Blog ›

Pengertian Customer Acquisition serta 4 Strategi Efektifnya

I

Customer acquisition merupakan salah satu cara untuk memperbanyak pelanggan secara cepat dan terukur. Memiliki pelanggan yang terus tumbuh merupakan impian semua pemilik bisnis.

Semakin ahli sebuah bisnis dalam mengakuisisi pelanggan baru, maka semakin baik peluang jangka panjangnya. Namun tidak semua pemilik bisnis mengetahui bagaimana peran customer acquisition dalam pengembangan bisnis.

Maka dari itu, di artikel kali ini Sasana Digital akan membagikan materi penting tentang akuisisi pelanggan yang mungkin Anda butuhkan. Simak artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Customer Acquisition

Akuisisi Pelanggan atau Customer Acquisition adalah proses untuk mendapatkan pelanggan baru dalam sebuah bisnis dengan menggunakan strategi yang sistematis dan berkelanjutan agar dapat terus beradaptasi dengan tren perubahan baru.

Akuisisi pelanggan menjadi salah satu fokus utama setiap bisnis dan perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak atensi agar dilirik oleh pasar.

Tidak jarang, banyak startup rela menggelontorkan sekian persen dari dana para investor hanya untuk menjalankan kampanye di berbagai channel.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa customer acquisition sangatlah berperan penting dalam perkembangan bisnis jangka panjang dan berkelanjutan.

Lantas, mengapa customer acquisition itu menjadi salah satu fokus utama dalam berbisnis? Mari kita bahas lebih lanjut.

Baca Juga: Customer Loyalty: Pengertian, Tujuan dan Manfaat Bagi Bisnis

4 Strategi Efektif Customer Acquisition

Dalam melakukan kegiatan customer acquisition, Anda perlu menggunakan strategi yang paling cepat dan tepat. Berikut adalah strategi yang bisa Anda terapkan:

1. Memanfaatkan Media Sosial

Saat ini media sosial sudah menjadi suatu gaya hidup. Hampir setiap orang membuka sosial media. Ini merupakan peluang yang sangat terbuka dan harus dimanfaatkan.

Lewat sosial media marketing Anda bisa menarik pelanggan baru dengan lebih murah dan cepat. Sosial media menawarkan big data yang sangat mudah diolah.

Kelebihan menggunakan social media marketing yaitu biaya yang terjangkau serta audience yang sangat luas hingga ke penjuru dunia.

2. Aktif Menjalankan Content Marketing

Salah satu alasan pengguna smartphone membuka internet yaitu mencari informasi. Mulai dari berita, artikel ataupun informasi lain yang berkaitan dengan pengembangan diri.

Anda bisa mulai masuk dengan membangun sebuah konten yang bermanfaat. Entah itu lewat media sosial, blog, video streaming ataupun webinar. Di dalam konten, Anda bisa menyisipkan promosi secara halus atau biasa disebut soft selling.

Soft selling akan lebih mudah diterima lewat sebuah konten yang bermanfaat. Ini merupakan strategi saling menguntungkan antara pelanggan dan pemilik bisnis.

3. Menjalankan Search Marketing

Mayoritas pelanggan mencari produk atau jasa lewat mesin pencari. Siapa yang muncul paling atas maka dialah yang pertama kali memenangkan perhatian pembeli.

Maka dari itu Anda juga perlu aktif di mesin pencari. Untuk hadir disana sebaiknya Anda memiliki website perusahaan yang dioptimasi. Ada dua jenis search marketing, yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

SEO dilakukan secara gratis dengan melakukan optimasi website, sedangkan SEM dilakukan secara berbayar melalui iklan.

4. Menggunakan Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu digital marketing paling lama dan masih efektif hingga sekarang. Sesuatu yang bersifat transaksional biasanya memanfaatkan email sebagai media komunikasi tambahan.

Anda bisa mulai mengumpulkan leads email pelanggan, mengatur segmentasi dan melakukan treatment kepada setiap segmen.

Anda bisa mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan menggunakan email marketing, misalnya lewat penawaran khusus, promosi spesial dan lain sebagainya.

Alasan Pentingnya Customer Acquisition

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memahami pentingnya akuisisi pelanggan, antara lain sebagai berikut:

Menjaga agar Bisnis Terus Tumbuh

Dalam sebuah bisnis, pelanggan tidak selalu hadir. Ada yang datang ada pula yang pergi. Tentu jika dibiarkan, pelanggan akan terus berkurang sehingga berdampak pada perkembangan bisnis.

