Blog ›

Community Marketing: Dari Pengertian hingga Manfaatnya untuk Bisnis!

I

Saat ini ada banyak sekali strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan sebuah produk. Pernahkah Anda mendengar tentag salah satu strategi bernama community marketing?

Jika Anda sudah cukup mendalami dunia bisnis, istilah tersebut sangat mungkin sering terdengar. Fyi, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan strategi marketing ini, lho!

Pebisnis tidak akan mudah menyadari keunggulan strategi tersebut selama ia belum memahaminya. Lalu apa yang dimaksud community marketing? Yuk, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Apa Itu Community Marketing?

Apa Itu Community Marketing

Gambarannya, community marketing disebut sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan berbagai ruang lingkup. Tidak hanya online, melainkan juga ruang lingkup offline dalam melakukan aktivitas pemasaran iklannya.

Jika dialihbahasakan dari bahasa Inggris, ‘community’ artinya komunitas dan ‘marketing‘ memiliki arti pemasaran. Maka secara bahasa, arti community marketing adalah pemasaran komunitas.

Community Marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang melibatkan interaksi dengan sebuah komunitas konsumen, atau sebuah bisnis yang melakukan pemasaran dengan ikut terlibat dalam aktivitas sebuah komunitas.

Interaksi yang dilakukan oleh bisnis dengan komunitas ini tidak terbatas secara online saja, melainkan juga berinteraksi dan bersinergi secara offline. Misalnya dengan mengadakan event di suatu kota, kegiatan seminar, masuk ke dalam grup online media sosial Facebook dan lain sebagainya.

Seperti strategi marketing pada umumnya, marketing komunitas juga memiliki tujuan sebagai upaya untuk memasarkan produk lebih luas, mengenalkan sebuah brand, dan menambah pelanggan baru bagi sebuah bisnis.

Namun, fokus dan tujuan utama dari marketing komunitas sebagai strategi pemasaran adalah untuk menjaga hubungan baik sebuah brand bisnis dengan konsumennya yang berada pada sebuah komunitas.

Melalui marketing komunitas, konsumen akan merasa lebih dekat dengan brand yang mereka pakai. Lalu, output dari marketing ini adalah menjadikan pelanggan semakin loyal terhadap brand bisnis.

Baca Juga: Tertarik Gabung 10+ Komunitas Bisnis Digital Berikut?

Jenis-Jenis Community Marketing

Terdapat dua jenis komunitas marketing yang perlu Anda tahu, yaitu Organic Community Marketing dan Sponsored Community Marketing.

1. Organic Community Marketing

Istilah ini mengacu pada komunitas yang dibentuk oleh para konsumen dari sebuah brand tanpa bantuan dari brand tersebut dalam pembuatannya.

Mereka terhubung secara mandiri, karena atas kesadaran dirinya sendiri untuk berkomunitas dengan para pengguna lain, yang tujuannya adalah berbagi informasi, bertanya dan berbagi pengalaman menggunakan produk dari sebuah brand. Organic community marketing ini dapat ditemui di media sosial, seperti grup Facebook dan Twitter.

Dalam marketing ini, bahasan terhadap sebuah brand dapat menjadi hal yang positif dan juga negatif. Alasannya karena mereka akan berbagi dan bertanya secara bebas dan jujur mengenai asumsi terhadap sebuah brand.

Bagi pegiat pemasaran seperti ini, sangat mudah sekali bagi mereka untuk saling memberikan pengaruh positif maupun negatif dalam sebuah komunitas marketing organik ini.

Maka, penting bagi Anda untuk ikut memantau dan aktif berinteraksi dalam komunitas marketing jenis ini agar menjaga bahasan tetap positif dan reputasi bisnis Anda tetap terjaga.

2. Sponsored Community Marketing

Jenis pemasaran komunitas yang kedua adalah sponsored community marketing. Ini merupakan jenis komunitas marketing yang dengan sengaja dibuat oleh sebuah brand.

Jenis komunitas marketing ini dikembangkan dan disponsori oleh brand, sehingga Anda juga dapat berinteraksi dengan para pengguna secara langsung melalui media yang tersedia. Contohnya adalah saat Anda mengadakan event di sebuah kota, kemudian membuat grup untuk berkomunikasi tentang informasi acara.

Selain itu, media sosial dari brand Anda juga dapat dikatakan sebagai sponsored community marketing. Anda dapat merespon langsung setiap komentar dan pertanyaan yang muncul pada akun tersebut.

Dengan begitu, konsumen akan merasa puas dengan adanya interaksi dengan brand secara langsung dan hal ini akan menumbuhkan loyalitas terhadap brand Anda sebagai tindak lanjut dari kepuasan yang diperoleh.

