fbpx
Tips Memilih Webinar Untuk Menambah Pengetahuan Anda

Tips Memilih Webinar Untuk Menambah Pengetahuan Anda

Saat ini vendor webinar dan kelas online sudah semakin menjamur, sehingga dapat membuat anda kesulitan untuk menjatuhkan pilihan yang tepat. Simak tips dari kami untuk membantu anda

Sejak pandemi corona melanda negara Indonesia di awal kuartal 2020, metode pembelajaran online melalui webinar semakin naik daun. Para vendor pun berlomba-lomba untuk memberikan jasa webinar mereka, berdasarkan dari keahlian dan permintaan pasar yang ada. Webinar ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Namun karena sudah terlalu banyak vendor di lapangan, maka anda perlu teliti dan cermat saat memilih. Ingat bahwa tidak semua vendor yang anda temui, dapat memberikan materi webinar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda. Ada juga oknum vendor yang hanya meraup keuntungan dari penonton, tanpa memperhatikan nilai yang mereka berikan.

Webinar Membantu Masyarakat Untuk Mendapatkan Ilmu dan Pengetahuan Baru

Sebelum tahun 2020, mungkin istilah webinar masih belum terlalu awam di telinga anda. Bahkan mungkin saja ada yang belum pernah mendengar istilah tersebut sebelumnya. Webinar ini merupakan cara baru dalam mendapatkan ilmu dan kemampuan baru, di tengah aturan pemerintah yang melarang masyarakat untuk berkumpul.

Nah, tentunya jangan sampai momen belajar anda di dalam webinar malah berubah menjadi momen menyebalkan karena anda tidak mendapatkan apa-apa dari sana. Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam memilih vendor webinar yang baik untuk anda:

Cek Latar Belakang Vendor

Yang pertama adalah anda perlu mencari tahu bagaimana latar belakang vendor webinar. Cari tahu apakah mereka memang sudah terbiasa menjadi pembicara sebelumnya, ataukah hanya ikut-ikut saja.

Anda juga perlu tahu relevansi antara materi yang dibawakan oleh vendor dengan bidang bisnis mereka. Anda mungkin harus berpikir 2 kali jika materi yang dibawakan tidak sesuai dengan bidang keahlian si vendor, misalnya jika vendor bergerak di bidang keuangan tapi malah mengangkat webinar kesehatan. Apalagi kalau vendornya tidak jelas, dan hanya ikut-ikut jualan webinar karena dirasa laku.

Cari Tahu Siapa Pembicaranya

Selain latar belakang vendor, anda juga perlu mencari tahu siapakah pembicara yang diangkat di dalam webinar tersebut. Apakah pembicara tersebut memang professional dan ahli di bidang yang ia bicarakan.

Misalnya jika anda mengambil webinar digital marketing, maka pembicaranya haruslah seorang professional di bidang tersebut. Minimal mereka sudah berkecimpung selama beberapa tahun, dan sudah memiliki hasil nyata baik yang dipublikasikan lewat sosial media pribadi mereka atau dari perusahaan tempat bekerja sebelumnya.

Anda perlu waspada jika menemui pembicara yang tidak pernah anda tahu, dan tidak bisa ditemukan di mesin pencari atau sosial media manapun. Bisa jadi pembicara tersebut abal-abal, dan tidak menguasai topik yang mereka angkat di dalam webinar. Mengikuti webinar dengan pembicara seperti itu, tidak akan ada manfaatnya.

Baca Juga: Apa Itu Digitalisasi Serta Perannya di Dunia Bisnis dan Industri

Baca Terlebih Dahulu Sinopsis Seminarnya

Sebelum memutuskan untuk mengikuti webinar, anda perlu membaca terlebih dahulu sinopsis dan pembahasan di dalam webinar tersebut. Cari tahu sedalam apa materinya dan apakah ada sesi tanya jawab atau tidak, guna memberi ruang pada anda apabila anda memiliki pertanyaan.

Anda juga perlu berpikir ulang jika sinopsis yang diberikan terlalu mendasar atau terlalu luas. Webinar dengan sinopsis yang terlalu mendasar, tidak berbeda dengan anda menonton video di YouTube. Sehingga untuk apa anda membayar atau menghabiskan waktu di dalam webinar?

Coba Beberapa Vendor Terlebih Dahulu

Jika anda tidak memiliki preferensi vendor sebelumnya, maka anda bisa mencoba beberapa vendor terlebih dahulu untuk menguji. Ikuti kelas gratis terlebih dahulu juga tidak ada salahnya, untuk mengetahui profesionalitas vendor webinar secara garis besar.

Baca Juga: Bagaimana Peran Software Manajemen Produksi dalam Industri Manufaktur?

Setelah itu baru anda nilai, mana vendor yang menurut anda cocok. Jangan pernah membeli tiket dalam jumlah besar dalam satu waktu, jika anda tidak mengenali vendornya!

Jika Berbayar, Cari Tahu Apa yang Akan Anda Dapatkan

Sebenarnya tidak hanya yang berbayar saja, yang gratis pun juga perlu dicari tahu apa yang anda dapatkan dari dalam webinar. Anda bisa mendapatkan informasinya dari akun sosial media atau testimoni yang ada dari webinar sebelumnya.

Bagi anda yang mengikuti webinar untuk kebutuhan profesi, tanyakan apakah vendor menyediakan sertifikat yang ditandatangani oleh tim panitia. Sebab tidak semua webinar menyediakan sertifikat bagi pengikutnya, dan tentu saja tanpa sertifikat anda tidak bisa membuktikan bahwa anda mengikuti webinar tersebut.

Yuk Mulai Ikut Webinar Sasana Digital!

Kami juga menyediakan materi webinar dengan kelas yang komprehensif dan pembicara yang berpengalaman di bidangnya. Kami menyediakan webinar mulai dari level pemula hingga professional, dan anda juga bisa mendapatkan materi seputar dunia digitalisasi, manufaktur, dan pemasaran digital.

Dapatkan informasi selengkapnya dengan mengunjungi halaman Webinar Industri 4.0 kami, dan anda bisa melakukan pemesanan secara online tanpa repot.

Jadi, apakah anda siap untuk mengikuti webinar dan meningkatkan kemampuan anda?

Comments are closed.