, WordPress secara otomatis akan membuat situs web yang sesuai dengan kriteria tersebut.

Platform ini menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami jawaban Anda dan menciptakan situs web yang sesuai dengan industri yang Anda pilih dan persyaratan lainnya.

Baca Juga: Kupas Tuntas Apa Itu Landing Page, Jenis, hingga Contohnya!

2. Menggunakan Dukungan Pelanggan seperti Chatbot

Setelah situs web Anda selesai dibuat dan disiapkan, langkah berikutnya dalam bisnis online adalah memastikan kemudahan penggunaan dan aksesibilitas bagi pengunjung.

Di sinilah teknologi AI berperan penting, terutama dalam bentuk chatbot. Chatbot dapat meningkatkan interaksi pengunjung dengan situs web Anda, membuatnya lebih mudah untuk dinavigasi, dan mengurangi tingkat pengunjung yang meninggalkan situs.

Banyak platform menyediakan chatbot yang dapat memberikan opsi dan bantuan kepada pengunjung sebelum akhirnya mengarahkan mereka ke obrolan langsung dengan agen.

Sebagai contoh, jika Anda mengunjungi situs Hubspot, chatbot akan memberikan berbagai opsi kepada pengunjung. Jika Anda mengirimkan pesan khusus, chatbot akan menghubungkan Anda langsung dengan agen obrolan.

Baca Juga: 4 Perbedaan AI, Machine Learning, dan Deep Learning + Contoh

3. Otomatisasi Perencanaan Email Marketing

Sekali lagi, teknologi AI dapat memberikan dukungan dalam menjalankan bisnis online. Pemasaran merupakan hal yang penting untuk setiap bisnis, terutama pemasaran melalui email karena sebagian besar orang menggunakan email dalam aktivitas online mereka.

Anda dapat memanfaatkan teknologi AI untuk mengatur kampanye email marketing secara otomatis. Salah satu contoh alat yang baik untuk tujuan ini adalah MailChimp.

Dengan MailChimp, Anda dapat membuat template surat, mengatur daftar penerima, menjadwalkan pengiriman email, memprogram email yang akan dikirim berdasarkan tindakan pengguna, dan masih banyak lagi.

Jika Anda mengelola pemasaran email dengan baik, ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dan juga menjadi sumber potensial untuk mendapatkan prospek.

Dengan mengotomatiskan proses ini, Anda dapat menghemat waktu dan usaha yang signifikan.

Baca Juga: Lengkap! Pengertian Social Media Marketing + Trennya di 2023

4. Membuat Konten Digital

Seseorang yang menjalankan bisnis online pasti akan membutuhkan konten tulisan secara rutin. Konten tersebut diperlukan untuk posting blog, teks di situs web, email, dan lainnya.

Teknologi AI dapat digunakan pada berbagai tahap pembuatan konten. Anda dapat memanfaatkan AI untuk menghasilkan ide konten, melakukan penelitian, membuat konten, dan mengoptimalkan konten yang ada.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan AI dalam pembuatan konten:

  • Untuk menghasilkan ide konten, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Hubspot Blog Idea Generator. Alat semacam ini dapat membantu Anda menciptakan berbagai topik dan judul untuk blog Anda.
  • Untuk melakukan riset, Anda dapat menggunakan alat seperti Frase. Alat ini memungkinkan Anda mengumpulkan materi dari berbagai sumber online ke dalam satu tempat yang mudah dibaca.
  • Untuk membuat konten, Anda dapat menggunakan alat seperti ChatGPT. Alat AI semacam ini dapat membuat posting blog lengkap berdasarkan instruksi yang Anda berikan.

Baca Juga: Mudah! Kenali Apa Itu Chat GPT hingga 5 Cara Penggunaanya

  • Untuk mengoptimalkan dan meningkatkan konten, Anda dapat menggunakan alat seperti Parafrase. Alat ini dapat merombak konten yang ada dan mengubahnya menjadi lebih baik.
Tool parafrase kalimat konten dengan bantuan AI

Baca Juga: Content Marketing: Pengertian, 29 Tipe, dan Trennya di 2023

Penutup

Memanfaatkan teknologi AI mungkin terdengar menakutkan, tetapi sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika Anda ingin memulai menggunakan teknologi AI dalam bisnis online Anda, Anda dapat mencoba solusi yang telah disebutkan di atas.

Setelah Anda merasa nyaman dengan penggunaan tersebut, Anda dapat mengeksplorasi lebih banyak lagi alat yang tersedia. Sasana Digital juga dapat membantu Anda dalam hal ini, yakni merencanakan konten yang tepat sasaran agar dapat mengakselerasi bisnis Anda.

Silahkan klik banner untuk coba berkonsultasi dengan tim kami ya, Gratis!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?