Blog ›

Inbound Marketing: Efektif Meningkatkan Jumlah Customer?

I

Dalam dunia marketing saat ini, ada satu strategi yang sedang dinilai efektif dalam menjalankan pemasaran, yaitu inbound marketing.

Inbound marketing memiliki sebuah cara yang bertujuan memperbanyak pelanggan dengan memanfaatkan konten dan memberikan pelanggan sebuah pengalaman berharga. Melalui tujuan tersebut, inbound marketing dinilai sebagai metode marketing yang tepat untuk diterapkan dalam internet marketing.

Internet yang terbilang sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat adalah leading yang bagus untuk menarik pelanggan. Oleh karena itu, sebagai pebisnis di zaman digital ini, Anda perlu belajar berbagai hal tentang inbound marketing. Mulai dari pengertian, manfaat untuk bisnis, strategi dan mengetahui contohnya.

Apa Itu Inbound Marketing?

Apa Itu Inbound Marketing?

Perlu Anda tahu bahwa secara garis besar, prioritas utama adanya strategi inbound marketing adalah untuk menciptakan brand awareness.

Hal di atas sesuai dengan definisi inbound marketing sebagai strategi digital marketing yang memanfaatkan internet sebagai tempat pemasaran melalui pembuatan konten yang kreatif dan inovatif. Konten ini berbentuk digital yang disebar melalui website hingga media sosial, dengan dukungan teknik SEO.

Apabila tujuan strategi yang digunakan tersebut efektif tersampaikan kepada target audiens, mereka akan mencari informasi produk atau brand dengan sendirinya.

Strategi inbound marketing tidak hanya menginginkan konten menarik perhatian psikologis audiens, tetapi juga tentang bagaimana brand atau produk mampu membangun hubungan yang lama dengan audiens.

Sedangkan website Hubspot memberi pengertian inbound marketing adalah teknik pemasaran melalui konten yang menghasilkan minat perhatian audiens, keterlibatan audiens serta kepuasan target audiens.

Hubspot menegaskan bahwa metode pemasaran ini berguna untuk membangun kepercayaan audiens pada bisnis yang dijalankan.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, strategi inbound marketing dapat disebut sebagai rujukan berbisnis yang lebih insani atau relevan dengan kebutuhan target audiens.

Baca Juga: Apa Itu Website Marketing? Mengapa Bisa Bantu Cuan Bisnis?

Manfaat Inbound Marketing

Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih membuat perilaku berbelanja audiens dan mencari informasi berubah. Internet adalah hal yang merubah hal ini dan membantu mempermudah penyebaran berbagai informasi.

Keberadaan internet ini membuat audiens berinisiatif mencari informasi dengan sendirinya, produk yang diinginkan dan sedang dibutuhkan mudah ditemukan dengan teknologi internet.

Dengan internet, produk yang dipasarkan mudah ditemukan oleh audiens dalam berbagai platform seperti Tik Tok, Instagram, Twitter, Facebook, YouTube dan Google Ads.

Melalui platform tersebut, inbound marketing dipraktekan secara optimal dengan memanfaatkan fitur beriklan yang disediakan di dalamnya, seperti Instagram Ads, TikTok Ads, Facebook Ads, Google Ads dan lain-lain.

Dalam fitur iklan yang disediakan Anda dapat menyesuaikan target audiens yang diinginkan, baik berdasarkan usia maupun minat. Penargetan audiens yang tersedia pada fitur iklan terbilang menimbulkan kesan dan kedekatan dengan target audiens.

Misalnya ada seseorang sedang mencari produk tertentu, lalu tiba-tiba melihat iklan yang relevan dengan kebutuhannya. Iklannya tepat sasaran, maka kemungkinan besar penjualan akan meningkat secara signifikan.

Inilah tujuan dari inbound marketing, yaitu memasuki minat seseorang dan memaksimalkannya untuk mencapai hasil yang optimal. Oleh karena itu, inbound marketing dinilai sangat penting untuk mempercepat peningkatan brand awareness dari produk atau perusahaan.

Dalam praktek promosi, pendekatan yang paling efektif adalah dengan membangun hubungan emosional yang personal dengan audiens, sehingga tercipta ikatan yang kuat dan berkesinambungan. Itulah mengapa inbound marketing disebut sangat penting untuk kemajuan bisnis. Apalagi didukung internet yang mempermudah penyebaran informasi.

Selain hal tersebut, manfaat lain inbound marketing sebagai berikut:

  • Membentuk citra dan keunikan sebuah merek yang dapat mempengaruhi pembelian di masa depan
  • Menghasilkan data yang akurat melalui platform online
  • Membantu meningkatkan jumlah pencarian merek melalui SEO dan memudahkan konsumen untuk menemukannya
  • Meningkatkan kesadaran merek yang semakin tinggi
  • Menghemat biaya dibandingkan dengan pemasaran tradisional

Baca Juga: Apa Saja Dampak Tak Langsung dari Blunder di Media Sosial?

Metode Inbound Marketing

Metode Inbound Marketing

Anda dapat memahami bahwa makna dari kata ‘strategi’ berarti cara, trik, atau pendekatan. Lalu, bisa jadi maksud dari strategi inbound marketing adalah sebuah taktik yang berguna untuk meningkatkan bisnis.

Dilansir dari Hubspot, metode inbound marketing adalah suatu strategi pendekatan dalam mengembangkan bisnis yang bertujuan membangun hubungan yang berkelanjutan dan bermakna dengan konsumen, prospek, serta pelanggan.

Pendekatan ini menekankan pada pentingnya menghargai dan memberdayakan audiens dalam mencapai tujuan mereka, terlepas dari tahapan apapun yang mereka alami dalam perjalanan bersama bisnis Anda.

Supaya mampu mencapai tujuan tersebut terdapat empat metode yang perlu diterapkan, yaitu:

1. Attract

Strategi pertama inbound marketing ini merupakan tahapan yang paling utama untuk menarik audiens. Pada metode pertama ini, Anda dituntut bisa membuat konten kreatif yang mampu membuat orang asing mengenali bisnis Anda hingga merasa tertarik.

Konten yang dibuat harus mengandung manfaat dan keterkaitan dengan topik. Serta, konten harus menarik agar disukai calon pelanggan dan jangan lupa arahkan pelanggan ke produk atau layanan yang ditawarkan.

Untuk menerapkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan beragam platform seperti website dan media sosial. Sediakan konten yang tepat sesuai platform dan jangan lupa mengoptimalkan teknik SEO pada setiap platform agar memperoleh banyak kunjungan.

2. Engaging

Setelah pelanggan berdatangan, waktunya Anda mempengaruhi mereka agar tertarik membeli produk atau bahkan bisa menjadi pelanggan.

Dalam menciptakan keterlibatan pengunjung, Hubspot menyarankan untuk lebih menyajikan wawasan dan solusi yang sesuai dengan keperluan mereka supaya timbul ketertarikan membeli bukan langsung menawarkan produk.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan inbound marketing yang menginginkan penjual atau perusahaan memiliki hubungan yang baik dengan customer.

Oleh karena itu, supaya hubungan dengan customer terjalin awet dan dengan waktu lama buatlah keterlibatan personal dengan produk. Caranya dapat dimulai dengan mengumpulkan informasi pelanggan yang bisa dihubungi, baik berupa nomor whatsapp atau email.

Perlu diketahui juga bahwa dalam perkembangan dunia digital marketing, alamat e-mail bisnis dinilai sangat penting karena dianggap lebih memiliki kredibilitas. Contoh bentuk keterlibatan yang baik adalah meningkatkan keterampilan dalam layanan pelanggan.

Hal ini meliputi memberikan solusi terhadap setiap pertanyaan pelanggan, menangani layanan pasca jual yang baik, dan menciptakan gaya komunikasi yang fleksibel.

Sederhananya, dalam membentuk engagement yang baik gaya komunikasi memiliki daya pengaruh yang sangat besar. Hindari gaya komunikasi yang terkesan formal dan mekanis dengan pelanggan seperti berinteraksi dengan robot. Sebaiknya, gunakanlah pendekatan yang lebih personal dan akrab sehingga dapat membangun kedekatan antara pelanggan dengan brand.

3. Close

Perluas jangkauan pelanggan dengan menyimpan detail kontak calon pelanggan, serta manfaatkan waktu yang tepat untuk menawarkan produk dan layanan Anda.

Lakukanlah komunikasi langsung melalui e-mail untuk memberikan lebih banyak informasi dan meyakinkan calon pelanggan serta jangan lupa untuk menyajikan konten promosi yang berguna dan memberikan nilai tambah.

Selain itu, lakukanlah tindak lanjut secara berkala melalui e-mail untuk mengingatkan calon pelanggan mengenai produk dan layanan terbaru yang Anda tawarkan.

4. Delighting

Strategi terakhir ini menurut Hubspot berfokus memberikan bantuan dan dukungan yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk memaksimalkan keberhasilan pembelian mereka.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan metode inbound marketing yang terakhir ini. Anda dapat menyediakan panduan atau tutorial yang jelas dan mudah dipahami tentang produk atau layanan Anda.

Selain itu, menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan ramah untuk menjawab pertanyaan hingga memberikan solusi atas masalah yang muncul.

