Blog ›

5 Cara Membuat Landing Page Gratis Tanpa Coding Terbaru 2023

I

Apakah Anda salah satu orang yang masih berpikir bahwa cara membuat landing page hanyalah melalui bahasa pemrograman HTML, CSS, dan JavaScript?

Atau mungkin, Anda adalah orang yang juga masih berpikiran bahwa mendesain landing page itu haruslah dengan cara membayar ke freelancer ataupun web developer?

Jika iya, maka artikel ini sangat tepat buat Anda!

Di era digital saat ini, justru telah muncul berbagai macam alternatif yang lebih efektif dan juga efisien dalam menciptakan halaman landing sesuai dengan apa yang bisnis Anda butuhkan.

Karena itu, yuk simak pembahasan tentang 5 cara membuat landing page gratis tanpa harus ngoding di tahun 2023!

Mengenal Landing Page

Landing Page adalah halaman web yang hanya memiliki 1–2 tampilan halaman yang di dalamnya berisi tentang penjelasan bisnis, produk, info diskon, dan lain-lain yang bertujuan untuk menjelaskan secara langsung rincian bisnis ataupun produk yang ditawarkannya.

Di dalam landing page, biasanya tidak ada berbagai macam menu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya karena hanya berisi informasi produk, diskon, ataupun kontak. Selain itu, landing page tidak ada halaman lain sebagaimana website karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Landing page umumnya hanya berisi 1–2 halaman saja sementara website memiliki banyak halaman karena berisi banyak kategori dan artikel.

Perlu diketahui juga bahwa landing page bukanlah home page seperti pada website. Untuk memahaminya secara mudah perbedaan landing page dan homepage, kita bisa mengkajinya secara bahasa.

Landing page secara arti bahasa adalah “Halaman Landas”, artinya halaman yang hanya berisi satu tampilan tetapi memiliki banyak informasi. Sedangkan homepage secara arti bahasa adalah “Beranda”, artinya halaman depan yang akan mengarahkan ke halaman lain.

Cukup mudah dimengerti, bukan?

Jika dianalogikan ke dalam dunia nyata, landing page adalah poster karena hanya menggunakan satu kertas dan tidak berkesinambungan. Sedangkan homepage dan website seperti brosur yang berisi satu kertas dan berisi lebih dari satu halaman yang berkesinambungan.

Baca Juga: Bahas Lengkap Apa Itu Landing Page hingga Jenis & Contohnya!

Fungsi Landing Page bagi Bisnis

“Apakah landing page sebegitu bergunakah? Emang fungsinya apa?”

Umumnya, landing page memiliki 2 fungsi utama, yaitu:

  • Pertama, landing page untuk mempermudah pengunjung memahami dan mengetahui informasi produk & jasa sehingga memudahkan mereka dalam bertransaksi.
  • Kedua, landing page berguna untuk merekap data pengunjung potensial yang punya kemungkinan membeli produk atau jasa di waktu yang akan datang.

Informasi data pengunjung potensial bisa Anda dapatkan apabila landing page menggunakan fitur daftar akun atau yang sederhana masukan email untuk mendapat informasi-informasi terbaru.

Baca Juga: Bagaimana Cara Belajar SEO untuk Pemua?

Bagaimana Cara Membuat Landing Page Gratis Tanpa Coding?

Kecanggihan teknologi semakin mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya dalam membuat landing page yang saat ini bisa dilakukan tanpa harus meng-coding.

Anda tidak perlu juga mengetahui secara mendalam cara membuat landing page dengan HTML ataupun CSS, karena sudah ada cara termudah dalam membuat landing page bahkan yang gratis sekalipun meskipun masih ada kekurangannya.

Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan Content Management System (CMS) WordPress. Proses dan cara membuat landing page di WordPress tersebut juga sangat mudah dipahami bahkan bagi Anda yang pemula.

Selain dengan WordPress, Anda juga bisa membuat landing page secara gratis dengan menggunakan platform yang sudah tidak asing lagi bagi desainer pemula, yaitu Canva.

Meskipun identik sebagai platform desain poster, banner, dan feed IG, nyatanya di Canva Anda juga bisa membuat landing page gratis tanpa coding, bahkan bisa lebih menarik.

Dengan Canva, membuat landing page idaman bisa Anda lakukan secara gratis melalui HP karena platform tersebut telah tersedia di Playstore dan Appstore.

Akan tetapi, membuat landing page di Canva masih memiliki kekurangan seperti halamannya yang kurang responsif, desain tampilan yang berbeda antara versi handphone dan desktop, dan belum tersedianya fitur “Open in New Tab” secara otomatis untuk tautan.

Oleh karena itu, cara membuat landing page termudah tanpa coding-an HTML & CSS masihlah dipegang oleh WordPress, di mana Anda bisa bereksperimen lebih banyak dengan memanfaatkan plugin dibandingkan dengan aplikasi Canva.

