Blog ›

Roadmap Digital Marketing: Contoh, Cara Kerja & Algoritma

I

Di era di mana persaingan pasar digital semakin ketat, pemahaman yang mendalam tentang ‘Cara Kerja Digital Marketing‘ dan ‘Roadmap Digital Marketing‘ menjadi kunci sukses bagi pemilik bisnis dan manajer perusahaan. 

Korelasi keduanya sangat erat karena saling melengkapi dalam memandu strategi dan implementasi campaign digital marketing secara efektif. Bagi para pemilik bisnis dan manajer perusahaan yang menghadapi tantangan penjualan dan bersaing di pasar digital yang semakin sulit, memahami konsep-konsep strategi digital marketing menjadi sangat penting. 

Mari kita telusuri lebih dalam strategi digital marketing agar dapat mengoptimalkan performa bisnis Anda dalam lingkungan yang kompetitif ini. Temukan langkah-langkah praktis tentang cara kerja digital marketing yang relevan untuk menghadapi tantangan di masa depan. Simak lebih lanjut!

Kita Kenalan Dulu, Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah rangkaian strategi pemasaran yang menggunakan berbagai platform digital seperti mesin pencari, media sosial, dan perangkat mobile untuk menjangkau target audiens, mempromosikan produk atau layanan, serta meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. 

Dengan semakin banyaknya orang yang menghabiskan waktu dengan berselancar di media sosial dan internet, digital marketing menjadi scope of work bagi digital marketer dan wajib diterapkan pada sebuah bisnis masa kini, jika mereka ingin tetap relevan dan berhasil di era digital ini.

Kunci suksesnya ada pada strategi pemasaran digital yang digunakan, diantaranya bagaimana suatu bisnis mengembangkan roadmap lalu menerapkan cara kerja digital marketing dengan baik.

Perlu diketahui, Roadmap digital marketing adalah gambar besar strategi digital marketing yang berisi langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Sementara cara kerja digital marketing mengacu pada proses implementasi strategi atau planning bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing 101 dari Jenis, Strategi + Tipsnya

2 Kata Kunci Roadmap Digital Marketing 

Ada dua kata kunci yang harus diingat dalam membuat dan menjalankan roadmap digital marketing, di antaranya:

1) Target Audiens

Dalam dunia digital marketing, mengenali identitas target audiens atau customer bisnis sendiri adalah suatu keharusan. Tanpa pemahaman yang mendalam tentang siapa yang kita tuju, strategi pemasaran digital menjadi tidak efektif bahkan boncos.

Di bawah ini, kita akan menjelaskan betapa pentingnya memahami target audiens yang dikonversikan ke dalam penyesuaian tiga aspek utama digital marketing: yaitu tipe konten marketing, copywriting, dan jenis promosi yang paling relevan.

  • Tipe Konten Marketing dan Platform Digital yang Tepat

Pemahaman mendalam terkait target audiens bisnis, membantu Anda dalam membuat konten marketing yang tepat. Ini karena setiap segmen pasar memiliki preferensi yang berbeda dalam menikmati konten.

Sebagai contoh, jika target audiens Anda adalah milenial yang aktif secara online, mungkin lebih efektif untuk fokus pada konten visual yang menarik seperti video atau gambar (TikTok, YouTube). Sementara jika target audiens Anda adalah bisnis atau individu profesional yang sibuk, konten tulisan yang informatif dan melalui blog, artikel, atau newsletter.

  • Copywriting yang Menarik dan Efektif

Beda segmen pasarnya, biasanya beda juga selera copywriting-nya. Copywriting yang efektif memainkan peran penting dalam menarik perhatian target audiens, memicu emosi, dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan tertentu. 

Dengan memahami siapa target audiens Anda, Anda dapat menyesuaikan gaya penulisan, bahasa, dan nada yang digunakan dalam konten mengikuti preferensi dan kebutuhan mereka. 

  • Jenis Promosi yang Paling Relevan

Nah, pemahaman terkait karakter dan identitas audiens selanjutnya akan mempengaruhi bagaimana cara kita menentukan jenis promosi yang paling relevan. Apakah akan menggunakan iklan berbayar di platform media sosial, kampanye email marketing, atau kerja sama dengan influencer/KOL. 

Misalnya, jika target audiens Anda cenderung menghabiskan banyak waktu di YouTube, Anda bisa menjalankan iklan di YouTube.

Atau jika target audiens Anda lebih tertarik membeli produk berdasarkan rekomendasi dari artis atau tokoh terkenal, Anda bisa melakukan kerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan anggaran pemasaran dengan lebih efektif.

