fbpx
Improvisasi dan Otomasi Layanan Pelanggan dengan Chatbot

Improvisasi dan Otomasi Layanan Pelanggan dengan Chatbot

Pelanggan selalu ingin dilayani, namun pekerja yang melayani belum tentu bisa selalu melayani. Pelajari bagaimana perusahaan bisa selalu memberikan layanan terbaik, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pekerja.

Semakin hari tuntutan pelanggan semakin tinggi, dan salah satu tuntutan yang selalu menjadi masalah di perusahaan adalah tuntutan layanan pelanggan yang selalu aktif kapanpun di manapun.

Di masa lampau, kebutuhan ini tentu mustahil untuk dipenuhi. Anggap saja perusahaan Anda memiliki 10.000 pelanggan tetap dan setiap harinya ada sekitar 100 orang yang membutuhkan layanan pelanggan. Mau berapa karyawan yang harus dipekerjakan? Dan berapa besar biaya operasional yang harus dibakar setiap harinya?

Berkenalan dengan Chatbot yang Siap Melayani Anda 24 Jam dan 7 Hari

Untungnya saat ini kita hidup di era teknologi, dan teknologi bisa menjawab masalah dan tuntutan pelanggan tadi. Salah satu solusi paling mudah yang bisa Anda implementasikan adalah dengan menggunakan chatbot!

Chatbot merupakan teknologi otomasi yang bisa menjawab pesan-pesan dan pertanyaan pelanggan secara otomatis dan tanpa delay. Berbeda dengan menggunakan tenaga manusia yang butuh waktu untuk membuka layanan chat dan harus membaca data pelanggan terlebih dahulu, chatbot bisa mengambil semuanya dari database.

Teknologi ini bisa menyelesaikan masalah-masalah yang bisa diatasi secara mandiri. Misalnya jika ada pelanggan yang ingin tahu berapa lama masa garansi yang tersisa, maka chatbot bisa menangani hal tersebut dalam hitungan detik. Anda tentu tahu bukan berapa lama waktu yang dibutuhkan jika pertanyaan itu ditangani oleh manusia?

Namun perlu diingat bahwa selalu ada kemungkinan masalah yang harus ditangani oleh manusia. Karena itu chatbot bukan menghapuskan profesi customer service, namun hanya berguna untuk meningkatkan efisiensi layanan saja.

Sekarang pertanyaannya, apa saja keuntungan dengan menggunakan chatbot ini?

Layanan Tanpa Batas

Chatbot bisa melayani pelanggan kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya. Chatbot juga tidak mengenal lelah dan tidak akan berubah tingkat presisinya (tentu saja karena mereka adalah mesin). Sehingga informasi serumit apapun yang diminta oleh pelanggan maka bisa dijawab oleh chatbot dalam hitungan detik, selama informasinya ada di dalam database.

Jangkauan Lebih Luas

Berbeda dengan manusia yang hanya bisa melayani 1 manusia saja dalam waktu yang sama, chatbot bisa melayani ratusan atau bahkan ribuan pelanggan dalam satu waktu tanpa mengurangi waktu pemrosesan mereka.

Baca juga: Mengenal Strategi Conversion Rate Optimization (CRO), Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

Ini membuat jangkauan chatbot bisa jauh lebih luas. Dan bahkan chatbot tidak perlu mengenali pelanggan terlebih dahulu, karena mereka bisa dengan mudah membaca informasi pelanggan di dalam database perusahaan. Chatbot bisa menjawab pertanyaan baik dari pelanggan lama sampai calon pelanggan yang sama sekali baru tanpa masalah.

Brand Engagement

Chatbot juga bisa diberikan satu nama unik untuk kebutuhan brand lift dan engagement. Tentu saja hal ini tidak bisa Anda lakukan jika Anda masih menggunakan metode konvensional. Tidak mungkin semua customer service Anda diberikan nama yang sama bukan?

Sudah banyak perusahaan yang melakukan branding dari solusi customer service mereka. Kita ambil contoh Veronika dari Telkomsel atau VIRA dari Bank BCA.

Sebagai Marketing Tools Pendukung

Chatbot juga bisa memberikan informasi promosi secara berkala kepada para pelanggan sesuai dengan preferensi mereka. Hal ini juga tidak mungkin dilakukan jika Anda masih menggunakan tenaga manusia, mengingat 1 manusia akan menemui kesulitan jika harus menganalisa kebutuhan banyak pelanggan sekaligus.

Contohnya saja, chatbot bisa secara otomatis memberikan informasi penawaran kuota internet kepada pelanggan yang memiliki histori penggunaan internet yang besar. Atau memberikan rekomendasi VAS (Value Added Service) sesuai dengan aplikasi yang mereka akses setiap harinya.

Baca juga: Mengenal Konsep Single Landing Page, Website Satu Halaman Untuk Meningkatkan Jumlah Konversi

Di tingkat yang lebih lanjut lagi, chatbot bisa memberikan penawaran follow up secara otomatis kepada calon pelanggan yang masih bimbang dalam mengamnil keputusan.

Upgrade Layanan Pelanggan Anda dengan Chatbot

Yuk upgrade pengalaman pengguna Anda dengan mengimplementasikan chatbot di dalam bisnis Anda. Jika Anda masih bingung mencari vendor chatbot yang cocok dengan bisnis Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan layanan konsultasi digital kami terlebih dahulu. Sasana Digital akan dengan senang hati membantu Anda untuk mentransformasikan bisnis ke era digital!

Comments are closed.