Blog ›

Contoh-contoh Landing Page Bisnis yang Menarik dan Efektif

I

Landing page adalah sebuah halaman khusus di suatu website yang dibuat untuk mengajak pengunjung melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mengisi formulir, atau mengunduh file. 

Halaman ini dirancang agar mudah dipahami dan menarik perhatian pengunjung. Membuat landing page yang efektif adalah penting bagi bisnis online, karena bisa meningkatkan konversi dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Dalam artikel ini, akan dibahas lebih detail tentang contoh-contoh landing page yang bisa dijadikan inspirasi untuk meningkatkan konversi situs web Anda. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar dan melihat contoh, Anda bisa membuat landing page yang efektif dan membantu bisnis Anda tumbuh.

Penjelasan Singkat Landing Page

Penjelasan Singkat Landing Page

Landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk memaksimalkan konversi pengunjung menjadi pelanggan. Landing page biasanya digunakan dalam kampanye pemasaran online seperti iklan PPC (pay-per-click), email marketing, atau media sosial.

Fungsi utama dari landing page adalah untuk menawarkan suatu produk atau layanan secara spesifik, jelas, dan menarik perhatian pengunjung. Agar efektif, landing page harus dirancang dengan baik dan menarik dengan menggunakan elemen visual dan teks yang relevan dan persuasif.

Sebuah landing page yang sukses biasanya memiliki tampilan yang bersih dan menarik, headline atau judul yang menarik perhatian, deskripsi produk atau layanan yang jelas dan singkat, serta panggilan tindakan yang persuasif.

Penting untuk diingat bahwa landing page harus diarahkan pada satu tujuan saja, yaitu memaksimalkan konversi pengunjung menjadi pelanggan. Oleh karena itu, hindari menampilkan banyak informasi yang tidak relevan dengan tujuan landing page Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pengujian terhadap landing page Anda untuk mengetahui efektivitasnya dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Baca juga: Bahas Lengkap Apa Itu Landing Page hingga Jenis & Contohnya!

Setelah mengetahui apa itu landing page, pada penjelasan berikutnya kita akan membahas bagaimana struktur dan komponen landing page yang efektif.

Struktur dan Komponen Landing Page yang Efektif

Berikut merupakan struktur dan komponen landing page yang efektif, antara lain:

1. Headline yang Jelas dan Informatif

Headline atau judul yang jelas dan informatif merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah landing page yang efektif. Headline harus memperjelas secara singkat dan jelas tentang apa yang ditawarkan pada halaman tersebut.

Sebuah headline yang baik akan menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka tertarik untuk mengeksplor lebih lanjut isi halaman tersebut.

Dalam membuat headline, pastikan untuk menggunakan kata-kata yang tepat dan spesifik. Jangan menggunakan kalimat yang terlalu umum atau ambigu, karena hal ini akan membuat pengunjung kesulitan memahami isi halaman tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda menawarkan layanan konsultasi keuangan, headline yang tepat dan spesifik adalah “Konsultasi Keuangan Profesional untuk Mencapai Kebebasan Finansial Anda”.

Selain itu, headline juga harus dapat memicu emosi dan merangsang keinginan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar layanan.

Untuk mencapai hal ini, headline bisa menggunakan teknik copywriting seperti menekankan manfaat produk atau layanan, menawarkan solusi untuk masalah yang dihadapi pengunjung, atau memberikan janji yang menarik.

Terakhir, pastikan headline terlihat jelas dan mudah dibaca dengan menggunakan ukuran font yang cukup besar dan gaya huruf yang sesuai.

Sebuah headline yang tidak terlihat jelas dan mudah dibaca akan membuat pengunjung kesulitan untuk memahami isi halaman dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk meninggalkan halaman tersebut.

Oleh karena itu, headline yang jelas dan informatif adalah salah satu elemen kunci dalam membuat sebuah landing page yang efektif.

2. Gambar yang Menarik dan Relevan

Gambar yang Menarik dan Relevan

Gambar yang menarik dan relevan adalah salah satu komponen penting dalam struktur dan komponen landing page yang efektif. 