Baca Juga: Apa Itu Remarketing? Pahami Strategi Pemasaran Efektifnya

Bagaimana contoh profiling audiens?

Berikut contoh Target Audiens (Buyer Persona Canvas) yang dapat Anda jadikan acuan:

contoh profiling target audiens

2) Channel Digital

Setiap channel digital memiliki profil audience/usernya sendiri. Dan seperti yang kita tahu bahwa audience Tiktok & LinkedIn pasti berbeda.

Pastikan kita jualan di channel digital yang memang berisi mayoritas target audiens kita. Berikut ada 4 hal yang harus Anda cek sebelum memilih channel digital yang cocok untuk bisnis Anda:

  • Data Statistik Profil Audience

data statistik profil audiens - roadmap digital marketing

Sebelum memilih channel digital, penting untuk memahami siapa audiens Anda. Analisis data statistik akan membantu Anda memahami demografi, preferensi, dan perilaku audiens potensial Anda.

WordStream bersama Localio telah melakukan riset dan mengumpulkan informasi mengenai profil audiens untuk setiap platform media sosial. Informasi ini akan membantu Anda memilih platform yang paling sesuai dengan karakteristik audiens target Anda.

  • Fitur & Fungsi Platform Digital

Setiap platform digital memiliki fitur dan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, Instagram memiliki fitur-fitur seperti Stories dan IGTV, sementara LinkedIn memiliki fitur networking dan branding secara profesional. 

Memahami fitur dan fungsi platform akan membantu Anda menentukan apakah platform tersebut cocok untuk digunakan sebagai media digital marketing Anda atau tidak.

  • Persaingan Pasar di Platform Tersebut

Melakukan analisis persaingan pasar di platform yang dipertimbangkan adalah langkah penting. Anda harus mencari tahu bagaimana kompetitor menggunakan platform tersebut, jenis konten yang mereka gunakan, dan cara mereka berinteraksi dengan audiens. 

Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi peluang dan tantangan di platform tersebut.

  • Trend Pertumbuhan Audience di Platform Tersebut

Trend Pertumbuhan Audience setiap platform

Trend pertumbuhan audience merupakan indikator penting untuk memahami potensi pertumbuhan bisnis Anda di platform digital tertentu. 

Tertera dalam gambar bagaimana estimasi pertumbuhan audiens berdasarkan sumber data DataReportal yang dikutip Slice.

Anda perlu memperhatikan apakah jumlah pengguna platform tersebut meningkat atau menurun dari waktu ke waktu. Trend pertumbuhan yang positif dapat menjadi pertanda baik bahwa platform tersebut memiliki potensi untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Contoh & Gambaran Roadmap Digital Marketing

contoh roadmap digital marketingIsi atau pengembangan roadmap pemasaran digital biasa disesuaikan dengan fase dan rencana masing-masing bisnis. Contoh di atas dapat menjadi gambaran sederhana untuk Anda. Intinya, setiap fase perusahaan dapat berbeda-beda, intinya sama-sama mengejar goals atau suatu tujuan. 

Baca Juga: Digital Marketing Funnel: Pengertian, Tahap & 3 Contohnya

Cara Kerja Digital Marketing

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara kerja Digital Marketing dengan adanya panduan Roadmap ini?

fase dan cara kerja digital marketing

1) Kenali Betul Target Audiens

Sebelum memulai kampanye pemasaran digital, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami secara mendalam siapa target audiens Anda. 

Pahami betul bagaimana karakteristik demografis, preferensi, kebiasaan belanja, dan kebutuhan mereka. Termasuk identitas dasar mereka, seperti usia dan gender.

2) Pilih Platform Digital yang Sesuai

Setelah Anda mengenal target audiens Anda, langkah berikutnya adalah memilih platform digital yang sesuai dengan karakteristik audiens tersebut. 

Misalnya, jika target audiens Anda adalah kaum muda yang aktif di media sosial, Anda mungkin ingin fokus pada platform media sosial seperti Instagram atau TikTok. Jika Anda menargetkan profesional bisnis, LinkedIn atau website mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Lalu apabila menarget pebisnis, e-commerce bisa menjadi pilihannya.

3) Buat Konten yang Relevan

Konten yang relevan dan menarik adalah kunci dalam digital marketing. Setelah menentukan platform yang tepat, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan target audiens Anda. Konten bisa berupa artikel blog, video, infografis, atau postingan media sosial yang informatif, menghibur, atau menginspirasi.

