fbpx
Bisnis Baru yang Muncul Karena Revolusi Industri 4.0

Bisnis Baru yang Muncul Karena Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 telah membawakan berbagai inovasi baru di dunia bisnis, hingga akhirnya memunculkan berbagai format bisnis baru.

Perkembangan teknologi selalu diikuti perkembangan industri baru. Contohnya ketika revolusi industri pertama kali dilakukan, industri otomotif dan pabrik mulai bangkit. Hal ini tentu juga berlaku untuk revolusi industri 4.0.

Anda mungkin juga salah satunya yang memanfaatkan revolusi industri 4.0 sebagai ajang untuk mendirikan bisnis anda. Dan memang harus diakui, revolusi kali ini membuka kesempatan yang sangat luas bagi masyarakat untuk menciptakan konsep bisnis yang baru.

Revolusi Industri 4.0, Inovasi Teknologi Tanpa Henti

Di era ini, peran teknologi menjadi kunci. Bahkan fenomena kejatuhan berbagai perusahaan yang sudah berumur puluhan tahun pun tak terelakan. Contohnya yang paling baru adalah gugurnya industri taksi konvensional karena kemunculan transportasi online.

Teknologi membawa konsep bisnis dan peluang baru, dan tentu saja ada efek yang juga dibawa karenanya. Sekarang apa saja bisnis yang muncul karena kemajuan teknologi ini?

Bisnis Baru di Era Revolusi Industri 4.0

Berikut 5 contoh industri baru yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Sebagian dari industri ini bahkan 100 persen memanfaatkan teknologi!

E-Commerce

Industri retail yang bertransformasi dan tersentuh teknologi kemudian berubah menjadi e-commerce. Ditambah lagi dengan sambutan masyarakat yang sangat hangat, industri e-commerce kemudian berkembang menjadi sangat pesat.

Awalnya e-commerce hanyalah sebuah platform berjualan antar pengguna, yang sama sekali tidak dilirik oleh pengusaha besar. Kita tentu masih ingat bagaimana pertama kali Tokobagus, Kaskus FJB, dan Berniaga muncul di Indonesia sebagai pionir platform e-commerce.

Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan infrastruktur logistik dan internet, industri e-commerce mulai berkembang dan bahkan sampai masuk ke industri retail konvensional (di titik tertentu, bisa sampai mengancam!). Ini terjadi karena e-commerce menyediakan pengalaman berbelanja yang lebih simpel dan nyaman dibandingkan dengan cara belanja yang lama.

Baca Juga: 5 Contoh Disrupsi Industri Akibat Dari Revolusi Digital 4.0

Aggregator Layanan

Mulai dari aggregator properti, layanan kesehatan, transportasi, sampai ke reksa dana. Sekarang semuanya bisa diakses hanya lewat sentuhan jari di aplikasi ponsel. Jika dulunya anda harus repot-repot mencari info dan perusahaan yang menunggu datangnya klien, sekarang yang terjadi adalah sebaliknya!

Salah satu pengalaman yang berbeda ketika menggunakan aggregator layanan adalah transparansi data. Aggregator mengumpulkan berbagai data dari vendor-vendor layanan menjadi satu, sehingga bisa dengan mudah dilihat oleh customer dan mereka bisa menentukan pilihan mereka dengan lebih mudah dan luas.

Ini yang kemudian menjadi alasan mengapa industri aggregator layanan bisa terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebut saja Traveloka, Airbnb, Halodoc, dan banyak lagi. Pelanggan bisa mendapatkan informasi harga dan layanan se-transparan mungkin, tanpa takut ada informasi yang tersembunyi.

Selain itu, tentu saja karena mengakses dan membayar layanan via aggregator jauh lebih praktis daripada menghubungi vendor satu per satu.

Agency Digital Marketing

Metode pemasaran pun tidak lepas dari sentuhan teknologi, dan kemudian lahirlah digital marketing. Sayangnya, ternyata digital marketing tidak semudah itu untuk diimplementasikan di dalam strategi pemasaran. Ditambah belum adanya kurikulum resmi yang membahas digital marketing secara mendalam, akhirnya munculah industri baru berupa agency digital marketing.

Mereka nantinya bertugas untuk mengeksekusi strategi digital marketing perusahaan berdasarkan goal yang ditentukan. Dan tentu saja, industri ini juga berkembang pesat dari tahun ke tahun. Sebab memang digital marketing adalah metode pemasaran yang efektif dan terkendali.

Ini membuat banyak perusahaan membutuhkan jasa digital marketing yang dapat diandalkan. Dibandingkan dengan melakukan rekrutmen dan melatih karyawan dari nol, tentu menggunakan jasa pihak ketiga akan jauh lebih cepat. Apalagi jika bisnis masih di tahap-tahap awal.

Pembayaran Digital

Apakah uang fisik lama-lama akan hilang? Mungkin saja! Anda bisa melihat bagaimana industri pembayaran digital terus bertumbuh setiap harinya. Bahkan sekarang mungkin sudah ada lebih dari 10 vendor pembayaran digital yang beroperasi di Indonesia, lengkap dengan segala fiturnya masing-masing.

Pembayaran digital tumbuh pesat karena kemudahan dan keamanannya dalam bertransaksi. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna bisa dengan mudah melakukan berbagai pembayaran tanpa perlu keluar rumah dan hanya perlu menggunakan aplikasi.

Juga, vendor pembayaran digital sejauh ini tidak mengenakan biaya administrasi bulanan seperti yang dilakukan oleh bank. Transaksi pun juga tidak perlu dilakukan dengan menggunakan kartu, sehingga lebih cepat dan tidak resiko carding atau peretasan kartu.

Kursus Online

Belajar menjadi semakin mudah dengan hadirnya konsep kelas online. Terutama sejak munculnya pandemi COVID-19 yang terjadi sejak awal 2020. Industri kelas online pun semakin bertumbuh, karena masyarakat tidak punya banyak pilihan jika ingin terus menuntut ilmu di tengah pandemi.

Tapi tentu saja bukan itu satu-satunya alasan. Kelas online memberikan pengalaman belajar yang berbeda dibandingkan dengan pendidikan biasa. Salah satu masalah yang teratasi oleh kelas online adalah, akses pembelajaran yang bisa dibuka kapanpun dan dimanapun serta dapat diulang. Jika anda belajar di kursus atau di sekolah, tentu anda tidak bisa melakukannya bukan?

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Bisnis Gagal Merespon Revolusi Digital?

Adaptasi Atau Mati

Perkembangan teknologi digital tidak hanya memunculkan industri baru, tapi juga menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat di era sebelumnya. Dan sebagai seorang pebisnis yang handal, anda tentunya tidak boleh meremehkan perkembangan ini! Anda harus jeli dan menggunakan ini untuk mengembangkan bisnis anda ke skala yang lebih luas lagi.
 

 

Comments are closed.