Blog ›

Pentingnya Peran Marketing Officer dalam Bisnis

I

Peran Marketing Officer dalam perusahaan yang terintegrasi dengan produk memiliki nilai penting yang tak terbantahkan. Marketing memegang peranan krusial dalam mengatur peredaran produk di pasar.

Apabila Anda berminat untuk melamar pekerjaan sebagai Marketing Officer, sangat disarankan untuk membaca informasi penting mengenai posisi tersebut yang telah dirangkum oleh Sasana Digital.

Artikel ini memberikan penjelasan tentang peran Marketing Officer, tugas Marketing Officer, serta keterampilan yang perlu dimiliki sebelum mengajukan lamaran untuk posisi ini.

Apa Itu Marketing Officer?

Marketing, yang dikenal juga sebagai pemasaran dalam bahasa Indonesia, merupakan kegiatan yang melibatkan promosi dan penjualan produk atau jasa dari sebuah perusahaan.

Sebagai seorang marketer, pengetahuan yang luas dan kemampuan analisis diperlukan untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif.

Marketing memegang peranan kunci dalam kesuksesan suatu perusahaan, tidak hanya dalam hal produk yang dihasilkan, tetapi juga dalam memahami pasar dan kepuasan konsumen.

Sebagai seorang Marketing Agent Officer, memiliki tugas yang meliputi strategi pemasaran produk perusahaan. Namun, peran seorang marketing officer tidak terbatas hanya pada itu saja.

Dalam buku “Digital Marketing: Konsep dan Strategi 2021” oleh Boone dan Kurtz, marketing diartikan sebagai salah satu komponen penting dalam e-commerce, dengan fokus pada pembuatan, distribusi, promosi, dan penetapan harga barang atau jasa yang dijual.

Menurut Amstrong dan Kotler dalam pembahasan dari buku yang sama, marketing juga merupakan aspek penting dalam e-commerce yang melibatkan komunikasi, promosi, dan penjualan produk atau jasa dari suatu perusahaan.

Peran seorang Marketing Agent Officer dapat bervariasi tergantung pada perusahaan yang bersangkutan. Secara umum, tugasnya meliputi pengembangan produk, penetapan harga, branding, pelayanan pelanggan, dan manajemen penjualan.

Selain itu, seorang Marketing Agent Officer juga sering bekerja secara lintas divisi dengan tim produk, penjualan, dan kreatif. Tujuan utamanya adalah menjalankan kampanye produk dan brand untuk meningkatkan penjualan.

Di beberapa industri dan perusahaan, Marketing Agent Officer memiliki berbagai bidang pekerjaan seperti asisten marketing, spesialis pemasaran brand, dan lain sebagainya, yang menawarkan prospek karier yang menarik bagi mereka yang ingin menjadi profesional di bidang pemasaran.

Lalu, apakah terdapat perbedaan antara Marketing Officer dengan sales? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Apa Itu Staff Marketing? Ini Definisi dan 10 Skill Wajibnya

Apakah Marketing Officer Sama Dengan Sales?

Peran seorang Marketing Officer jelas berbeda dengan sales. Jadi, jawaban untuk pertanyaan di atas adalah tidak sama.

Seorang Marketing Agent Officer akan berfokus pada strategi pemasaran produk, sedangkan sales memiliki peranan sebagai penghubung dengan pelanggan untuk mendorong pembelian produk.

Marketing dan sales memiliki perbedaan yang signifikan. Sales bertanggung jawab menjaga hubungan dengan klien perusahaan agar mereka membeli produk, sementara marketing memiliki lingkup yang lebih luas.

Sebagai seorang Marketing Agent Officer, tugasnya adalah membantu meningkatkan minat konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Tanggung Jawab dan Tugas Marketing Officer

Setelah memahami konsep dasar tentang marketing dan peran seorang Marketing Agent Officer, penting untuk memiliki pemahaman umum mengenai tugas-tugas yang diemban oleh seorang Marketing Agent Officer.

Meskipun tugas-tugas ini dapat bervariasi di setiap perusahaan, namun dapat memberikan gambaran awal bagi Anda yang tertarik dalam bidang pemasaran.