Baca Juga: Cara Mudah Mendaftarkan Toko di Google Maps [Lengkap]

Cara Membuat Landing Page di WordPress

Cara membuat landing page di wordpress sangatlah mudah sebab hanya perlu mengetahui plugin yang tepat dan setelah itu mendesain sesuai selera Anda

Plugin yang biasanya digunakan untuk membuat landing page di wordpress adalah elementor.

Sebelum membahas plugin elementor serta cara menggunakannya ada langkah-langkah yang harus diterapkan terlebih dahulu, yaitu:

1. Persiapkan Modal untuk Sewa Hosting & Domain

Saat membuat landing page di WordPress, Anda tentunya butuh modal untuk bisa mendatangkan pengunjung dan memperkenalkan produk Anda kepada mereka. Modal yang dimaksud adalah menyewa “Hosting” dan “Domain”.

Hosting berfungsi untuk menyimpan semua file-file seputar website dan landing page. Ada beragam paket spesifikasi dan juga ukuran ruang penyimpanan hosting yang dapat Anda sewa bulanan ataupun tahunan. Yang pasti, semakin tinggi spesifikasi hosting, ruang penyimpanan, dan juga durasinya, maka harganya pun semakin mahal.

Sedangkan domain berfungsi sebagai alamat yang membawa pengunjung melalui ekstensi seperti .my.id, .com, .net, .id, dan sebagainya.

2. Install CMS WordPress

Apabila Anda telah menyewa hosting dan domain, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress.

Masuk ke halaman panel kontrol (cPanel) di browser dengan mengetikkan: nama-domain.com/cpanel. Kemudian, buka Softaculous App Installer, lalu klik Install Now.

3. Pasang Plugin Elementor (Ataupun Plugin Tema WordPress)

Instal plugin Elementor di fitur tambahkan plugin pada dashboard WordPress Anda. Dengan plugin elementor, Anda tidak perlu lagi menulis banyak coding-an untuk membuat desain landing page.

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan Elementor, selanjutnya yuk kita bahas bagaimana cara membuat landing page di Elementor WordPress dengan mudah!

5 Langkah Membuat Landing Page di Elementor WordPress

Cara menggunakan Elementor untuk membuat landing page yang menarik tidaklah sulit, alasannya karena cara pakainya tidak jauh beda saat Anda membuat suatu desain di Canva, hanya drag, drop, kemudian sesuaikan.

Untuk langkah-langkahnya, mari simak cara sederhana berikut ini!

1. Aktifkan Menu Landing Page

Klik menu Elementor di dashboard WordPress, lalu pilih SettingsGeneral. Centang checkbox Landing Pages di menu Post Types dan terakhir simpan perubahan.

2. Membuat Landing Page dengan Elementor

Klik menu TemplatesLanding Pages,lalu klik tombol Add New Landing Page.

3. Memilih Tema Landing Page

Setelah Anda mengklik tombol tambahkan landing page baru, maka akan muncul berbagai macam pilihan template gratis yang disediakan Elementor pada Theme Library Elementor yang bisa langsung Anda gunakan.

Klik Insert apabila Anda menemukan tema yang sesuai dengan konsep landing page yang ingin Anda buat.

4. Kustomisasi Template Landing Page

Nah, sekarang waktunya Anda untuk mengkreasikan desain landing page dengan template yang telah dipilih sebelumnya.

Anda dapat mulai menambahkan berbagai informasi penting ke dalam website dengan memilih jenis section-nya di kiri layar, lalu melakukan editing pada layar sebelahnya.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan seperti apa Customer Journey pengunjung saat membaca landing page, lalu tuliskan juga copywriting yang mampu meyakinkan mereka.

5. Publish Landing Page

Apabila Anda sudah puas dengan desain landing page yang dibangun, Anda dapat langsung mempublikasikannya dengan mengklik tombol berwarna hijau bertuliskan Publish di kiri bawah layar.

Tapi ingat, jangan terburu-buru untuk langsung mempublikasikan landing page karena merasa desainnya sudah bagus. Anda wajib melakukan testing terlebih dahulu melalui fitur Preview yang juga telah disediakan oleh Elementor.

Apabila semuanya sudah berjalan dengan baik, baru saatnya Anda boleh mengklik tombol publish.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Website Audit bagi Pemula

Sangat mudah, bukan? Begitulah cara membuat desain landing page dengan menggunakan plugin Elementor WordPress yang dapat Anda praktikkan secara gratis tanpa harus report belajar coding sana-sini.

Selanjutnya, mari kita pelajari tips cara membuat landing page yang menarik perhatian pelanggan-pelanggan Anda.

Tips Cara Membuat Landing Page yang Menarik

Ada beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam membuat landing page yang menarik perhatian banyak pelanggan. Berikut tips yang dapat Anda ikuti!

a. Miliki Referensi Landing Page

Pastikan sebelum membuat landing page, Anda sudah mempunyai bayangan seperti apa desain tampilan yang dapat dengan mudah ditemukan di internet.

Misalnya, Anda ingin membuat landing page bisnis jasa sewa motor, mobil, dan travel di kota kelahiran Anda, maka landing page seperti milik Traveloka, Tiket, ataupun Rentalcars dapat dijadikan sebagai referensi karena bisninya hampir sejenis.

