fbpx
Dilema Dalam Strategi Marketing Digital Bagaimana Cara Menghitung Budget

Dilema Dalam Strategi Marketing Digital: Bagaimana Cara Menghitung Budget

Budget iklan menjadi salah satu masalah utama dalam eksekusi strategi digital marketing. Bagaimana solusinya?

Budget adalah masalah utama dalam eksekusi strategi digital marketing. Tanpa penghitungan budget yang benar, anda berpotensi mengeluarkan biaya yang terlalu besar namun tidak sebanding dengan hasil yang dicapai.

Ini membuat perhitungan budget dalam kampanye menjadi hal yang sangat krusial. Umumnya digital marketer professional sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam menghitung budget kampanye, kira-kira dasar apa yang mereka gunakan dalam menghitung budget tersebut?

Budget Iklan Cukup Rumit

Jika anda menargetkan sales sebesar 2.000.000 Rupiah dalam 1 kampanye digital marketing, kira-kira anda membutuhkan budget berapa? Tentu bagi anda yang masih belum familiar terhadap dunia digital marketing, akan kesulitan untuk menjawab perkiraan nominalnya.

Tapi, sebenarnya ada beberapa metode yang cukup ampuh dan bisa membantu anda dalam menentukan perkiraan budget.

2 Cara Menentukan Budget Iklan

Umumnya, digital marketer banyak menggunakan acuan berdasarkan jumlah konversi (Biaya Akuisisi atau CPA) serta timbal balik (ROI/ROAS). Berikut detailnya:

Berdasarkan ROI/ROAS

ROI (Return on Investment) atau ROAS (Return On Ad Spend) merupakan metode penghitungan budget iklan berdasarkan nilai persentase timbal balik yang diinginkan. Dengan menggunakan metode ini, digital marketer biasanya tidak menentukan batas maksimal dalam beriklan.

Baca Juga: Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Facebook Ads?

Misalnya, jika anda ingin mendapatkan sales 5.000.000 Rupiah dengan nilai ROI iklan sebesar 50%, maka budget yang anda butuhkan adalah 2.500.000 Rupiah. Penghitungan berdasarkan ROI biasanya relatif lebih mudah, namun perlu pencatatan pemasukan yang mendetail agar tidak salah dalam penghitungan rasio pengeluaran.

Yang perlu diperhatikan sebelum mengeksekusi strategi ROI/ROAS

  • Pastikan anda sudah menginstall tag lengkap dengan nilai transaksi per barangnya
  • Pilih strategi ROAS di platform periklanan untuk memulai menggunakan metode ini
  • Strategi ROAS mungkin tidak langsung tersedia, anda perlu memberikan data harga per transaksi per produk terlebih dahulu

Berdasarkan Biaya Akuisisi (CPA)

Jika metode ROAS dihitung berdasarkan nilai uang yang masuk, maka metode CPA atau biaya akuisisi ini dihitung per jumlah transaksi yang terjadi.

Misalnya jika anda ingin mendapatkan jumlah sales sebesar 100 transaksi dengan biaya akuisisi per transaksi sebesar 25.000 Rupiah, maka budget yang anda perlukan adalah 2.500.000 Rupiah.

Perlu diingat bahwa strategi CPA menganggap semua transaksi memiliki nilai yang sama. Artinya tidak peduli customer anda membeli barang seharga 10.000 atau 100.000 rupiah, maka sistem akan tetap mencatat 1 transaksi.

Karena itu, sangatlah penting untuk mendefinisikan mana produk yang akan anda targetkan dalam kampanye anda. Mengingat biaya akuisisi dan jumlah yang tercapai belum tentu sesuai dengan modal yang anda keluarkan.

Yang perlu diperhatikan sebelum mengeksekusi strategi CPA

  • Tentukan produk yang ingin anda fokuskan
  • Pastikan anda sudah menghitung biaya akuisisi anda, dan tidak menggerus keuntungan utama anda

Mengapa Budget Iklan Penting?

Budget iklan menentukan seberapa nyawa iklan anda, dan tentu saja jika anda tidak memiliki penghitungan budget yang benar maka perusahaan anda terancam menderita kerugian yang besar.

Anda harus menentukan metode mana yang cocok untuk penentuan nilai budget iklan anda. Berikut beberapa alasan lain mengapa anda perlu menentukan budget iklan yang terarah:

Penentu BEP (Break Even Point) atau Nilai Balik Modal

Jangan sampai anda tidak tahu berapa nilai BEP iklan anda. Dengan anda mengetahui nilai BEP, anda bisa tahu apakah iklan mengalami kerugian atau tidak. Dan dengan anda mengetahuinya, anda bisa memutuskan apakah perlu memperpanjang iklan tersebut atau tidak.

Baca Juga: Mencari Training Facebook Ads? Yuk Coba Layanan Training Sasana Digital!

Metrik Efektivitas Iklan

Anda juga bisa mengetahui apakah iklan yang telah anda luncurkan itu efektif atau tidak. Anda nantinya bisa melihat bagaimana rasio pengeluaran anda terhadap hasil yang anda capai. Selain itu dengan budget, anda bisa menentukan nilai batas maksimal biaya (cost control) untuk mengendalikan jalannya kampanye apabila ternyata di lapangan mereka menghabiskan biaya yang lebih besar dari seharusnya.

Agar Promosi Lebih Terarah

Budget memberikan arah yang jelas kepada kampanye anda. Berapa total sales yang harus didapatkan atau berapa omzet yang perlu diraih untuk memutuskan apakah kampanye bisa diteruskan atau tidak.

Ikuti Pelatihan Digital Marketing Kami Untuk Pembelajaran yang Lebih Komprehensif

Kami paham bahwa tidak semua orang bisa memahami dunia budget ini, padahal tanpa mengetahui nilai budget yang benar maka anda bisa menderita kerugian yang cukup besar. Selain itu, bisa menciptakan mindset bahwa strategi digital marketing tidaklah seefektif yang dikatakan oleh orang-orang.

Baca Juga: Ikut Training Google Ads, Apa Saja Hal Penting yang Perlu Dipelajari?

Padahal masalahnya bukan ada di sistem digital marketing, tapi ada di anda. Karena itu, anda bisa mengikuti program training digital marketing kami untuk mempelajari lebih dalam seputar dunia penghitungan budget pada strategi digital marketing.

Dengan mengetahui nilai perkiraan budget yang akurat, kampanye yang anda lakukan juga akan lebih terarah dan tentunya berpotensi untuk meraup keuntungan yang lebih pasti.

Comments are closed.