fbpx
Digitalisasi Bisnis Sebagai Strategi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Digitalisasi Bisnis Sebagai Strategi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Datangnya revolusi industri keempat mengakibatkan berbagai bisnis harus mulai menyesuaikan diri terhadap teknologi. Digitalisasi adalah bentuk adaptasi yang wajib diterapkan oleh semua jenis perusahaan

Teknologi semakin menunjukan eksistensinya hari demi hari. Bahkan teknologi kerap dianggap sebagai ancaman bagi sebagian bisnis dan profesi, seperti kasus transportasi online versus konvensional di tahun 2017 silam. Ini adalah bukti kecil bahwa teknologi merupakan salah satu inovasi disruptif yang perlu disikapi dengan baik.

Di dalam bisnis, perubahan adalah hal yang akan selalu terjadi setiap saat. Dan kini, di era revolusi industri 4.0, kita dihadapkan kepada teknologi canggih yang siap membantu anda bertumbuh atau justru membunuh anda. Jika anda tidak segera mengadaptasi strategi baru, maka bukan tidak mungkin bisnis anda akan terancam!

Mengapa Transformasi Digital Penting di Dalam Bisnis?

Digitalisasi bisnis merupakan salah satu strategi yang efektif dalam menghadapi era revolusi digital 4.0. Dengan menerapkan teknologi digital di bisnis anda, maka anda pun bisa meningkatkan daya saing dan tetap bisa bertahan melawan gempuran teknologi.

Beberapa keuntungan dari penerapan transformasi digital dalam bisnis adalah efisiensi biaya operasional, mengoptimalkan kolaborasi, dan akses data yang fleksibel kapanpun dimanapun. Itulah mengapa anda perlu mulai mempertimbangkan strategi digitalisasi bisnis seperti di bawah ini.

Baca Juga: 5 Contoh Perusahaan yang Sukses Menerapkan Transformasi Digital

Contoh Strategi Digitalisasi Bisnis di Era Digital

Anda tentu tidak perlu harus langsung mendadak merubah semuanya menjadi digital, mengingat karyawan anda juga perlu melakukan adaptasi terhadap sistem yang baru. Anda bisa memulai dengan beberapa strategi sederhana seperti:

Mulai Menggunakan Strategi Digital Marketing

Dengan memanfaatkan strategi digital marketing, maka biaya promosi bisa anda tekan atau bahkan lebih anda optimalkan. Digital marketing terkenal dengan fitur penargetan dan remarketing-nya yang sangat efektif untuk kegiatan promosi, sehingga promosi anda akan lebih tepat sasaran yang artinya juga pengeluaran biaya promosi yang lebih rendah.

Selain itu digital marketing juga tidak membutuhkan tenaga dan sumber daya yang besar. Anda tidak perlu membuat izin khusus digital marketing, seperti yang anda lakukan saat ingin menyebar brosur. Karena itu, strategi pemasaran digital marketing cenderung lebih efisien dan hemat biaya.

Adaptasi Software dengan Teknologi Digital, Potong Biaya Operasional Perusahaan

Mulai dari pencatatan keuangan, pencatatan klien, sampai layanan customer service semuanya bisa dioptimasi dengan menggunakan teknologi digital. Diketahui penggunaan teknologi digital juga bisa meningkatkan efisiensi biaya operasional, sehingga biaya tersebut bisa dialokasikan ke tempat lain.

Kita ambil contoh sistem eKYC (Electronic KYC) yang diterapkan oleh perbankan di era revolusi industri 4.0 ini. Sistem eKYC membantu bank untuk mendapatkan data nasabah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tidak perlu,seperti transport dari bank ke alamat nasabah. Sehingga petugas yang dibutuhkan untuk melakukan KYC juga tidak perlu sebanyak dulu. 

Selain itu eKYC juga mempermudah pengalaman pelanggan, dan mereka bisa menikmati layanan perbankan secara lengkap tanpa perlu keluar rumah. Transformasi digital yang seperti inilah yang memberikan keuntungan kedua belah pihak.

Baca Juga: Aspek Revolusi Industri 4.0 Pada Perusahaan Manufaktur

Penggunaan Manufacturing Automation Software

Bagi industri manufaktur, mereka juga bisa menggunakan software otomasi produksi untuk meningkatkan efisiensi dari kegiatan produksi mereka. Manufacturing Automation Software berfungsi untuk mengatur dan mengawasi berbagai kegiatan produksi yang dilakukan oleh mesin berat. Software nantinya akan memberikan update data otomatis tentang aktivitas produksi sampai data pantauan status mesin.

Software ini tentunya bisa membantu para pelaku bisnis industri manufaktur, terutama mengatasi masalah downtime (mesin tidak bekerja) yang kerap terjadi. Nantinya teknisi tidak perlu melakukan inspeksi manual terus menerus ke mesin, dan software yang akan memberitahukannya pada mereka.

Adaptasi Metode Pembayaran Digital Untuk Meningkatkan Kemudahan Pembayaran dari Customer

Salah satu strategi transformasi digital yang harus diadopsi oleh para retailer adalah memasang metode pembayaran digital. Dengan metode pembayaran ini, maka customer tidak perlu lagi berurusan dengan uang fisik yang memakan tempat dan merepotkan.

Pembayaran digital mengefisiensikan pembayaran dengan menghilangkan masalah kembalian, uang salah hitung, dan proses pembayaran yang lama. Beberapa layanan pembayaran digital bahkan menerapkan sistem QR Code yang hanya perlu discan oleh customer dan pembayaran langsung selesai dalam waktu kurang dari 15 detik, berapapun nominalnya.

Optimasi Kolaborasi Antar Divisi dengan Cloud System

Data adalah harta terpenting di dalam perusahaan. Tanpa data, tidak mungkin perusahaan bisa mengambil keputusan besar dan tepat secara cepat. Hanya saja, seringkali data tersebar-sebar di berbagai divisi dan sulit diakses dengan cepat. Apalagi jika tempat penyimpanan data berbeda dengan tempat aksesnya.

Namun dengan adanya transformasi digital seperti penggunaan ERP System (Enterprise Resource Planner), maka data-data tersebut akan tersimpan di dalam sistem cloud. Data-data tersebut nantinya bisa diakses siapapun yang memiliki otoritas dan dari manapun. Tentunya ini akan semakin memangkas waktu dan meningkatkan efisiensi dari proses pengambilan dan analisa data, yang selama ini harus melibatkan banyak orang.

Kesimpulan

Transformasi digital bisa dilihat dari dua sudut pandang, ancaman maupun kesempatan. Jika anda tidak bisa mengikuti perkembangan, maka transformasi digital bisa dibilang merupakan ancaman terbesar bagi anda. Namun sebaliknya, jika anda mampu memanfaatkannya dengan baik maka era baru ini bisa anda jadikan sebagai landasan pacu anda untuk terbang lebih jauh dan tinggi lagi dibanding sebelumnya.

Jika anda masih belum paham metode transformasi digital yang cocok untuk anda, mungkin anda bisa menghubungi jasa konsultan bisnis digital yang kami sediakan.

Comments are closed.