Intinya, cari dan gunakan referensi landing page yang sesuai dengan topik bisnis agar memudahkan Anda dalam membuat desain tampilan yang menarik tanpa harus pusing memikirkannya dari nol.

b. Target Konsumen Spesifik

Tips satu ini wajib Anda lakukan sebelum mulai mendesain landing page. Kenapa? Karena ini merupakan salah satu faktor utama keberhasilan sebuah landing page dalam menciptakan konversi.

Dengan menentukan siapa target konsumen yang spesifik, Anda akan memiliki gambaran jelas seperti apa landing page yang dibuat dan dipersonalisasikan sesuai dengan kepribadian pelanggan Anda.

c. Menambahkan Aset Konten Visual

Konten visual merupakan salah satu aspek penting dalam membuat landing page menarik, dan menjadi bagian dari upaya pemasaran visual dalam berbisnis.

Konten visual mempunyai peran besar dalam mendukung desain landing page Anda, di mana fungsinya dapat mengilustrasikan, memperjelas, hingga mempengaruhi psikologis pelanggan untuk tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Coba bayangkan, seperti apa ekspresi pelanggan jika ternyata landing page yang dikunjungi oleh mereka hanya menampilkan tulisan hitam & putih saja?

d. Call-to-Action (CTA) yang Jelas

Banyak yang bilang, Call-to-Action (CTA) merupakan komponen wajib yang harus ada di setiap landing page, mengapa?

Nah, alasannya tidak lain tidak bukan karena perannya yang begitu krusial dalam membuat pelanggan yang datang untuk konversi dengan kalimat-kalimat yang persuasif, entah itu mengisi formulir, mendaftar, membeli, dan lain sebagainya.

Biasanya, kalimat CTA dirangkai menjadi satu paragraf singkat namun meyakinkan, dan diikuti oleh tombol yang mengarahkan mereka untuk segera mengambil suatu aksi.

e. Kombinasi Warna Berdasarkan Tema Bisnis

Pemilihan kombinasi warna juga harus Anda perhatikan dalam membuat landing page menarik.

Kombinasi warna harus sesuai dengan brand guideline bisnis serta konten-konten visual pendukung agar mempermudah pengunjung untuk mencerna setiap informasi yang ingin Anda sampaikan.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Website Bisnis dan Proses Pembuatannya

Pertanyaan Seputar Cara Membuat Landing Page

1. Apa Saja Langkah-langkah Pembuatan Landing Page?

Langkah-langkah membuat landing page yang menarik tanpa coding, yaitu:

  1. Menyewa hosting & domain
  2. Menginstal WordPress
  3. Memasang plugin Elementor
  4. Mengaktifkan menu landing page di bagian Post Types
  5. Membuat landing page dengan template tersedia
  6. Kustomisasi template sesuai kebutuhan
  7. Lakukan tes dan publish landing page Anda!

2. Apa Saja yang Harus Ada di Dalam Landing Page?

Beberapa elemen yang diharuskan ada di dalam sebuah landing page adalah:

  1. Heading atau Headline landing page
  2. Poin-poin sub-topik untuk menjelaskan informasi
  3. Deskripsi produk, jasa, atau layanan yang ditawarkan
  4. Foto, video, ataupun aset visual lain untuk meningkatkan rasa percaya dan kredibilitas
  5. Call-to-Action (CTA)

3. Apa Bedanya Website dan Landing Page?

Landing page adalah halaman khusus (Biasanya 1–2 tampilan halaman) yang berisi tentang deskripsi produk atau jasa, info diskon, dan lain-lain sebagai bagian strategi digital & website marketing. Sedangkan website memiliki banyak halaman yang berisi bermacam hal dan informasi.

Sederhananya, landing page mirip poster yang berisi informasi dalam satu halaman sementara website seperti brosur yang lebih dari satu halaman.

4. Apa Website Inspirasi Desain Landing Page yang Menarik?

Daftar website yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam membuat desain landing page menarik seperti:

  1. Tiket.com untuk website dengan niche Travelling
  2. Zalora untuk website dengan niche Fashion
  3. Ruang Guru untuk website dengan niche Education
  4. Rentalcars untuk website dengan niche Transportation
  5. Berdikaribook untuk website dengan niche Online Book Store
  6. Dan masih banyak lagi

Penutup

Sebab perkembangan teknologi yang begitu cepat, menjadikan banyak cara serta alternatif lain dalam membuat landing page tanpa memerlukan coding. CMS WordPress adalah salah satu solusi dari berbagai alternatif tersebut.

Dengan menginstal plugin WordPress seperti elementor, Anda hanya perlu mengotak-ngatik template yang sudah tersedia di fitur tersebut dan landing page tinggal diterbitkan

Namun, jika Anda masih bingung bagaimana cara membuat landing page yang powerful untuk bisnis tanpa perlu membuang-buang waktu Anda, Sasana Digital hadir sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Cukup klik banner di bawah ini untuk melihat informasi dan berdiskusi dengan kami!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital