fbpx

Mengapa konten Visual Penting Dalam Pemasaran Digital ?

Sebelum kita membahas jauh mengenai konten visual, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa sih yang disebut dengan konten visual? Ketika Anda memikirkan konten visual, mungkin Anda hanya membayangkan sebuah gambar, tapi tahukah anda  konten visual mencakup banyak format lain seperti:

  • Logo merek
  • Kutipan disertai dengan gambar
  • Grafik
  • Infografis (representasi visual dari data atau informasi yang menyajikan ide-ide kompleks dengan cara yang sederhana)
  • Video
  • Meme (gambar yang biasanya lucu disertai dengan teks yang menyampaikan ide atau pesan dan menyebar ke seluruh Internet secara viral)
  • Seni Kata
  • Kartun

Mengapa Konten Visual Begitu Penting ?

Seperti kata pepatah, sebuah gambar mengatakan seribu kata. yups! Otak manusia memproses informasi visual jauh lebih cepat daripada teks. Gambar visual mengomunikasikan ide dengan cara yang lebih cepat. Dalam sedetik, visual dapat dipahami, sementara teks membutuhkan waktu untuk dibaca dan diproses.

Konoten Visual memiliki kemampuan untuk bercerita, yang membuatnya sangat efektif dalam digunakan pada proses pemasaran. Untuk itu postingan di berbagai platform media sosial dengan konten gambar, grafis, atau video yang menarik bisa mendapatkan 120% hingga 180% lebih banyak keterlibatan followrers daripada posting hanya menggunakan teks. Facebook bahkan telah mengubah format profilnya ke dalam Timeline untuk membuatnya lebih berorientasi visual, begitupula dengan situs media sosial populer, seperti Pinterest atau Instagram, yang memang dibuat sebagai platform media sosial khusus untuk konten visual.

Itu sebabnya visual dan gambar lebih cocok untuk konten daripada blok atau garis teks sederhana. Orang-orang di media sosial lebih suka untuk terlibat dengan konten visual. Bahkan, 40% pengguna online akan memberikan respons yang lebih baik terhadap konten visual daripada konten teks biasa. Misalnya, tweet dengan gambar mendapatkan retweet 150% lebih banyak daripada tweet tanpa gambar, sementara kiriman Facebook dengan gambar menghasilkan 2,3 kali lebih banyak keterlibatan daripada kiriman tanpa mereka.

 

Ide Konten Visual

Salah satu kendala yang membuat banyak pelaku Digital Marketing cukup kerepotan dalam membuat konten adalah kurangnya ide. untuk itu salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengambil informasi yang biasanya disajikan dalam artikel teks lalu mengubahnya menjadi infografis. Misalnya saja kita dapat mengambil suatu informasi yang kompleks yang ingin kita posting dalam media sosial lalu kita ubah menjadi grafik yang dapat  dipahami dengan mudah. Konten visual juga dapat ditambahkan ke konten siaran pers untuk membuatnya lebih menarik. Anda juga dapat menambahkan video atau gambar ke postingan blog untuk memberi pembaca  cara lain dalam memahami informasi dengan cepat mengenai konsep yang Anda coba sampaikan.

 

Membuat konten Visual Itu Mudah !!

Banyak bisnis yang sudah mulai Online, dan menggunakan berbagai platform media sosial untuk memasarkan bisnisnya, namun sayangnnya masih banyak dari mereka yang tidak memanfaatkan konten visual dalam proses pemasarannya, karena mereka merasa bahwa keterampilan desain mereka tidak sesuai dengan standar. banyak pemilik bisnis online yang mungkin berpikir bahwa mereka bukan fotografer atau seorang design grafis, sehingga mereka memposting gambar di media sosial bisnis mereka dengan kualitas yang asal-asalan, padahal saat ini ada banyak sekali alat/software yang dapat kita gunakan sebagai alat bantu dalam pembuatan konten visual yang memudahkan bagi siapa pun untuk membuat konten bermutu profesional dengan sedikit atau tanpa keahlian sama sekali, atau bahkan bisa juga dengan mengikuti workshop-workshop bermutu yang dapat mengajarkan Anda teknik mudah dalam membuat konten visual menarik yang memang dikhususkan bagi para pemula, jika berminat Anda dapat mengikuti workshop tersebut dengan mengklik link berikut workshop Sasana Digital .

Jadi Bagaimana ? apakah Anda sudah siap membuat konten-konten visual yang menarik untuk pemasaran di Digital Platform Bisnis Anda ? 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *