Blog ›

Social Media Management: Kenali Pengaruhnya untuk Bisnis

I

Social media management, familiar digunakan dalam pengelolaan dan penggunaan media sosial yang terorganisir, terutama lebih banyak digunakan untuk tujuan profesional sebuah bisnis.

Aktivitas di atas menjadi sangat penting dilakukan, demi optimalnya social media marketing perusahaan. Apalagi sejak kemunculan dan pertumbuhan platform media sosial yang semakin beragam, ini dimanfaatkan sebagai alternatif untuk mencapai tujuan bisnis,

Tentu Anda dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan manajemen sosial media lebih luas dan detail. Simak pembahasan berikut ini sampai habis, ya!

Apa Itu Social Media Management?

Bagi penggunaan profesional, tentu saja media sosial ingin dikelola dengan baik dengan manajemen yang terstruktur. Tujuan ini sejalan dengan definisi mengenai manajemen sosial media berikut.

Social media management adalah aktivitas pengelolaan sebuah media sosial yang meliputi perencanaan, pengawasan dan pemanfaatan media sosial guna mencapai tujuan bisnis.

Sosial media manajemen ini juga meliputi analisis pengguna, perencanaan, pembuatan konten, hingga analisis performa konten media sosial.

Pengelolaan yang dimaksud di sini bukan sekadar mengelola akun medsos layaknya sebuah admin. Lebih dari itu, juga harus memperhatikan engagement serta performa sebuah akun terhadap tujuan bisnis.

Beberapa aktivitas dari pengelolaan media sosial ini bisa berupa perencanaan dan penjadwalan posting konten di media sosial, menentukan respon yang tepat bagi pengguna dan melakukan interaksi dengan target audiens.

Strategi atau perencanaan yang terstruktur bisa menjanjikan hasil yang optimal. Sejalan dengan ini, Anda dapat melihat peluang besar bagi bisnis setelah menerapkan social media management yang baik.

Manajemen media sosial yang baik juga berkaitan dengan performa bisnis yang ditampilkan di akun media sosial terkait. Alasannya, media sosial memberikan gambaran secara visual ketika diakses dan dilihat oleh banyak orang.

Sehingga semakin baik/profesional pengelolaan sebuah akun media sosial bisnis, maka akan semakin meningkatkatkan kepercayaan audiens terhadap sebuah brand bisnis.

Adapun dalam mengelola media sosial ini, perlu adanya kerja sama dengan tim pemasaran yang akan membantu menentukan tujuan dari pemasaran serta strategi seperti apa yang akan digunakan.

Baca Juga: Social Media Manager: Tugas & Keahlian yang Wajib Dimiliki

Pentingnya Social Media Management

Berdasarkan data dari Kominfo, ditunjukkan persentase bahwa sebanyak 95% dari total 63 juta orang pengguna internet di Indonesia, mereka menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial

Ini berarti dari total 63 juta pengguna internet tersebut, memang sebagian besar didominasi oleh penggunaan media sosial.

Dari banyaknya pengguna tersebut, dapat Anda bayangkan saat 1% saja orang melihat brand Anda di beranda media sosialnya, ini mengartikan angka atau potensi yang fantastis. Artinya, postingan bisnis Anda berpeluang menjangkau lebih banyak audiens.

Maka dari itu, penting bagi para pebisnis untuk merepresentasikan brand bisnisnya dengan baik di media sosial melalui media social management.

Dengan pengelolaan dan perencanaan yang baik, sebuah media sosial dapat memberikan banyak manfaat untuk bisnis.

Sebaliknya, ketika media sosial tidak dikelola dengan baik dan profesional, maka Anda telah melewatkan kesempatan besar untuk berkembang.

Baca Juga: Lengkap! Pengertian Social Media Marketing + Trennya di 2023

Manfaat Social Media Management

Bagi para pebisnis, penerapan social media management dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk perkembangan bisnisnya. Apa saja keutamaannya tersebut? Simak penjelasannya berikut!

1. Membangun Identitas Brand dan Meningkatkan Brand Awareness

Media sosial menjadi platform yang tepat untuk membangun sebuah identitas brand. Melalui konten yang diberikan secara konsisten dan memiliki ciri khas atau berkarakter, hal itu dapat meningkatkan brand awareness.

