fbpx
Metode Penerapan Lean Management dengan PDCA (Plan Do Control Act)

Metode Penerapan Lean Management dengan PDCA (Plan Do Check Act)

Lean management bukan proses satu kali jadi dan harus dilakukan secara konsisten selama perusahaan berdiri. Cari tahu bagaimana metode PDCA dapat membantu implementasi Lean management Anda!

Kompleksitas industri bukanlah masalah yang mudah untuk diselesaikan. Karena itu banyak sekali metode manajemen dan improvisasi yang digagas oleh berbagai praktisi bisnis, dan salah satunya adalah metode Lean management yang berfokus pada pengurangan pemborosan dan peningkatan value.

Tapi tidak bisa dipungkiri, tidak ada metode yang bergaransi 100% sukses. Begitupun juga dengan Lean management, dengan anda mengimplementasikannya bukan berarti perusahaan anda akan langsung lebih baik begitu saja. Ada langkah dan metodologi yang perlu anda lakukan terlebih dahulu dan salah satunya adalah PDCA.

Apa Itu PDCA?

PDCA merupakan salah satu metode improvisasi dalam siklus penerapan Lean management. Diketahui ada 70-80% perusahaan yang tidak mendapatkan manfaat yang terukur dari proyek Lean mereka karena tidak menggunakan metode PDCA ini.

PDCA sendiri memiliki kepanjangan Plan, Do, Check, dan Action. Keempatnya saling berkaitan dan membantu Anda dalam penerapan Lean management di dalam industri.

Plan

Plan artinya merencanakan. Di dalam Lean management, Anda harus mengetahui value apa yang dikejar dan pemborosan apa yang akan dihilangkan di dalam perusahaan Anda. Dan di tahap inilah, anda perlu menentukan terlebih dahulu 2 hal tersebut.

Ketahui terlebih dahulu masalah-masalah yang biasa dihadapi perusahaan, seperti:

  • Proses apa yang biasa dilalui sebelum produk bisa diproduksi?
  • Sumber daya apa saja yang dimiliki?
  • Berapa nilai jual yang seharusnya ditentukan agar pasar bisa menerima produk atau jasa?

Jawab pertanyaan tadi dan definisikan bagaimana langkah-langkah yang dibutuhkan untuk melakukan improvisasi. Cari tahu titik kuat dan titik lemah yang ada di dalam perusahaan sebelum menentukan langkah.

Baca juga: Mencegah Pemborosan Dengan Penerapan Lean Manufacturing

Bergantung dari skala perusahaan, proses dari plan ini bisa panjang atau singkat. Di beberapa kasus, bisa jadi proses ini yang membutuhkan sumber daya paling banyak dibandingkan dengan yang lain.

Do

Rencana yang dibuat hanya akan berguna jika ada aksi yang dihasilkan. Perusahaan biasanya jago membuat rencana, tapi setelah itu tidak dikerjakan sama sekali. Artinya, sama saja bohong.

Tetap ingat bahwa Lean berfokus pada pengurangan pemborosan! Jangan sampai proses do yang anda lakukan malah semakin memperparah kondisi yang sudah ada. Inilah mengapa anda perlu membuat rencana terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

Terakhir, bisa jadi ada masalah yang tak terduga di tengah proses eksekusi rencana, sebaik apapun Anda merencanakannya. Anda boleh melakukan penyesuaian, tetapi jangan ganti tujuan akhir anda.

Check

Setelah anda melakukan hal yang sudah anda rencanakan, sekarang waktunya untuk mengecek apakah hal yang anda lakukan sudah menghasilkan tujuan yang anda inginkan. 

Laporkan setiap detil aktivitas yang dilakukan sebelumnya, dan tentu saja berikut dengan hasil yang didapatkan. Cari tahu apakah hasil-hasil tadi sesuai dengan apa yang anda rencanakan di tahap pertama, atau ada beberapa hasil yang meleset.

Di tahap inilah seharusnya Anda mengetahui, apakah Lean yang anda lakukan memberikan dampak yang terukur atau tidak. Jika jawabannya adalah tidak, maka cek lagi plan Anda apakah diagnosis Anda di awal sudah tepat atau mungkin Anda melewatkan sesuatu.

Act

Waktunya mengimprovisasi hasil pengecekan yang anda temukan di tahap sebelumnya. Dalam 5 prinsip Lean management, prinsip kelima adalah improvisasi dan optimasi dan tentunya tahap ini sangatlah cocok untuk konsep tersebut.

Baca juga: Mengenal Konsep Lean Management Dalam Industri Manufaktur

Jika anda sudah mendapatkan hasil yang diinginkan, kembali lagi ke tahap pertama dan cari tahu lagi bagian mana yang masih menghasilkan pemborosan, atau apakah value dari produk/jasa anda masih bisa dimaksimalkan lagi.

PDCA Membantu Efektivitas Lean Management

Selamat, Anda sudah berhasil melakukan improvisasi pertama dalam proyek Lean pertama Anda. Lakukan proses ini secara berulang sesuai dengan koridor proyek Lean Anda, maka niscaya efisiensi dan produktivitas perusahaan bisa terus meningkat.

Dan perlu diingat bahwa Lean tidak hanya bisa diimplementasikan di proyek skala besar, tapi juga bisa dimulai dari manajemen dan administratif terlebih dahulu. Selalu mulai dari hal kecil, sebelum menuju ke hal yang lebih besar.

Sasana Digital juga menghadirkan tim expert dari Lean management. Anda bisa berdiskusi dan mendapatkan informasi seputar dunia Lean dan industri 4.0 langsung dari ahlinya. Temukan lebih lanjut di webinar Lean dan Industri 4.0 kami.

Webinar Lean dan Industri 4.0

Comments are closed.