fbpx
Mengenal Arti Slogan Making Indonesia 4.0

Mengenal Arti Slogan Making Indonesia 4.0

Dalam menyambut era revolusi industri 4.0, pemerintah telah mencanangkan slogan “Making Indonesia 4.0” apa maksudnya?

Sebagai seorang pelaku usaha, anda tentu pernah mendengar jargon atau slogan Making Indonesia 4.0 yang disampaikan oleh Kementrian Perindustrian. Faktanya, slogan ini bukan hanya jejeran huruf dan kata tanpa arti!

Melalui slogan ini, pemerintah ingin mengajak masyarakat khususnya para pelaku bisnis, terutama UMKM untuk mengikuti perkembangan dan menjawab tantangan terkini: revolusi industri 4.0. UMKM diminta untuk menyesuaikan kegiatan usaha mereka dengan menggunakan bantuan teknologi.

“Sejak 2011, Kita Telah Memasuki Era Revolusi Industri 4.0”

Perkembangan teknologi memang telah dimulai sejak awal tahun 2000-an, dimana popularitas ponsel dan komputer mulai masuk ke masyarakat umum. Tahun-tahun berikutnya teknologi berkembang sangat pesat, dan akhirnya menjadi seperti yang sekarang anda lihat.

Dan tentu saja teknologi tersebut bukan hanya konsol untuk main game belaka, teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, bahkan sampai skala industri manufaktur yang kompleks.

Karena itulah Making Indonesia 4.0 dijadikan sebagai roadmap dalam perkembangan ekonomi negara Indonesia.

Dapatkan informasi lengkap seputar transformasi digital

Arti Penting Slogan Making Indonesia 4.0

Bersama slogan tersebut, ada beberapa hal yang difokuskan oleh pemerintah dalam mendukung implementasi industri 4.0 di Indonesia, seperti

Revitalisasi Infrastruktur

Agar industri bisa berjalan dengan lancar, maka kehadiran infrastruktur yang memadai adalah wajib. Pemerintah dalam hal ini memperbaiki jaringan dan infrastruktur antar wilayah yang ada di Indonesia, dan karena itu pemerintah terus gencar menambah jalan baru demi kelancaran logistik.

Infrastruktur ini nantinya akan mempermudah jalur distribusi barang, dimana jalur distribusi merupakan salah satu kunci dari industri manufaktur. Tanpa ada jalur distribusi yang baik, maka barang yang telah diproduksi tidak bisa dikirimkan.

Memperbaiki Zona Industri

Zona industri yang terkonsentrasi dengan baik bisa mengoptimalkan sinergi antar industri yang ada di sana. Sebab sangat tidak mungkin ada 1 perusahaan yang bisa menangani segala bidang dalam satu waktu, dan karena itu perbaikan di zona industri harus dilakukan guna meningkatkan sinergi.

Baca Juga: Fungsi dan Peran Konsultan Transformasi Digital Untuk Perkembangan Perusahaan

Tidak hanya mengelompokkan secara benar saja, pemerintah juga akan memastikan bahwa industri yang memegang peran penting dalam Making Indonesia 4.0 dibuat selaras mungkin dalam satu zona. Sehingga menciptakan zona industri komprehensif yang bisa saling berkolaborasi satu dengan yang lain.

Meningkatkan Infrastruktur Digital

Kehadiran teknologi juga perlu disokong oleh infrastruktur digital yang baik. Tanpa itu, teknologi tidak akan bisa diakses atau tidak bisa digunakan secara maksimal. Dalam hal ini, pemerintah akan memperbaiki infrastruktur digital sehingga bisa menghasilkan kecepatan transmisi data untuk kelancaran jaringan.

Selain itu, pemerintah juga akan meningkatkan kemampuan digital. Beberapa contoh di antaranya adalah: menghadirkan teknologi data cloud, meningkatkan efektivitas data center, security management, sampai infrastruktur broadband.

Harmonisasi Aturan dan Kebijakan

Salah satu halangan dan tantangan dalam mengembangkan industri di Indonesia adalah rumitnya perizinan dan kebijakan yang berlaku di setiap daerah. Melalui program Making Indonesia 4.0, pemerintah bertugas untuk menyelaraskan aturan dan kebijakan yang berlaku untuk mendorong pertumbuhan industri dan teknologi.

Apalagi mengingat ekosistem usaha sekarang yang sudah jauh berubah dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Peraturan yang sekarang berlaku tentu sudah tidak lagi relevan dan perlu diperbarui, atau bahkan disederhanakan.

Pembangunan Ekosistem Inovasi

Dinamika teknologi yang cepat dan masif membuat pemerintah perlu mengakomodasi inovasi yang bisa dikembangkan oleh masyarakat nasional. Salah satunya dengan menghadirkan pusat inovasi.

Mengingat teknologi adalah inti dari revolusi industri 4.0 dan making indonesia 4.0, maka ruang pengembangan haruslah ada.

Apapun Strategi yang Diterapkan dalam Making Indonesia 4.0, Anda Harus Siap dan Bisa Menangkap Peluang

Tentu saja pemerintah hanya bertugas untuk memberikan fasilitas berdasarkan goal yang dicanangkan. Andalah yang tetap memegang peranan dalam meningkatkan daya saing perusahaan di tengah pusara revolusi industri 4.0. Terus cari tahu peluang terbaru dan tingkatkan efisiensi dari perusahaan anda mulai sekarang.

Comments are closed.