fbpx
Mengulik Alasan Mengapa Marketplace Sangat Digemari Di Indonesia

Mengulik Alasan Mengapa Marketplace Sangat Digemari Di Indonesia

Di tahun 2019, bahkan kapitalisasi marketplace mencapai 294 triliun rupiah. Sebenarnya mengapa marketplace sangat digemari masyarakat?

Di jaman sekarang ini tampaknya hampir semua orang sudah mengenal yang namanya belanja online, marketplace, dan e-commerce. Menurut data survey dari SIRCLO Indonesia, pengguna e-commerce Shopee di Q3 2020 tercatat sejumlah 55.9 juta, sedangkan di kuartal yang sama di tahun 2020, jumlahnya mencapai 96.2 juta! Artinya ada peningkatan sebesar 72%.

Tentu saja ini tidak main-main. Pertumbuhan pengguna e-commerce ini juga bisa menjadi dua mata pisau, di satu sisi mengancam para penjual ritel yang sudah berkecimpung bertahun-tahun, tapi juga bisa dijadikan peluang untuk membentuk pasar baru.

Marketplace, Tren Belanja Baru di Abad 21

Di jaman sebelum adanya e-commerce dan marketplace seperti sekarang, orang harus keluar dan mengunjungi toko satu per satu untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Bahkan jika sudah ada internet sekalipun di tahun 2007-2008an, orang masih harus mencari informasi secara manual dari website ke website.

Semenjak konsep e-commerce dan marketplace muncul, maka orang bisa belanja langsung dari ponsel. Mereka pun bisa langsung membandingkan semua barang yang ingin dia beli dalam satu platform, tanpa perlu pindah-pindah aplikasi. Keunggulan utama inilah yang menjadi kunci dalam kepopuleran e-commerce dan marketplace di abad 21.

Bahkan disebut-sebut juga bahwa industri ritel bakal punah di masa depan, mengingat orang lebih suka menggunakan e-commerce dibandingkan harus keluar dan mencari barang belanjaan. Apalagi untuk barang yang bersifat hiburan seperti elektronik.

5 Kelebihan Marketplace

Marketplace memiliki 5 kelebihan utama yang tidak dimiliki oleh sistem belanja konvensional. Berikut di antaranya:

Belanja Dari Rumah

Siapa yang tidak senang apabila bisa membeli sesuatu hanya dari rumah? Mulai dari mencari informasi barang, membandingkan harga, mencari lokasi toko terdekat, sampai melakukan pembayaran semuanya bisa dilakukan dari rumah.

Dan karena tidak adanya batasan wilayah, maka pembeli bisa membeli apapun bahkan barang-barang dari luar negeri sekalipun. Beberapa marketplace bahkan menawarkan pembelian dari luar negeri dengan pengalaman yang sama seperti berbelanja dalam negeri!

Banyak Promo dan Universal

Lalu selanjutnya adalah banyaknya promo yang diberikan oleh berbagai platform marketplace yang ada. Promo ini juga tidak hanya berlaku di toko tertentu saja, tidak seperti yang terjadi ketika anda belanja biasa dimana promo hanya berlaku di tempat tertentu.

Baca Juga: SEO di Marketplace: Bagaimana Cara Mendapatkan Traffic Untuk Toko Online Anda

Selain itu cara untuk mendapatkan promonya juga mudah, tidak perlu repot-repot bertanya kepada pelayan (yang juga belum tentu mau ambil pusing untuk memberitahukannya ke pelanggan). Dan tentu ini menjadi salah satu poin yang cukup kuat untuk menggusur industri ritel konvensional.

User Experience yang Sangat Menarik

Ada banyak pengalaman unik dan menarik ketika anda berbelanja di platform marketplace, seperti kemudahan untuk mendapatkan info barang serupa sampai bisa mengikuti event live shopping yang diadakan oleh brand.

Semua pengalaman itu tentu bisa meningkatkan kenyamanan konsumen dalam berbelanja. Konsumen juga tidak harus pusing karena dikejar-kejar tim sales ketika sedang memilih barang.

Selain tentang pengalaman memilih barang, konsumen juga bisa mendapatkan program-program yang unik seperti flash sale harbolnas dimana di hari-hari tersebut jumlah transaksi melambung tinggi. Tentu semua ini tidak bisa (atau jarang sekali) bisa anda temui jika anda berbelanja secara konvensional di pusat perbelanjaan.

Kemudahan Pembayaran

Pernahkah anda mendapatkan jawaban bahwa kartu ATM anda tidak bisa digunakan di salah satu tempat belanja favorit anda, padahal anda sedang tidak mau membawa uang tunai? Kejadian ini memang menyebalkan, tapi tidak akan terjadi di marketplace.

Jangan lupa, ikuti event online kami seputar Marketplace Hack 1.0: Tingkatkan Traffic Seller Baru

Menagap? Sebab marketplace seringkali sudah memiliki mata uang digital sendiri, yang bisa diisi melalui bank apapun. Orang yang berbelanja di marketplace biasanya tidak akan terbentur dengan masalah pembayaran. Sebab metode pembayaran yang dipakai sekarang sudah sangat luas dan beragam.

Banyak Opsi dan Pilihan

Jika anda berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan, sebut saja mall A, maka anda hanya bisa menemukan opsi dari tenant yang ada di mall A tersebut. Anda tidak bisa mendapatkan opsi dari mall B, karena memang tidak ada di dalam mall A!

Tapi itu tidak akan terjadi jika anda menggunakan e-commerce atau marketplace saat berbelanja. Anda cukup mengeset lokasi tempat tinggal anda, dan semua opsi serta pilihan akan langsung muncul dan bisa dilihat dengan mudah. Anda juga bisa mendapatkan informasi harga dan stock langsung saat itu juga, tanpa perlu repot bertanya.

Baca Juga: 4 Tips Meningkatkan Traffic Pengunjung dan Pembelian di Marketplace Indonesia

Kesimpulan

E-commerce dan marketplace merupakan peluang yang sangat besar di era revolusi industri 4.0 ini. Jika anda berencana untuk membuka atau melebarkan bisnis jual beli anda, maka platform jualan online adalah opsi utama yang harus anda pertimbangkan. Jika anda menemui kesulitan, anda bisa menghubungi konsultan bisnis digital kami untuk membantu anda dalam menemukan solusi bisnis yang tepat.

Comments are closed.