Kesadaran akan sebuah brand bisa membuat audiens mengenali brand dengan baik. Hal ini akan menjadi manfaat yang bagus bagi bisnis apabila manajemen media sosial yang diterapkan sudah pasti baik.

Melalui pengelolaan media sosial, dapat dihasilkan konten yang berkualitas serta perencanaan dan strategi dalam membangun sebuah identitas brand di media sosial.

2. Media Promosi dan Informasi

Kemudahan dalam mengakses platform media sosial menjadikan, turut menjadi kemudahan pula dalam mendapatkan beragam informasi.

Media sosial kini menjadi media yang dapat dimanfaatkan sebagai pusat informasi dari sebuah bisnis. Contohnya sekarang ini banyak juga ditemui media sosial yang dapat menjadi pusat terkoneksinya audiens dengan platform lainnya.

Nah, berbagai Informasi relevan yang diberikan kepada audiens tersebut akan meningkatkan insight bagi setiap konten yang dibagikan.

Selain menjadi pusat informasi, melalui manajemen media sosial juga Anda dapat menjadikannya sebagai media promosi.

Media promosi yang dimaksud adalah dengan membuat konten iklan yang dapat mengundang audiens untuk menjadi konsumen dari apa yang sudah ditawarkan.

Baca Juga: Social Media Specialist: Ini Job Desk dan Skill Wajibnya!

3. Meningkatkan Penjualan

Manfaat Social Media Management - Meningkatkan Penjualan

Melakukan praktik pemasaran merupakan rangkaian dari manajemen media sosial. Sehingga informasi terkait brand dan konten yang diberikan juga tidak terlepas dari perencanaan sebuah pemasaran.

Pada umumnya tujuan pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan. Konten dan campaign yang disusun oleh jasa manajemen media sosial sudah melalui proses riset dan disesuaikan dengan tujuan pemasaran.

Maka, dengan konten yang berkualitas, relevan, dan memiliki tujuan pemasaran, akan dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan lainnya.

4. Meluaskan Jangkauan Audiens

Sebuah jasa manajemen media sosial, melalui analisis yang dilakukan dapat menghasilkan strategi yang diwujudkan dengan konten dan campaign yang sesuai dengan audiens sebuah brand.

Konten yang berkualitas dan sesuai dengan target audiens yang sudah disusun secara sistematis akan dapat meluaskan jangkauan audiens Anda.

Mengingat pengguna media sosial yang tidak berbatas wilayah ini, dapat menjadi peluang bagi bisnis untuk mendapatkan target audiens yang lebih banyak dari seluruh Indonesia bahkan dunia.

5. Mengelola Konten Secara Optimal

Melalui social media management, Anda akan mendapatkan perencanaan konten yang sesuai dengan tujuan dan karakter bisnis Anda.

Konten akan diproduksi semenarik mungkin dan disusun dengan content plan yang sudah direncanakan dengan sistematis.

Dengan ini, akun media sosial bisnis Anda akan memberikan kesan profesional dan dapat dipercaya oleh audiens. 

Baca Juga: 5 Fungsi Media Sosial dan Prediksinya Pada Bisnis 2023

Tugas Social Media Management

Belum cukup rasanya untuk memahami apa itu sosial media manajemen lebih jauh, jika belum mengetahui tugas-tugasnya. Lalu tugas seperti apa saja yang harus dilakukan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Mengembangkan Strategi Media Sosial

Tugas seorang manajemen media sosial yang pertama adalah mengembangkan strategi media sosial sebagai upaya dalam melakukan pemasaran.

Beberapa hal yang dilakukan dalam melakukan pengembangan strategi media sosial seperti menentukan media yang tepat untuk melakukan promosi, hingga menentukan target pasar dan konten yang tepat.

Selain itu, menentukan tujuan juga menjadi hal utama yang dilakukan dalam tugas pengembangan strategi media sosial ini.

Dalam manajemen media sosial, tim harus menyusun strategi untuk campaign yang akan dilakukan di sebuah media atau platform yang sudah ditentukan.

Media sosial dapat menjadi sarana dalam mengembangkan sebuah bisnis dengan manajemen yang sesuai dengan tujuan bisnis.