4) Dorong dengan Iklan Digital

Selain konten organik, iklan digital juga merupakan bagian penting dari strategi digital marketing. Dengan menggunakan platform iklan seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads, Anda dapat mentarget iklan ke audiens yang tepat berdasarkan demografi, minat, dan perilaku online mereka. 

Iklan digital memungkinkan Anda memperluas jangkauan konten Anda serta mendapatkan hasil yang lebih cepat dan terukur.

Analisa, Evaluasi & Rangkuman Roadmap Digital Marketing

analisa masalah dalam cara kerja digital marketing

Jika sudah mengembangkan Roadmap dan menerapkan Cara Kerja Digital Marketing, bagaimana evaluasinya? Berikut adalah poin-poin yang termasuk dalam sebuah roadmap digital marketing:

1. Analisis Situasi:

  • Review tujuan bisnis dan pemasaran saat ini.
  • Evaluasi hasil digital marketing sebelumnya.
  • Identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) dari strategi digital marketing sebelumnya.

2. Tetapkan Tujuan:

  • Tetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tenggat waktu (SMART) untuk campaign digital marketing Anda.
  • Misalnya, tujuan digital marketing bisnis Anda yaitu meningkatkan jumlah pengunjung situs web sebesar 20% dalam kurun waktu enam bulan.

3. Kenali Target Audiens:

  • Lakukan riset pasar untuk memahami siapa target audiens Anda.
  • Identifikasi preferensi, kebutuhan, dan perilaku online mereka.
  • Tentukan platform digital yang paling efektif untuk menjangkau target audiens Anda.

4. Pemilihan Channel dan Platform:

  • Pilih channel dan platform digital yang sesuai dengan target audiens Anda.
  • Pertimbangkan platform media sosial, situs web, blog, email, iklan PPC, dan lainnya.

5. Pembuatan Konten:

  • Buat konten yang relevan dan menarik untuk audiens Anda.
  • Sesuaikan jenis konten dengan channel dan platform yang Anda gunakan.
  • Rencanakan penjadwalan otomatis agar konten bisa dipublikasikan secara  konsisten dan tepat waktu.

6. Implementasi Strategi:

  • Jalankan campaign digital marketing Anda sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
  • Gunakan tools dan platform analisis untuk memantau performa kampanye Anda secara berkala.
  • Lakukan optimasi jika diperlukan berdasarkan data dan hasil yang diperoleh.

7. Mengukur dan Evaluasi:

  • Ukur performa kampanye Anda terhadap tujuan yang telah ditetapkan.
  • Analisis metrik seperti conversion, click, engagement, dan ROI (Return on Investment).
  • Identifikasi insight dan peluang perbaikan untuk kampanye-kampanye mendatang.

8. Optimasi dan Perbaikan:

  • Jadikan hasil yang sudah diperoleh menjadi benchmark untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital Anda.
  • Perbaiki strategi yang kurang tepat berdasarkan hasil dari kampanye sebelumnya.
  • Terus update dan sesuaikan roadmap digital marketing Anda berdasarkan perubahan tren dan kebutuhan bisnis.

Baca Juga: 6 Channel Digital Marketing Paling Utama Berdasarkan Tujuan Bisnis

Layanan Sasana Digital berkaitan dengan Roadmap Digital Marketing

Sasana Digital memiliki  3 kategori layanan yakni Training, Consulting dan Digital Solution, yang berkaitan dengan roadmap dan cara kerja digital marketing, diantaranya:

Layanan Konsultasi Digital Marketing

Layanan konsultasi di Sasana Digital terdiri dari program Audit, Full Package Consultation, dan On-Demand Consultation.

A. Audit Performa Digital Marketing Channel

audit digital marketing - strategi & cara kerja digital marketing

Layanan Audit Digital Marketing bertujuan membantu Anda mengetahui posisi bisnis terkini, memantau strategi kompetitor, hingga melihat peluang potensi pengembangan digital bagi bisnis Anda.

Sasana Digital menawarkan layanan full audit terhadap performa channel-channel digital yang Anda miliki, mulai dari website, SEO, SEM, media sosial, hingga online store bisnis yang dijalankan. Selain itu, kami juga memberikan arahan untuk memperbaiki beberapa hal penting pada toko online. 

B. Full Package Consultation

Setelah audit, Sasana Digital dapat memberikan fasilitas konsultasi untuk bisnis Anda. Layanan ini akan membantu bisnis Anda menjalankan strategi digital marketing secara full funnel mulai dari menganalisis peluang, merancang strategi, mengaplikasikan strategi, hingga mengukur keberhasilan strategi yang telah dijalankan bisnis Anda.

consulting digital marketing - strategi & cara kerja digital marketing

C. On-demand Consultation

Layanan konsultasi on-demand cocok untuk pebisnis yang baru saja terjun dalam dunia bisnis atau pebisnis yang belum memiliki tim marketing. Layanan ini menawarkan program konsultasi yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat berkonsultasi baik mengenai masalah & tantangan yang sedang dihadapi, pembentukan strategi baru, hingga evaluasi terhadap kinerja kampanye marketing sebelumnya.

