fbpx
Kenali 5 Karakteristik Kanal Utama Digital Marketing

Kenali 5 Karakteristik Kanal Utama Digital Marketing

Sama seperti strategi marketing tradisional, Digital Marketing juga memiliki beberapa kanal pemasaran yang unik dan memiliki kelebihan tersendiri.

Anda tentu sudah tahu beberapa kanal dalam kegiatan marketing tradisional seperti iklan pada media cetak diam dan bergerak, cold calling, sampai penempatan iklan di radio dan televisi. Digital marketing juga memiliki beberapa kanal pemasaran yang tidak kalah unik!

Secara umum ada 5 kanal utama digital marketing yang bisa anda manfaatkan. Dan apabila anda mau memulai untuk masuk ke dunia digital marketing, maka anda perlu mempelajari semuanya guna meningkatkan efektifitas promosi.

Dan tentu saja kelima kanal ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, penggunannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dialokasikan oleh perusahaan. Cara perencanaan, eksekusi, serta evaluasinya pun berbeda.

Sosial Media

Jaman sekarang sosial media tidak hanya digunakan oleh anak muda yang sedang mencari jati diri, namun juga perusahaan yang ingin menjaring pelanggan. Hampir semua perusahaan besar dari seluruh dunia juga sudah mulai memasukkan sosial media sebagai salah satu strategi pemasarannya.

Mudahnya adalah, anda membangun akun brand anda di sebuah platform sosial media tertentu lalu menarik follower yang nantinya bisa anda konversikan menjadi pelanggan anda. Di kanal ini anda bisa menggunakan sistem pemasaran organik atau paid (seperti Facebook Ads atau Instagram Ads)..

Sosial media sendiri ada banyak jenisnya. Sebut saja LinkedIn, Instagram, TikTok, Quora, Reddit, dan banyak lagi. Setiap sosial media memiliki persona dan target pasarnya sendiri-sendiri. Pastikan anda sudah memahaminya, sebelum anda menentukan kanal sosial media yang akan anda gunakan.

Target dalam menggunakan sosial media adalah bagaimana cara agar konten anda bisa menarik audiens untuk berinteraksi, baik itu menyukai atau membagikannya kepada audiens lainnya. Kuncinya adalah sebisa mungkin anda memposisikan brand sebagai person, sebab pengguna sosial media lebih suka berinteraksi dengan sesama orang dibandingkan dengan brand.

Content Marketing

Konten merupakan bagian utama dari digital marketing, sebab kontenlah yang akan dikonsumsi oleh audiens yang merupakan calon pelanggan anda.

Dalam melakukan content marketing, anda harus memperhatikan relevansi antara brand, konteks konten, dan target audiens anda. Anda juga perlu memperhatikan buyer journey dalam pembuatan konten anda (seperti apakah konten ditujukan untuk pengenalan brand atau untuk hard selling?), guna meningkatkan efektifitas konten terhadap goal.

Juga anda perlu memperhatikan jenis konten yang anda buat dengan platform yang anda gunakan. Misalnya format konten yang laku di LinkedIn tentu berbeda dengan di Instagram. Anda mungkin perlu mempekerjakan seorang content strategist untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) merupakan kanal digital marketing yang bergerak di search engine atau mesin pencari.

Orang banyak menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi, berita, atau sebagai dasar sebelum mengambil keputusan. Dan dengan itu, tentu mesin pencari juga merupakan pengaruh yang sangat besar dalam kegiatan pemasaran.

Jika orang mendapatkan hasil yang memuaskan mereka, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan anda. Beberapa survey juga mengatakan bahwa pelanggan akan mencari informasi di mesin pencari terlebih dahulu sebelum menentukan pilihannya pada suatu brand.

Dengan kanal SEO dan SEM, maka anda bisa memastikan bahwa brand anda yang muncul di hasil utama dalam pencarian yang dilakukan oleh orang-orang. Perbedaan SEO dan SEM hanya terletak di kebutuhan biaya, dimana SEO tidak memerlukan pembayaran di muka sedangkan SEM perlu karena anda akan berurusan dengan Google Ads.

Untuk mendapatkan informasi tentang Google Ads lebih lanjut, anda mungkin mau mempertimbangkan layanan Training Google Ads yang kami adakan untuk kebutuhan perusahaan.

Digital Ads (Media Buying)

Ada banyak sekali cara beriklan di dunia digital marketing. Facebook Ads, Google Ads, LinkedIn Ads, sampai pemasangan iklan mandiri dan Brand Activation.

Dalam dunia DIgital Ads, akan banyak membahas tentang budgeting, targeting, sampai metode remarketing. Penempatan dan format iklan dalam digital ads juga sangat beragam. Bisa berupa video, gambar, sampai teks advertorial.

Biasanya digital ads akan ditangani oleh seorang Ads Specialist dimana mereka sudah menguasai kelebihan dan karakteristik dari semua kanal digital ads.

Email Marketing

Dan terakhir namun tidak kalah penting adalah email marketing, dimana kegiatan promosi akan dilakukan dengan cara mengirim email massal di database email pelanggan anda.

Perlu diingat bahwa sistem email sekarang sudah dilengkapi filter yang sangat canggih, sehingga bisa mendeteksi dan mengkategorikan email anda sebagai spam jika kualitas email dan frekuensi pengirimannya sangat mengganggu.

Karena itu, penting untuk mempelajari bagaimana cara membuat email yang bersahabat, tepat sasaran, dan memiliki kekuatan menjual sebelum anda mulai melakukan strategi email marketing.

Pelajari lebih lanjut tentang program customer relationship manager kami, untuk mengetahui bagaimana software bisa membantu anda dalam menangani hubungan dengan customer dan meningkatkan efektivitas email marketing anda.

Cukup banyak dan menarik bukan? Anda tidak diwajibkan untuk menggunakan semua kanal pemasaran sekaligus dalam satu waktu. Namun jika memang anda tertarik untuk menggunakan semuanya untuk hasil marketing yang lebih maksimal, maka anda bisa menghubungi kami sebagai jasa konsultan bisnis digital anda.

 

Comments are closed.