Ada pula cara sederhana untuk mengetahui kepuasan pelanggan, yaitu dengan membuat survei. Pengadaan survei berguna sebagai bahan pelajaran untuk waktu mendatang.

Mengadakan survei bukanlah hal yang sulit, Anda dapat melakukannya di Instagram dengan memanfaatkan fitur polling, multiple choice, hingga questions untuk mengetahui keluh kesah atau pendapat pelanggan tentang produk Anda.

Perlu diingat pula, penting untuk selalu merespon dengan baik setiap interaksi dengan pelanggan, dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Tetaplah bersikap santun dan jujur dengan pelanggan, serta tetap menyampaikan solusi atas masalah yang dihadapi.

Pegang prinsip bahwa pelanggan bukan hanya sekedar penambah penghasilan Anda, tetapi juga merupakan pelopor yang setia dalam mempromosikan brand Anda dalam kehidupan mereka. Dengan memberdayakan pelanggan, Anda dapat meningkatkan kepercayaan mereka dan membangun hubungan yang kuat dengan brand.

Baca Juga: Coba 7+ Program Sertifikasi Digital Marketing Terbaik Ini!

Pertanyaan Seputar Inbound Marketing

Untuk mempermudah berbagai hal penting tentang inbound marketing, berikut ini telah disediakan beberapa pertanyaan serta jawabannya.

Apa yang Dimaksud dengan Inbound Marketing?

Inbound marketing adalah strategi pemasaran yang difokuskan pada upaya menarik perhatian calon pelanggan dengan cara memberikan informasi atau konten yang bermanfaat, relevan, dan menarik bagi mereka.

Dalam inbound marketing, tujuan utamanya adalah untuk membantu calon pelanggan menemukan bisnis Anda secara alami dan kemudian menarik mereka untuk mengambil tindakan tertentu, seperti mendaftar, mengunduh, hingga membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Sebutkan Apa Saja yang Termasuk Inbound Marketing?

Beberapa strategi inbound marketing yang umum digunakan meliputi:

1. Konten yang relevan dan berkualitas, seperti artikel blog, video tutorial, atau ebook.

2. SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari dan meningkatkan visibilitas online.

3. Media sosial untuk berinteraksi dengan audiens dan mempromosikan konten.

4. Strategi email marketing untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan mempromosikan produk atau layanan.

5. Landing page yang dioptimalkan untuk mengarahkan pengunjung ke tindakan yang diinginkan.

Apa Bedanya Inbound dan Outbound Marketing?

Inbound marketing dan outbound marketing merupakan dua pendekatan yang berbeda dalam pemasaran.

Inbound marketing adalah pendekatan pemasaran yang berfokus pada menarik calon pelanggan melalui konten yang relevan dan membantu.

Sementara itu, outbound marketing adalah pendekatan pemasaran tradisional yang berfokus pada mempromosikan produk atau layanan ke calon pelanggan melalui iklan dan pesan langsung.

Bagaimana Cara Kerja Inbound Marketing?

Sebagai salah satu strategi digital marketing yang berfokus menarik calon pelanggan melalui konten, inbound marketing memiliki beberapa cara kerja, diantaranya:

1. Menentukan target pasar

Identifikasi target pasar Anda dan pahami kebutuhan dan keinginan mereka.

2. Membuat konten yang relevan dan bermanfaat

Buat konten yang menarik dan bermanfaat bagi target pasar Anda, seperti artikel blog, video, infografis, dan lain sebagainya.

3. Memperluas jangkauan konten

Sebarkan konten Anda melalui berbagai kanal digital, seperti media sosial, email, situs web, atau mesin pencari.

4. Menarik perhatian calon pelanggan

Gunakan strategi SEO untuk memperbaiki peringkat di mesin pencari dan menjadikan konten Anda mudah ditemukan oleh target pasar Anda.

5. Mengubah pengunjung menjadi pelanggan

Sediakan call-to-action yang menarik dan landing page yang relevan untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan atau prospek.

6. Memperluas jangkauan pelanggan

Terus berinteraksi dengan pelanggan Anda melalui email, media sosial, dan konten lainnya untuk menjaga mereka tetap terlibat dan mengembangkan hubungan jangka panjang dengan mereka.

Baca Juga: 10 Digital Marketing Tools untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

Penutup

Sebagai salah satu strategi content marketing yang menjadikan konten sebagai jalan untuk menarik calon pelanggan, inbound marketing perlu dipelajari oleh pelaku bisnis. Sebab reputasi brand awareness dinilai akan selalu meningkat.

Tunggu apalagi? Setelah mengetahui penjelasan di atas, Anda bisa langsung mempraktekannya. Atau jika belum memahami bisa mengklik banner di bawah untuk memperoleh penjelasan detail.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?