Jenis marketing komunitas yang satu ini termasuk yang sering dilakukan oleh banyak brand. Ini karena Anda dapat melihat perkembangan komunitas sejak awal dibuat hingga kapan pun.

Anda juga dapat memantau dan berinteraksi langsung, sehingga risiko adanya pembahasan negatif masih dapat dihalau selagi brand Anda tidak melakukan kesalahan fatal yang dapat membuat konsumen kecewa.

Dalam sponsored community marketing ini juga penting untuk Anda menjadi responsif dalam berinteraksi dengan audiens. Seperti memberikan informasi yang akurat, membalas komentar dan lain sebagainya.

Hal tersebut akan berpengaruh pada community marketing yang Anda bangun. Semakin baik pelayanan dan interaksi Anda terhadap mereka, maka kepercayaan akan semakin terbangun.

Baca Juga: Pentingnya Memahami Fitur, Benefit, dan Value Produk di Era Bisnis Digital

Manfaat Community Marketing untuk Bisnis

Manfaat Community Marketing untuk Bisnis

Pemasaran komunitas sebagai strategi pemasaran akan memberikan Anda beberapa manfaat berikut.

1. Memperluas Brand Awareness 

Manfaat yang akan Anda rasakan dari marketing komunitas yang Anda buat adalah meningkatnya brand awareness. Bayangkan setiap orang dapat membicarakan nama brand Anda, membicarakan keunggulannya dan merekomendasikan kepada orang lain.

Anda cukup membuat marketing komunitas yang Anda bangun agar dapat memberikan informasi yang terpercaya, merangkul dan berinteraksi lebih dekat dengan konsumen, maka dampaknya akan sangat terasa.

Dengan adanya komunitas pemasaran ini, akan lebih banyak orang yang membicarakan brand Anda. Mereka yang tidak dapat dijangkau secara online, dapat dijangkau secara offline dengan perantara komunitas ini.

Semakin banyak orang membicarakan brand Anda, semakin brand Anda dikenal. Banyaknya orang yang mulai mengenal brand Anda akan berpotensi menjadi konsumen bahkan pelanggan Anda.

2. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Di era digital ini, konsumen semakin aktif di media sosial termasuk dalam menyuarakan setiap apa yang ingin disampaikan mengenai segala hal, salah satunya terhadap sebuah brand.

Jika Anda dapat memberikan respon terbaik dan membangun interaksi lebih dekat dengan konsumen, mereka akan merasa dilayani dan diperhatikan sebagai seorang konsumen. Baik itu berupa komplain, maupun pengalaman baik menggunakan produk Anda yang ingin disampaikan kepada Anda.

Anda tentu akan merasa nyaman ketika didengarkan dengan baik bukan? Begitu juga seorang konsumen.

Dengan interaksi yang lebih dekat melalui marketing komunitas, akan membuat mereka merasa nyaman dan akan meningkatkan loyalitas konsumen kepada brand Anda.

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Selain akan meningkatkan brand awareness dan loyalitas konsumen, juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.

Kepercayaan ini yang akan berkaitan dengan loyalitas konsumen. Anda dapat membangun kepercayaan konsumen dengan membangun hubungan baik melalui komunitas yang Anda buat.

Respon Anda, informasi yang Anda bagikan dan kecepatan informasi yang diperoleh akan berpengaruh pada kepercayaan yang akan mereka bangun terhadap brand Anda.

4. Menambah Konsumen Baru

Menambah konsumen baru memang bukan tujuan utama dari strategi marketing ini. Namun, tak menutup kemungkinan dengan adanya komunitas ini akan menambah konsumen baru bagi bisnis Anda.

Orang yang tergabung dalam komunitas marketing yang Anda buat besar kemungkinan adalah karena sudah memiliki ketertarikan terhadap brand Anda.

Dengan promo yang Anda berikan khusus untuk anggota komunitas, dapat menjadi daya tarik lebih untuk dapat mendorong mereka menjadi konsumen bisnis Anda.

5. Memahami Kebutuhan Konsumen

Manfaat selanjutnya dari komunitas marketing adalah Anda dapat memahami kebutuhan konsumen. Interaksi yang Anda bangun dengan komunitas akan membuat Anda mendapatkan informasi bagaimana tentang karakter mereka.

Anda dapat memahami juga bagaimana perilaku mereka dari respons dan pesan yang mereka sampaikan di dalam forum community marketing.

Dengan lebih mengenali konsumen, Anda akan lebih mudah juga mengenali kebutuhan mereka baik secara tidak langsung maupun secara langsung dengan bertanya apa yang mereka butuhkan.