Layanan Training Sasana Digital – Perusahaan Digital Marketing

Layanan training di Sasana Digital terdiri dari 2 macam, yaitu Private Training dan Corporate Training, dan berikut penjelasannya.

A. Private Training Digital Marketing

private digital marketing - strategi & cara kerja digital marketing

Melalui private training, Anda bisa mengajak tim bisnis Anda hingga 4 orang untuk ikut training. Untuk layanan satu ini, Sasana Digital pernah berkontribusi menangani kebutuhan digital marketing di sebuah Klinik Ibu dan Anak.

B. Corporate Training Digital Marketing

corporate digital marketing - strategi & cara kerja digital marketing

Corporate training adalah layanan pelatihan yang kami sediakan bagi perusahaan yang ingin memberikan pelatihan digital marketing untuk 6-8 orang timnya. Sasana Digital pernah melakukan audit konten dan Meta Ads setting untuk mengetahui kelemahan strategi di sebuah bisnis travel umroh.

Harapannya, semua layanan konsultasi digital marketing dari Sasana Digital ini dapat membantu banyak bisnis berkembang sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga: Biaya Akuisisi Digital Marketing: Ini Cara Anti Boncosnya!

Pertanyaan Seputar Roadmap Digital Marketing

Berikut ini beberapa pertanyaan tentang digital marketing yang relevan dengan pencarian Anda, khususnya mengenai roadmap pemasaran digital.

1. Apa yang harus dimasukkan dalam sebuah roadmap digital marketing?

Dalam sebuah roadmap digital marketing, Anda perlu memasukkan langkah strategis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran digital Anda. Mulai dari identifikasi target audiens -> pemilihan channel dan platform -> pembuatan konten -> implementasi strategi -> evaluasi performa -> dan pengoptimalan berkelanjutan.

2. Berapa lama sebuah roadmap digital marketing berlangsung?

Durasi sebuah roadmap digital marketing bervariasi tergantung pada tujuan, kompleksitas kampanye, dan siklus bisnis.

  • Roadmap dapat berjangka pendek, misalnya enam bulan
  • Dan ada juga yang berjangka panjang, misalnya satu atau dua tahun

3. Bagaimana cara mengevaluasi keberhasilan roadmap digital marketing?

Keberhasilan sebuah roadmap digital marketing dapat dievaluasi berdasarkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Metrik seperti konversi, tingkat klik, keterlibatan, dan ROI (Return of Investment) dapat digunakan untuk mengukur kinerja campaign digital marketing Anda. 

Evaluasi ini akan membantu Anda menentukan apakah strategi Anda efektif dan apakah perlu ada penyesuaian atau perbaikan di masa depan.

4. Apakah Sasana Digital bisa membantu pembuatan roadmap digital marketing?

Dengan memilih Layanan Training & Consulting (1 bulan), Sasana Digital bisa membantu Anda membuat Roadmap Digital Marketing spesifik untuk bisnis Anda sehingga tidak perlu bingung lagi bagaimana memulai strategi digital marketing dan cara evaluasinya setiap bulan.

Baca Juga: Pelatihan Digital Marketing: Materi & Biaya Terbaru 2024

Penutup

Dari pemaparan di atas kita paham bahwa korelasi antara “Cara Kerja Digital Marketing” dan “Road Map Digital Marketing” adalah untuk memastikan bahwa strategi pemasaran digital diterapkan dengan baik dan efisien sesuai dengan tujuan bisnis yang ditetapkan.

Dengan pemahaman yang kuat tentang cara kerja digital marketing, Anda dapat membawa bisnis Anda semakin berkembang dalam ranah digital marketing. Memanfaatkan konsep-konsep dasar digital marketing, mengembangkan roadmap yang jelas, dan merencanakan kampanye yang efektif untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. 

Terkadang, proses perencanaan bisnis bisa menjadi rumit, namun dengan menghubungi konsultan digital marketing, Anda akan dibantu mencari solusi yang efektif sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Segera hubungi tim Sasana Digital untuk mendapatkan fasilitas konsultasi gratis dan mulailah langkah pertama menuju pertumbuhan bisnis yang lebih baik!”

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?