fbpx
Kekuatan dan Fungsi Lengkap Facebook Ads Bagi Bisnis Anda

Kekuatan dan Fungsi Lengkap Facebook Ads Bagi Bisnis Anda

Memasang Facebook Ads untuk mengiklankan bisnis, mengapa tidak? Pelajari bagaimana kekuatan Facebook Ads bagi bisnis anda yang sebenarnya!

Facebook Ads menjadi salah satu pilihan beriklan bagi banyak perusahaan di era sosial media seperti sekarang ini. Bahkan brand-brand besar multinasional yang sebelumnya tidak beriklan di TV sekalipun ternyata memilih media Facebook Ads sebagai media beriklan. Sebenarnya apa yang membuat Facebook Ads berbeda?

Salah satu masalah terbesar dalam beriklan adalah kecocokan antara iklan dengan audiens-nya. Iklan bisa dikatakan sukses apabila berhasil menjangkau audiens yang membutuhkan barang yang diiklankan secara efektif. Sehingga penjualan yang didapatkan dari iklan bisa menutup modal iklan tersebut beserta return-nya.

Dan masalah tersebut yang 100% terjadi ketika anda memasang iklan di media konvensional seperti TV, majalah, brosur, atau surat kabar. Jelas, bagaimana caranya anda tahu kalau audiens anda sedang membutuhkan produk yang diiklankan? Bahkan jika anda memasang iklan produk keuangan di majalah keuangan sekalipun, belum tentu bisa tepat sasaran sebab kebutuhan keuangan manusia tentu beragam.

Facebook Ads Menjawab Permasalahan Ini dengan Metode Targeting-nya

Anda tentu sudah tahu bahwa salah satu keuntungan digital marketing adalah hadirnya fitur targeting dan remarketing (baca lebih lanjut tentang kelebihan digital marketing). Dan tentu saja fitur ini juga tersedia di Facebook Ads.

Anda bisa memasang iklan Facebook Ads yang ditujukan kepada pemirsa tertentu. Misalnya, anda bisa menarget:

  1. Orang yang tinggal di Indonesia
  2. Berjenis kelamin pria
  3. Berusia 20 – 45 tahun
  4. Telah mengunjungi situs anda
  5. Dan memiliki ketertarikan terhadap film action

Bahkan di beberapa kasus, anda juga bisa memanfaatkan targeting berdasarkan kepemilikan ponsel atau jabatan di tempat kerja. Tentu saja ini fitur yang paling luar biasa dari sebuah fasilitas advertising. Dimana anda bisa meningkatkan persentase kecocokan antara iklan dengan audiens, yang juga merupakan salah satu masalah terbesar dalam dunia periklanan.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing yang Tepat Berdasarkan Profil Perusahaan

Tentu saja tidak hanya fitur targeting yang luar biasa, Facebook Ads juga bisa membantu anda dengan fungsi lainnya yang tidak kalah penting. Seperti:

Hadirnya Fitur Cost Control

Biaya akuisisi merupakan salah satu masalah besar lainnya selain masalah penargetan. Bayangkan jika anda beriklan dengan biaya Rp. 10.000.000 namun hanya mendapatkan 10 pelanggan, artinya biaya akuisisi iklan anda sebesar Rp. 1.000.000 per pelanggan yang tentunya cukup tinggi kecuali kalau memang budget biaya akuisisi anda sebesar itu.

Di Facebook Ads, anda bisa mengaktifkan fitur cost control untuk mengendalikan besarnya biaya akuisisi. Anda tinggal mengesetnya di dalam kampanye dan iklan akan berhenti atau disesuaikan jika nilai biaya akuisisi sudah mendekati atau melebihi cost control. Sangat efektif dan prudent terutama jika anda memiliki budget yang sangat terbatas.

Kemampuan Untuk Tracking Hasil

Dalam metode iklan lain, anda mungkin tidak bisa melakukan track apakah audiens iklan anda melakukan transaksi dari iklan anda atau tidak. Di Facebook Ads, anda bisa melakukannya karena ada fitur Facebook Pixel (semacam kode tracking di dalam website).

Facebook Pixel akan merekam semua aktivitas audiens terhadap iklan anda, lalu mencatat hasilnya. Dari sini anda bisa mengetahui seberapa efektifnya kampanye anda.

Selain itu Facebook Ads juga menyediakan fitur pelaporan yang sangat beragam. Mulai dari laporan performa iklan, daftar audiens, sampai laporan traffic yang anda dapatkan. Semua data ini bisa anda manfaatkan untuk mengimprovisasi iklan anda di masa mendatang.

Baca Juga: Tips Memilih Agency Digital Marketing

Opsi Optimasi Iklan yang Berlimpah

Apapun goal yang anda incar baik itu brand awareness, brand consideration, ataupun conversion based semuanya ada di Facebook Ads. Facebook akan mengoptimasi iklan berdasarkan dari objective yang anda pilih, dan memastikan anda mendapatkan laporan metrik yang tepat.

Secara sistem, Facebook akan mencari audiens yang memiliki behavior yang sesuai dengan goal yang anda pilih. Misalnya, ketika anda memilih goal conversion based, maka Facebook akan menyesuaikan penyampaian iklan kepada audiens yang akan melakukan konversi.

Selain sesuai goal, Facebook juga bisa menyesuaikan penyampaian iklan berdasarkan kebiasaan audiens. Sehingga iklan hanya akan dilihat oleh orang-orang yang memiliki minat di bidang iklan tersebut. Dengan catatan anda sudah mendefinisikan targeting dengan baik.

Kebebasan Dalam Menentukan Penempatan Iklan

Facebook Ads memiliki beberapa penempatan iklan, yaitu di feed, story, messaging, artikel, sampai di dalam feed group. Tentunya berbeda penempatan, berbeda juga hasil yang akan didapatkan. Mengingat kebiasaan pengguna di setiap format konten juga berbeda.

Ini membuat Facebook bisa menjelma seperti majalah, TV, atau billboard sekaligus. Penempatan yang beragam ini juga bisa mendukung strategi digital marketing anda untuk mencapai hasil yang terbaik.

Kemampuan Remarketing yang Cukup Lengkap

Audiens yang anda dapatkan di dalam Facebook Ads tidak hilang begitu saja. Anda bisa melakukan remarketing untuk kembali berinteraksi dengan audiens dari iklan anda sebelumnya.

Sehingga anda tidak perlu mencari audiens baru lagi dan lagi. Cukup optimasikan audiens dari iklan Facebook Ads anda sebelumnya, maka rasio konversi yang bisa anda dapatkan juga akan semakin tinggi.

Selain itu juga membuka kesempatan bagi anda untuk melakukan sekuensi iklan, atau membuat seri iklan berdasarkan profil audiens. Cara ini biasa dilakukan para digital marketing untuk mengolah audiens mereka sebelumnya dan mengubahnya menjadi konversi yang berarti.

Kesimpulan

Dengan adanya Facebook Ads, strategi digital marketing anda tentu akan semakin efektif. Ingat pengguna sosial media di masa sekarang sudah sangat banyak sekali, dan rasanya sayang sekali jika anda melewatkan peluang untuk menjangkau mereka dengan bisnis anda.

Dapatkan layanan konsultasi dan training Facebook Ads bersama Sasana Digital!

Comments are closed.