fbpx
Cara Memanfaatkan LinkedIn Sebagai Platform B2B Marketplace Bagi Bisnis

Cara Memanfaatkan LinkedIn Sebagai Platform B2B Marketplace Bagi Bisnis

LinkedIn sudah banyak digunakan oleh para professional untuk saling terhubung antara satu dengan yang lain. Pelajari bagaimana cara memanfaatkannya secara maksimal!

Pamor sosial media LinkedIn mulai meningkat sejak pandemi covid-19 dimulai di awal 2020. Salah satu alasannya adalah, LinkedIn bisa membantu para pencari kerja (jobseeker) untuk mendapatkan pekerjaan secara online. Di lain sisi, LinkedIn banyak digunakan oleh para rekruter sehingga bisa memperluas koneksi sambil tetap mencari pekerjaan.

Nyatanya, LinkedIn digunakan oleh para marketing B2B (Business to Business) atau dari bisnis ke bisnis dalam menawarkan produk mereka. Ini karena memang demografi pengguna LinkedIn sebagian besar adalah para professional dan memegang peran strategis di perusahaan.

LinkedIn, Platform Para Professional

Jika anda masih belum menggunakan LinkedIn, maka kami sangat menyarankan anda untuk mencobanya. Di dalam LinkedIn ada jutaan professional yang siap membangun jaringan bersama anda. Mereka tidak akan sungkan untuk saling berbagi informasi, peluang, berita, dan apapun yang ada di dunia professional pada umumnya.

Sejauh pengamatan kami, LinkedIn sendiri merupakan sosial media yang paling sedikit rasio konten negatifnya dibandingkan dengan sosial media lain. Sebab memang tampaknya LinkedIn tidak menarik (atau memang tidak bisa) untuk digunakan bagi mereka yang bersosial media hanya untuk mencari sensasi.

Sekarang bagaimana cara anda bisa memanfaatkan LinkedIn sebagai kanal digital marketing yang cocok untuk memasarkan produk dan solusi bisnis? Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan:

Tunjukkan Keahlian Anda

Alasan utama orang berinteraksi dengan anda di LinkedIn, adalah karena nilai tambah yang anda tawarkan dari konten maupun profil anda. Karena itu, sangat penting bagi pengguna LinkedIn untuk menunjukkan keahlian mereka dan menarik audience yang relevan.

Baca Juga: Kenali 5 Karakteristik Kanal Utama Digital Marketing

Cobalah untuk rutin mengupdate konten setiap saat, sehingga orang-orang akan mulai memperhatikan dan tertarik kepada apa yang anda sajikan dan akhirnya memutuskan untuk mengikuti akun anda. Di tahap akhir, anda bisa membuat konten khusus yang berguna untuk mengkonversi mereka menjadi pelanggan anda.

Tambahkan Studi Kasus/Testimoni/Success Story

Banyak orang yang mencari pengalaman di LinkedIn guna untuk memperkuat hipotesis atau riset mereka. Karena itu jika anda memilikinya, maka mempublikasikannya di LinkedIn adalah ide yang sangat bagus.

Tambahkan latar belakang permasalahan, variabel tes yang anda lakukan, dan bagaimana hasil akhirnya. Studi kasus baik yang berhasil maupun yang gagal memberikan nilai yang sama-sama kuat, sebab kebanyakan audience di LinkedIn lebih mementingkan jenis metode yang digunakan.

Bangun Jaringan Anda

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan siapa saja yang berinteraksi dengan anda. Ajak mereka untuk saling terhubung (connect). Dengan terhubung dengan orang, maka anda bisa menjangkau lebih banyak profil orang.

LinkedIn memiliki sistem koneksi yang cukup unik, dimana jika seseorang masih belum memiliki koneksi yang cukup luas maka ia akan memiliki akses yang terbatas ke profil lainnya. Untuk mendapatkan akses ke sanalah, anda perlu untuk memperluas koneksi anda.

Dengan membangun jaringan pula, konten anda akan bisa diakses oleh lebih banyak orang. Setiap orang yang berinteraksi dengan konten anda, artinya juga membagikan konten tersebut di timeline mereka. Inilah salah satu kelebihan LinkedIn yang perlu anda pertimbangkan.

Jangan Sungkan Berinteraksi

Lalu jangan pernah sombong dan cuek terhadap interaksi yang terjadi di dalam LinkedIn. Cobalah untuk ikut memberikan like, comment, dan share kepada konten yang relevan dengan bisnis anda.

Baca Juga: Fungsi Sosial Media Untuk Media Promosi Digital Perusahaan

Tetap ingat pada prinsip bahwa sosial media adalah tempat untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan anda memberikan interaksi anda kepada konten lain, maka orang lainpun tidak akan sungkan untuk memberikan interaksi mereka kepada konten anda.

Manfaatkan Fitur Documents

Documents merupakan salah satu fitur konten yang unik yang hanya ada di sosial media LinkedIn (setidaknya, sampai artikel ini ditulis). Anda tidak akan bisa mendapatkan konten dokumen di sosial media pada umumnya seperti di Instagram maupun di TikTok.

Dengan memanfaatkan documents, anda tidak memiliki batasan gambar maksimal yang bisa ditampilkan. Bahkan beberapa orang membagikan paper mereka yang berjumlah ratusan halaman agar bisa diakses banyak orang di dalam LinkedIn!

Documents nantinya bisa diunduh oleh mereka yang membutuhkan dan memberikan tautan referensi kepada si pembuat. Artinya anda akan mendapatkan eksposur lebih dan memancing orang untuk mengikuti anda.

Apakah Anda Sudah Memaksimalkan LinkedIn Anda?

Tampaknya masih belum ada platform pemasaran bisnis ke bisnis yang lebih baik dibandingkan dengan LinkedIn. Ekosistemnya sudah cukup dewasa, dengan dukungan berbagai format konten untuk kebutuhan marketing anda.

Sekarang, apakah anda sudah mulai menggunakan LinkedIn dan memaksimalkan profil anda? Ayo mulai buat profil pertama anda dan pasarkan produk dan jasa anda dengan strategi konten di LinkedIn!

Comments are closed.