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang Marketing Agent Officer:

Tugas Marketing Officer

  • Merencanakan strategi untuk memasarkan produk agar perusahaan mendapatkan keuntungan yang optimal
  • Menentukan harga jual produk yang sesuai dengan pasar
  • Merancang strategi promosi agar produk dikenal dan diterima dengan baik oleh masyarakat
  • Mengatur distribusi produk agar dapat mencapai konsumen dengan lancar
  • Melakukan sosialisasi produk kepada konsumen, baik melalui platform daring maupun tatap muka
  • Memastikan layanan pelanggan berjalan dengan baik, baik melalui kanal online maupun offline
  • Mengevaluasi keluhan atau masukan konsumen terhadap produk yang dijual

Tanggung Jawab Marketing Officer

  • Menentukan harga produk yang sesuai dengan pasar
  • Memahami keinginan dan harapan konsumen serta berusaha untuk memenuhinya
  • Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen
  • Merencanakan dan mengimplementasikan strategi pengembangan produk, termasuk desain dan kemasan produk
  • Membuat strategi pemasaran yang efektif agar produk mudah diterima oleh pasar dan konsumen
  • Melakukan riset pasar untuk menentukan jumlah produksi yang tepat
  • Membimbing dan memimpin tim penjualan untuk menjadi lebih aktif, efektif, dan kompetitif dalam memasarkan produk

Baca juga: 10 Tugas Utama Divisi Marketing untuk Pemasaran yang Efektif

Keterampilan yang Perlu Dimiliki Marketing Officer

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan karier sebagai Marketing Agent Officer, berikut di bawah ini adalah beberapa keterampilan yang penting untuk Anda miliki.

Hard Skill

 

hard skill marketing officer

1. Pengetahuan Pelanggan (Customer Knowledge)

Memahami pelanggan merupakan keterampilan utama yang diperlukan sebagai Marketing Agent Officer. Tanpa pemahaman yang baik tentang pelanggan, strategi pemasaran tidak akan efektif.

Dengan memahami pelanggan, Anda dapat mengidentifikasi pola pembelian dan kebutuhan mereka, sehingga membantu dalam merancang strategi pemasaran yang tepat.

Anda dapat meningkatkan keterampilan pemasaran Anda dengan mengikuti kelas yang tersedia melalui tautan di bawah ini.

Baca juga: Perilaku Konsumen di Era Digital: Kenali dan Hadapi

2. Riset

Sebagai marketer, Anda perlu melakukan riset yang berkaitan dengan pasar dan pelanggan.

Melalui riset ini, Anda dapat memperoleh informasi yang mempengaruhi rencana pemasaran dan kampanye. Misalnya, mengikuti tren terbaru dan memahami dampaknya pada strategi pemasaran.

3. Analisis dan Pemahaman Pasar

Selain pemahaman tentang pelanggan, sebagai seorang Marketing Agent Officer, Anda juga perlu memiliki pemahaman tentang pasar dan situasi industri.

Dengan menganalisis pasar, Anda dapat membantu perusahaan mengembangkan produk, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan meningkatkan daya saing. Hal ini juga mempermudah Anda dalam merancang strategi pemasaran selanjutnya.

4. Analisis Data

Seiring dengan riset dan analisis pasar, sebagai seorang Marketing Agent Officer Anda perlu memiliki kemampuan dalam membaca dan menganalisis data.

Data merupakan bagian penting dalam aktivitas pemasaran saat ini. Data tersebut dapat berupa metrik yang berguna dalam merancang strategi pemasaran.

Dengan menganalisis data, Anda dapat mengetahui konten dan kampanye mana yang efektif serta area mana yang perlu ditingkatkan.

5. Manajemen Proyek

Kemampuan dalam mengelola proyek sangat penting sebagai Marketing Agent Officer. Anda akan terlibat dalam berbagai aktivitas, mulai dari perencanaan pemasaran, persiapan kampanye, hingga pengawasan dan evaluasi strategi yang sedang berjalan.

Untuk menjalankan semua tugas tersebut dengan baik, Anda perlu memiliki keterampilan manajemen proyek yang kuat.