Untuk gambar bisa membantu memperjelas dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan pada landing page, serta menarik perhatian pengunjung dan membuat halaman tersebut terlihat lebih menarik.

Dalam memilih gambar untuk landing page, pastikan untuk menggunakan gambar yang relevan dengan konten halaman dan produk atau layanan yang ditawarkan.

Gambar harus dapat memperjelas atau menggambarkan produk atau layanan tersebut sehingga pengunjung dapat dengan mudah memahami apa yang ditawarkan. 

Sebagai contoh, jika Anda menjual produk makanan, gambar makanan yang lezat dan menggugah selera akan lebih menarik daripada gambar abstrak yang tidak terkait.

Selain relevan, gambar juga harus menarik dan memiliki kualitas yang baik. Pastikan untuk menggunakan gambar yang memiliki resolusi yang cukup tinggi dan tidak terlalu terkompresi sehingga gambar terlihat tajam dan jelas.

Hindari menggunakan gambar yang terlalu umum atau klise, seperti gambar stok yang banyak digunakan oleh banyak situs web.

Terakhir, pastikan gambar ditempatkan dengan strategis dan berukuran yang cukup besar sehingga pengunjung dapat melihatnya dengan jelas. Gambar yang terlalu kecil atau tersembunyi di sudut halaman tidak akan memiliki dampak yang signifikan pada pengunjung.

3. Deskripsi Produk atau Jasa yang Singkat dan Padat

Deskripsi produk atau jasa yang singkat dan padat adalah salah satu komponen penting dalam struktur dan komponen landing page yang efektif. Deskripsi produk atau jasa harus memberikan informasi yang jelas dan terperinci tentang fitur dan manfaat produk atau layanan yang ditawarkan.

Dalam membuat deskripsi produk atau jasa, pastikan untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terlalu teknis.

Deskripsi harus dapat memperjelas dan menjelaskan fitur dan manfaat produk atau layanan secara singkat dan padat, sehingga pengunjung dapat dengan mudah memahami apa yang ditawarkan.

Sebagai contoh, jika Anda menjual produk kosmetik, deskripsi yang tepat dan singkat adalah “Produk kosmetik berkualitas tinggi dengan bahan alami yang aman dan efektif untuk perawatan kulit Anda”.

Selain itu, deskripsi produk atau jasa juga harus dapat memicu emosi dan merangsang keinginan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar layanan.

Untuk mencapai hal ini, deskripsi bisa menggunakan teknik copywriting seperti menekankan manfaat produk atau layanan, menawarkan solusi untuk masalah yang dihadapi pengunjung, atau memberikan janji yang menarik.

Terakhir, pastikan deskripsi produk atau jasa terlihat jelas dan mudah dibaca dengan menggunakan paragraf pendek dan pemisah, bullet point, atau tabel.

Sebuah deskripsi yang terlihat rumit atau terlalu panjang akan membuat pengunjung kesulitan untuk memahami isi halaman dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk meninggalkan halaman tersebut.

Oleh karena itu, deskripsi produk atau jasa yang singkat dan padat adalah salah satu elemen kunci dalam membuat sebuah landing page yang efektif.

4. Call-to-Action yang Jelas dan Menarik

Call-to-Action yang Jelas dan Menarik

Call-to-Action (CTA) yang jelas dan menarik adalah salah satu komponen penting dalam struktur dan komponen landing page yang efektif. 

CTA adalah tindakan atau perintah yang ingin diarahkan kepada pengunjung, seperti membeli produk, mendaftar layanan, mengisi formulir, atau menghubungi tim dukungan.

Dalam membuat CTA yang jelas dan menarik, pastikan untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan terasa mendesak bagi pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu.

CTA harus menarik perhatian dan memicu emosi pengunjung, sehingga mereka merasa terdorong untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, CTA bisa menggunakan teknik copywriting seperti menggunakan kalimat persuasif, menekankan manfaat yang akan didapat oleh pengunjung setelah melakukan tindakan tertentu, atau menawarkan promo atau penawaran khusus yang menarik.

