fbpx
Tips Optimasi Strategi Digital Ads Dengan Customer Match

Tips Optimasi Strategi Digital Ads Dengan Customer Match

Menarget pelanggan existing di internet memang ide yang bagus, namun bagaimana caranya memastikan bahwa kampanye Anda menjadi semakin efektif? Temukan tipsnya di artikel ini

Pernahkah Anda terpikir apakah ada cara menjangkau pelanggan Anda lewat digital ads tanpa perlu menghubungi mereka secara langsung? Mengingat Anda sudah memiliki data pelanggan seperti email dan nomor telepon mereka. Apakah data ini bisa digunakan untuk menjangkau mereka kembali?

Customer Match, Jangkau Pelanggan Anda di Internet

Jawabannya ternyata bisa! Jenis penargetan ini dikenal sebagai penargetan customer match atau customer list, dimana Anda membuat daftar penargetan yang berisi data-data dari pelanggan yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.

Umumnya Anda hanya memerlukan data identifikasi khusus seperti email dan nomor telepon, dimana kedua data ini tidak mungkin bisa terduplikasi alias unik. Sistem nantinya akan melakukan pencocokan antara data yang Anda berikan dengan database mereka.

Dan jika ada yang cocok, misalnya jika sistem menemukan pengguna yang menggunakan email yang sama dengan data yang Anda masukan, maka iklan akan tampil ke mereka. Canggih bukan?

Perhatian! Hanya gunakan data yang Anda dapatkan secara legal untuk dimasukkan ke dalam list targeting customer match. Penyalahgunaan data pelanggan bisa menimbulkan resiko hukum di kemudian hari.

Beberapa Fungsi Penargetan Customer Match

Tentu saja tipe penargetan ini sudah banyak digunakan oleh berbagai pengiklan di luar sana. Dan menurut situs wordstream, salah satu penyedia jasa layanan digital marketing yang cukup terkenal, memberikan pernyataan bahwa klien-klien mereka bisa mendapatkan rasio konversi sampai 3 kali lipat!

Retarget dan Follow Up

Ini adalah fungsi utama dan yang paling sering digunakan oleh berbagai jenis pengiklan. Mereka melakukan list kepada para pelanggan mereka yang sudah terdaftar namun tidak jadi beli atau tidak jadi melakukan transaksi.

Data-data pelanggan yang masih menggantung ini kemudian ditargetkan ke dalam digital ads yang ada. Nantinya strategi ini akan dikombinasikan dengan teknik follow up seperti biasa, yang nantinya juga bisa meningkatkan efektivitas branding baik dari chat one to one maupun dengan jangkauan iklan di berbagai platform.

Upselling Product

Upselling atau melakukan penjualan lebih lanjut juga bisa dilakukan lewat customer match. Dimana Anda mendaftar pelanggan yang sudah terdaftar atau membeli produk/layanan tertentu, dan kemudian Anda targetkan untuk mengiklankan fitur upgrade yang Anda tawarkan.

Tentu saja strategi menawarkan paket lebih tinggi akan jauh lebih relevan jika ditayangkan ke pelanggan yang sudah merasakan pengalaman menggunakan produk/layanan Anda terlebih dahulu, dibandingkan dengan yang sama sekali belum pernah membeli.

Perluas Jangkauan dengan Lookalike Audience

Jika Anda merasa buntu dan tidak tahu bagaimana cara mendefinisikan calon pelanggan baru, maka Anda juga bisa menggunakan daftar pelanggan Anda sebagai dasar dari pembuatan Look A Like atau Similar Audience.

Kedua jenis audience ini dibuat dengan mencocokan data platform dengan data pelanggan Anda. Nantinya platform akan menentukan apakah ada profil pengguna mereka yang memiliki kebiasaan yang hampir sama dengan pelanggan Anda, dan nantinya jika cocok maka mereka akan dimasukkan ke dalam list yang baru.

Baca juga: 5 Kursus Digital Marketing Gratis yang Bisa Anda Pelajari Untuk Pemula

Segmentasi Pasar

Sebenarnya hampir sama dengan poin pertama dan kedua tadi, hanya saja ini lebih spesifik untuk menentukan segmentasi pasar untuk menayangkan produk yang sesuai dengan profil pelanggan Anda.

Misalnya saja jika Anda memiliki 2 jenis produk/layanan, dimana keduanya memiliki level layanan dan harga yang berbeda, maka Anda bisa mensegmentasikan strategi pemasaran digital Anda dengan bantuan customer match ini.

Dan nantinya ketika kampanye Anda dijalankan, maka hanya mereka yang masuk ke dalam segmentasi pelanggan saja yang bisa melihat kampanye Anda. Sehingga mengurangi biaya tayangan iklan yang tidak perlu.

Di Mana Saja Bisa Menggunakan Customer Match?

Sekarang pertanyaannya platform mana yang menyediakan solusi penargetan berdasarkan daftar pelanggan?

Social Media Ads

Hampir semua vendor social media ads, mulai dari Facebook sampai LinkedIn telah mendukung penargetan customer list. Tidak ada syarat khusus untuk melakukan penargetan, dan Anda bisa langsung menggunakan data pelanggan secara langsung berikut dengan look a like atau similar audiences yang disediakan.

Anda juga bisa mengkombinasikan customer match Anda dengan opsi penargetan lain, seperti Interest Targeting.

Sedangkan di Google Ads, Anda harus memiliki minimum transaksi terlebih dahulu (sekitar 90.000 US Dollar untuk 3 bulan terakhir) untuk bisa mulai menggunakan tipe penargetan ini.

Syarat yang diberikan berguna untuk memfilter pengiklan nakal yang berniat menyalahgunakan data pelanggan untuk spamming, mengingat iklan Google Ads bisa tayang di berbagai jaringan, bahkan termasuk aplikasi dan website yang tidak dimiliki Google.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengendalikan Biaya Akuisisi Dalam Digital Marketing

Pelajari Strategi Digital Marketing Lain di Sasana Digital!

Nah sekarang Anda sudah paham kan bagaimana cara menjangkau pelanggan existing Anda di dunia internet melalui strategi digital ads yang lebih lanjut? Tentu saja strategi penargetan yang ada tidak hanya sampai di sana! Anda bisa mempelajari dunia digital marketing lebih lengkap bersama Sasana Digital.

 

Comments are closed.