Akun bisnis dari sebuah brand ini sangat penting untuk dapat dikelola secara profesional. Karena hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan dari pengguna media sosial terhadap sebuah brand.

2. Manajemen Konten

Tugas Social Media Management - Manajemen Konten

Mengelola konten menjadi salah satu tugas dalam manajemen media sosial. Tugas ini berupa menyusun konsep sebuah konten sampai konten tersebut dipublikasikan, tugas ini dapat juga disebut content plan.

Perencanaan konten ini perlu dilakukan karena konten menjadi media promosi dan informasi dari sebuah brand. Sehingga dalam melakukan produksi konten diperlukan riset, adanya tujuan, dan taste dari sebuah konten yang akan dibagikan.

Konten menjadi representasi atau gambaran dari sebuah brand untuk lebih mudah dikenali oleh audiens, sehingga memiliki ciri khas dan konsistensi adalah hal yang akan mendukung kualitas konten.

Selain tugas-tugas utama tersebut, pengelolaan selanjutnya adalah tentang melakukan penjadwalan publikasi konten yang dibagikan berdasarkan strategi yang sudah disusun.

Hal tersebut dilakukan mengingat “Kapan waktu sebuah konten dipublikasikan” perlu disesuaikan dengan algoritma sebuah platform.

Biasanya sebuah brand akan mempublikasikan konten di waktu terbaik (golden hour) untuk mendapatkan insight terbaik dari konten yang diposting.

Yang dimaksud waktu yang tepat, adalah jam-jam ketika pengguna dipastikan sedang banyak membuka media sosial yang digunakan.

Beda platform maka bisa beda karakteristiknya. Maka Anda dapat mempelajari algoritma dari masing-masing platform media sosial untuk memahami karakteristiknya.

3. Memantau Performa Konten

Sebuah konten yang sudah dipublikasikan perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi bagaimana sebuah konten memberikan pengaruh kepada sebuah brand.

Beberapa yang dipantau dari performa sebuah konten biasanya adalah engagement rate, insight, dan impresi konten. Hal tersebut menjadi dasar bagi manajemen media sosial dalam menentukan strategi selanjutnya.

Performa sebuah konten juga dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dari konten yang dipublikasikan tersebut.

Jika hasil performa dari sebuah konten dinilai rendah, maka strategi harus ada yang diperbaiki agar performa konten dapat meningkat.

Kemudian saat hasil performa mencapai tingkat yang tinggi, maka bagaimana manajemen media sosial dapat mempertahankan dan dapat menganalisis agar dapat diterapkan untuk konten selanjutnya.

Baca Juga: Kenali Metrik Reach pada Media Sosial untuk Ukur Konten Anda

4. Berinteraksi dengan Pengguna

Tugas yang tidak kalah penting dalam manajemen media sosial adalah melakukan interaksi dengan pengguna yang ada di media sosial.

Interaksi yang dimaksud adalah seperti membalas komentar, membalas pesan dan memberikan reaction saat mereka membuat postingan yang berkaitan dengan brand Anda.

Tidak hanya itu, merespon keluhan dan memberikan solusi dari masalah mereka dengan menawarkan produk yang Anda miliki juga termasuk hal yang penting dalam berinteraksi dengan pengguna.

5. Melakukan Analisis dan Membuat Laporan

Melakukan analisis juga termasuk ke dalam tugas manajemen media sosial, yang kemudian dibuat laporan hasil dari setiap platform media sosial yang dikelola.

Tugas ini nantinya akan berkaitan dengan evaluasi terhadap strategi yang dijalankan dan bekerja sama dengan tim marketing dalam menyusun strategi lanjutan berdasarkan hasil analisis yang diperoleh.

Hasil dari insight postingan seperti impresi dan engagement dari sebuah konten juga menjadi bahan analisis untuk dievaluasi nantinya.

Hal ini karena berkaitan dengan apakah konten yang sudah didistribusikan sudah menjawab kebutuhan dari pemasaran bisnis Anda.

Baca Juga: 10+ Tugas Digital Marketer dan Gajinya di 2023. Tertarik?

Mengapa Bisnis Anda Perlu Jasa Social Media Management?