Hal ini meliputi kemampuan bekerja dengan tenggat waktu, memprioritaskan tugas, berkolaborasi dengan tim, dan menghasilkan hasil akhir yang memuaskan.

Soft Skill

 

soft skill seorang marketing officer

1. Berpikir Kritis

Dalam bidang pemasaran, kemampuan berpikir kritis sangat penting. Hal ini akan membantu Anda dalam menjalankan tugas dan proyek dengan baik.

Misalnya, ketika Anda menghadapi masalah dalam promosi yang tidak efektif, dengan berpikir kritis Anda dapat mengidentifikasi penyebab utama dari masalah tersebut.

Anda dapat menganalisis ketidakcocokan ide promosi dengan target pelanggan atau konten yang kurang menarik. Kemampuan berpikir kritis akan membantu Anda mengatasi masalah dengan cara yang efektif.

2. Mampu Memecahkan Masalah

Dalam dunia pemasaran, berbagai masalah dapat muncul. Sebagai seorang profesional pemasaran, Anda perlu dapat menganalisis dan memecahkan masalah tersebut satu per satu.

3. Berpikir Kreatif

Sebagai seorang Marketing Agent Officer, kemampuan untuk menghasilkan ide-ide kreatif sangat diperlukan. Anda perlu berpikir di luar kotak dan menciptakan cara promosi yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan penjualan.

4. Kerja Tim dan Kolaborasi

Dalam menjalankan strategi dan kampanye pemasaran, Anda akan bekerja dengan berbagai tim dan departemen. Kemampuan kolaborasi dan kerja tim sangat penting untuk memastikan semua tugas dapat berjalan dengan lancar.

Misalnya, dalam mengatur proses promosi di berbagai saluran pemasaran, Anda perlu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan tim untuk memastikan kesesuaian konten dan strategi promosi.

5. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting bagi seorang Marketing Agent Officer. Anda perlu mampu mengirimkan pesan yang jelas kepada pelanggan untuk meyakinkan mereka agar membeli produk.

Selain itu, kemampuan komunikasi juga diperlukan dalam berinteraksi dengan rekan kerja, menjelaskan ide dan rencana pemasaran kepada orang lain, termasuk manajer, anggota tim, dan pimpinan perusahaan.

Kemampuan berkomunikasi dengan baik akan membantu Anda berinteraksi dengan berbagai pihak dengan efektif.

Baca juga: Customer Care yang Efektif: Implementasi & Studi Kasus

Kualifikasi Menjadi Seorang Marketing Officer

Hampir semua perusahaan di Indonesia, dari berbagai sektor, seringkali menawarkan posisi pekerjaan sebagai Marketing Agent Officer.

Setelah mengetahui tanggung jawab dan tugas Marketing Officer, di bagian ini, Anda perlu mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan agar dapat mempersiapkan dokumen penting ketika melamar pekerjaan tersebut.

Berikut adalah penjelasannya:

Biasanya, calon pelamar untuk posisi Marketing Agent Officer memiliki latar belakang pendidikan di bidang Komunikasi, Ekonomi, Pemasaran, Bisnis, dan bidang lain yang terkait dengan dunia pemasaran. Kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang Marketing Officer antara lain:

  • Kemampuan komunikasi yang baik, karena pekerjaan Marketing Agent Officer melibatkan interaksi dengan berbagai orang
  • Kemampuan berpikir kreatif dan inovatif
  • Pengetahuan tentang sistem CRM (Customer Relationship Management)
  • Pemahaman tentang media sosial dan alat-alat untuk melakukan analisis di media sosial
  • Kemampuan berbahasa asing diperlukan jika bekerja di divisi marketing perusahaan multinasional
  • Fleksibilitas dalam bekerja, termasuk kemampuan untuk bekerja di luar kantor
  • Keterampilan dalam pemasaran digital, seperti copywriting dan desain, untuk kampanye dan promosi di media sosial
  • Kemampuan analisis yang baik untuk mengevaluasi kampanye pemasaran produk dan jasa yang dilakukan

Baca juga: 7 Cara Menerapkan Strategi CRM dan 10 Contohnya

Tugas Marketing Officer selalu terkait dengan kegiatan pemasaran baik secara offline maupun online di sebuah perusahaan.