Selain itu, pastikan CTA terlihat jelas dan mudah ditemukan dengan menggunakan tata letak yang baik dan warna yang mencolok. 

CTA harus terletak pada tempat yang strategis dan mudah diakses oleh pengunjung, seperti pada bagian atas halaman atau di bawah deskripsi produk atau jasa.

Terakhir, pastikan CTA ditempatkan di beberapa tempat di halaman untuk meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk mengambil tindakan. 

Sebagai contoh, CTA bisa ditempatkan di atas, tengah, dan akhir halaman atau pada bagian samping halaman. Hal ini akan membantu pengunjung untuk melakukan tindakan sesuai dengan preferensi dan kebiasaan mereka.

5. Formulir Pendaftaran yang Simpel dan Mudah Dipahami

Formulir pendaftaran yang simpel dan mudah dipahami adalah salah satu komponen penting dalam struktur dan komponen landing page yang efektif. Formulir ini berfungsi sebagai sarana untuk mengumpulkan data pengunjung, seperti nama, alamat email, nomor telepon, atau informasi lainnya yang dibutuhkan oleh bisnis.

Untuk membuat formulir pendaftaran yang efektif, pastikan untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas bagi pengunjung. 

Gunakan kalimat yang singkat dan padat untuk mengurangi kebingungan dan meningkatkan kejelasan informasi. Pastikan juga untuk menyertakan label yang jelas pada setiap field input, sehingga pengunjung dapat dengan mudah memahami informasi yang dibutuhkan.

Selain itu, pastikan untuk meminimalkan jumlah field input pada formulir pendaftaran. Jika formulir terlalu panjang atau rumit, maka pengunjung akan cenderung menghindar atau meninggalkan halaman landing page.

Sebagai contoh, jika bisnis hanya memerlukan alamat email dari pengunjung, maka hanya perlu menampilkan field input untuk alamat email saja, tanpa harus menampilkan field input lainnya.

Selain itu, pastikan juga untuk memberikan insentif kepada pengunjung yang telah mengisi formulir pendaftaran. 

Insentif ini bisa berupa penawaran khusus, diskon, atau konten eksklusif yang tidak tersedia untuk pengunjung lainnya. Hal ini akan meningkatkan motivasi pengunjung untuk mengisi formulir pendaftaran dan meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan.

Terakhir, pastikan formulir pendaftaran mudah diakses dan terletak di tempat yang strategis pada halaman landing page. 

Umumnya, formulir pendaftaran ditempatkan pada bagian bawah deskripsi produk atau jasa, atau pada bagian samping halaman. Hal ini akan membantu pengunjung untuk mengisi formulir dengan mudah dan meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan.

6. Testimoni Pelanggan yang Puas

Testimoni Pelanggan yang Puas

Testimoni pelanggan yang puas adalah salah satu komponen penting dalam struktur dan komponen landing page yang efektif. Testimoni ini digunakan sebagai bukti nyata dari pengalaman positif pelanggan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis.

Untuk membuat testimoni yang efektif, pastikan untuk memilih testimonial dari pelanggan yang puas dan terpercaya. 

Testimonial ini harus mencakup informasi yang spesifik dan relevan tentang pengalaman pelanggan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis. 

Testimoni yang spesifik dan relevan akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap bisnis dan produk atau jasa yang ditawarkan.

Pastikan untuk menampilkan nama dan foto pelanggan yang memberikan testimonial. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap testimonial dan menunjukkan bahwa testimonial tersebut benar-benar berasal dari pelanggan yang puas.

Selain itu, pastikan juga untuk menampilkan testimonial pada bagian yang strategis pada halaman landing page, seperti di atas Call-to-Action atau di sebelah deskripsi produk atau jasa.

Hal ini akan memastikan bahwa pengunjung dapat melihat testimonial dengan mudah dan meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan.

Terakhir, pastikan untuk menambahkan variasi testimonial pada halaman landing page. Testimonial yang bervariasi akan memberikan informasi yang lebih lengkap dan menggambarkan pengalaman yang berbeda dari berbagai pelanggan. 