Dengan adanya customer acquisition berkala, maka pelanggan dapat terus bertambah dan tumbuh ke arah yang positif.

Meningkatkan Customer Loyalty

Pelanggan loyal berawal dari pelanggan biasa yang sudah pernah menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Semakin banyak pelanggan baru yang berhasil di akuisisi, maka semakin besar juga peluang meningkatnya pelanggan loyal. Kegiatan customer acquisition secara tidak langsung berpengaruh terhadap customer loyalty.

Bertahan dari Kompetitor

Di era persaingan global seperti sekarang ini, para pelaku bisnis sangat ketat dalam bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Terkadang pelanggan tidak ragu untuk berpindah dari satu produk ke produk lainnya secara cepat.

Agar bisnis Anda dapat bertahan, maka perlu melakukan customer acquisition secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menggantikan pelanggan Anda yang mungkin sudah beralih ke produk kompetitor.

Baca Juga: Apa Itu Kompetitor? Pahami Agar Bisnis Anda Mampu Bersaing!

Mengetahui Tren dan Perubahan

Perubahan trend bisnis akan selalu ada dan terjadi setiap saat. Terkadang, para pelaku bisnis yang tidak menyadarinya akan tertinggal karena mereka tidak dapat beradaptasi dan tidak mengetahui trend yang sedang terjadi di pasar.

Salah satu cara untuk mengetahui perubahan yaitu dengan melakukan customer acquisition secara berkala. Disini kita akan mendapatkan data mengenai permintaan pasar. Ini dapat diolah untuk pengembangan produk di kemudian hari.

Meningkatkan Branding

Citra positif memiliki banyak faktor pembentuk. Salah satunya yaitu jumlah pelanggan. Para pelanggan biasanya cenderung mempercayai suatu brand yang sudah memiliki banyak pelanggan aktif.

Secara tidak langsung, customer acquisition berpengaruh terhadap branding perusahaan dalam jangka panjang.

Mendapatkan Strategi Terbaik

Setiap bisnis memiliki ramuan khususnya masing-masing. Ramuan rahasia ini didapatkan dari proses yang panjang dan percobaan berkali-kali.

Salah satunya yaitu ramuan strategi terbaik untuk mengakuisisi pelanggan. Dengan melakukan customer acquisition bekala, perusahaan bisa mendapatkan strategi yang paling efektif dan efisien.

Menarik Minat Investor

Selain dari sisi fundamental, biasanya para investor melihat bagaimana proses akuisisi pelanggan sebuah perusahaan. 

Apakah strateginya efektif, rasio biaya yang dikeluarkan dan bagaimana sistem akuisisi berjalan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Customer Journey: Pengertian, Fase, serta 5 Proses Utamanya

Tips Meningkatkan Customer Acquisition 

Bagi Anda yang ingin meningkatkan keberhasilan customer acquisition bisa dimulai dari perencanaan. Anda harus merencanakan strategi tidak hanya untuk jangka pendek, melainkan juga jangka panjang.

Strategi yang diterapkan harus berdasarkan data yang akurat, meliputi target audience dan model bisnis yang dijalankan.

Selain itu, Anda harus aktif di berbagai channel marketing. Tidak hanya aktif, namun harus optimal dan terus dioptimasi.

Dalam praktiknya tentu tidak akan berjalan lurus, disini Anda perlu melakukan testing untuk mencari strategi yang paling cepat, tepat dan efisien. Jika perlu, Anda bekerjasama dengan pihak yang memang sudah ahli di bidangnya untuk menghemat biaya dan waktu. 

Baca Juga: Customer Retention: Pengertian, Strategi beserta Contohnya

Penutup

Kegiatan customer acquisition ternyata memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis. Dengan pelanggan yang terus bertambah, memungkinkan bisnis terus berada di jalur positif.

Banyak strategi yang bisa diterapkan oleh perusahaan, terutama dengan memanfaatkan digital marketing. Bagi Anda yang memerlukan bantuan mengenai customer acquisition, Sasana Digital siap membantu Anda.

Ingin terhubung lebih dekat dengan ribuan pelanggan sekaligus meningkatkan kinerja tim dengan lebih efektif?

Anda bisa mendapatkan semuanya dengan software Customer Relationship Management (CRM) berteknologi AI yang telah terbukti membantu banyak bisnis dari berbagai industri. Yuk, simak informasi detail di sini!

Bagikan Artikel Ini

Aktivitas Terbaru Sasana Digital

/