Berkenalan dengan Telemedicine, Teknologi Digital Kesehatan Jarak Jauh

Di jaman serba digital seperti sekarang ini, layanan kesehatan pun tidak harus pergi ke rumah sakit dan bisa dilakukan dari mana saja. Yuk berkenalan dengan teknologi telemedicine!.

Pada tahun 2007-an, mungkin anda tidak terpikir kalau bisa berkonsultasi dengan dokter hanya lewat ponsel bukan? Pada waktu itu yang namanya konsultasi dengan dokter ya harus pergi ke rumah sakit, membuat janji temu, lalu bertatap muka dengan dokternya.

Cara tersebut memang tetap masih disarankan di jaman sekarang, apalagi kalau anda baru pertama kali berobat dan tidak tahu terkena penyakit apa. Namun, kalau misalnya hanya kontrol atau konsultasi penyakit ringan umum (seperti batuk dan flu), masa harus menghabiskan waktu dan tenaga di rumah sakit?

Telemedicine, Layanan Kesehatan Jarak Jauh

Berkat Telemedicine, anda sekarang bisa menikmati layanan kesehatan jarak jauh yang praktis dan mudah. Anda bisa berkonsultasi, menebus resep, sampai mencari berbagai pilihan dokter hanya dari ponsel anda.

Bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi, tentu saja inovasi ini sangat membantu mereka jika sewaktu-waktu menemui masalah kesehatan. Minimal mereka sudah tahu jenis penyakit apa yang mungkin menyerang mereka, dan tidak kaku lagi ketika memang harus benar-benar bertemu dengan dokter.

Bagaimana Cara Kerja Telemedicine?

Penyedia layanan telemedicine tidak harus berlatar belakang dokter, sebab aplikasi hanya bergerak sebagai jembatan antara layanan kesehatan dengan calon pasien.

Umumnya aplikasi akan mendatangi fasilitas kesehatan dan menawarkan kerja sama dengan mereka (tentu dengan persenan/bagi hasil jika ada pasien yang datang dengan aplikasi). Jika pihak fasilitas kesehatan (bisa dokter/rumah sakit) setuju, maka mereka akan terdata di dalam aplikasi.

Baca Juga: Apa Itu Kerja Asinkron? Dan Apa Efeknya Terhadap Produktivitas Tim Kantor?

Ini tentu juga memberikan kelebihan tersendiri untuk rumah sakit tersebut. Seperti yang kita ketahui, membangun sistem digital bukanlah perkara mudah. Apalagi untuk industri rumah sakit, yang kita tahu kebanyakan cukup ‘stagnan’. Telemedicine berhasil menjawab persoalan ini dengan ringkas dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Implementasinya di Indonesia

Di Indonesia sudah banyak penyedia layanan telemedicine berkualitas tinggi. Anda bisa menemukan aplikasinya di Search Engine, dan anda bisa langsung mengunduhnya secara gratis. Kebanyakan fitur-fiturnya masih sama, seperti booking dan konsultasi dengan dokter secara online sampai layanan tebus obat.

Temukan solusi transformasi digital di Sasana Digital. Dapatkan konsultasi dan solusi untuk membuat bisnis anda go digital!

Tentunya, di negara dengan demografi dan geografi yang luas serta beragam, layanan telemedicine ini bisa membantu para pejuang kesehatan untuk menjangkau masyarakat lebih mudah dan cepat.

Beberapa penyedia layanan bahkan juga sudah menyediakan bundling dengan paket asuransi, sehingga masyarakat bisa mulai sadar berasuransi dan bisa mencegah biaya pengobatan yang membengkak.

Apalagi kondisi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak tahun 2020, membuat aplikasi telemedicine menjadi semakin terasa manfaatnya. Bayangkan saja kalau harus ramai-ramai ke rumah sakit saat akan melakukan rapid test, bisa-bisa malah berpotensi menyebarkan virus lebih luas lagi!

Teknologi Digital Sekali Lagi Membawa Kita Selangkah Lebih Jauh

Dengan hadirnya telemedicine, kita sekali lagi menyaksikan bahwa teknologi bisa mengembangkan peradaban selangkah lebih jauh. Jika di kesehatan saja bisa memberikan efek yang begitu besar, apalagi di dunia bisnis?

Inilah alasan mengapa anda harus siap menghadapi perubahan trend di era revolusi industri 4.0 ini. Jika anda terus berhenti di tempat, bukan tidak mungkin anda akan disalip oleh kompetitor anda. Atau yang lebih parah, ditinggalkan pelanggan karena layanan anda yang ketinggalan zaman.

Tag

Bagikan

Solusi Bisnis dari Diskusi Gratis

Bingung caranya ngembangin bisnis? Yuk, temukan solusinya bersama Sasana Digital! Isi formulir di bawah ini, ya, Gratis!

Artikel Lainnya

Hubungi Sekarang !
Sasana Digital
Selamat datang di Sasana Digital!

Ada yang bisa kami bantu? Jika ada, silahkan klik tombol berikut ya! 😊