Testimonial yang beragam akan memberikan kesan yang lebih kuat tentang kualitas produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis.

Baca juga: 5 Cara Membuat Landing Page Gratis Tanpa Coding Terbaru 2023

Dalam penjelasan selanjutnya kita akan membahas beberapa contoh landing page bisnis yang menarik dan efektif.

Contoh-contoh Landing Page Bisnis yang Menarik dan Efektif

1. Contoh Landing Page Fashion

Landing page fashion adalah sebuah halaman web yang didesain khusus untuk mempromosikan produk fashion, seperti pakaian, sepatu, aksesoris, dan lain-lain. 

Sebuah landing page fashion yang efektif harus memiliki elemen-elemen yang menarik dan informatif, seperti headline yang jelas, gambar yang menarik, deskripsi produk yang singkat dan padat, Call-to-Action yang menarik, dan testimonial dari pelanggan yang puas.

Contoh Landing Page Fashion

Contoh landing page fashion yang efektif dapat terlihat seperti halaman web dari sebuah brand pakaian terkenal, seperti Zara atau H&M. Halaman web tersebut biasanya memiliki tampilan yang elegan, modern, dan menarik. 

Pada bagian atas halaman web, terdapat headline yang jelas dan informatif tentang produk yang ditawarkan. Selanjutnya, terdapat gambar-gambar produk yang menarik dan relevan, disertai dengan deskripsi produk yang singkat dan padat. 

Deskripsi produk harus menjelaskan fitur-fitur produk secara jelas dan menarik, sehingga pengunjung dapat memahami manfaat produk dengan mudah.

Pada bagian bawah halaman web, terdapat Call-to-Action yang menarik, seperti “Beli Sekarang” atau “Dapatkan Diskon Spesial”. Call-to-Action ini harus menarik dan mudah dipahami, sehingga pengunjung terdorong untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh bisnis.

Selain itu, halaman web juga dapat menampilkan testimonial dari pelanggan yang puas, yang menjelaskan pengalaman positif mereka dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis.

Testimonial ini akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap bisnis dan produk atau jasa yang ditawarkan.

Landing page fashion yang efektif harus dapat menarik perhatian pengunjung dan memotivasi mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh bisnis, seperti membeli produk atau mendaftar sebagai anggota. 

Dengan menggabungkan elemen-elemen yang efektif, sebuah landing page fashion dapat meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan dan memperkuat brand awareness dari bisnis fashion tersebut.

Baca juga: Mari Pahami Konsep Atribusi Konversi Digital Marketing

2. Contoh Sales Page

Sales page atau halaman penjualan adalah halaman web yang didesain khusus untuk mempromosikan produk atau jasa dan mendorong pengunjung untuk melakukan pembelian.

Halaman ini biasanya berisi deskripsi produk atau jasa yang detail, manfaat produk, dan tawaran khusus yang menarik untuk mendorong pembelian.

Contoh sales page yang efektif harus memiliki headline yang menarik, gambar produk yang berkualitas, deskripsi produk yang detail dan meyakinkan, serta Call-to-Action yang jelas dan menarik. 

Selain itu, sales page juga harus mudah dipahami dan menekankan manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Contoh Sales Page

Contoh sales page yang efektif dapat ditemukan pada halaman web e-commerce, seperti Amazon atau Lazada. 

Sales page pada e-commerce biasanya dilengkapi dengan gambar produk yang jelas dan detail, deskripsi produk yang meyakinkan, dan ulasan dari pelanggan yang telah membeli produk tersebut.

Pada sales page, gambar produk yang berkualitas dan detail sangat penting untuk memberikan gambaran yang jelas tentang produk atau jasa yang ditawarkan. 

Deskripsi produk yang detail juga sangat penting untuk memberikan informasi yang meyakinkan tentang manfaat dan keunggulan dari produk atau jasa tersebut.

Selain itu, sales page juga harus memiliki Call-to-Action yang jelas dan menarik. Call-to-Action tersebut harus mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar sebagai anggota.

