fbpx
Ketahui Keuntungan Dari Otomasi Data Beserta Contoh Kasusnya

Ketahui Keuntungan Dari Otomasi Data Beserta Contoh Kasusnya

Otomasi data merupakan salah satu strategi pengembangan bisnis dengan membuat sistem data yang selalu diperbarui secara otomatis. Mengapa ini penting?

Bisnis di masa sekarang dituntut untuk melakukan otomasi dimanapun ada kesempatan. Otomasi produksi, distribusi, dan evaluasi. hampir semua aspek dari dunia bisnis tidak akan lepas dari otomasi.

Data juga merupakan salah satu aspek yang wajib diotomasi. Sebab setiap hari bisnis tidak akan lepas dari namanya data. Baik data produksi sampai data sales, dan ini semua harus diupdate setiap hari!

Apa Itu Otomasi Data

Bayangkan jika data anda harus ditangani oleh manusia setiap harinya. Data tersebut harus diinput secara manual ke dalam database perusahaan dengan presisi tetap. Pertanyaannya, bagaimana manusia bisa tetap konsisten memasukkan data dengan format yang sama setiap harinya secara teratur?

Bukankah fokus manusia bisa berubah-ubah, bergantung pada kondisi fisik dan lingkungan. Selain itu, pengambilan data secara manual juga beresiko salah input. Bisa jadi kolomnya salah, angkanya salah, atau range waktunya salah. Satu saja kesalahan kecil yang terjadi, maka bisa memberikan efek domino pada data berikutnya.

Karena itu otomasi data diperlukan, dan biarkan mesin yang menangani masalah tersebut. Tingkat presisi mesin tentu akan sama, kecuali bila ada yang merubah kode atau pengaturannya. Mesin juga bisa dijadwalkan tanpa rasa lelah sedikitpun. Mau mengambil 1.000 data setiap detik pun mereka tidak akan mengalami masalah, selama penyimpanan anda mencukupi.

Contoh Kasus Otomasi Data

Otomasi data bisa dilakukan dengan skala kecil maupun skala besar. Mulai dari digital marketing sampai monitoring produksi, berikut 2 contoh kasus sederhana dengan automasi data.

Penggunaan Dashboard Data Studio

Data Studio sering dikenal sebagai aplikasi visualisasi data yang bisa memuat data digital marketing secara otomatis dan dinamis. Beberapa digital marketer professional selalu menggunakan data studio untuk kebutuhan laporan performa dari strategi mereka.

Kunjungi halaman strategi digital kami untuk mendapatkan informasi ragam strategi digital marketing terbaru yang efektif.

Dengan menggunakan Data Studio, maka tidak perlu lagi mengcopy dari source awal. Proses visualisasi juga tidak diperlukan, karena data studio sudah menangani semuanya. Si digital marketer bisa langsung mengunduh format PDF atau langsung mempresentasikan data yang ada dari dashboard.

Pencatatan Pembelian Secara Otomatis

Transaksi jual beli juga merupakan data penting yang harus bisa tercatat setiap harinya. Jika setiap hari hanya ada 1 atau 2 transaksi, mungkin masih bisa ditangani manual. Tapi bagaimana dengan transaksi yang sudah menyentuh angka ratusan atau bahkan ribuan setiap hari?

Otomasi data bisa membantu anda untuk merekap data pembelian secara otomatis setiap harinya. Termasuk mencatat siapa yang melakukan pembelian, berapa besar nilainya, dan barang apa saja yang dibeli.

Selanjutnya data tadi akan dicocokan dengan stock di gudang secara otomatis, dan anda bisa langsung mengetahui perkiraan berapa lama stock anda akan habis.

Manfaat Otomasi Data

Berangkat dari 2 kasus di atas, anda tentu sudah paham betapa pentingnya otomasi data. Ada 5 manfaat utama yang bisa anda dapatkan dengan mengimplementasikan otomasi ketika ada kesempatan di aspek manapun, berikut diantaranya:

Konsultasikan kebutuhan bisnis digital anda kepada kami untuk mendapatkan informasi seputar data automation.

Menghemat Waktu

Waktu adalah aset yang paling berharga, karena tidak ada orang yang menjual waktu. Karena itu, dengan adanya otomasi, maka waktu yang diperlukan untuk melakukan input dan pengolahan data bisa dipangkas atau bahkan dihilangkan.

Sehingga tidak ada lagi kegiatan kontra produktif yang dihabiskan perusahaan.

Menjamin Kualitas Konsistensi Data

Mesin memiliki presisi yang jauh lebih konsisten dibandingkan dengan manusia. Mesin juga bisa diberikan workload yang besar tanpa menurunkan kualitas hasil mereka, selama perangkat kerasnya mendukung untuk workload tersebut.

Ini membuat data yang ditulis oleh komputer tidak akan mengalami error dan kualitasnya akan selalu sama.

Mengukur Kemajuan Perusahaan

Otomasi data mengurangi kemungkinan adanya data yang hilang, mengingat manusia bisa melakukan kesalahan atau kelupaan. Dengan data yang lengkap dan teratur, maka kemajuan perusahaan bisa tercatat dengan lebih rapi.

Membantu Pengambilan Keputusan

Data yang lengkap tentu bisa membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang benar. Otomasi data bisa membantu anda untuk menarik data apapun di waktu kapanpun, tanpa khawatir ada data yang hilang atau terlupa.

Baca Juga:

 

 

Meningkatkan Integrasi

Otomasi data secara otomatis juga bisa membantu divisi lain yang membutuhkan data tersebut. Jika manusia yang menangani input dan pemrosesan data, maka ada kemungkinan mereka terlambat melakukannya yang artinya juga bisa menunda divisi yang membutuhkan.

Dengan Otomasi Data, Perusahaan Semakin Sehat

Sudah cukup jelas bukan bagaimana otomasi data bisa membantu pertumbuhan perusahaan? Tenang saja, anda tidak harus berinvestasi besar-besaran untuk melakukan otomasi, cukup lakukan di bidang-bidang dan divisi yang penting atau urgent terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk memeriksa fungsi otomasi secara berkala, untuk memastikan bahwa sistem tetap bekerja prima.

Comments are closed.