Blog ›

Tingkatkan Performa Tim dengan Training Digital Marketing

I

Strategi digital marketing bisa membantu meningkatkan sales anda, ini mengapa tim marketing anda harus mulai meliriknya.

Memang dunia digital marketing bukanlah urusan yang mudah, terutama jika tim marketing anda bukan orang yang terbiasa dengan rumitnya teknologi. Namun, jika mereka bisa melakukannya maka target sales perusahaan bisa naik tajam tanpa perlu menghabiskan biaya tambahan yang terlalu banyak.

Salah satu solusi cepat dan aman bagi perusahaan anda adalah dengan mengadakan training digital marketing untuk meningkatkan profisiensi tim anda. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan agar training tersebut?

Bagaimana Training Digital Marketing Diadakan?

Sebenarnya ada banyak sekali opsi training, baik yang intensif semi private maupun yang biasa-biasa saja. Bahkan sekarang sudah ada berbagai pilihan kursus online yang bisa anda beli dan ditonton berkali-kali. Hanya saja jika anda menggunakan kursus online, maka opsi untuk konsultasi tidak sebebas dengan anda mempekerjakan seorang trainer penuh waktu.

Ada banyak yang akan dipelajari dalam dunia digital marketing. Biasanya trainer akan memberikan beberapa teori dasar-dasar digital marketing terlebih dahulu lalu memberikan beberapa studi kasus dan pemecahannya kepada tim anda. Hingga terakhir meminta tim anda untuk membuat strategi yang nyata di perusahaan dan kemudian mengevaluasi hasilnya.

Itu secara garis besar, sekarang apa saja susunan training digital marketing yang baik yang harus anda perhatikan?

Konsep Digital Marketing

Banyak orang mengira bahwa dengan memanfaatkan Digital Marketing, maka omzet akan naik secara otomatis. Tentu saja ini salah kaprah, karena pada kenyataannya anda tetap perlu memperhatikan konsep dan kaidah dalam digital marketing. Dan inilah yang harus anda dapatkan pertama kali dari trainer.

Buyer Journey, Targeting, Remarketing, Reporting, dan sebagainya haruslah diajarkan terlebih dahulu sebelum masuk ke ranah yang lebih jauh. Bagaimana menentukan rencana dan tujuan awal berikut dengan kiat sukses dan kegagalan yang mungkin ditemui.

Sehingga nantinya tim anda tidak hanya serta merta membuat dan memasang kampanye, tapi paham untuk apa dan bagaimana kampanye tersebut akan mendapatkan customer nantinya.

Channel Digital Marketing

Sama seperti marketing biasa, digital marketing tidak hanya terfokus pada satu atau dua metode. Ada banyak sekali variasi strategi dan channel digital marketing yang bisa anda manfaatkan, bergantung dari profil customer dan goal kampanye yang dicanangkan.

Karena itu, anda harus memastikan bahwa training digital marketing yang dibawakan harus memperkenalkan berbagai jenis channel-nya. Sebab channel yang berbeda memiliki karakteristik dan persona yang berbeda, yang artinya perlu pendekatan dan strategi yang berbeda juga.

Journey dan Langkah dalam Digital Marketing

Dalam digital marketing, anda tidak bisa serta merta langsung mengejar sales. Ada tahap-tahap seperti memulai membuat akun, mengatur brand persona, menjadwalkan konten, membangun brand image, sampai akhirnya bisa mendulang sales.

Anda perlu menanyakan apakah vendor training yang anda gunakan memberikan materi ini atau tidak.

Optimasi dan Observasi Digital Marketing

Data dan optimasi merupakan hal yang sangat penting dalam digital marketing, bahkan bisa dibilang paling penting. Cara-cara optimasi yang dilakukan biasanya perlu dilihat dari sisi konten, target market, pain point yang dialami dari strategi sebelumnya, dan berbagai data observasi lainnya.

Tentu saja trainer digital marketing yang baik akan memberikan pelajaran yang lengkap seputar ini. Sebab percuma saja anda mempelajari bagaimana teknik digital marketing yang sempurna, jika tidak mengetahui bagaimana cara melakukan optimasi dan observasinya.

Evaluasi dan Membaca Data

Mengingat digital marketing adalah metode pemasaran terotomasi, maka akan ada banyak sekali data yang masuk untuk memberikan informasi kepada evaluator-nya. Data tersebut nantinya akan terbagi menjadi dimensi dan metrik yang bergantung pada platform yang digunakan.

Tidak semua orang bisa membaca data ini, mengingat istilah yang digunakan terkadang bukan istilah yang umum (bahkan ada yang sangat teknis sekali). Anda harus menanyakan dan yakin kalau modul training anda sudah mencakup materi ini agar aktivitas digital marketing anda nantinya bisa terukur.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih training digital marketing bagi tim pemasaran anda. Satu lagi, pastikan training yang anda gunakan juga menyediakan support system sehingga tim anda bisa melakukan konsultasi apabila hasil yang ditemukan berbeda dengan ekspektasi mereka.

Ingat, jika anda tidak memulai untuk menggunakan Digital Marketing untuk memperluas jangkauan anda, maka kompetitor anda yang akan melakukannya.

sasana digital logo karier

Perusahaan penyedia Solusi Digital & Teknologi untuk kebutuhan bisnis Anda. Selengkapnya…

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Hubungi Sekarang !
Sasana Digital
Selamat datang di Sasana Digital!

Ada yang bisa kami bantu? Jika ada, silahkan klik tombol berikut ya! 😊