Sebuah bisnis perlu melakukan pengelolaan media sosial untuk mengembangkan bisnisnya karena ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan.

Namun, dalam menjalankan sebuah bisnis, tidak semua bisnis memiliki tim untuk melakukan pengelolaan media sosial secara serius. Sehingga sebetulnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan penyedia jasa manajemen media sosial. Beberapa keuntungannya adalah:

1. Lebih Efektif

Menyerahkan tugas pengelolaan kepada penyedia jasa social media management akan menjadikan hasilnya lebih efektif karena dilakukan oleh tim yang memiliki kapasitas untuk mengelola media sosial secara profesional.

Oleh karena itu, jika Anda tidak memiliki tim khusus untuk mengelola media sosial, Anda dapat menggunakan penyedia jasa tersebut untuk efisiensi bisnis Anda.

2. Efisiensi Waktu

Saat Anda menggunakan jasa sosial media manajemen, Anda tidak perlu susah payah membuat tim baru di dalam perusahaan.

Anda hanya perlu menyerahkan tugas kepada tim pengelola sosial media dan menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, permasalahan pengelolaan media sosial bisnis Anda akan selesai.

Anda menjadi hemat waktu dan tenaga dalam mencapai sebuah tujuan dari bisnis Anda.

3. Lebih Optimal

Saat Anda menyerahkan tugas pengelolaan media sosial kepada penyedia jasa yang profesional, performa media sosial brand Anda menjadi lebih optimal.

Hal tersebut sebagai hasil dari pengelolaan media sosial yang disusun dengan strategi yang tepat, mulai dari konten yang dibuat sampai ciri khas brand yang direpresentasikan melalui konten untuk mencapai tujuan bisnis.

Baca Juga: 5+ Rahasia Social Media Branding, Siap Sukseskan Bisnis Anda

Pertanyaan Seputar Apa Itu Social Media Management

Penjelasan mengenai manajemen sosial media di atas sudah dijelaskan secara rinci, namun untuk dapat memahami dengan mudah dan singkat, berikut beberapa pertanyaan yang dapat memudahkan Anda memahaminya.

a. Kenapa Social Media Management Penting bagi Bisnis?

Manajemen sosial media menjadi penting bagi sebuah bisnis untuk meningkatkan performanya melalui platform media yang dipilih.

Platform media sosial yang kini secara masif digunakan dengan jutaan penggunanya menjadi peluang target audiens bagi sebuah bisnis.

Sehingga dengan melakukan pengelolaan media sosial secara profesional akan dapat membantu menjangkaunya.

b. Kenapa Harus Menggunakan Jasa Social Media Management?

Jasa social media management kini banyak ditawarkan bagi bisnis. Anda dapat memilih jasa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Penyedia jasa akan memberikan informasi saat Anda belum mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk mengelola media sosialnya, sehingga dalam mengelola media sosial akan lebih efektif, efisien dan hemat.

Anda tidak perlu melakukan riset sendiri, tentu saja jika Anda tidak memiliki tim media sosial untuk bisnis Anda, jasa social media management adalah pilihan yang tepat.

c. Apa Saja yang Termasuk Cakupan Social Media Management?

Sosial media manajemen mencakup beberapa tugas pengelolaan sebuah media sosial dari awal hingga proses akhir sebuah konten didistribusikan.

Seperti riset konten, produksi konten untuk iklan, penjadwalan posting hingga analisis hasil konten yang sudah diposting.

Selain itu, pengelolaan sosial media juga mencakup dalam melakukan interaksi dengan pelanggan seperti membalas komentar dan merespon pesan yang masuk.

Baca Juga: 9 Langkah Bisnis Modal Kecil Bertumbuh via Media Sosial

Penutup

Menjadi seorang pebisnis memiliki tugas untuk terus mengembangkan bisnisnya, salah satunya melalui peran media sosial bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Social media management menjadi salah satu solusi untuk menjadikan media sosial bisnis Anda memberikan kesan profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan audiens.

Jika Anda membutuhkan jasa social media management, Sasana Digital membuka layanan konsultasi, training, atau bimbingan yang pasti, dengan praktik dan output yang diharapkan. Silahkan klik banner berikut untuk memulai!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?