3. Contoh Landing Page Keren

Landing page adalah halaman web yang dirancang untuk menarik perhatian pengunjung dan mengarahkan mereka ke tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian atau pendaftaran.

Contoh Landing Page Keren

Untuk membuat landing page yang menarik, ada beberapa elemen desain yang perlu dipertimbangkan, seperti headline yang menarik, gambar yang relevan, deskripsi produk yang singkat dan jelas, Call-to-Action yang menarik, formulir pendaftaran yang mudah dipahami, dan testimoni pelanggan yang memuaskan.

4. Contoh Landing Page Produk

Landing page produk adalah halaman web yang dirancang secara khusus untuk mempromosikan produk tertentu. 

Halaman ini memiliki struktur dan komponen khusus yang menampilkan deskripsi produk yang jelas, gambar yang menarik, dan panggilan untuk tindakan yang efektif.

Contoh Landing Page Produk

Contoh landing page produk yang menarik adalah milik Apple untuk produk iPhone mereka. Halaman ini menampilkan gambar produk dengan kualitas tinggi dan detail yang jelas, deskripsi singkat tentang fitur utama produk, dan panggilan untuk tindakan yang jelas untuk membeli produk tersebut. 

Desain yang sederhana tetapi elegan membuat pengunjung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk.

Contoh lainnya adalah landing page produk milik Amazon. Halaman ini menampilkan banyak produk terkait dalam kategori yang sama, deskripsi produk yang jelas dan informatif, serta ulasan dan penilaian pelanggan yang membantu memperkuat kepercayaan pengunjung terhadap produk. 

Desain yang sederhana dan mudah dipahami membuat pengunjung lebih mudah untuk menemukan produk yang mereka butuhkan dan membuat keputusan pembelian yang tepat.

Baca juga: Apa itu Website Marketing? Mengapa Bisa Bantu Cuan Bisnis?

Pertanyaan Seputar Contoh Landing Page

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan contoh landing page. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait contoh landing page.

1. Kenapa Bisnis Harus Punya Landing Page?

Landing page dirancang secara khusus untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Landing page juga memiliki banyak manfaat bagi bisnis, seperti meningkatkan konversi, meningkatkan kepercayaan pelanggan, meningkatkan efektifitas iklan, hingga menjangkau target pasar dengan lebih baik.

2. Bagaimana Cara Membuat Landing Page?

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk membuat landing page:

  • Tentukan tujuan
  • Tentukan target pasar
  • Buat headline yang menarik
  • Gunakan gambar yang relevan
  • Buat deskripsi singkat
  • Tambahkan testimonial
  • Buat Call-to-Action
  • Buat formulir pendaftaran
  • Buat desain halaman yang menarik
  • Uji coba dan optimalkan

Itulah cara membuat landing page yang bisa Anda coba.

3. Apakah Landing Page Sama dengan Website?

Landing page dan website adalah dua hal yang berbeda. Website merupakan kumpulan dari beberapa halaman yang saling terhubung dan memiliki navigasi yang lengkap. Sementara itu, landing page adalah halaman tunggal yang dirancang khusus untuk tujuan pemasaran atau promosi.

Penutup

Dengan memahami contoh contoh landing page, Anda dapat mengetahui bagaimana membuat landing page yang efektif dan menarik perhatian pengunjung.

Dalam membuat landing page yang baik, perlu diingat bahwa halaman tersebut harus memiliki headline yang jelas dan informatif, gambar yang relevan dan menarik, deskripsi produk atau jasa yang singkat dan padat, Call-to-Action yang menarik, formulir pendaftaran yang simpel, dan testimoni dari pelanggan yang puas.

Apabila Anda masih bingung dengan pembuatan landing page. Sasana digital siap membantu Anda, membuat landing page seoptimal mungkin. Sebab Sasana Digital berpengalaman dengan UKM dan perusahaan ternama dalam digital marketing. 

Klik banner di bawah dan kami urus landing page Anda seperti kami mengurus rumah sendiri!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?