Baca Juga: Praktis! 7 Kiat Belajar Bisnis Online dari Nol Tahun 2023

Marketing Digital Community Management

Sebuah komunitas marketing yang lebih luas lagi adalah dengan konsumen, dan untuk lebih jauhnya Anda dapat melakukan community management sebagai strategi lanjutan.

Community management adalah proses membangun komunitas antara pelanggan dengan mitra bisnis. Ini bertujuan agar brand dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi melalui interaksi yang dibangun.

Interaksi yang dibangun tidak jauh berbeda dengan community marketing, namun dalam community management lebih memanfaatkan media online dan berinteraksi melalui konten yang akan dibuat.

Community management akan membantu sebuah brand mendapat informasi mengenai keluhan pelanggan, komplain dan feedback pelanggan terhadap sebuah brand.

Baca Juga: 11 Tips Digital Marketing Ini Ampuh Membantu Strategi Bisnis

Pertanyaan Seputar Community Marketing

Selain pembahasan lengkap di atas, Anda juga bisa mengetahui pertanyaan seputar pemasaran komunitas lainnya yang banyak ditanyakan oleh orang-orang berikut ini.

1. Apa Itu “Community” dalam Bisnis?

Community dalam bisnis adalah sebuah wadah yang digunakan untuk bersinergi antara satu sama lain antar anggota komunitas. Komunitas ini dapat bermacam-macam anggotanya, bisa antar sesama pebisnis, bisa juga antara mitra bisnis dengan pemilik bisnis.

Pernahkah Anda mengikuti sebuah acara di mana Anda dapat bertanya tentang keresahan mengenai bisnis? Kini Anda dapat membayangkan betapa mudahnya sebuah informasi diperoleh melalui berkomunitas antar sesama pebisnis.

Anda dapat berbagi keresahan yang mungkin pernah dirasakan juga oleh pebisnis lain, sehingga dapat membantu Anda mencari solusi dan menyelesaikan masalah.

2. Apa yang dimaksud Community Marketing?

Community Marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang melibatkan interaksi dengan sebuah komunitas konsumen. Sebuah bisnis melakukan pemasaran dengan ikut terlibat aktivitas sebuah komunitas.

Marketing Komunitas dilakukan dengan tujuan utamanya adalah membangun hubungan baik brand dengan para konsumen.

Menjadi lebih dekat dan mengenal konsumen secara online maupun offline adalah aktivitas yang dilakukan dalam strategi community marketing.

3. Bagaimana Memaksimalkan Penerapan Community Marketing?

Supaya komunitas yang Anda bangun dapat bekerja secara optimal sesuai dengan tujuannya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Pertama, Anda harus menentukan tujuan dan rencana pelaksanaan sebuah komunitas akan Anda jalankan dengan cara seperti apa. Dengan membuat rencana yang lebih matang, komunitas yang Anda bangun akan lebih optimal berjalan sesuai rencana yang sudah ditentukan.

Kedua, gunakanlah mindset bahwa “komunitas adalah partner Anda”. Mindset ini akan membantu Anda dalam memberikan perlakuan terhadap mereka. Dengan menganggap mereka adalah partner, Anda tentu akan menjaga hubungan agar terjalin dengan baik bukan?

Ketiga, optimalkan melalui media sosial. Apakah brand Anda memiliki media sosial? Jika Anda ingin brand Anda dikenal, sudah tentu Anda sudah membuatnya. Di era digital seperti ini, media sosial menjadi salah satu alat yang ampuh untuk menjangkau banyak orang dari seluruh dunia.

Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh media sosial untuk dapat mengoptimalkan komunitas Anda. Misalnya dengan membuat grup Facebook, akun khusus penggemar brand Anda, dll.

Keempat, lakukan dalam jangka waktu yang panjang. Sebagus apapun sebuah event community yang Anda buat jika hanya dilakukan sekali, tidak akan memberikan dampak jangka panjang.

Kembali lagi karena sebuah komunitas ini perlu ketelatenan dalam merawatnya, Anda perlu membangun dan memanajemen agar dapat bersifat jangka panjang.

Baca Juga: 15+ Contoh Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan Tahun 2023

Penutup

Setelah mempelajari community marketing, ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan sebagai salah satu strategi marketing. Strategi marketing ini juga menjadi terobosan baru untuk membangun sustainable brand karena dilakukan secara jangka panjang.

Jika Anda tertarik mengadopsi strategi komunitas marketing untuk kemajuan bisnis Anda, ikuti layanan konsultasi bisnis Sasana Digital dengan klik banner berikut!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?