Jika Anda sudah memahami tugas Marketing Officer dan berminat melamar untuk posisi ini, perlu diketahui bahwa profesi ini memiliki jenjang karier tersendiri. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Ekrut.com, terdapat tiga jenjang karier untuk posisi di divisi marketing, yaitu:

  • Marketing Officer (untuk fresh graduate hingga 3 tahun pengalaman)
  • Marketing Eksekutif (untuk yang telah memiliki pengalaman hingga 10 tahun)
  • Chief Marketing Officer (untuk yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun) yang merupakan posisi tertinggi dalam karir pemasaran

Berapa Gaji Marketing Officer?

Pekerjaan di bidang pemasaran merupakan posisi yang penting untuk pertumbuhan sebuah perusahaan.

Memulai karir sebagai Marketing Agent Officer dengan pemahaman yang baik tentang tugas-tugasnya akan membantu Anda menentukan minat Anda dalam bidang ini.

Gaji seorang marketer bervariasi tergantung pada perusahaannya. Selain itu, gaji seorang marketer juga dipengaruhi oleh level jabatannya dan pengalaman kerjanya dalam bidang pemasaran.

Berikut perkiraan gaji seorang marketer berdasarkan jenjang karier dan lamanya pengalaman bekerja yang dimiliki.

Seorang Marketing Agent Officer yang baru lulus atau tidak memiliki pengalaman akan mendapatkan gaji sebesar Rp3.000.000 sampai Rp4.000.000 per bulan.

Sementara, seorang Marketing Manager dengan pengalaman kurang dari 5 tahun akan mendapatkan gaji sebesar Rp7.000.000 sampai Rp8.000.000 per bulan.

Namun, Anda diharapkan tidak terlalu terpaku dengan nominal gaji yang telah disebutkan di atas, karena tentunya akan terdapat perbedaan yang menyesuaikan dengan daerah tempat tinggal Anda.

Pertanyaan Seputar Posisi Marketing Officer

Untuk memudahkan Anda, berikut rangkuman pembahasan kali ini melalui pertanyaan seputar Marketing Officer.

1. Siapa dan Apa yang Dimaksud Marketing Officer?

Sebagai seorang Marketing Agent Officer, memiliki tugas yang meliputi strategi pemasaran produk perusahaan.

Mereka juga sering bekerja secara lintas divisi dengan tim produk, penjualan, dan kreatif. Tujuan utamanya adalah menjalankan kampanye produk dan brand untuk meningkatkan penjualan.

3. Berapakah Gaji Marketing Officer?

Seorang Marketing Agent Officer yang baru lulus atau tidak memiliki pengalaman akan mendapatkan gaji sebesar Rp3.000.000 sampai Rp4.000.000 per bulan.

Sementara, seorang Marketing Manager dengan pengalaman kurang dari 5 tahun akan mendapatkan gaji sebesar Rp7.000.000 sampai Rp8.000.000 per bulan.

Namun, Anda diharapkan tidak terlalu terpaku dengan nominal gaji yang telah disebutkan di atas, karena tentunya akan terdapat perbedaan yang menyesuaikan dengan daerah tempat tinggal Anda.

3. Apakah Marketing Officer Sama dengan Sales?

Peran seorang Marketing Officer jelas berbeda dengan sales. Seorang Marketing Agent Officer akan berfokus pada strategi pemasaran produk, sedangkan sales memiliki peranan sebagai penghubung dengan pelanggan untuk mendorong pembelian produk.

Penutup

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, peran seorang Marketing Agent Officer sangat penting untuk memastikan produk atau layanan Anda dikenal oleh pasar.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam sebagai seorang Marketing Agent Officer, kunjungi artikel kami yang telah merangkum informasi penting seputar posisi ini.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan memperluas jangkauan bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi layanan training kami di Sasana Digital. Klik banner di bawah ini dan kami siap membantu Anda mencapai kesuksesan dalam dunia marketing.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital